20 Oct

Pelatihan Ponek ( Pelayanan OBSTETRI NEONATAL EMERGENSI KOMPREHENSIF )

PELATIHAN PONEK (PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENSI KOMPREHENSIF)

 

PENDAHULUAN

Pelatihan Ponek,  kematian ibu harus selalu ditekan. Demikian juga dengan angka kematian bayi. Ibu adalah pendidik utama dalam keluarga sedangkan anak adalah masa depan kita.

Indosesia sendiri memiliki angka kematian ibu dan anak yang masih cukup tinggi. Untuk negara – negara di Asia Tenggara, Angka kematian Ibu dan Anak ini masih relatif tinggi. Pada tahun 2018, angkanya masih mencapai 305 orang per 100.000 pada tahun 2015.

Pelatihan Ponek

Pelatihan Ponek

Kita, sebenarnya memiliki target untuk menurunkan angkaini di sekitar angka 100 per 100.000 orang pada tahun 2015. Tetapi, ternyata memang masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan.

Sayangnya, sejak tahun 1990 an, penyebab kematian ibu ini masih sama saja, yaitu tentang penanganan yang kurang tepat.

Jadi masalah seperti preeklampsia atau Pendarahan, Hipertensi, Infeksi, Partus Lama dan Abortus masih medominasi sebagai penyebab masalah.

Salah satu upaya kita untuk menekan Angka kematian Ibu dan Anak adalah dengan peningkatan kualitas pelayanan pelayanan kegawatdaruratan maternal neonatal di rumahsakit melalui pelatihan ponek. Pelayanan ini bertijuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga profesional rumah sakit dalam Pelayanan emergensi maternal neonatal.

Untuk mendukung keberhasilan layanan tersebut, Kami, menyelenggarakan PELATIHAN PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENSI KOMPREHENSIF (pelatihan ponek) bagi perawat serta petugas medis rumahsakit lain yang terlibat dalam pelayanan kelahiran dan sesudahnya.

Pelatihan ini tentunya selain bertujuan untuk menurunkan tingkat AKI dan AKB.  Serta, bertujuan untuk mencapai target program nasional dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit ( SNARS ).

Secara lebih luas, mengupayakan tercapainya kesehatan reproduksi ibu yang  baik dan serta upaya untuk mencapai tumbuh kembang anak yang optimal sesuai potensi genetiknya.

Untuk sebuah rumah sakit, syarat minimal pelayanan PONEK adalah sebagai berikut:

  • Mampu memberikan Pelayanan Kesehatan Maternal Fisiologis dan Risiko Tinggi pada masa antenatal, intranatal dan post natal.
  • Mampu memberikan Pelayanan Neonatal Fisiologis dan Risiko Tinggi pada level IIB (Asuhan Neonatal dengan Ketergantungan Tinggi)

Untuk RS kelas A, semestinya sudah mampu memberikan layanan beriupa Pelayanan Kesehatan Maternal Risiko tinggi dan Neonatal Risiko tinggi pada level IIIA. Bagi RS yang sudah memenuhi syarat, dapat disebut sebagai RS Mampu PONEK PLUS.

TUJUAN PELATIHAN PONEK

Tujuan Umum :

Pelatihan ini ditujukan untuk membantu Rumah Sakit dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang memenuhi kualifikasi dalam pelayanan pelayanan emergensi maternal neonatal secara komprehensif serta mengoptimalkan rumah sakit sebagai pusat rujukan dan layanan untuk Ibu dan anak.

TujuanKhusus :

Meningkatkan kompetensi tenaga medis yang berhubungan langsung dalam pelayanan pelayanan emergensi maternal neonatal secara komprehensif untuk dokter, bidan dan perawat .

TOPIK BAHASAN PELATIHAN PONEK

PESERTA PELATIHAN PONEK

Pelatihan PONEK ini akan berjalan secara efektif apabila ada minimal1 tim tenaga medis yang berhubungan langsung dengan layanan emergensi maternal neonatal. Karena itu, setiap Rumah Sakit diharapkan untuk mengirimkan minimal 1 tim peserta yang terdiri dari:

  • 1 orang dokter spesialis Obgyn
  • 1 orang dokter spesialis anak
  • 1 orang dokter umum
  • 1 orang bidan
  • 1 orang perawat (diutamakan perawat anak)

METODA PELATIHAN PONEK

Untuk mencapai tujuan pelatihan, kami memberikan pelatihan dalam bentuk:

  • Tutorial
  • Studi Kasus
  • Diskusi
  • Praktek Lapangan (On The Job Training)

NARA SUMBER

Pelatihan Ponek | Semua Nara Sumber untuk pelatihan adalah para profesional yang berlisensi JNPK-KR

WAKTU & TEMPAT PELATIHAN

Pelatihan diadakan selama 5 hari

 

INVESTASI

 

Akomodasi untuk peserta seperti hotel dapat dibantu oleh panitia.

 

untuk info lebih lanjut klik Pelatihan Ponekmitratrainingcenter.co.id


  • menghapus akun ig
  • pelatihan ponek akreditasi

Share this

Leave a reply