11 Apr

Jual Beli Mobil

Jual beli mobil bekas yang aman dan standar quality control yang tinggi. Intinya, jangan membeli masalah orang lain.

Bagi konsumen pembeli mobil, membeli mobil bekas terkadang terasa lebih value daripada membeli baru. Memang, mobil baru akan cenderung bebas masalah dan tinggal pakai tanpa ribet. Tetapi, sebagian orang ternyata memang memilih membeli mobil bekas sejak diawal.

Sebagian masyarakat ini memang menghendaki mobil yang bernilai value tinggi dengan uang mereka. Harga mobil baru, seperti kita ketahui, memang selalu naik. Karenanya, dalam 1 tahu, akan bertambah jutaan.

Mobil bekas, cenderung lebih murah. Tetapi, jika bisa memilihnya, maka akan mendapat mobil yang siap untu diajak ke puncak.

Terkadang, bagi yang mengerti mobil, maka membeli bekas lebih hemat. Ia mengetahui bagian yang perlu diperbaiki serta kisaran harganya. Karenanya, bisa menghitung biaya akhir mobil tersebut.

Tetapi, ada juga yang menyukai mobil bekas yang kelasnya sebenarnya termasuk mobil mewah. Tetapi, harganya sama dengan minibus baru. Misalnya, Toyota Alphard bekas yang harganya bisa sama dengan Toyota Innova.

Jika bisa memilih alphard bekas yang baik, Alphard lama ini akan memberikan kenyaman yang tidak bisa didapat dari innova. Tetapi, dengan harga yang sama.

Bagi Anda yang suka dengan mobil yang tergolong undervalue atau mencari  mobil harian yang bagus, membeli mobkas biasanya menjadi pilihan.

Untungnya, saat ini membeli mobil bekas bukan lagi seperti kucing kucingan. Kita bisa memilih mobil yang bagus, dengan fitur elektronik yang masih lengkap dan normal, dengan mesin halus, tidak rembes, getar dan kuat nanjak.

Tetapi, dimana mendapatkannya?

Ada 1 alternatif dealer mobil bekas bagus yang sangat terkenal. Namanya Mobil88. Disini mobil bekas tidak hanya asal didapat dan dijual. Tetapi ada SOP untuk mobil yang boleh dibeli untuk dijual kembali.

Kemudian, ada juga nama Astra dibelakangnya. Karenanya mobil bekas yang didapatkan disini adalah mobil bekas yang berkualitas.

jual beli mobil Mobil88

Tips membeli mobil bekas

Untuk membeli mobil bekas, ada beberapa tips yang bisa kita gunakan.

  • Memastikan jenis mobil yang dibeli dan harganya

Ini adalah hal yang paling penting. Setelah masuk dealer mobil bekas, pastinya akan tertarik denbgan berbagai mobil yang ada disana. Yang merusak fokus kita biasanya adalah, jenis mobil lain yang kondisinya masih sangat bagus. Meskipun kita tidak membutuhkannya.

Baca Juga :   Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit-SIMRS

Misalnya, kita menginginkan minibus untuk keluarga. Tetapi, ternyata ada city car yang masih sangat bagus kondisinya. Bahkan, lebih bagus dari minibus yang kita incar. Akhirnya, kita justru tertarik dengan city car tadi karena terlihat halus luar dalam.

Akhirnya, city car tadi kurang bisa mengakomodasi keperluan kita akan mobil yang interiornya luas. Dan, disaat penting, kita justru malah harus merental lagi minibus sesuai keperluan.

  • Mensurvei harga mobil bekas

Sebelum membeli mobil bekas, kita pastikan dahulu berapa harga bekasnya. Kita bisa melihat di bursa online atau bertanya dan membandingkan dengan harga di beberapa dealer. Minimal, kita mendapat patokan rentang harga mobil yang kita inginkan.

Selain itu, sebaiknya kita bertanya juga di forum – fi=orum online tentang mobil yang kita incar. Berapa biaya perbaikan ini atau itu. Dengan memperoleh gambaran yang lebih lengkap, maka kita akan lebih siap saat mengunjungi dealer mobil bekas.

Yang penting lagi, jangan menggunakan semua uang untuk membeli mobil bekas. Kita harus mempersiapkan uang untuk perbaikannya. Sekitar 10% sd 15% dari harga mobil bekas tersebut.

  • Membawa mekanik

Ini hal yang selalu disarankan. Meskipun kita sudah merasa tahu mobil, tetapi mekanik pastinya lebih mengerti.

Karenanya, mekanik bisa mencatat kekurangan mobil tadi dan memperkirakan berapa biaya perbaikannya. Jadi, kita bisa lebih mengerti biaya total yang kita keluarkan nantinya.

  • Memastikan surat – surat yang sah dan nomor rangka / mesin

Kita juga harus memastikan surat – surat kendaraan alsi. Juga, nomor rangka, VIN dan mesin harus sama.

  • Cover BPKB asli lebih mengkilap
  • Hologram di halaman pertama BPKB. Jika diterawang tetap abu – abu berarti asli. Jika berubah kuning maka palsu.
  • Cek nomor dibawah hologram halaman pertama tadi ke kepolisian
  • Melihat data pemilik kendaraan. BPKB palsu data kendaraan berubah tetapi apemilik tidak berubah.
  • Halaman 14 BPKB. Halaman korlantas agak kasar karena logo korlantas logo timbul. Lambangnya terlihat jika diterangi ultraviolet.
  • Cek data di STNK sesuai kendaraan. Nomor rangka, nomor mesin dsb.
  • Surat – surat bisa dibawa ke samsat untuk diteliti.
  • Mengecek mesin

Jika mobil akan langsung kita pakai sehari hari, pastikan memilih yang mesinnya bagus. Tidak rembes, tidak bergetar di kabin saat stasioner dan saat berjalan. Juga pastikan bahwa tarikannya masih bagus.

Baca Juga :   Indonesia Adalah Pasar Online Terbesar

Jika sempat test drive, kita sebisa mungkin mencoba tanjakan atau jalan tol. Karena disini biasanya performa mobil langsung ketahuan.

Selain itu, pastikan juga asap yang keluar dari knalpot hanya saat awal saja. Sebisa mungkin, knalpot masih berembun. Jika berasap saat berjalan, bisa jadi ring silinder sudah minta ganti.

Cek juga busi satu persatu untu melihat warnanya. Untuk keperluan ini kita bisa minta bantuan mekanik.

Pastikan juga mesin tidak overheat. Sebisa mungkin, mesin masih punya thermostat. Jika sudah dilepas, ada resiko mesin sudah suka overheat.

Kipas mesin juga harus dipastikan stabil. Jangan sampai putarannya tinggi terus menerus.

Selain itu, masih banyak hal lain yang harus dicek. Karenanya, lebih baik Anda membawa mekanik.

  • Sasis lurus

Sasis lurus akan membuat mobil berjalan dengan lurus dan tenang. Jika sasis bengkok, maka kita pastinya akan sulit memperbaikinya.

  • Mengecek Transmisi

Pastikan perpindahan gigi normal dan mudah dan tanpa bunyi yang aneh – aneh. Untuk yang mencari mobil matik, pastikan bahwa transmisi normal. Tidal jedal, tidak nyangkut dan susah pindah di gigi tertentu. Tidak bungi dengung. Transmisi matik juga jangan sampai pindah sendiri.

Ini hal yang bisa kita cek bersama mekanik juga.

  • Mengecek kaki – kaki

Jika kaki – kaki bunyi, sebaiknya kita pastikan asalnya. Apakah sekedar karet yang aus / rusak atau lainnya. Kaki – kaki yang bermasalah bisa membuat kita keluar biaya lumayan banyak juga.

  • Mengecek apakah bekas banjir atau tidak

Mobil bekas banjir biasanya memiliki beberapa ciri khas. Misalnya, bau kabin tidak seperti mobil biasanya. Jika kita lihat pada karpet, maka warnanya bisa berbeda. Bisa juga kita lihat pada panel penutup pintunya.

Kemudian, mungkin masih ada bekas pasir. Bisa juga, bekas karat di bawah karpet.

Mobil bekas tabrakan, bolehkah dibeli?

Sebenarnya boleh saja. Selama sasis masih lurus dan kita sendiri bisa menerimanya. Mobil yang bekas dicat, akan membuat bayangan berbeda dengan bagian mobil lainnya. Misal, pintu bekas cat akan memantulkan bayangan kita yang tidak lurus dengan bagian bodi lainnya.

Kemudian, bisa juga kita lihat mobil dari sudut berbeda. Mungkin warna cat yang tidak seragam akan terlihat disana.

Baca Juga :   Cara Membuat Intro Youtube di HP

Untuk sasis, pastikan bukan pada bagian dudukan atau bagian vital lain yang rusak. Bodi bekas tabrakan bisa juga dilihat pada bagian belakang yang tidak tersentuh cat. Sering juga, ada bekas las yang tidak rapi atau tidak serapi las dari pabriknya.

Sebenarnya, memilih mobil bekas banyak sekali yang harus dilihat. Karenanya, sebaiknya kita tetap membawa mekanik. Tetapi, jika Anda benar – benar ragu dengan mobil yang dari luar terlihat bagus, maka bisa mengunjungi Mobil88. Disini, mobilnya termasuk yang siap digunakan tanpa perbaikan besar.

Ada standar minimal untuk mobil bekas yang Mobil88 mau terima untuk dijual lagi. Lagipula, disini juga disupport dengan service oleh bengkel berstandard Astra juga.

Jika Anda benar – benar ingin mobil bekas yang berkualitas. Bukan bekas tabrakan, banjir atau berpenyakit, maka Mobil88 adalah pilihan. Soal harga, sebenarnya tidak beda juga dibanding dealer lainnya. Silahkan dicek sendiri.

Leave a reply