06 Jul

Nutrisi Otak untuk si Kecil, Apa Aja Sih yang Bagus?

Nutrisi otak yang tepat sangat dibutuhkan bagi si kecil. Nah, apa saja yang perlu dan dibutuhkan si Kecil untuk tumbuh cerdas dan berkembang secara optimal.

Nutrisi otak sebenarnya termasuk banyak jenisnya. Nutrisi ini terdapat di berbagai jenis makanan yang sehat termasuk daging, buah – buahan, sayuran dan juga susu. Termasuk, susu jenis khusus yang memang diperkaya dengan nutrisi khusus untuk otak anak kecil yang sedang berkembang.

Nutrisi Otak UntukKecerdasan Anak

nutrisi otak untuk kecerdasan anak

Salah satu contoh nutrisi otak adalah vitamin. Vitamin memberikan banyak manfaat bagi perkembangan otak anak. Serta, membantu memelihara fungsi otak orang dewasa. Karena itulah, vitamin adalah nutrisi yang penting dan kita perlu asupan vitamin yang mencukupi.

Ada beberapa jenis vitamin yang membantu kemampuan kognitif serta daya ingat bagi orang dewasa. Selain itu, juga mengurangi kemungkinan gangguan otak seperti Demensia atau Alzheimer.

Bagi bayi, masa emas pertumbuhan harus terpenusi nutrisinya. Hal ini sangat penting karena dimasa ini otak akan tumbuh paling optimal.

Masa emas ini, berlangsung sejak janin tumbuh hingga usia bayi mencapai 2 atau 3 tahun. Kekurangan vitamin pada masa ini beresiko pada cacat otak atau gangguan tuimbuh kembang pada bayi.

Jenis Vitamin Untuk Kesehatan Otak

Kita mulai dengan vitamin. Vitamin adalah salah satu nutrisi otak yang sangat penting.

  • Vitamin B1

Kekurangan vitamin B1 akan memicu gangguan otak. Umumnya penderita kekurangan Vitamin B1 atau Tiamin akan mengalamai gangguan seperti Hilang Ingatan, Kebingungan, dan sulit menerima informasi. Selain itu, kekurangan vitamin bisa menjadikan berkurangnya kemampuan koordinasi tubuh dan halusinasi.

  • Vitamin B12

Saloah satu peran penting vitamin B12 adalah membentuk Mielin. Atau, lapisan pelindung syaraf. Pengaruhnya yang terasa adalah, perlindungan dari kerusahan syaraf otak. Kemudian pencegahan terhadap hilang ingatan. Serta ikut meningkatkan konsentrasi dan menjaga kestabilan mood atau suasana hati.

Baca Juga :   Sukses Dengan Internet Marketing

Untuk sumber vitamin B12, adalah makanan seperti Ikan, susu rendah lemak, ayam, keju, Yoghurt dan juga telur.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 membantu produksi serotonin dan norepinephrine. Keduanya adalah hormon yang berperan menjaga mood atau suasana hati. Dan, juga membantu kesehatan mental kartena bisa membantu otak mengendalikan stress.

Kemudian, vitamin ini juga menjadi pendorong yang mampu menjaga ritme tidur tubuh. Karena bisa membantu pembentukan hormoan Melatonin.

Makanan sumber vitamin B6: Banyak terdapat pada kacang – kacangan, gandum utuh dan pisang

  • Vitamin B9 / Asam Folat

Manfaat Asa Folat untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif memang masih diteliti lebih lanjut. Tetapi, banyak juga ahli yang meyakininya.

Untuk mendapatkan vitamin B9, ada beberapa sumber makanannya.

Makanan sumber Asam Folat / Vitamin B9: Sayuran hijau termasuk bayam dan brokli. Biji -bijian dan kacang – kacangan. Juga terkandung pada hati sapi, telur, makanan laut dan bisa didapat juga dalam bentuk suplemen asam folat.

  • Vitamin E

Vitamin E dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas ini akan merusak tubuh dan bisa menumbuhkan kanker, menyebabkan gangguan otak dan juga menyebabkan Kepikunan serta Alzeimer.

Makanan sumber vitamin E adalah: Minyak Kanola, Bayam, Minyak Zaitun, Alpukat serta Paprika dan berbagai jenis kacang – kacangan.

  • Vitamin C

Vitamin C juga sangat menguntungkan karena bersifat antioksidan. Jadi, vitamin C bisa juga mencegah Radikal Bebas dan mencegah Alzheimer. Tambahan lagi, Vitamin C dipercaya turut membantu meningkatkan konsentrasi serta kemampuan kognitif.

Kekurangan vitamin C, tentunya bisa mengganggu fungsi tubuh yang telah disebutkan. Tanda kekurangan vitamin C juga sangat terkenal, yaitu sariawan.

Makanan sumber vitamin C adalah:terutama pada buah berasa kecut dan juga sayuran.

Oh ya, selain untuk nutrisi otak yang penting bagi anak, vitamin C juga dikenal sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga :   Get and Deliver

Nutrisi Otak Selain Vitamin

  • Omega-3

Omega-3 membantu pembentukan sel otak dan perbaikan sel otak. Jadi, sangat penting tentunya untuk masa pertumbuhan emas balita. Jika terjadi kekurangan omega 3, maka akan terjadi gangguan perkembangan otak. Akhirnya terjadi juga gangguan kognitif serta proses tumbuh kembang secara umum.

Makanan sumber Omega 3 adalah: Makanan laut, telur, minyak ikan, tahu, minyak almond dan juga minyak kedelai.

  • Protein

Salah satu sumber makanan yang sangat penting untuk masa pertumbuhan adalah protein. Protein dipergunakan untuk membangun dan memperbaiki sel. Termasuk, sel otak. Selain itu, protein yang tinggi juga membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Makanan sumber protein adalah: Tempe, tahu, kacang – kacangan, ikan, udang, sapi dan daging lainnya.

Pada masa perkembangan awal, maka otak anak adalah yang paling cepat tumbuh. Karenanya nutrisi otak menjadi sangat penting. Selain itu, anak ( dan dewasa ) juga sangat memerlukan gizi yang seimbang. Selain itu, diperlukan juga istirahat dan tidur yang cukup.

Untuk makanan tambahan bagi anak balita, maka perlu juga dikonsultasikan kepada Dokter. Tetapi, saat ini ada makanan tambahan dengan formula khusus nutrisi untuk otak. DANCOW EXCELNUTRI+ adalah susu dengan DHA, AA serta zat lain yang memang diformulasikan untuk pertumbuhan otak si kecil. Karena itu, aman serta akan memberikan manfaatsebagai nutrisi otak yang maksimal.

Leave a reply