30 Aug

Bagaimana Menjadi Pembuat / Pengembang Website

Bagaimana Menjadi Pembuat / Pengembang Website

Dengan hampir setiap industri mengandalkan internet untuk mengelola operasi bisnis, pengembangan web adalah keterampilan dalam permintaan yang dapat menawarkan berbagai macam peluang kerja. Memahami cara menjadi pengembang web bisa menjadi langkah pertama menuju karier yang sukses.

Dengan pertumbuhan program desain web do-it-yourself dan perangkat lunak berbasis cloud, mempelajari desain dan pengembangan web mungkin tampak mudah. Namun jika Anda bermimpi membangun karier di bidang teknologi, Anda membutuhkan latar belakang yang kuat dalam pendidikan desain web dan pengalaman pengembangan.

Linda Gaston dengan teks Linda Gaston “Jika Anda mengejar karir di bidang teknologi, Anda harus berkomitmen untuk belajar terus-menerus,” kata Linda Gaston, manajer pengembangan web dan instruktur tambahan di Southern New Hampshire University (SNHU). “Anda harus selalu dalam kondisi belajar. Teknologi muncul begitu cepat, sebagian besar pembelajaran Anda harus diarahkan sendiri dan melalui penemuan diri. ”

Apakah Anda siap untuk mempelajari keterampilan yang berharga dan mempersiapkan karir teknologi yang menarik? Sebelum Anda mulai menjelajahi cara menjadi pengembang, penting untuk memahami apa itu pengembangan web dan apa yang dilakukan pengembang web.

Apa itu Pengembangan Web?

Pengembangan web adalah bidang luas yang berperan di hampir setiap industri. Sebagai pengembang web, Anda dapat bekerja untuk merancang situs web atau memprogram aplikasi seluler terbaru. Anda dapat membuat perangkat lunak berbasis cloud yang membantu bisnis berjalan lebih efisien atau bertanggung jawab atas pengalaman pengguna situs web e-niaga.

Karena dunia menjadi lebih bergantung pada internet untuk hampir semua aspek kehidupan sehari-hari dan semakin banyak bisnis yang merangkul tenaga kerja jarak jauh, pengembangan web yang berkualitas adalah bagian penting dari menjalankan bisnis yang sukses.

Faktanya, situs web yang memuat dengan lambat menyebabkan kerugian $ 2,6 miliar dalam pendapatan di seluruh dunia setiap tahun berkat pelanggan yang tidak sabar untuk melakukan pembelian, menurut artikel dari WebFX. Artikel yang sama juga melaporkan bahwa 89% pengguna membawa bisnis mereka ke pesaing setelah mendapatkan pengalaman pengguna yang buruk di situs web perusahaan.

Dan karena semakin banyak bisnis yang bekerja untuk mengelola karyawan jarak jauh, pengembang web juga diminta untuk meningkatkan perangkat lunak dan alat lain yang diperlukan untuk menyatukan tim secara virtual, kata instruktur tambahan SNHU dan pengembang web Dr. Francis Manning.

“Kebutuhan untuk dapat membangun aplikasi yang menangani karyawan yang bekerja dari rumah dan tetap mempertahankan sistem back-end dengan data bisnis – di situlah Anda mendapatkan banyak orang yang akan dibutuhkan untuk pengembangan web,” kata Manning.

Dengan banyaknya permintaan dari pengembang web di banyak industri, penting untuk memahami jenis pengembangan web yang tersedia dan apa yang dilakukan pengembang ini.

Apa yang Dilakukan Pengembang Web?

Pengembang web merancang dan membuat situs web, aplikasi, perangkat lunak berbasis awan, dan lainnya. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS) AS, sebagai pengembang web Anda mungkin bertanggung jawab atas tampilan situs web, aspek teknis fungsi situs – atau keduanya.

Beberapa pengembang menangani semua aspek konstruksi situs web, sementara yang lain mengkhususkan diri dalam bidang tertentu. Dan pengembang web dapat bekerja di hampir semua industri, menurut Loay Alnaji, pengembang web dan instruktur tambahan untuk SNHU.

Dengan karir sebagai pengembang web, Anda dapat menemukan diri Anda membuat laporan untuk tim penjualan, melacak dan menambahkan item baru untuk situs web e-niaga atau merancang situs web baru untuk berbagai klien. Pengembang juga dapat bekerja sebagai konsultan untuk memandu bisnis melalui proyek desain web atau sebagai analis sistem untuk membantu bisnis mengidentifikasi kebutuhan situs web mereka, kata Alnaji.

Jenis pekerjaan pengembangan web yang paling umum biasanya termasuk dalam kategori berikut:

Pengembang web back-end: Pengembang ini bertanggung jawab atas konstruksi teknis situs web. Mereka membuat kerangka dasar situs web dan memastikannya berfungsi seperti yang diharapkan. Mereka juga menetapkan prosedur untuk menambahkan halaman baru atau pembaruan lain ke situs web.
Pengembang web front-end: Pengembang ini bertanggung jawab atas tampilan situs web. Mereka membuat tata letak situs web dan menggabungkan grafik, aplikasi untuk fitur seperti pembayaran e-niaga dan konten situs web lainnya.
Pengembang web tumpukan penuh: Pengembang ini mengelola bagian depan dan belakang situs web atau aplikasi. Pengembang tumpukan penuh sangat diminati, terutama di antara bisnis kecil yang mungkin tidak dapat menyewa tim pengembangan web besar, kata Manning.
Pengembang API: API, atau Antarmuka Pemrograman Aplikasi, memungkinkan aplikasi mengakses data dan berinteraksi dengan perangkat lunak atau sistem operasi eksternal lainnya. API sangat penting untuk banyak proses online yang digunakan bisnis untuk mengelola operasi yang dihadapi pelanggan dan operasi back-end, kata Manning, dan merupakan area pengembangan web yang berkembang.
Pengembang UI / UX: Pengembang yang bekerja di UI, atau antarmuka pengguna, dan UX, atau pengalaman pengguna, berfokus untuk menciptakan pengalaman pelanggan online yang menarik dan fungsional secara visual. Dengan lebih banyak bisnis b

Baca Juga :   Berapa Harga Website ?

Jika dilakukan secara online, area pengembangan ini sangat diminati, kata Manning.
Sebelum memulai salah satu karir pengembangan web ini, penting untuk memahami cara menjadi pengembang web dan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk masuk ke bidang yang berkembang ini.

Bagaimana Menjadi Pengembang Web

Apa pun bidang pengembangan web yang Anda harapkan untuk dikerjakan, karier Anda harus dimulai dengan pendidikan, baik di kelas maupun di dunia nyata.

 

Meskipun Anda tidak terdaftar dalam program gelar ilmu komputer, Anda dapat mulai mempelajari pengembangan web sekarang.

“Ada banyak tutorial online,” kata Alnaji. “Mulailah dengan membangun halaman web. Semudah itu. Dengan sumber daya yang kami miliki, Anda tidak perlu menghafal apa pun, Anda hanya perlu mengetahui bahwa hal itu dapat dilakukan dan Anda dapat mempelajari cara melakukannya. ”

Namun, meskipun Anda dapat belajar banyak melalui tutorial online, video, dan postingan blog, penting untuk diperhatikan bahwa jika Anda ingin berkarir dalam pengembangan web, gelar sarjana akan dibutuhkan.

Dapatkan gelar Pengembangan Web

Persyaratan pendidikan untuk pekerjaan pengembangan web akan bervariasi tergantung pada pengaturan tempat Anda bekerja dan jenis pekerjaan yang Anda lakukan. Meskipun gelar associate mungkin cukup untuk mendapatkan beberapa pekerjaan pengembangan web tingkat awal, sebagian besar pekerjaan akan membutuhkan setidaknya gelar sarjana, menurut BLS.

Jurusan yang Anda pilih untuk gelar pengembangan web empat tahun Anda – dan kursus pengembangan web yang Anda ambil – juga dapat bervariasi. Opsi gelar pengembangan web meliputi:

Bachelor of Science dalam Ilmu Komputer: Dalam gelar ilmu komputer 4 tahun, Anda akan bekerja untuk memecahkan masalah dunia nyata dalam kursus yang berfokus pada desain dan pengembangan perangkat lunak komputer. Anda akan mengikuti kursus tentang berbagai topik termasuk bahasa pemrograman, keamanan perangkat lunak, dan pengembangan tumpukan penuh.
Bachelor of Science dalam Teknologi Informasi: Gelar teknologi informasi 4 tahun akan membantu Anda memahami prinsip-prinsip komputasi dan bagaimana kaitannya dengan operasi bisnis. Gelar TI dengan konsentrasi dalam pengembangan perangkat lunak mencakup kursus bahasa pemrograman dan juga mengeksplorasi siklus pengembangan perangkat lunak.
Bachelor of Art dalam Desain Grafis: Jika Anda ingin mengerjakan desain web front-end dan pengalaman pengguna, memiliki mata kreatif dan keterampilan desain yang solid itu penting. Gelar desain grafis – terutama yang berkonsentrasi dalam desain web – dapat menawarkan kursus pengembangan web termasuk animasi interaktif, antarmuka dan pengalaman pengguna, serta penerbitan digital tingkat lanjut.
Meskipun sebagian besar pekerjaan pengembangan web membutuhkan gelar sarjana, gelar master dalam teknologi informasi, ilmu komputer, atau pengembangan perangkat lunak mungkin diperlukan jika Anda mencari pekerjaan pengembangan web yang sangat terspesialisasi atau ingin mengelola tim pengembang.

Gelar master dapat membantu memberikan gambaran yang lebih besar tentang pengembangan web dan fungsinya sebagai bagian dari bisnis yang Anda perlukan untuk bekerja dalam peran kepemimpinan, kata Gaston.

“Jika Anda memiliki minat dalam manajemen, maka gelar master akan memberikan pandangan yang lebih abstrak tentang teknologi dan bagaimana menggunakannya sebagai alat,” kata Gaston. “Tapi orang bisa memiliki karier yang hebat hanya dengan gelar sarjana.”

Pelajari Bahasa Pemrograman Utama

Meskipun kursus pengembangan web gelar Anda akan menawarkan banyak keterampilan teknis yang Anda perlukan untuk bekerja di lapangan, Anda mungkin perlu menguasai bahasa pemrograman tambahan atau perangkat lunak khusus untuk pekerjaan tertentu – terutama karena teknologi ini tumbuh dan berkembang.

Beberapa bahasa pemrograman yang paling umum digunakan dalam pengembangan web meliputi:

HTML: HTML adalah bahasa pengembangan web front-end yang digunakan untuk membangun dan mendesain halaman web statis.
CSS: CSS adalah bahasa pengembangan front-end yang digunakan bersama dengan HTML untuk mendesain situs web.
Java: Java adalah salah satu bahasa pengembangan front-end paling umum yang digunakan untuk mendesain konten situs web, game, perangkat lunak, dan aplikasi.
JavaScript: JavaScript digunakan dalam banyak aspek pengembangan web untuk menambahkan elemen interaktif ke situs web.
Python: Python adalah salah satu bahasa pemrograman paling sederhana yang digunakan untuk membuat kerangka kerja untuk hampir semua kebutuhan situs web.
SQL: SQL adalah bahasa kueri database yang digunakan saat situs web Anda menghitung data dalam jumlah besar.
PHP: PHP adalah bahasa sumber terbuka yang sering digunakan di situs web padat data atau untuk pengembangan aplikasi.
.Net: .Net adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi, termasuk aplikasi berbasis web, seluler, dan Windows.
Tingkatkan Pembelajaran Anda dengan Sertifikasi Pengembangan Web
Salah satu cara terbaik untuk menyoroti pengetahuan dan pengalaman Anda dengan bahasa pemrograman dan keterampilan profesional lainnya adalah dengan mencari sertifikasi industri.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website untuk Menjual HP Murah

“Sertifikasi penting karena menunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan teoretis dan fungsional tentang bagaimana segala sesuatunya bekerja hingga Anda dapat lulus ujian,” kata Gaston. “Sertifikasi menunjukkan bahwa inisiatif untuk ingin mendalami karir mereka dan mengesahkan sk

penyakit. Sertifikasi menunjukkan banyak hal – bukan hanya kompetensi teknis – tetapi inisiatif dan komitmen pada bidangnya. ”

Ada berbagai macam sertifikasi ilmu komputer, teknologi informasi dan pengembangan web yang tersedia. Dan sertifikasi yang Anda cari akan bervariasi tergantung pada minat dan pekerjaan yang ingin Anda dapatkan.

Beberapa sertifikasi populer yang tersedia untuk profesional pengembangan web meliputi:

CompTIA Security +: Di dunia saat ini, keamanan situs web adalah prioritas utama untuk semua bisnis. Dan pengembang web dengan pengetahuan terbukti dalam keamanan siber adalah aset berharga bagi perusahaan mana pun. Sertifikasi CompTIA Security + adalah salah satu sertifikasi cybersecurity teratas yang tersedia.
Sertifikasi Pengembang Google: Untuk menjadi Pengembang Tersertifikasi Google, Anda dapat mengikuti serangkaian ujian sertifikasi yang menguji pengetahuan Anda di berbagai bidang, termasuk: pengembangan android, pengembangan web seluler, teknik data, dan teknik cloud.
Zend Certified PHP Engineer: Sertifikasi ini mengharuskan kelulusan ujian yang mencakup bahasa PHP, sintaksis, dan tipe data, bersama dengan dukungan untuk input dan output berbasis web, fitur web, topik keamanan, dan banyak lagi. Pelajaran pelatihan dan panduan belajar sertifikasi tersedia.
Praktisi Cloud Tersertifikasi AWS: Jika Anda tertarik dengan pengembangan API dan ingin bekerja untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis cloud dan aplikasi lainnya, sertifikasi ini dapat membantu Anda menonjol.
Adobe Certified Expert (ACE): Adobe membuat beberapa alat paling populer dalam desain grafis dan industri desain web. Adobe menawarkan berbagai sertifikasi, termasuk Pengembang Bagian Depan Magento Commerce dan Pengembang JavaScript Magento Commerce.
Fokus pada Pengalaman Dunia Nyata
Dr. Francis Manning dengan teks Dr. Francis Manning
Pendidikan adalah kunci untuk karir pengembangan web, tetapi bahkan para profesional yang paling berpendidikan pun akan kesulitan mencari pekerjaan tanpa pengalaman pengembangan yang terbukti, kata Manning.

“Kami telah melewati waktu lama ketika Anda bisa mendapatkan wawancara dengan memiliki resume yang disetel,” kata Manning. “Anda perlu menunjukkan kepada calon pemberi kerja apa yang telah Anda lakukan dan apa yang dapat Anda lakukan. Itu adalah kunci terbesar untuk dapat memasuki karir dalam pengembangan web. ”

Meskipun Anda belum pernah bekerja dalam pengembangan web secara profesional sebelumnya, ada banyak cara untuk menunjukkan pengalaman dan keahlian Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membangun portofolio online dari pekerjaan Anda.

Portofolio ini dapat mencakup pekerjaan yang telah Anda selesaikan untuk kursus pengembangan web Anda, tetapi juga harus mencakup proyek yang dilakukan di luar kelas. Menemukan magang, menjadi sukarelawan untuk mengerjakan proyek pengembangan web untuk organisasi nirlaba lokal atau bahkan menyelesaikan proyek mandiri semuanya dapat memberi Anda banyak pengalaman yang dapat Anda sertakan dalam portofolio pekerjaan pengembangan Anda.

Ada juga banyak peluang untuk menemukan pekerjaan berbayar freelance sebagai mahasiswa pengembangan web, memberi Anda pengalaman profesional utama bekerja dengan klien dan memenuhi persyaratan proyek.

Kembangkan Soft Skills Utama

Mendapatkan pengalaman kerja di dunia nyata tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam pengembangan web. Ini juga dapat membantu Anda mengembangkan soft skill utama yang banyak diminati di industri pengembangan web.

“Banyak orang, saat memikirkan pengembangan web, mereka memikirkan seseorang yang duduk di depan komputer sendirian,” kata Gaston. “Tapi biasanya pekerjaan ini dilakukan dalam tim. Anda harus mampu mengkomunikasikan ide, berkolaborasi, dan bekerja dengan baik dengan orang lain. ”

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Sewa Apartemen

Beberapa soft skill terpenting bagi web developer, kata Gaston, adalah:

Komunikasi
Kolaborasi
Berpikir kritis
Penyelesaian masalah
Analisis data
Kreativitas
Baik Anda berkolaborasi secara internal dengan tim pengembangan web, berpikir kritis untuk menemukan solusi kreatif untuk masalah pengembangan, atau mengomunikasikan proyek desain web kepada klien, soft skill ini sangat penting untuk kesuksesan Anda dalam karier pengembangan web.

Peluang Karir Pengembangan Web
Dengan gelar teknologi atau desain dan kursus pengembangan web, Anda akan dapat berhenti bertanya-tanya bagaimana menjadi pengembang web dan mulai mencari tahu di mana Anda ingin bekerja.

Pengembangan web adalah bidang yang berkembang, dan ada berbagai macam peluang kerja untuk menerapkan gelar Anda, termasuk:

Badan pembangunan
Perusahaan perangkat lunak
Perusahaan konsultan
Usaha kecil
Perusahaan besar
Wirausaha atau freelance
Pengembang web sangat diminati oleh bisnis kecil hingga menengah karena perusahaan terus mengandalkan lebih banyak teknologi dan perangkat lunak berbasis web untuk mengelola bisnis mereka, kata Manning.

“Anda memiliki kesempatan dalam bisnis kecil untuk membangun hubungan yang akan membantu Anda maju sepanjang karier Anda,” kata Manning.

Di mana pun Anda memilih untuk bekerja sebagai pengembang web, pekerjaan pengembang web dan karier serupa lainnya sangat diminati di banyak industri – dan menawarkan gaji yang kompetitif.

Pekerjaan pengembang web diproyeksikan tumbuh 8% dari 2019 hingga 2029, jauh lebih cepat daripada a

rata-rata untuk semua pekerjaan, dan pada 2019, pengembang web memperoleh gaji rata-rata $ 73.760, menurut data BLS.

Pengembang perangkat lunak, yang mengembangkan aplikasi yang memungkinkan orang melakukan tugas tertentu di komputer atau perangkat lain, memperoleh gaji rata-rata $ 107.510 pada 2019. Pekerjaan untuk pengembang perangkat lunak diproyeksikan tumbuh 22% antara 2019 dan 2029, menurut BLS.

Pekerjaan untuk administrator database, yang menggunakan perangkat lunak khusus untuk menyimpan dan mengatur data bisnis, diproyeksikan tumbuh 10% pada tahun 2029. Administrator database memperoleh gaji rata-rata $ 93.750 pada tahun 2019, data BLS menunjukkan.

Cara Menjadi Pengembang Web dan Memulai Karir Anda
Jika Anda ingin membangun karier yang sukses sebagai pengembang web, pembelajaran Anda tidak dapat berhenti setelah Anda memperoleh gelar. Karena teknologi berubah sepanjang waktu, Anda harus berkomitmen untuk menemukan peluang baru untuk melatih keterampilan Anda, mempelajari teknologi baru, dan membangun jaringan dengan pengembang lain.

“Temukan forum pengembang, proyek hobi, pertemuan virtual, dan cara lain untuk terus berinvestasi dalam kemampuan teknis Anda dan memikirkan teknologi secara holistik,” kata Gaston. “Tidak cukup hanya belajar tentang pengkodean. Anda perlu memikirkan banyak faktor yang memengaruhi apa yang Anda kodekan dan cara Anda membuat kode. ”

Berfokus pada pembelajaran berkelanjutan tidak hanya membuka lebih banyak peluang pertumbuhan karir, kata Manning, juga dapat membantu Anda membangun karir yang lebih memuaskan.

Leave a reply