11 Apr

Membersihkan Karang Gigi yang Efektif – Begini Lho Caranya

Cara membersihkan karang gigi dan plak gigi. Bisakah dilakukan dirumah? Bagaimana membersihkan karang gigi sendiri?

Karang gigi diketahui akan membuat penampilan gigi terlihat kurang bersih. Berwarna kuning dan jelas membuat kurang percaya diri.

Karang gigi berbeda dengan plak gigi. Plak gigi dikenal juga dengan istilah jigong. Warnanya transparan,  lengket dan tip. Tetapi, karang gigi adalah lapisan yang mengeras. Sebabnya karena gigi  tidak dibersihkan dengan benar.

Karang gigi ini, menjadi tempat menempel untuk plak gigi. Semakin banyak karang giginya, maka plak gigi akan menempel lebih nyaman dan lekat.

Nah, jika sudah menempel, plak gigi ini akan menjadi rumah untuk berbagai jenis bakteri yang bisa jadi, membahayakan.

Bagusnya, plak gigi ini bisa dibersihkan sendiri dirumah. Tetapi, apakah karang gigi bisa kita bersihkan dirumah? Nah, sebelum menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui mengapa kaagigi perlu dibersihkan. Tentunya, karena membawa resiko yang tidak baik untuk gigi dan mulut kita. Antaralain:

cara membersihkan karang gigi

 

Gingivitis atau Radang Gusi

Radang gusi kita ketahui akan terlihat seperti gusi berdarah dan bengkak. Tentunya rasanya sakit dan tidak nyaman. Untuk menggigit dan mengunyah juga tidak enak.

Padahal, Radang Gusi ini hanyalah penyakit awal saja lho. Jika dibiarkan, maka dampaknya bisa lebih serius.

Periodontitis

Ini adalah penyakit akibat Radang Gusi yang sudah menyebar sampai ke tulang dan jaringan penyangga gigi lainnya. Nah, untuk penyakit Periodontitis ini, bisa saja gigi sampai lepas lho. Karenanya, jika ada radang gigi, jangan sampai dibiarkan berlanjut.

Baca Juga :   e-commerce "infant industries" di Indonesia yang semakin meraksasa

Oh ya, satu lagi, penyakit Periodontitis ini bisa menyebabkan gangguian jantung juga. Itu, karena kumannya bisa sampai juga ke Jantung.

Sekarang, karena penyakit ini lumayan bisa parah, maka sudah seharusnya kita cegah.

Jika karang gigi dan plak gigi menempel, maka lapisan yang menempel ini bisa lama – lama lapuk dan membuat lubang di gigi juga.

Selain itu, bakteri pada plak gigi juga mengeluarkan zat asam. Karenanya, zat ini bisa menggerogoti gigi dan membuat lubang di gigi.

Cara menghilangkan plak gigi

  • Menyikat Gigi

Cara paling sederhana untuk mencegah plak gigi adalah, dengan menggosok gigi.  Menggosok gigi secara teratur dan sebelum tidur sangat penting. Kita jangan membiarkan mikroorganisme menempel pada gigi.

Untuk sikat gigi, kita sekarang sudah mendapatkan sikat gigi dengan teknologi yang baik. Misalnya, Sikat Gigi Pepsodent Vertical Expert. Sikat ini memiliki bulu lancip dan bisa menjangkau ke sela – sela gigi. Karenanya, bagus untuk mengangkat sisa – sisa makanan.

Jadwal menyikat gigi yang dianjurkan adalah satu jam setelah makan pagi dan sebelum tidur.

Tetapi, ada juga yang menyikat gigi setelah makan besar. Hal semacam ini pastinya lebih baik untuk melindungi gigi.

Selain sikat gigi berteknologi tinggi, pasta gigi yang mengandung Fluoride sangat dianjurkan. Fluoride adalah mineral yang mampu mengikat e-mail gigi. Karenanya, email menjadi lebih keras. Dan, lebih mampu melindungi gigi.

  • Menggunakan Dental Floss

Dental Floss dikenal juga dengan sebutan benag gigi. Benag gigi ternyata lebih efektif hingga 40% dalam membersihkan sela – sela gigi.

Kelebihan benang gigi tentunya adalah bentuknya yang bisa fleksibel. Bisa menyesuaikan bentuk gigi dan membersihkan sela – sela gigi. Pada bagian ini, terbukti sikat gigi tidak mampu melakukannya.

Baca Juga :   E-Voucher HSBC - Gimana Sih Cara Tukarnya?

Untuk penggunaan dental Floss, kita hanya perlu sekali sehari saja. Tidak usah untuk setiap setelah makan.

  • Menggunakan Mouthwash

Mouthwash membuat kita bisa mencegah plak gigi dan membantu menghilangkan bau mulut.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Untuk karang gigi, sayangnya tidak bisa dihilangkan dengan menyikat biasa. Kita harus menghilangkannya di dokter gigi. Teknik untuk membersihkan karang gigi, umumnya dikenal sebagai tindakan Scaling Gigi.

Untuk membersihkan karang gigi, secara umum ada 2 cara yang bisa dipergunakan oleh dokter.

  • Teknik Manual

Karena manual, cara ini bisa lebih menjangkau bagian bawah gigi dengan lebih baik. Tetapi, juga memakan waktu yang lebih lama.

  • Teknik Ultrasonic

Teknik Ultrasonic, seperti namanya memanfaatkan getaran dengan frekuensi yang tinggi. Ini adalah teknik yang lebih singkat dan cepat untuk membersihkan gigi. Tetapi, hasil akhirnya mungkin gigi bisa menjadi agak kasar.

Secara umum, karang gigi memang bisa dibersihkan, tetapi bukan dibersihkan dirumah.

Meskipun bisa dibersihkan, tetapi kita wajib menjaga kesehatan gigi. Gigi Dewasa hanya bisa tumbuh sekali. Jika rusak, maka sudah tidak bisa tumbuh lagi. Jika berlubang, maka harus ditambal segera. Jangan dibiarkan lubannsemakin besar.

Untuk 1 atau 2 hari sekali, kita perlu juga menggunakan mouthwash.  Mouthwash ini memang agak terasa “keras” dimulut. Tetapi efektif juga untuk membantu menghilangkan plak gigi. Karenanya, bisa juga membantu:

Menghilangkan asam pada mulut, memberi tambahan asupan mineral hingga mencegah bau mulut.

Menjaga kesehatan gigi adalah kewajuban kita sendiri. Dan, kita harus mengajarkannya secara rutin kepada anak – anak kita. Mereka kita biasakan menggosok gigi setelah makan pagi, dan juga sebelum tidur. Ini adalah langkan minimal untuk menjaga gigi. Jika diperlukan, bisa menyikat gigi setelah makan besar.  Menggunakan Dental Floss, juga menggunakan mouthwash setiap 1 atau 2 hari.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Sistem Informasi Kekayaan dan Aset

Selain itu, memeriksa gigi secara rutin setiap 6 bulan atau 12 bulan sekali ke dokter gigi.

Leave a reply