27 May

Solved! Website Adalah.. Ini Jawabannya

  Pengertian Website adalah:

Website merupakan kumpulan dokumen halaman web yang saling terhubung. Isinya adalah informasi bisa berbentuk text, gambar atau video. Semua data tersebut disimpan pada server hosting.

Untuk membuka sebuah website, pengguna harus memiliki perangkat komputer atau gadget yang terhubung ke internet.

Secara umum website ini memiliki format HTML dan diakses dengan HTTP atau HTTPS. Informasi yang ada akan ditampilkan kepada para pengguna dengan menggunakan web browser.

apa itu website adalah (1)

Karena website ini terletak di sebuah server, dan server website jumlahnya sangat banyak, maka diperlukan alamat.

Pemberian alamat ini menggunakan sebuah “Nama Domain” seperti lawangtechno.com, google.com dan sebagainya.

Nama domain ini gunanya untuk menggunakan alamat IP yang berupa kombinasi banyak angka yang sulit dihapalkan.

Pengertian Website menurut ahli:

  • Sibero

Adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lainnya pada jaringan internet.

  • Menurut Hidayat:

Pengertian website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling berhubungan.

  • Yuhefizar

Pengertian website adalah keseluruhan halaman-halaman yang mengandung informasi yang ada pada sebuah domain. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halam web yang saling terkait satu sama lain.

  • Gregorius

Menurut Gregorius, pengertian website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari halaman, dan kumpulan halaman dinamakan homepage.

  • Hakim Lukmanul

Menurut Hakim Lukmanul, definisi website adalah fasilitas internet yang menghubungkan berbagai dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen dalam website disebut dengan web page dan hyperlink dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu halaman ke halaman lain.

Jenis – jenis website

ada setidaknya 3 jenis website yang bisa kita tuliskan. Website ini tidak didasarkan secara fungsinya tetapi secara teknis presentasinya.

  • Website statis

Website statis tampilannya tidak berubah – ubah. Website seperti ini biasanya digunakan untuk landing page suatu produk atau jasa. Website seperti umumnya ada di tahun 1990 an awal. Untuk mengubah tampilannya, kita harus mengubah code programnya secara langsung.

  • Website dinamis

Website dinamis memiliki tampilan yang mudah diubah. Istilah website dinamis ini muncul setelah adanya Content Management System atau CMS.

Jika website dibuat dengan CMS, maka penggunanya akan mudah membuat posting atau bahkan mengubah layout dengan mudah.

  • Website interaktif / website aplikasi

Website ini ditujukan supaya bisa berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Website interaktif antaralain adalah seperti IG atau FB.

Sebagian lainnya merupakan website yang menjalankan aplikasi khusus saat digunakan.

Misal, website untuk memilih warna secara online, website untuk absensi dan pelaporan lainnya dsb.

Manfaat website

Website secara umum bermanfaat untuk menyebarkan informasi lebih cepat dan lebih murah.

Kita tidak perlu mencetak di kertas dan menyebarkannya secara fisik kemana – mana. Dengan website, kita mendapatkan kemudahan untuk berpromosi hingga jarak yang lebih jauh lagi.

Selain itu, website seperti Youtube dan lainnya juga merupakan sarana hiburan yang lumayan murah.

Unsur Website

Supaya sebuah website bisa berjalan, ada unsur – unsur yang dipenuhi. diantaranya:

  • Web hosting

web hosting atau server hosting adalah element penting yang menyimpan data website secara online sehingga bisa diakses lewat internet. Keberadaan web server merupakan bagian yang tidak bisa diabaikan jika kita membuat website.

apa itu website adalah (2)

  • Konten website

Ini adalah isi website itu sendiri. Isi website bisa berupa video, text atau tulisan, gambar dan juga bisa berupa aplikasi. Aplikasi ini bisa dijalankan pengguna saat mereka mengakses website.

Sebuah server perlu isi atau konten supaya ada hal yang dibaca atau dilihat dari sana.

  • Nama domain

Kita bisa saja tidak menggunakan nama domain untuk website kita. Gantinya akan ada IP Address atau alamat IP server website kita yang bisa ditemukan. Tetapi, cara ini sudah pasti menyusahkan karena angka – angka yang digunakan di IP address pasti tidak bakal dihapalkan oleh pengunjung website kita.

Meskipun alamat IP ini bisa diindeks oleh Google atau Bing, tetapi para pengunjung pasti tidak kembali karena tidak mau atau malas menghapal nomor IP Address kita.

Gantinya, kita mengganti nomor seperti : 216.58.216.164 dengan nama domain misalnya: tokomurah.com

Itulah pengertian tentang website beserta fungsi dan unsur – unsur website. Semoga bermanfaat.



Share this

Leave a reply