08 Nov

Pelatihan Akreditasi Puskesmas Dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)

Pelatihan Akreditasi Puskesmas Dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia memberikan kewenangan kepada lembaga independen tertentu yang memenuhi persyaratan untuk menjalankan Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya (Klinik Pratama dan Praktek mandiri dr/drg) untuk mendorong peningkatan layanan kepada masyarakat.

Kemudian, sesuai Permenkes nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional, Fasilitas kesehatan pertama juga harus memenuhi kelulusan akreditasi untuk bisa bekerja sama dengan pihak BPJS.

Akreditasi untuk puskesmas juga dipersyaratkan setiap 3 tahun sekali sesuai Permenkes No. 46 tahun 2015.

Disana, dipersyaratkan mengenai monitoring dan penilaian kinerja puskesmas baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP),  upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan administrasi manajemen.

Untuk memenuhi standar akreditasi, dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dari unsur dinas kesehatan dan Puskesmas lainnya. Terutama dalam tujuannya untuk mencapai standar pelayanan yang baik, aman dan terjangkau yang didukung tata kelola dan kepemimpinan dengan komitmen tinggi untuk mencapai tujuan dimaksud secara berkesinambungan.

Karena itulah,maka kami dari MITRA TRAINING CENTER bersama para Pakar dan Narasumber yang berkompeten akan mengadakan BIMTEK : “AKREDITASI PUSKESMAS DAN FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA (FKTP)”

TUJUAN

  1. Mampu Memahami, Merencanakan Dan Melaksanakan Tahapan Akreditasi Puskesmas Dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Lainnya Sesuai Dengan Standar Akreditasi Yang Berlaku.
  2. Meningkatkan Mutu Pelayanan Dan Keselamatan Pasien Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Melalui Penerapan Standar Akreditasi FKTP
  3. Meningkatkan Pengetahuan Dan Pemahaman Peserta Seminar Dan Lokakarya Nasional Akreditasi FKTP 2018 Terhadap Standar Akreditasi FKTP
  4. Meningkatkan Kemampuan Surveyor Akreditasi FKTP Untuk Menjalankan Tugas Dan Fungsinya Dalam Penilaian (Survei) Akreditasi FKTP
  5. Meningkatkan Kemampuan Pendamping Dalam Mendampingi Persiapan Akreditasi
  6. Menjalin Komunikasi Dan Networking Antar Surveyor Dan Pendamping Akreditasi FKTP Seluruh Indonesia

Informasi selengkapnya mengenai pelatihan akreditasi puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat pertama ( FKTP ).

Leave a reply