18 Jan

9 Cara untuk mempercepat kinerja WordPress

Pikirkan kedekatan server Anda

Semakin dekat server dengan pengunjung Anda, semakin kecil latensi yang akan mereka alami. Itulah mengapa penting untuk mengetahui di mana sebagian besar pengunjung Anda didasarkan untuk menentukan kedekatan server Anda.

Cara cepat untuk menemukan lokasi terbaik untuk server Anda adalah dengan melihat Google Analytics untuk menemukan Geolokasi pengunjung Anda.

Jika sebagian besar dari mereka berbasis di Eropa, maka Anda ingin memilih pusat data di Eropa. Jika Anda memiliki lebih banyak data terperinci, Anda bahkan dapat mempersempit dan memilih kota tertentu jika Anda adalah bisnis lokal.

Secara keseluruhan, tujuan Anda adalah memastikan latensi jaringan Anda  serendah mungkin.

Ada banyak alat gratis untuk membantu Anda melakukan tes latensi cepat untuk membantu Anda memilih wilayah terbaik untuk server Anda.

 

Pilih tema WordPress yang tepat

Ada banyak tema WordPress yang bisa Anda pilih. Tidak semua dari mereka, dioptimalkan untuk kecepatan dan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Ini berguna untuk membidik tema WordPress yang cepat dan ringan yang memiliki semua fitur yang Anda butuhkan tanpa terlalu banyak fitur mengkilap yang tidak perlu

Tidak masalah apakah Anda akan memilih tema premium (berbayar) atau gratis.

Aspek penting yang perlu Anda ingat di sini adalah fleksibilitas yang disediakan tema Anda: apakah Anda dapat menyesuaikannya dan bahkan untuk menonaktifkan fitur yang tidak Anda rencanakan untuk digunakan? Jika “ya” itu jawaban Anda, itu tema yang bagus untuk diuji.

Kecepatan harus selalu menjadi prioritas dibandingkan dengan fitur menarik yang mungkin membuat situs Anda terlalu lambat.

Ini bukan kuantitas tetapi kualitas plugin Anda

Ada ribuan plugin yang dapat Anda instal di WordPress. Namun, tidak semua dikembangkan mengikuti praktik terbaik dan dengan kinerja dalam pikiran.

Itu sebabnya Anda tidak perlu khawatir tentang jumlah plugin yang Anda pasang selama plugin itu dikodekan dengan benar.

Misalnya, Anda dapat membuat situs web berjalan dengan 30 plugin dan masih sangat cepat, sementara situs lain mungkin sangat lambat hanya dengan 5 plugin.

Anda harus meninjau plugin Anda secara teratur untuk memastikan semuanya berfungsi sebagaimana mestinya dan tidak memperlambat situs web Anda.

Pentingnya caching

Plugin caching WordPress dapat membuatnya lebih mudah bagi server Anda untuk menyimpan file Anda untuk menggunakan sumber daya yang lebih sedikit di masa depan ketika mengakses konten yang sama.

Itu juga dapat membuat pekerjaan server Anda lebih mudah, yang sangat berguna ketika memiliki situs yang dinamis.

Dengan kata lain, caching dapat membantu server Anda mengingat konten Anda untuk membuat akses ke halaman Anda lebih cepat.

Jangan abaikan optimasi gambar

Cara yang sangat sederhana untuk meningkatkan kecepatan situs Anda adalah dengan memperhatikan ukuran gambar yang Anda gunakan di situs web Anda.

Gambar besar dapat secara signifikan mempengaruhi kecepatan memuat situs Anda dan itu bisa menjadi salah satu aspek penting yang diabaikan oleh banyak pemilik situs.

Cara cepat untuk meningkatkan kecepatan memuat Anda adalah dengan mengompres gambar Anda sebelum mengunggahnya.

Perlu ada keseimbangan antara ukuran file dan kualitas untuk memastikan bahwa konten Anda tidak kehilangan kualitasnya untuk mendukung kinerja.

Temukan kualitas yang cukup dapat diterima untuk mempertahankan ukuran dan pengalaman pengguna yang baik di situs Anda.

Buat halaman 404 yang ringan

Ada banyak 404 halaman yang bisa berisi situs website . Masalahnya adalah bahwa 404 halaman bisa berat, terutama di situs web WordPress.

Peretasan yang baik adalah bekerja untuk membuat template yang ringan dan minimal untuk 404 halaman dan melayani itu alih-alih yang default.

Optimalkan komentar

Komentar dapat secara negatif mempengaruhi kecepatan memuat halaman Anda. Ada tiga cara berbeda untuk mengatasi masalah ini untuk mempercepat kinerja WordPress:

Nonaktifkan komentar: Jika Anda tidak memiliki terlalu banyak komentar, Anda dapat menonaktifkannya. Tujuannya adalah hanya memiliki komentar dan menonaktifkannya jika konten Anda tidak menghasilkan apa-apa.
Optimalkan komentar WordPress asli: Anda dapat meningkatkan kecepatan memuat halaman Anda dengan mengurangi jumlah komentar yang ditampilkan di halaman Anda. Anda bahkan dapat menyembunyikan mereka dari pemuatan awal untuk memungkinkan pengguna mengklik komentar untuk melihatnya jika mereka mau.
Gunakan sistem pihak ketiga: Banyak situs lebih suka menggunakan sistem komentar pihak ketiga untuk melepas pekerjaan dari tuan rumah mereka sendiri. Ini adalah pilihan bagus untuk server yang lebih murah dengan sumber daya terbatas. Namun, memilih sistem komentar pihak ketiga dalam host berkualitas tinggi premium terkadang dapat memperlambat kecepatan muat Anda.

Nonaktifkan sematan dan umpan RSS

Mudah untuk menyematkan video YouTube, tweet, dan sumber daya eksternal lainnya ke situs web Anda.

Ini adalah fitur yang sangat berguna bagi banyak dari kita, tetapi juga dapat memperlambat beban halaman Anda karena menghasilkan permintaan HTTP tambahan.

Jika perlu, Anda dapat menonaktifkan embed melalui plugin atau dengan menggunakan kode.

Gagasan lain untuk dipertimbangkan adalah menonaktifkan umpan RSS. Jika Anda tidak menjalankan blog di situs Anda, Anda bisa menonaktifkan RSS feed untuk meningkatkan kinerja halaman Anda

Leave a reply