09 Feb

Bagaimana Menghitung Biaya Jasa Pembuatan Website

Bagaimana menghitung biaya pembuatan sebuah website? Secara umum, biayanya bisa dihitung berdasarkan beberapa komponen. Biasanya berupa: biaya bahan baku, biaya tenaga kerja serta biaya tambahan lain seperti biaya jasa pihak ketiga.

Bagi pembuat website, biaya bahan disini bisa disebutkan sebagai biaya server dan domain, biaya harga CMS dan / atau biaya template desain website.

Biaya server / domain merupakan biaya termurah dalam perhitungan pembuatan sebuah website. Biaya untuk domain biasanya adalah yang paling murah. Domain adalah “nama” untuk sebuah website. “lawangtechno.com” memiliki nama domain berupa “lawangtechno” serta ekstensi domain .com. Selain ekstensi .com, kita juga mengenal ekstensi lain seperti .net, .co.id dan sebagainya.

Untuk nama domain berekstensi .com dan .net, harganya biasanya hanya sekitar 160 ribu saja untuk 1 tahun ( harga di tahun 2019). Untuk ekstensi .id atau .co.id (domain Indonesia), biaya tahun pertama bisa lebih murah dibanding biaya untuk ekstensi .com. Tetapi, saat ini biaya perpanjangannya bisa menjadi jauh lebih mahal.

harga website (1)Biaya server biasanya sangat bervariasi. Untuk website pribadi, biaya server Rp 20.000 hingga Rp. 50.000 setiap bulan sudah memberikan server yang cukup kencang. Jika Anda membuat website sendiri, biaya server selalu akan dihitung untuk 1 tahun sekaligus. Ini adalah praktek umum hingga diluar negeri.

Mengapa?

Karena biaya server biasanya masih (jauh) lebih murah daripada biaya jasa pembuatan websitenya sendiri. Memang secara umum Anda bisa memilih jenis server yang Anda perlukan. Anda bisa menambah kapasitas saat diperlukan. Tetapi, yang bagus adalah mulai dari bawah, jika kurang, maka tinggal upgrade server saja.

Jenis server shared jelas memberikan harga yang termurah. Server ini biasanya digunakan oleh banyak website sekaligus. Server ini dibagi banyak klien. 1 (satu) klien bisa memiliki banyak website sekaligus. Dan, server ini juga memiliki kelemahan lain. Jika satu klien bermasalah, maka klien lain akan ikut terpengaruh.

Server VPS atau Virtual Private Server merupakan server yang kapasitasnya lebih besar. Server ini masih dibagi oleh banyak klien. Tetapi, masing – masing memiliki firewall serta “jatah” sendiri untuk bandwith serta alokasi ruang penyimpanannya.

Ada software untuk membagi 1 server menjadi seolah – olah beberapa server sekaligus ke beberapa klien. Jika ada klien yang bermasalah, tidak akan mengganggu klien lain dalam 1 server. Jika ada lonjakan pengunjung untuk 1 klien, maka ia akan tetap menggunakan “jatah” bandwith serta kapasitas space nya sendiri. Jika ada lonjakan pengunjung di satu situs klien tertentu, maka tidak akan mengambil resource milik klien lainnya. Lonjakan semacam ini bisa terjadi saat ada pendaftaran online atau pemesanan tiket musik online misalnya.

Untuk server VPS, yang palin tepat penggunanya adalah enterprise yang tidak punya sumber IT internal. Karena, menggunakan server VPS (managed VPS) akan mendapatkan tenaga untuk memanajemen server jika ada masalah.

Server VPS bisa berharga ratusan ribu hingga beberapa juta untuk setiap bulannya.

Server Dedicated (Dedicated Server / DS) adalah server yang ditujukan bagi enterprise dengan sumberdaya IT internal yang memadai.

Sebenarnya, ada 2 pilihan server dedicated, yaitu managed DS dan unmanaged DS. Untuk server managed DS, kita menyerahkan pengelolaan server kepada penyedia server tersebut. Harganya, tentunya menjadi lebih mahal.

Untuk server unmanaged server, kita hanya menyewa hardware atau perangkat keras server kosong saja. Semua software dan seting keamanannya menjadi tanggung jawab kita sendiri.

Untuk menyewa server unmanaged DS, bisa dimulai dari Rp, 600 atau 700 ribu rupiah sebulan.

Setelah biaya server, harga website juga dipengaruhi harga CMS atau Content Management System yang digunakan. Jika CMS yang digunakan milik pembuat website, tentu ada harganya. Jika CMS membeli, tentu ada harganya juga. Jika CMS gratis, maka biayanya bisa bertambah dari komponen dibawah.

Template desain sebuah website biasanya tidak gratis. Terutama yang dipergunakan dalam jasa pembuatan website. Jika CMS nya gratis, maka templatenya 90% kemungkinan adalah template yang ada harganya. Template mahal ini lebih memberikan banyak pilihan saat digunakan untuk membuat website. Fitur yang diusung lebih lengkap juga template lebih “stabil” jika diubah – ubah.

Sebuah template gratis terkadang (bahkan cukup sering)  akan rusak jika diubah – ubah semaunya. Ada beberapa faktor teknis yang menjadi penyebab. Bahkan jika semua perubahan dikembalikan seperti semula, template tidak akan tampil seperti semula juga. Template berbayar biasanya tidak bermasalah seperti ini.

berapa harga jasa pembuatan websiteJika “bahan – bahan” untuk jasa pembuatan website telah dilengkapi, maka kita bisa menghitung angkanya. Tetapi, untuk biaya jasanya sendiri, bisa lumayan perbedaannya.

Misalnya saja untuk template. Jika template mahal tersebut asal digunakan saja, maka kondisi awalnya mungkin akan kurang sesuai dengan keperluan Anda. Anda mungkin perlu menempatkan nomer telepon ditempat strategis. Mungkin juga layout perlu dibuat berbeda supaya lebih menarik dan sebagainya.

Ada jasa pembuatan website yang memasang tarif lebih mahal dibanding jasa pembuatan website lainnya untuk web yang setara ( sama ). Hal semacam ini bisa saja terjadi.

Ada penyedia jasa yang perlu membayar banyak pegawai. Biasanya harga mereka lebih tinggi dibanding yang lain. Ada juga freelancer yang tidak memakai nama dan bekerja sendirian. Harga jasa pembuatan website mereka mungkin bisa lebih murah.

Untuk lawangtechno sendiri, kami memiliki harga yang bisa dihitung murah. Ada penyedia jasa pembuatan website yang memberikan tarif untuk revisi desain. Kami tidak melakukannya. Jika situs Anda sudah pernah direvisi hingga 2 kali, maka bersiap saja untuk membayar saat revisi selanjutnya.

Bagi kami, kami masih menyediakan revisi tanpa membayar jika hanya revisi ringan saja. Ini seperti kebijakan desain bagi perusahaan percetakan indoor / outdoor.

Jika kita membawa gambar dan perlu tulisan dan beberapa garis, maka ada yang memberikan secara gratis. Tetapi, ada juga yang membayar.

Membuat website di jasa pembuatan website mungkin mirip dengan membuat masakan untuk hotel atau restoran mahal. Tidak sekedar makanan jadi lalu disajikan. Tetapi, perlu juga diberikan hiasan atau presentasi yang menarik juga.

Untuk biaya / harga jasa pembuatan website, kami menyediakan harga website yang terbaik. Silahkan mengecek harga website kami dan bandingkan apa yang Anda peroleh.

5/5 (1)

Please rate this


  • membangun dedicated server unmanaged sendiri menyerahkan ke jasa pengelola di luar negeri

Share this

Leave a reply