09 Apr

Nutrisi Otak untuk Si Kecil Apa Saja Sih Yang Perlu Diketahui?

Nutrisi otak adalah penunjang kecerdasan yang sangat penting bagi anak – anak yang baru tumbuh.

Menurut seorang pakar lulusan Harvard,  Amerika Serikat, Keith Corners, PhD, MA. Ia menulis dalam buku Feeding The BrainHow Foods Affect Children (De Capo Press, 2001) bahwa bahwa nutrisi berperan besar dalam perkembangan otak anak. Bahkan, Ia menyatakan bahwa sebagian besar makanan digunakan untuk pertumbuhan otak disaat anak mulai tumbuh.

Kita juga mengetahui bahwa semakin baik nutrisi yang dikonsumsi, maka semakin baik kerja otak. Tetapi, selain nutrisi, stimulasi juga berperan sangat penting. Nutrisi serta stimulasi membuat jaringan sinaps semakin cepat tersambung dan semakin kuat. Karenanya si kecil akan semakin mudah menangkap pelajaran yang diberikan kemudian.

nutrisi otak dancow

Secara umum, nutrisi yang masuk dari makanan biasanya mencukupi. Itu jika kita memperhatikan keseimbangan gizi dengan baik. Tetapi, memang ada nutrisi khusus yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak anak saat pertumbuhan.

Beberapa Jenis Makanan untuk Nutrisi Otak

  • Sayur Brokoli

Sayur brokoli mengandung vitamin K. Vitam,in ini dikenal dengan kemampuan untuk menjaga daya ingat otak. Yang kedua, vitamin K juga membantu untuk pembentukan sphingolipids. Sphingolipids sendiri merupakan suatu jenis lemak yang dibutuhkan untuk berkembangnya otak.

Kemudian, sayuran seperti halnya brokoli memiliki kemampuan / kandungan antioksidan. Jadi, antioksidan ini bisa melindungi dari kerusakan otak.

  • Ikan

Anda pasti tahu ada yang namanya omega 3. Omega 3 adalah nutrisi yang sangat penting untuk membangun sel saraf dan otak. Karenanya, mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang cukup akan membantu pembentukan sel otak dan saraf – saraf didalamnya secara langsung.

Baca Juga :   Membersihkan Karang Gigi yang Efektif – Begini Lho Caranya

Jadi, membiasakan diri untuk makan ikan sangat membantu untuk perkembangan otak anak.

  • Buah Jeruk

Apa yang banyak terdapat di dalam buah jeruk? Iya, vitamin C yang terkenal itu. Vitamin C memmbantu perkembangan otak karena bisa mencegah penurunan kesehatan mental. Misalnya, karena penyakit Alzeimer.

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung antioksidan. Ya, seperti buah – buahan dan sayuran juga.

Antioksidan ini sangat berguna melindungi tubuh dan juga otak dari kerusakan sel.

Selain terdapat di buah jeruk, vitamin C juga banyak terdapat di buah – buahan lain yang ada rasa kecutnya.

  • Telur

Telur adalah salah satu makanan yang yang membantu pertumbuhan otak. Telur terkenal memiliki protein yang tinggi. Tetapi, bukan hanya protein, ada juga vitamin B6 ( piridoksin), vitamin B9 ( folat ), vitamin B12 ( kobalamin ) dan juga kolin.

Kolin sendiri adalah sunber nutrisi yang membantu tubuh dalam produksi asetilkolin. Asetilkolin adalah sebuah neurotransmitter yang memiliki peran dalam hal mood serta daya ingat. Jadi, kolin ini terkait dengan fungsi mental serta daya ingat.

Pada telur, kandungan kolin terbesar ada di kuning telurnya. Dan bagusnya juga, kuning telur ini juga mengandung nutrisis lainnya yang paling banyak pada telur.

  • Teh Hijau

Teh hijau mengandung  L-Theanine. L-Theanine adalah semacam asam yang mampu melewati pembatas darah dan otak. Ia dapat berfungsi sebagai neurotransmitter GABA, senyawa yang mampu mengurangi rasa cemas sehingga tubuh bisa merasa lebih rileks.

Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan dan juga polifenol. Zat – zat ini menurut para ahli mampu membantu mengurangi resiko penyakit serta membantu mencegah penurunan kognitif.

  • Kedelai

Bahan makanan lain yang mengandung Polifenol adalah kedelai dan hasil olahannya. Misalnya tempe. Polifenol ini, seperti disampaikan diatas bermenfaat untuk mengurangi resiko penurunan kognitif, demensia dan juga mengurangi resiko penyakit parkinson.

  • Berry

Buah berry juga mengandung polifenol yang juga mengandung antioksidan. Buah berry juga sangat bermanfaat untuk nutrisi otak. Buah berry sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis, misalnya blackberry, blueberry dan blackcurrants.

Baca Juga :   Pelatihan K3 RS / Training K3 Rumah Sakit Tahun 2019

Secara umum, buah berries ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Membantu komunikasi antar sel otak
  • Mengurangi radang di otak dan juga tubuh
  • Plastisitas otak meningkat. Plastisitas ini adalah kemampuan otak untuk membentuk koneksi baru. Karenanya, mampu meningkatkan kemampuan belajar hal – hal yang baru.
  • Mengurangi serta menunda penyakit degeneratif yang terkait dengan saraf. Penyakit degeneratif adalah penyakit karena penuaan. Jadi, sel yang mati sudah tidak mampu diganti oleh sel baru karena produksi sel baru dibawah rate atau dibawah tingkat sel mati.

Secara umum, makanan kita memang bisa jadi mencukupi untuk nutrisi otak. Tetapi, ada juga sumber nutrisi otak yang mudah untuk diserap, yaitu susu yang dilengkapi dengan DHA, ALA dan LA. Misalnya saja susu seperti DANCOW.

Susu adalah makanan yang mudah diserap tubuh. Karena susu biasanya berupa bubuk dan juga dimunim dengan air. Karenanya, lambung tidak perlu mencernanya dan tinggal diserap saja.

Karena itulah, konsumsi susu menjadi sangat penting. Susu memastikan hampir semua kandungan nutrisi bisa diserap dan dipergunakan oleh tubuh. Sebagai makanan 5 sempurna, susu memang sempurna.

Dan khusus untuk anak – anak kita yang baru tumbuh, susu yang khusus mengandung omega – 3 serta berbagai nutrisi lain seperti Asam Folat, Tyrosine dan Tryptophan, Taurin, Kolin, DHA, LA, ALA, Zat Besi, Zinc dan vitamin B Kompleks menjadi sangat penting.

Nutrisi – nutrisi diatas merupakan sumber pembangun otak secara langsung. Karenanya, pemenuhan kebutuhan susu ( Dancow ) untuk anak Anda menjadi penting demi terpenuhinya kebutuhan nutrisi khusus untuk membangun otak mereka.

ingin buat website ? harga website sekarang sudah sangat terjangkau, hubungi kami sekarang juga

Leave a reply