19 Jul

Masa depan desain web: Mengapa pengembang perlu memperhatikan sekarang

Masa depan desain web: Mengapa pengembang perlu memperhatikan sekarang

Mengikuti tren adalah aspek penting dari desain dan pengembangan situs web. Namun, mengikuti tren hanya untuk kepentingan itu tidak selalu menguntungkan.

Desain website memang menjadi faktor paling efektif untuk menarik perhatian pengguna. Tetapi tujuan utama dari situs web harus memberikan pengalaman positif secara keseluruhan. Jadi mari kita selami aspek desain web masa depan yang perlu diperhatikan pengembang di era saat ini.

SEO yang dilokalkan

Riset SEO dan kata kunci telah menjadi elemen utama dalam pengembangan dan desain situs web dan akan terus berlanjut di masa mendatang. Namun, strategi SEO telah berkembang secara signifikan untuk mengikuti perubahan dalam algoritme Google.

Oleh karena itu developer perlu mengadopsi teknik SEO saat ini untuk meningkatkan peringkat website. Misalnya, jika bisnis berbasis di Long Island, pengembang harus menargetkan kata kunci yang dilokalkan, bukan yang umum. Desainer masih dapat menggunakan filter DMA untuk mengambil data kata kunci, tetapi mungkin tidak ideal untuk bisnis baru.

Misalnya, pengembang di perusahaan desain web Long Island tidak boleh menargetkan kata kunci yang berbasis di New York jika situs web tersebut ditujukan untuk perusahaan baru yang berbasis di Riverhead atau Southampton. Sebaliknya, mereka harus menargetkan lebih banyak data kata kunci khusus lokasi untuk mendapat peringkat lebih tinggi di pasar lokal dan memasukkannya ke dalam desain situs web.

Aksesibilitas situs web

Aksesibilitas situs web bukan hanya tren tetapi juga persyaratan hukum hari ini. Beberapa situs web bisnis telah menjadi sasaran tuntutan hukum aksesibilitas dalam beberapa tahun terakhir, termasuk beberapa nama terkenal seperti Domino’s Pizza, Beyoncé, Netflix, dan banyak lainnya.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Sumur Bor

Namun kewajiban hukum bukanlah satu-satunya alasan mengapa situs web bisnis harus dapat diakses oleh penyandang disabilitas. Menurut CDC, hampir 61 juta orang Amerika hidup dengan beberapa bentuk kecacatan, dan 12,3% dari populasi Amerika menghadapi tantangan dalam mengakses Internet.

Itu berarti pengembang dapat menarik sebagian besar segmen pasar dengan membuat situs web dapat diakses. Penelitian juga menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Amerika lebih suka membeli dari perusahaan yang mengambil sikap sosial dan menampilkan etika bisnis yang inklusif.

Chatbot langsung

Kebanyakan orang mengklaim bahwa mereka lebih suka layanan oleh orang sungguhan dan lokasi fisik. Tetapi ketika datang untuk mendapatkan bantuan di situs web, mayoritas penduduk Amerika lebih nyaman dengan opsi obrolan. Perusahaan telah menggunakan chatbot untuk beberapa waktu sekarang, tetapi teknologinya telah berkembang secara signifikan tahun lalu.

Ada peningkatan dalam permintaan bantuan online karena sebagian besar konsumen harus beralih untuk membeli barang di Internet. Selain itu, sebagian besar perusahaan menghadapi kekurangan agen layanan pelanggan, yang menyebabkan peningkatan penggunaan chatbot. Pengembang perlu memastikan bahwa pelanggan mendapatkan tingkat perhatian yang sama dari chatbots seperti yang mereka dapatkan dari orang sungguhan.

Chatbots harus dapat menyelesaikan masalah secepat mungkin dan menyimpan catatan ini. Banyak desainer juga mulai menggunakan chatbots untuk membantu pengunjung menemukan informasi yang diperlukan di situs web.

Penggunaan API
Pengembang sudah mulai menggunakan Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) untuk merancang fungsi yang kompleks dengan mudah. API membantu perancang dan pengembang membuat program yang kompleks tanpa harus menulis kode dari awal. Ada beberapa kegunaan lain dari penggunaan API untuk pengembangan situs web, seperti:

Untuk memanipulasi dokumen yang dimuat ke browser menggunakan DOM.
Untuk mengambil data yang diperbarui dari server dan membuat situs web lebih responsif.
Untuk memutar konten audio atau video di situs web.
Untuk membuat elemen grafik 3D pada situs web.
Untuk memberikan notifikasi kepada pengguna.
Untuk menyimpan data di sisi klien untuk restorasi halaman dan penggunaan offline.
Ini hanyalah beberapa contoh dari apa yang dapat dicapai oleh pengembang menggunakan API. Ada berbagai macam API yang tersedia bagi pengembang untuk digunakan di browser web untuk tujuan yang berbeda.

Baca Juga :   Tips Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui

Keamanan siber menggunakan AI
Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin telah menjadi teknologi penting bagi pengembang saat ini. AI dapat menganalisis banyak peristiwa dan mengidentifikasi ancaman keamanan siber dengan kecepatan lebih tinggi. Pengembang dapat menggunakan program berbasis AI di situs web untuk mengurangi risiko dan meningkatkan perlindungan dari malware, serangan phishing, ransomware, dan kode berbahaya lainnya.

Program keamanan siber sangat berguna untuk situs web yang menyimpan data sensitif seperti detail pribadi atau keuangan pelanggan. Itulah mengapa pengembang perlu menggunakan program keamanan AI secara ekstensif di situs web seperti e-niaga, perbankan, perdagangan saham, dan banyak lainnya.

Sementara estetika visual desain situs web dapat membantu menarik pengguna, beberapa faktor lain dapat memberikan pengalaman positif secara keseluruhan. Desainer dan pengembang juga harus mengikuti tren tersebut, karena mereka membuka masa depan desain web

Rate this post

Leave a reply