30 Mar

Apa Itu Server Farm

Apa itu server farm. Server farm atau server cluster adalah sekelompok server komputer yang biasanya dikelola oleh suatu organisasi untuk menyediakan fungsionalitas server yang jauh melebihi kemampuan satu mesin.

Apa Itu Server Farm

Cluster server sering kali terdiri dari ribuan komputer yang membutuhkan daya dalam jumlah besar untuk bekerja dan mendinginkan. Pada tingkat kinerja optimal, kumpulan server hadir dengan biaya besar, baik finansial maupun lingkungan.

Server farm sering kali memiliki server redundan yang dapat mengambil alih server utama jika server utama gagal. Server farmr biasanya terletak di dekat sakelar jaringan dan/atau router yang menyediakan komunikasi antara berbagai bagian klaster dan pengguna klaster.

Pemilik server biasanya memasang komputer, router, catu daya, dan elektronik terkait pada rak 19 inci di ruang server atau pusat data.

 Apa Itu Server Farm dan Aplikasinya

Server farm biasanya digunakan untuk komputasi cluster. Banyak superkomputer modern terdiri dari kumpulan server raksasa dari prosesor berkecepatan tinggi yang terhubung baik oleh Gigabit Ethernet atau koneksi berpemilik seperti Infiniband atau Myrinet.

Web hosting adalah penggunaan umum dari server farm; Sistem ini terkadang disebut web farm. Kegunaan lain dari server farm termasuk pemodelan ilmiah (seperti dinamika fluida komputasi) dan rendering gambar 3D komputer (lihat juga render farm).

Server farm semakin banyak digunakan oleh organisasi besar sebagai pengganti atau sebagai tambahan komputer mainframe, meskipun server farm belum mencapai tingkat keandalan yang sama dengan mainframe.

Karena banyaknya komputer di kumpulan server besar, kegagalan mesin tunggal sering terjadi, dan manajemen cluster server besar harus memperhitungkan hal ini dengan mendukung redundansi, failover otomatis, dan konfigurasi ulang server yang cepat.

Baca Juga :   Apa itu Web Hosting dan Server

Performa

Biasanya, kinerja kumpulan server terbesar (ribuan prosesor ke atas) dibatasi oleh kinerja sistem pendingin pusat data dan total biaya listrik, bukan oleh kinerja prosesor.

Komputer di kumpulan server beroperasi 24/7 dan mengonsumsi daya dalam jumlah besar, oleh karena itu parameter desain yang penting untuk sistem besar dan berkelanjutan biasanya adalah kinerja per watt, bukan biaya kinerja puncak atau biaya pengaktifan (kinerja puncak/(unit)*

Juga , untuk sistem dengan ketersediaan tinggi yang perlu dijalankan 24/7 (berlawanan dengan superkomputer, yang dapat dihidupkan dan dimatikan sesuai kebutuhan dan cenderung berjalan pada beban yang jauh lebih tinggi), terdapat penekanan yang lebih besar pada fitur hemat daya.

Misalnya seperti Variabel frekuensi jam Kemampuan untuk mematikan kedua bagian komputer, bagian prosesor dan seluruh komputer (WoL dan virtualisasi) sesuai kebutuhan tanpa mematikan layanan.

Kinerja per watt

EEMBC EnergyBench, SPECpower, dan TPC-Energy Performance Processing Board adalah tolok ukur yang dirancang untuk memprediksi kinerja per watt di server farm.

Daya yang ditarik oleh setiap rak peralatan dapat diukur di PDU. Beberapa server menyertakan pelacak daya sehingga orang yang menjalankan server farm dapat mengukur daya yang dikonsumsi setiap server.

Kekuatan yang digunakan oleh seluruh kumpulan server dapat didefinisikan dalam hal efisiensi energi atau efisiensi infrastruktur pusat data.

Menurut beberapa perkiraan, untuk setiap 100 watt yang digunakan untuk menyalakan server, dibutuhkan sekitar 50 watt lagi untuk mendinginkannya.

Untuk alasan ini, lokasi kumpulan server bisa sama pentingnya dengan pemilihan prosesor untuk efisiensi energi. Islandia, yang memiliki iklim sejuk sepanjang tahun dan listrik panas bumi non-karbon yang murah, membangun server server besar pertamanya.

Kabel serat optik sedang direntangkan dari Islandia ke Amerika Utara dan Eropa sehingga perusahaan dapat menghosting server mereka di Islandia.

Baca Juga :   Web Hosting Lokal terbaik 2021

Negara lain dengan kondisi yang menguntungkan, seperti Kanada, Finlandia, Swedia, dan Swiss, mencoba menarik pusat data komputasi awan.

Di negara-negara ini, panas dapat dipindahkan dari server dengan murah atau digunakan untuk memanaskan gedung, sehingga mengurangi konsumsi energi pemanas ruang konvensional.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply