04 Jan

Ini Daftar Plugin WordPress yang Wajib Sobat Pakai, Yang 2 Buatan WordPress Lho

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Beruntung bagi para pengguna website berbasis wordpress, karena termasuk paling mudah digunakan, penggunanya pun sangat banyak. Dengan pengguna yang sangat banyak, muncul pula developer plugin dalam jumlah yang sangat banyak pula. Hal ini sangat membantu kita sobat. Tetapi, sisi minusnya, sulit juga bagi kita menentukan plugin yang perlu kita pakai atau plugin yang tergolong handal dari jenis masing-masing. Untuk itu, kami mencoba sharing plugin apa saja yang kira-kira akan dibutuhkan oleh website jaman now. Yuk sobat, kita bahas satu persatu.

1.  Akismet

Ini adalah plugin bawaan wordpress. Plugin ini diciptakan oleh Matt Mullenweg sendiri yang adalah pencipta wordpress juga. Plugin ini sangat berguna apabila sobat memiliki website dengan kolom komentar yang diaktifkan. Plugin ini berguna untuk menyortir komentar spam yang masuk we website kita. Jika sobat memiliki website, maka akan mudah sekali mendapatkan komentar spam. Masalahnya, komentar spam itu dikirimkan dengan program spam juga. Jadi, untuk mengatasinya secara manual akan sangat sulit. Akismet bekerja dengan membandingkan komentar yang masuk dengan yang ada di databasenya untuk menentukan apakah komentar itu spam atau tidak. Keunggulan plugin ini adalah sobat bisa mereview komentar yang mungkin asli yang ikut terfilter oleh akismet dan memunculkannya di kolom komentar. Untuk plugin, harga yang tersedia adalah untuk 3 katagori yaitu personal, personal, plus dan enterprise.

2.  WPPARSE Lazy Load

Plugin ini sangat berguna untuk meringankan server website kita dengan mengunduh gambar saat dibutuhkan saja. untuk suatu post dengan banyak gambar, gambar yang didownload adalah yang tampak terlebih dahulu atau dari atas. Dengan cara ini juga, pengunjung juga akan dapat langsung melihat gambar yang diinginkan tanpa menunggu gambar yang lain di download.

3.  Google Analyticator

Jika sobat ingin mengoptimalkan SEO untuk website sobat, maka plugin Google Analyticator ini akan sangat bermanfaat. Plugin ini mensupport Google Analytic seperti namanya dan menyajikan data Google Analytic di dasboard website sobat. Dan data yang disajikan antara lain adalah keyword yang dipergunakan oleh pengunjung untuk menemukan website sobat. Nah, dengan bekal tersebut, sobat bisa membuat post dengan menggunakan keyword tersebut untuk lebih kompetitif pada hasil ranking search engine.

4.  Instagram Image Gallery

Untuk website jaman now, plugin ini tampaknya penting. Plugin ini bisa membuat website berlangganan dan menampilkan gambar dari Instagram berdasarkan Instagram yang dipilih atau mempergunakan hastag tertentu.

Untuk tampilan plugin ini bisa disesuaikan dengan website kita, misal untuk tampilan slider atau tampilan grid. Juga, warna background bisa disesuaikan sesuai warna background website kita juga.

5. The Events Calendar

Jika sobat memiliki website untuk klub bola, otomotif atau sering mengadakan event, plugin ini akan sangat menghemat waktu sobat untuk mengatur publikasi event-event yang ada. Sebenarnya, plugin semacam ini sangat banyak namun ini adalah salah satu yang paling popular. Yang bagus dari plugin ini, dia tidak hanya mempublish even-even yang berasal dari post di website saja tetapi bisa mengintegrasikan dengan platform seperti Facebook dan Google Calendar. Fitur lain yang tersedia adalah integrasi Google Maps, pencarian even dan banyak lagi. Jika sobat merasa even sobat besar dan banyak, plugin ini mampu menghandle even dan pengunjung hingga skala even perusahaan besar atau ratusan ribu. Jadi, jangan khawatir sobat untuk mempergunakan The Even Calendar, ini platform handal yang sudah digunakan banyak institusi dengan sukses selama ini.

6.  Jetpack Plugin

Plugin Jetpack ini dibuat oleh Automattic, perusahaan pembuat wordpress sendiri. Jadi, soal kompatibilitas dan fungsionalitasnya tentunya tidak diragukan lagi. Buatan orang dalam gitu looh…Nah, lalu apa yang ditawarkan? disini ada versi berbayar dan gratis. Keduanya berbeda fasilitas tentunya namun yang gratispun akan sangat bagus untuk dicoba.

Fasilitas yang ada pada dasarnya dibagi menjadi 4 yaitu fasilitas untuk trafic dan SEO tools yang meliputi statistik dan analitik. Kemudian fitur SEO tools dan sharing sosial media dan advertising program. Fasilitas kedua berupa fasilitas keamanan dan backup data yang meliputi dari perlindungan dari brute force attack, secure login, fasilitas backup untuk keperluan migrasi website (berbayar) dan banyak lagi. Fasilitas ketiga berupa Content Creation yang meliputi kemampuan untuk presentasi media baik gambar maupun video. Fasilitas terakhir adalah fasilitas untuk website komunitas yang mampu menangani email subscription, komentar melalui sosial media hingga kontak form kustom. Nah, yang sangat bagus, banyak dari fitur diatas yang termasuk fitur gratis. Jadi sobat, kapan lagi bisa mendapatkan plugin handal yang menangani hampir semua plus buatan perusahaan wordpress sendiri.

7.  NextGen Gallery

NextGen Gallery adalah plugin untuk membuat galeri gambar dengan fasilitas yang termasuk paling lengkap. terdapat dua versi yaitu berbayar dan gratis. Fitur yang ada termasuk display gambar statis dan slideshow. Kelebihannya lagi sobat, plugin ini mampu mengedit gambar juga dan memasukkan dalam album. Dan bagi penggemar video, tersedia pula fasilitas untuk galery film, pro proofing dan ecommerce.

plugin-bagus-untuk-galery-gambar-wordpress

8. Wordfence

Plugin ini semestinya sobat gunakan dalam website wordpress sobat. Kemampuannya sebagai plugin untuk keamanan website sudah diakui dan merupakan salah satu yang paling handal, lengkap dan memiliki versi gratis yang sudah cukup bagus. Wordfence.

https://www.lawangtechno.com/wp-content/uploads/2018/01/wordfence-plugin-keamanan-terkenal-bagus-untuk-wordpress

9.  WPTouch

Jaman now hampir semua orang menggunakan smartphone. Nah, kita juga terbiasa mencari sesuatu layanan atau informasi melalui Google dan pastinya, akan membuka sebuah website. Plugin WPTouch ini didesain bagi mereka yang tidak mau ribet mendesain versi mobile untuk website mereka. Plugin ini bisa menyajikan theme yang berbeda untuk pengguna IOS dan Android. Jadi, tinggal instal saja dan tidak perlu ribet soal mobile friendly website untuk website sobat.

10.  Pricing Table Builder

Nah Buat yang suka jualan online, wordpress plugin ini tentunya akan sangat membantu. Untuk versi gratis tersedia hingga 4 kolom harga sedangkan versi berbayarnya tersedia hingga 5 kolom harga. desain yang ada pun sangat menarik dan interfacenya mudah dipergunakan. Bayangkan jika kita mesti menggambar tabel harga sendiri atau mengetik kode program untuk itu. Pasti akan banyak memakan waktu kan sobat?

pricing table builder-wordpress-plugin-untuk-membuat-table-harga

Untuk para pemilik website berbasis wordpress yang menginginkan fitur yang lebih daripada yang disediakan wordpress sendiri, bisa mempergunakan salah satu dari ribuan plugin yang ada. Nah, 10 plugin ini adalah sedikit dari yang musti sobat pasang di website wordpress sobat.

Please rate this



Share this

Leave a reply