28 Mar

Peluang Usaha Modal Kecil Menguntungkan dari Rumah

Mengapa pertanyaan tentang peluang usaha modal kecil tetapi menguntungkan dan bisa dikerjakan di rumah banyak ditanyakan? Tentunya, karena ada saja yang membutuhkan peluang usaha semacam ini. Misal, ibu rumah tangga yang harus antar jemput anak sekolah, mengerjakan pekerjaan di rumah tetapi perlu tambahan penghasilan.

Atau, anak kost yang ingin lebih sering makan diluar ketimbang memasak sendiri. Yah, banyak yang pernah jadi anak kost sih. Kalau sudah lulus dan bekerja ya beda lagi.

Oke, sekarang apa saja peluang usaha dengan modal kecil tetapi menguntungkan dan bisa dilakukan dari rumah.

Usaha menjahit

Ada saja alasan kita menjahitkan pakaian. Ada yang senang dengan model khusus dan bisa dipesan. Senang bentuk saku atau jahitan tertentu.

Kemudian, seragam kantor, seragam sekolah, seragam RT atau seragam pengiring untuk pernikahan bahkan seragam untuk naik haji atau umroh juga biasanya menjahit sendiri.

Selain itu, ada juga soal kecocokan bentuk tubuh dan sebagainya.

Jika ingin bisa menjahit, bisa saja mengikuti kursus beberapa bulan dan mulai berpromosi menerima jahitan.

Oh ya, sebenarnya, apapun usaha Anda, promosi itu penting. Katakan saja ada 100 orang yang tahu saya penjahit. Kemudian yang pesan jahitan 10. Nah, saya perlu memberitahu 1000 orang bahwa saya penjahit jika ingin order jahitan 100 buah. Ya, itu bukan hitungan pasti tapi tetap saja kurang lebih akan berlaku seperti itu.

Kalau saya memang niat bisnis, saya berusaha memberitahu bahwa saya penjahit pada katakan 30.000 orang. Inilah yang namanya promosi.

peluang bisnis murah menguntungkan

Peluang usaha kursus

Kursus tidak perlu modal uang terlalu banyak. Penulis pernah memberikan kursus pelajaran sekolah saat masih kuliah. Lumayan juga ada tambahan uang saku sehingga akhir bulan masih ada sisa uang.

Kursus mata pelajaran mungkin perlu papan whiteboard ukuran kecil / sedang. Yang penting mudah dibawa kemana – mana untuk keperluan kursus privat ke tempat siswa. Spidol dan tentunya, beberapa fotokopi soal.

Kursus menggambar 3D harganya lebih mahal lagi. Jika Anda memiliki keahlian ini, tawarkanlah selalu kepada orang lain. Ingat soal promosi tadi.

Jika kami bisa membangun website untuk Anda, kami tawarkan juga, Ini promosi kami hehehe…

Selain itu, banyak kursus lain seperti kursus tari, musik, memasak dan sebagainya.

Saat ini, kita juga bisa bergabung di tempat kursus online seperti ruangguru.com dan sebagainya.

Menjual pulsa

Pulsa adalah kebutuhan pokok jaman now. Semua orang membutuhkannya dan pasti akan selalu membelinya. Meskipun keuntungan menjual pulsa tidak terlalu banyak, tetapi banyak yang butuh.

Jika pergaulan Anda luas, menjual pulsa bisa dilakukan di jaringan Anda. Secara umum, teman – teman Anda akan memesan dari Anda karena malas repot membeli sendiri.

Modal untuk menjual pulsa sekitar Rp. 150.000 sd Rp. 300.000 sudah bisa mulai. Yang penting, cari distributor yang terpercaya dan tolong jangan menerima bon. Biasanya sulit untuk ditagih lho.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa ikut dompat bukalapak atau semacamnya untuk membayar pulsa, listrik dan sebagainya.

Modalnya, ya HP dan uang beberapa ratus ribu tadi.

Bisnis jasa

Ada banyak bisnis jasa yang bisa dilakukan tanpa modal besar. Jasa fotografi bisa dilakukan dengan kamera DLSR sewaan. Jasa editing foto, animasi atau desain bisa dilakukan dengan peralatan yang sudah ada jika Anda sudah punya. Jasa undangan pernikahan bisa dilakukan dengan modal kemampuan desain. Untuk mencetaknya, bisa di tempat percetakan.

Jasa promosi juga tidak perlu uang besar. Kita bisa menerima paket promosi dari cetak brosur hingga pasang spanduk.

Modalnya biasanya adalah kemampuan desain dengan corel untuk mendesain spanduk, brosur dan sebagainya.

Saat ada yang pesan, kita buatkan desain spanduk, brosur atau yang lain. Kemudian, kita cetakkan di tempat lain.

Jika sudah jadi, kita bisa antar ke pelanggan.

Silahkan mendaftar di ciptaloka.com, projects.co.id atau sribulancer.com. Ada juga sribu.com dan balzbluz. com. Semua menawarkan fasilitas menjadi freelancer. Situs – situs ini mempertemukan freelancer dengan konsumen..

Ciptaloka.com bisa digunakan untuk menawarkan jasa print kaos. Jika ada yang memesan, kita bisa cetakkan kaosnya di ciptaloka. Jadi kita tunggu pembayarannya dan tinggal mendesain saja.

Bisnis online

Bisnis online disini adalah menawarkan barang secara online. Yang murah adalah menjadi dropshiper atau reseller. Untuk menjadi reseller, kita tetap perlu modal membeli barang saat awal. Untuk model dropship, kita hanya menghubungkan antara pembeli dengan penjual.

Untuk memilih penjual, pilih yang baik reputasinya. Minimal 4,5 bintang. Pilih juga yang responnya dibawah 5 menit dan jika online, terakhir online 5 menit yang lalu (Pada rentang jam kerja minimal.  Atau rentang jam 6 pagi sd jam 9 malam jika lebih bagus).

Mengapa? ini karena penjual ini akan sering kita tanya dan jawabannya harus kita berikan ke konsumen segera. Jadi bila respon pedagang lama, kita pasti akan lama juga merespon konsumen kita.

Saat ini, konsumen akan mencoba bertanya ke 2 atau 3 pedagang untuk barang yang sama pada saat bersamaan. Dan dibandingkan. Jika kita lambat, orang lain yang dapat!

Berjualan gorengan

Yang penting, belajar membuat gorengan yang enak dan renyah. Makanan murah ini biasanya laku banyak dan sering dibeli sebagai camilan. Jadi, sering terlihat para pedagang gorengan yang pembelinya mengantre. Terutama jika rasanya enak.

Syaratnya, jangan suka gengsi kalau terlihat remeh. Bisa dapat uang.

peluang bisnis modal kecil dari rumah menguntungkan

Bisnis kreatif

Bisnis ini termasuk bisnis dengan kain perca, sepatu warna ( cat ) atau dekorasi anyaman bambu dan sebagainya.

Salah satu yang terkenal dan sudah diekspor keluar negeri adalah: kerajinan speaker dan subwoofer dengan tabung bambu alam.

Jika kita bisa jeli mencari peluang, maka uang juga bisa datang.

Bensin eceran / tambal ban

Ada tambal ban yang bisa dipanggil saat malam hari. Capek jelas tetapi Anda juga bisa minta harga lebih besar juga termasuk uang bensin.

Bensin eceran dan tambal ban biasanya bagus di daerah ramai. Saat malam hari, ada juga pelanggannya.

Jika Anda ada keahlian bengkel, bisa mencoba sebagai bengkel panggilan.

Ada juga peluang bisnis yang untungnya lumayan. Tetapi, pasti jarang yang mau melakukannya.

Bisnis cacing

Biayanya murah (ratusan ribu) dan binatang ini termasuk tahan banting dan cepat besar. Temukan / cari pasarnya setiap sempat dan karena pasar untuk cacing juga sulit mencari supplier, maka cacing bisa cepat laku. contohnya ada disini: https://money.kompas.com/read/2014/09/26/103751826/Bisnis.Cacing.Adam.Kantongi.Rp.300.Juta.Sebulan.

Kemudian, beberapa bisnis dengan modal lebih besar:

Bisnis laundry

Bisnis laundry ini biasanya ramai baik saat musim hujan atau kemarau. Saat ini sudah banyak orang yang agak malas mencuci baju sendiri. Yang nyaman adalah mencuci di laundry dan terima beres. Waktunya bisa digunakan untuk yang lain atau untuk beristirahat.

Itulah beberapa peluang bisnis yang bisa dilakukan dengan modal kecil dari rumah. Pada dasarnya, setiap bisnis memang memerlukan ketekunan serta kesungguhan dalam bekerja dan membangunnya. Dan, jangan lupa promosi! Promosi adalah cara kita memperkanalkan produk kepada konsumen. Ibaratnya, jika kita diam saja, mana ada orang tahu kita jual baju?

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply