29 Mar

Apa Itu Cluster Server

Apa itu cluster server. jadi, Anda pernah mendengaar tentang cluster server dan apa bedanya dengan server biasa.

Secara nama, tentu ini berbeda. Cluster tentu saja adalah kumpulan. Yang artinya disini ada beberapa server. Tetapi, bagaimana itu bekerja dan juga keuntungannya.

Uptime atau Waktu aktif server yang tinggi adalah suatu keharusan bagi perusahaan mana pun yang menyediakan layanan online karena waktu henti situs web akan berdampak negatif pada bisnis Anda. Anda membuat bisnis Anda gagal jika situs web Anda tidak berfungsi secara efektif.

Di sini Anda akan belajar tentang cluster server dan bagaimana mereka dapat memengaruhi operasi bisnis Anda secara positif.

Apa Itu Cluster Server?

Cluster server terdiri dari sekelompok server yang berjalan secara bersamaan di bawah alamat IP yang sama untuk memberi pemilik situs web skalabilitas sistem yang lebih besar, tingkat ketersediaan yang lebih tinggi, dan perlindungan data yang ditingkatkan.

Node adalah apa yang Anda sebut setiap server yang terhubung ke sebuah cluster. Ini memiliki RAM, sumber daya CPU, dan hard disk sendiri, sehingga tugas dapat dengan mudah dipindahkan ke server lain jika terjadi kegagalan server di cluster. Dengan migrasi ini, Anda dapat mengurangi downtime.

3 jenis Cluter server

Ada tiga jenis cluster server, tergantung pada bagaimana sistem cluster terhubung ke perangkat keras untuk menyimpan data konfigurasi:

1.  Single Quorum Cluster

Juga kita kenal sebagai klaster elit standar, adalah klaster server yang digunakan secara luas yang berisi banyak node dengan satu atau lebih array disk klaster yang berbagi satu perangkat komunikasi yang disebut bus. Semua array disk cluster individu dalam sebuah cluster dikelola dan dimiliki oleh cluster yang sama.

Baca Juga :   Web Hosting Indo

2. Majority Node Set Cluster

Setiap node mengelola sendiri salinan data konfigurasi cluster, yang diserialisasikan ke semua node. Jenis ini sangat ideal untuk klaster di mana masing-masing server berada di lokasi geografis yang berbeda.

Jenis operasi ini juga tidak memerlukan bus penyimpanan bersama, karena setiap node menyimpan data kuota duplikat secara lokal.

3. Cluster dengan satu node

Cluster node tunggal hanya berisi satu node dan sering digunakan untuk tujuan pengujian. Itu juga digunakan sebagai alat dalam penelitian dan pengembangan aplikasi cluster.

Namun, penggunaan cluster node tunggal dibatasi oleh kurangnya toleransi kesalahan karena berjalan dengan satu node, yang dapat menyebabkan cluster cluster tidak tersedia.

Apa Itu Cluster Server dan Kemampuannya

Kemampuan cluster server termasuk melindungi server dari waktu henti karena kegagalan perangkat keras, kegagalan perangkat lunak, dan kejadian eksternal yang memengaruhi server fisik.

Cluster server dapat membantu Anda menangani kegagalan seperti:

1. Mengatasi Aplikasi/layanan gagal

Kegagalan aplikasi/layanan termasuk setiap kegagalan yang terjadi karena kesalahan kritis dalam layanan atau perangkat lunak dan yang penting untuk pengoperasian server atau pusat data. Sementara sebagian besar server menerapkan tindakan redundansi untuk mencegah pemadaman layanan/aplikasi, mereka sulit diantisipasi dan dipersiapkan.

Meskipun administrator yang proaktif, penuh perhatian, dan berpengetahuan luas dapat menyelesaikan masalah seperti itu sebelum menjadi serius, tidak ada satu pun administrator server yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh terhadap kegagalan aplikasi/layanan.

2. Mengatasi Kegagalan sistem/perangkat keras

Kegagalan sistem/perangkat keras terjadi karena kegagalan perangkat keras fisik tempat server berjalan. Memori fisik, prosesor, dan hard drive adalah beberapa komponen yang paling rentan terhadap kegagalan karena pentingnya menjaga server tetap berjalan.

Baca Juga :   Litespeed Web Server Hosting

Meskipun komponen server meningkat dari waktu ke waktu dalam hal fungsionalitas dan keandalan, tidak ada komponen yang kebal terhadap kegagalan. Kegagalan ini dapat disebabkan oleh pengoptimalan yang buruk, panas berlebih, atau hanya karena komponen mendekati akhir masa pakainya.

3. Mengatasi Kerusakan situs web

Pemadaman situs web biasanya disebabkan oleh peristiwa yang terjadi di luar lingkungan pusat data seperti pemadaman listrik, pemadaman alami, dll.

Sementara beberapa bencana alam tidak dapat diurungkan oleh apa pun selain pilihan lokasi yang bijak, efek pemadaman listrik dan komplikasi terkait dapat disiapkan dengan langkah-langkah pencadangan seperti cluster server. Langkah-langkah redundansi ini sangat penting untuk pusat data yang terletak di daerah rawan bencana alam.

Untuk semua jenis kegagalan di atas, tindakan redundansi seperti agregasi server adalah satu-satunya cara untuk mencapai keandalan yang nyaris sempurna. Oleh karena itu, untuk memastikan waktu aktif setiap menit, pusat data harus menerapkan lingkungan server berkerumun.

Keuntungan dan kemampuan cluster server

Apa keuntungan dan peluang cluster server ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di dalamnya? Mari kita lihat lebih dekat setiap manfaat dari cluster server:

1. Peningkatan ketersediaan

Kluster server ketersediaan tinggi memberikan peningkatan ketersediaan layanan yang dihosting dengan meneruskan permintaan pengguna ke node lain jika satu node sedang sibuk.

Misalnya, jika Anda menghosting aplikasi web di server dan sedang sibuk menghosting situs web lain, Anda harus menunggu server tersedia untuk memproses permintaan Anda.

Namun, jika Anda menghosting situs web Anda di sekelompok server, Anda tidak perlu menunggu karena ada banyak node yang tersedia pada saat yang sama, yang berarti jika satu node sibuk, node lain akan tersedia untuk melayani permintaan Anda.

2. Perlindungan kegagalan

Perlindungan kesalahan penting karena meningkatkan keandalan server dengan mencegah pemadaman dan kehilangan data karena kegagalan perangkat lunak, kegagalan perangkat keras, atau masalah lain (seperti kegagalan daya akibat bencana alam).

Baca Juga :   Apa Pengertian Server Side Scripting

Lebih tepatnya, ini memastikan bahwa layanan Anda tidak akan terganggu meskipun server Anda mati.

3. Pastikan Uptime server tinggi di situs web Anda

Uptime server yang tinggi sangat penting untuk bisnis Anda karena berkontribusi pada kesuksesan Anda secara keseluruhan. Anda sudah mengetahui efek negatif dari downtime situs web pada bisnis Anda. Dengan demikian, Anda perlu memastikan bahwa situs web Anda berjalan secara efisien untuk mencegah hilangnya keuntungan, ketidakpuasan pelanggan, dan peringkat mesin pencari yang rendah.

Kami Lawang Techno menawarkan server dengan beragam paket yang tersedia sehingga Anda memiliki fleksibilitas untuk memilih sesuai dengan kebutuhan situs web Anda. Manfaatkan solusi server kami sebaik-baiknya sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu aktif server yang lebih tinggi. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply