04 Apr

Pengertian 500 Internal Server Error

Pengertian 500 internal server error dan juga cara mengatasi 500 internal server error. Jika kita melihat atau membuka sebuah website, terkadang ada pesan 500 internal server error.

Apakah bisa kita perbaiki? Atau, kesalahan ini datang dari server websitenya. Jika kita pemilik websitenya, maka apa yang bisa kita lakukan.

Pengertian 500 Internal Server Error

Untuk setiap permintaan browser web, server merespons dengan kode status. Di antara 5xx kode status yang berbeda, ini terkait dengan server web. 5 yang pertama mewakili kesalahan sisi server, dengan kode yang paling umum berkisar antara 500 hingga 510.

Mereka menunjukkan bahwa server tidak dapat menyelesaikan permintaan karena server mengalami kesalahan. Ketika Anda mencoba mengunjungi situs web dan melihat pesan kesalahan “500 Internal Server Error”, itu berarti ada yang tidak beres dengan situs web tersebut.

Ini adalah kasus “tangkap semua” untuk kesalahan yang tidak terduga. Kesalahan ini sangat membuat frustrasi karena tidak memberi Anda informasi tentang apa yang secara khusus menyebabkan kesalahan server. Ini bukan masalah dengan browser, komputer, atau koneksi internet Anda. Ini adalah masalah dengan situs yang Anda coba kunjungi.

Jadi, untuk penguna, maka tidak ada yang bisa kita lakukan. Namun jika Anda pemilik websitenya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Status kesalahan: 500 internal server error. Spesifikasi kesalahan: https://tools.ietf.org/html/rfc7231#section-6.6.1.
Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang Internal Server Error adalah bahwa kesalahan hanya dapat diperbaiki dengan memperbaiki perangkat lunak server web.

Jadi, Ini bukan masalah sisi klien, yang berarti bahwa masalah tersebut tidak terkait dengan browser, komputer, atau koneksi internet Anda. Ada beberapa alasan untuk menampilkan 500 Internal Server Error di web browser.

Baca Juga :   Apa Pengertian Server Side Scripting

Pesan 500 Internal Server Error dapat dilihat dalam beberapa cara karena setiap website diperbolehkan untuk menyesuaikan pesan tersebut. Berikut adalah beberapa cara umum untuk menangkap kesalahan ini:

Pengertian 500 Internal Server Error dan Penyebabnya

Kesalahan ini berarti ada masalah di sisi server. Server error bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari salah upload file hingga error pada potongan kode. Jawaban kesalahan ini adalah jawaban umum untuk semua pertanyaan. Server web memberi tahu Anda bahwa ada yang tidak beres, tetapi Anda tidak yakin apa yang terjadi.

Jika Anda memiliki akses root, Anda harus melihat log kesalahan server web untuk informasi lebih lanjut tentang ini. Jika Anda menggunakan paket hosting bersama, Anda harus menghubungi host Anda untuk informasi lebih lanjut.

Cara terbaik untuk memperbaiki kesalahan bergantung pada server dan apa yang sebenarnya sedang berjalan saat ini. Pertimbangkan beberapa kiat debug untuk membantu mendiagnosis dan mengatasi penyebab umum masalah ini.

Cara memperbaiki 500 internal server error

Ketika Anda menemukan kesalahan server internal, biasanya ini berarti bahwa beberapa bagian dari server web tidak dikonfigurasi dengan benar, atau aplikasi sedang mencoba melakukan sesuatu dan server tidak dapat menyelesaikan permintaan karena konflik atau batasan.

Kesalahan ini hanya dapat diatasi dengan menambal perangkat lunak server web. Administrator situs server web harus menemukan dan menganalisis log, yang seharusnya memberikan lebih banyak informasi tentang kesalahan tersebut. Namun, seringkali ada cara untuk mengatasi masalah dengan cepat:

1. Cadangkan situs Anda

Solusi ini mengharuskan Anda membuat banyak perubahan pada direktori root situs Anda. Sangat disarankan agar Anda mencadangkan situs Anda sebelum mencoba salah satu solusi ini jika terjadi kesalahan.

2. izin server

Lebih sering kesalahan ini disebabkan oleh izin yang salah pada file atau folder yang berisi salah satu skrip. Skrip tidak error karena server bahkan tidak bisa menjalankan skrip. Periksa izin apa yang seharusnya dan pastikan sudah diatur di server.

Baca Juga :   Apa Itu Server dan Client

3. Batas waktu server

Terkadang, 500 Internal Server Error disebabkan oleh server atau skrip yang Anda jalankan telah habis waktunya. Anda dapat meningkatkan batas waktu server Apache di httpd.conf dengan mengubah TimeOut 600. Jika server sedang sibuk, perlu dimulai ulang, atau koneksi terputus, skrip mungkin masih melaporkan kesalahan server internal 500.

4. Batas waktu skrip

Terkadang, 500 Internal Server Error disebabkan oleh timeout dari skrip yang sedang Anda jalankan. Jika situs web Anda menggunakan skrip (seperti file Perl atau CGI), ada beberapa hal yang bisa salah. PHP atau skrip sisi server lainnya mungkin telah habis waktunya.

Ini mungkin karena kesalahan pemrograman menyebabkan skrip terduplikasi, atau karena sumber daya tidak tersedia. Jika Anda menggunakan skrip seperti PHP misalnya, Anda juga dapat menambah waktu dari ini.

Untuk PHP, ini berarti mengubah max_execution_time dari nilai default 30 (detik) ke nilai yang lebih besar: max_execution_time 60

Jika skrip kedaluwarsa selama pengujian, skrip mungkin akan mencoba lagi dalam produksi saat lebih banyak pengguna mengaksesnya.

5. Kesalahan file htaccess

Kesalahan ini terkadang dapat terjadi karena kesalahan pengkodean pada file .htaccess. .htaccess di situs Anda dapat mengganggu halaman web yang Anda coba muat. Harap periksa kembali konfigurasi htaccess Anda untuk kemungkinan kesalahan sintaksis yang mungkin mengembalikan 500 Internal Server Error.

Untuk memverifikasi bahwa kesalahan .htaccess yang dikonfigurasi menyebabkan kesalahan server internal 500, hapus sementara atau ganti nama file .htaccess, lalu coba muat ulang halaman.

6. Periksa log kesalahan

Anda harus memeriksa log kesalahan Apache dan PHP untuk server Anda. Ini akan memberikan informasi berharga tentang kegagalan kode apa pun atau mengapa situs tersebut mati.

Jika Anda adalah pengunjung situs web dan ingin mengesampingkan masalah di pihak Anda:

7. Hapus cookie dan cache browser

Ini adalah salah satu hal pertama yang disarankan oleh dukungan teknis, dan meskipun kesalahan server tidak disebabkan oleh cookie atau cache, kemungkinan kesalahan telah diperbaiki dan Anda melihat versi situs yang salah karenanya. Ini layak dilakukan karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit di pengaturan browser Anda.

Baca Juga :   Litespeed Web Server Hosting

8. Muat ulang atau segarkan halaman web

Dalam kebanyakan kasus, masalah bersifat sementara dan dapat diselesaikan dengan mengunjungi kembali halaman tersebut. Anda dapat menggunakan tombol segarkan/muat ulang dengan menekan F5 atau dengan mencoba lagi URL dari bilah alamat. Terkadang kesalahan ini terjadi saat Anda memulai ulang layanan dan Anda secara tidak sengaja menemukannya pada waktu yang paling tidak tepat.

Belum?

Jika Anda mencoba menyelesaikan kesalahan 500 server dan masih tidak dapat memperbaikinya, Anda mungkin perlu berbicara dengan host web Anda dan melihat apakah mereka dapat menemukan proses atau skrip yang menyebabkan kesalahan tersebut.

Jika Anda menggunakan perusahaan hosting web komersial, tim dukungan mereka harus dapat memberikan informasi tentang cara memperbaiki kesalahan, dan dalam banyak kasus mereka akan menerapkan perbaikan untuk Anda secara gratis.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply