02 Dec

Harga Domain

Harga Domain

Inilah harga domain website pertahun:

Harga domain .com Rp. 160.000 –

Harga Domain Indonesia pertahun:

Harga domain .id Rp 270.000 pertahun

Harga Domain biasanya berbeda tergantung popularitas nama domain bersangkutan. Nama domain seperti .com memiliki harga yang stabil serta tidak banyak berubah sejak 5 tahun yang lalu. Pada tahun 2014, harga domain .com hanyalah sekitar Rp, 130.000 saja. Setelah 5 tahun, harganya hanya naik menjadi Rp. 160.000 saja.

Nama domain Indonesia memiliki harga 1 atau 2 tahun pertama agak murah. Tetapi, pada tahun selanjutnya bisa menjadi mahal. Entah mengapa pihak pendaftarnya menaikkan harga lebih tinggi daripada harga domain .com. Barangkali karena nama domain Indonesia merupakan identitas perusahaan Indonesia juga. Dan karena itu, maka penggunanya akan berusaha mendapatkannya kembali pada tahun berikutnya.

Meskipun begitu, saat ini banyak pilihan bagi kita untuk mancari nama domain yang sesuai dengan bisnis kita. Untuk harga domain, memang bisa sangat bervariasi.

Baca Juga :   Kisah Sukses Para Pendulang Rupiah Dengan Bisnis Online

Harga domain yang kurang laku seperti .XYZ murah. Tetapi, sayangnya domain murah seperti ini sering dibeli dan dipasangkan di website spam. Akhirnya, image domain bersangkutan menjadi jelek.

Harga domain yang lebih murah jangan menjadi patokan satu – satunya dalam membeli nama domain. Yang penting, nama domain itu mudah dikenal oleh pasar kita. Jika membeli nama domain indonesia untuk website dengan pasar di Amerika, bisa cocok atu tidak cocok.

Jika nama doamin Indonesia tadi berupa nama perusahaan atau PT / CV kita, maka tidak menjadi masalah. Nama domain seperti toyota.co.jp pastilah lebih baik daripada nama domain toyota.com untuk perusahaan Toyota di Jepang.

Kita justru bisa memperkenalkan nama perusahaan kita secara khusus di luar negeri.

Tetapi bila nama domain ini berupa kata kunci, misal bagsale.id. maka bisa menjadi kurang cocok.

Untuk harga domain .id sendiri, saat ini biaya perpanjangannya akan lebih mahal daripada harga pembelian domain di tahun pertama.

Tips memilih nama Domain

Memilih nama domain ada beberapa tips yang sebaiknya kita gunakan. Karena biasanya cukup memberikan manfaat.

  • Menggunakan nama domain .COM

Menggunakan nama domain .COM akan mudah diingat orang lain. Hampir semua orang awam mengasumsikan internet atau website dengan .com. Jadi membeli domain dengan ekstansi lain mungkin membuat mereka berkunjung ke versi.com nama domain kita. Misal, nama domain kita: bajubaru.co. Maka Orang bisa saja mengetikkan nama domain bajubaru.com sebagai gantinya. Dan, justru berkunjung ke website saingan kita.

Jadi, sebisa mungkin kita tetap menggunakan nama domain .COM dibanding nama domain dengan ekstensi lain seperti .co atau .xyz misalnya.

  • Menggunakan nama domain Indonesia

Nama domain Indonesia kini semakin dikenal. Karena itulah jika bisnis kita pasarnya di Indonesia, ada baiknya menggunakan nama domain Indonesia juga.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website

Tetapi, ada tips untuk tetap membeli nama .Com yang serupa. Misal, kita menggunakan nama domain: CVWIDYAKARYA.CO.ID maka perlu kita beli juga nama domain CVWIDYAKARYA.COM.

Gunanya, untuk menghindari pemalsu nama kita atau pesaing mendapat keuntungan dari kesalahan pengunjung mengetikkan ekstensi nama domain.

  • Menggunakan nama domain sesuai kata kunci

Menggunakan nama domain sesuai kata kunci bisa membantu rangking kita di Google naik lebih tinggi. Tetapi, yah sebatas untuk kata kunci yang kompetisinya rendah saja.

Nama domain seperti bajubaru.com lebih cocok Anda pergunakan jika Anda menjual produk fashion atau baju.

  • Jika bukan kata kunci, gunakan nama domain yang pendek

Menggunakan nama domain yang pendek dan mudah diingat adalah salah satu trik supaya website kita cepat terkenal.

Andaikata saja kita membeli nama domain: jasabuatbonekabarurapibagus.com, maka nama domain ini pasti mudah dilupakan orang. Tetapi nama domain buatboneka.com akan jauh lebih mudah diingat. Jika Anda masih bisa mendapatkan nama boneka.com, maka silahkan dibeli segera.

  • Menggunakan . net dan .org jika terpaksa

Jika nama domain .com tidak ada, bisa menggunakan ekstensi nama domain yang sudah familiar. Misalnya .net atau .org

Itulah sedikit artikel mengenai harga domain. Harga domain memang bervariasi tergantung kepada ekstensi atau nama akhirnya. Harga domain .com biasanya stabil dan naik pelan – pelan. Harga domain .id bisa jasi murah diawal tetapi mungkin mahal berkali lipat pada tahun kedua atau selanjutnya.

Anda berminat untuk membeli domain, maka silahkan menghubungi LAWANG TECHNO untuk pembelian Anda.

Leave a reply