25 Sep

Tools dan Tips Memilih Nama Domain yang Baik

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Bagi yang menanyakan tentang tools dan cara memilih nama domain yang baik, maka kami bisa memberikan beberapa panduannya. Artikel tentang tools dan tips memilih nama domain yang baik ini kami tulis berdasarkan pengalaman kami mencari nama domain untuk klien serta untuk kami sendiri.

Apa resikonya jika kita hanya sekedar mendapat nama domain saja? Resikonya adalah kemungkinan untuk masuk halaman pertama di Google menjadi sulit. Ini masalahnya.

Ada juga nama ekstensi domain yang sulit diterima untuk program Google Adsense atau Google Adwords.

Baiklah, ini tips kami:

Gunakan ekstensi .com.

Ini adalah nama domain yang sudah digunakan sejak lama. Nama domain ini paling terkenal dan paling diingat orang.

Mungkin kita pernah berbicara dengan orang biasa yang menanyakan alamat website dengan kata – kata semacam: dot comnya mana atau dot com nya apa?

Mereka tanpa berfikir langsung berasumsi bahwa sebuah websiote / situs adalah dot com.

belum lagi jika mereka menggunakan smartphone. ada tombol .com khusus yang membuat kita cenderung langsung menekannya karena lebih praktis daripada menulis sendiri.

Jadi, kita penuhi saja ekspektasi masyarakat dan kita gunakan .com untuk nama domain kita.

Kemudian, untuk tips kedua, Anda ingin membangun merk atau mencari pengunjung melalui SEO (Search Engine Optimisation)?

Untuk SEO

Jika ingin mencari pengunjung serta pembeli secara langsung dengan SEO, maka kita gunakan nama domain yang mengandung kata kunci.

Misal, dealer Toyota di kota Medan bisa menggunakan nama domain seperti “dealertoyotamedan.com.”

Masalahnya, nama domain seperti ini pasti sudah dipergunakan orang lain. Jadi kita bisa membuat kombinasinya. Misal, “medantoyotadealer.com” atau “dealertoyotamedan.com.” Tetapi, jika nama – nama domain tersebut ternyata sudah habis, maka kita terpaksa menggunakan ekstensi lain yang bukan .com. Kita bisa menggunakan ekstensi seperti .net.

Dimohon jangan menggunakan ekstensi seperti .xyz karena pasti hanya menyulitkan. Domain seperti cars.xyz pastilah sulit diterima Google Adsense dan sulit mengikuti program Google Adwords.

Padahal, Google Adwords bisa membuat halaman website kita langsung masuk rangking teratas hasil pencarian Google.

Kemudian, jangan mencari ekstensi yang custom seperti .photography dan semacamnya.

Misal nama domain kita adalah sonia.photography

Bagaimana jika pengunjung kita mengingatnya sebagai sonia.pothography.com?

mereka akan diarahkan mengunjungi halaman 404 dari photography.com. Jadi, hilang sudah 1 pengunjung. Jika berulang yang rugi ya kita sendiri.

Oh, ya, halaman 404 sendiri adalah halaman yang tidak ada di website tersebut. Tetapi, pengunjung kita tadi memang sudah mencari di nama domain photography.com jadi memang diarahkan kesana.

Untuk Membangun Merk

Kita bisa menggunakan merk lama kita. Bisa juga membuat merk baru jika usaha kita adalah usaha yang masih baru.

Untuk merk yang sudah lama, pilihannya mungkin lebih mudah. Misal nama toko kita adalah Toko Andalas yang menjual komputer. Kita bisa menggunakan nama seperti “andalaskomputer.com atau komputerandalas.com.

Untuk merk baru, ada beberapa tips.

  • Gunakan nama yang singkat dan mudah diingat. 

Nama domain yang singkat pastinya mudah diingat dan lebih cocok untuk membangun merk. Jika nama domain itu kita sebar melalui kartu nama, usahakan nama domain kita mudah diingat orang.

  • Nama domain bertopik khusus tetapi luas

Nama domain kita masih ada sangkut pautnya dengan topik website / situs  kita. Tetapi tidak terbatas hanya itu saja. Nama domain ini juga sebaiknya fleksibel untuk dikembangkan dikemudian hari.

Bagi Anda yang memilih nama domain, silahkan mempertimbangkan mencari nama yang sesuai. Selain ekstensi domain silahkan mempertimbangkan apakah tujuan Anda SEO atau membangun merk. Silahkan dipertimbangkan untung ruginya.

Jika ternyata Anda bisa mengkombinasikan SEO dan merk, segera dapatkan nama domain itu. Mungkin ada orang lain yang ingin mendapatkannya juga, segera.

Tetapi, meskipun menggunakan kata kunci untuk keperluan SEO, kita jangan sampai menggunakan:

  • Huruf berulang.

Misalnya saja laawangtechno.com. Orang pasti sangat susah mengingat ada dua huruf a disana dan biasanya akan salah ketik.

  • Menambah huruf atau angka pada situs pesaing.

Misal, pesaing kita adalah: toyotanasmocosemarang.com dan Anda menambahnya menjadi toyotanasmocosemarang99.com. Hasilnya? bisa dipastikan pengunjung justru hanya ingat nama domain yang tanpa angka diatas.

Apalagi ada orang yang menambahnya menjadi toyotanasmocosemarangg.com. pasti akan sulit didatangi orang.

Sekali situs ini didatangi orang, maka kemungkinan besar tidak kembali dan akan berkunjung ke situs yang tanpa tambahan angka dan huruf untuk kunjungan berikutnya.

  • Menggunakan penghubung kata. 

Dampaknya akan sama dengan menggunakan domain yang ditambah Angka atau huruf dibelakangnya.

Sekarang, beberapa tools untuk memilih nama domain yang baik:

  • namemesh.com

Namemesh sangat mudah digunakan. Kita hanya perlu mengetikkan dua atau tiga kata kunci saja supaya namemesh bisa memprediksi nama domain yang sesuai.

Nama domain yang dihasilkannya dikategorikan kedalam “new,” “short,” ‘fun,” “similar” dan sebagainya.

  • Lean Domain Search

Disini kita hanya perlu memasukkan satu nama domain saja untuk menghasilkan nama domain yang disarankan. Selain itu, kita bisa mencari nama domain berdasarkan populariy, length atau secara alphabetical.

Nama domainnya berekstensi .com dan akan berwarna hijau jika masih tersedia.

Kesimpulan

Memilih nama domain memang tidak terlalu mudah. Memilih nama domain untuk keperluan SEO akan membuat nama domain kita menjadi lumayan panjang. Tetapi, akan lebih mudah dicari di Google. Untuk mencari nama domain yang bisa menjadi merk, akan menghasilkan nama domain unik yang mudah diingat. tetapi tidak terlalu baik dari sisi SEO.

Jika bisa, kita perlu mengkombinasikan keduanya supaya hasil yang kita peroleh lebih optimal.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply