16 Nov

Apa itu Node.js ?

Apa itu Node.js ? Diloitip dari situs resminya (httu ://node’s.or1) Node.js adalah sebuah platform yang dibangun diatas Chrome’s Javascript runtime (V8). Node. js menggunakan event-driven, non-blocking UU yang membuatnya ringan dan elisien. Lalu apa itu Chrome’s Javascript runtime (V8)?

Setiap browser pasti menggunakan Virtual Machine (VM) untuk menjalankan program Javascript, misalnya Firefox menggunakan Spidermonkey sebagai VM-nya, Internet Explorer menggunakan Chakra sebagai VM-nya, Safari menggunakan JavaScriptCore sebagai VM-nya, Operamenggunakan Carakan sebagai VM-nya dan Google Chrome menggunkan V8 sebagai VM-nya. Artinya, setiap browser menggunkan VM yang berbeda-beda, hal ini yang menyebabkan terkadang aplikasi kita jalan di browser A, tetapi tidak jalan di browser B, walaupun sudah ada standarisasi yang di sebut ECMAScript.

Jika kita sudah terbiasa menggunakan JavaScript di sisi client. Dengan Node. js, kita bisa menggunakan Javascript di sisi server, ini sangat menyenangkan karena kita hanya menggunakan 1 bahasa pemograman untuk membangun sebuah aplikasi.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply