16 Jul

Jasa SEO Surabaya Murah Bergaransi

Jasa SEO yang Menjangkau Surabaya. SEO Surabaya Murah untuk masuk halaman 1 Google.

Mengapa Anda harus masuk halaman 1 Google? itu karena penjualan akan meningkat pesat. Terutama jika kata kunci yang diincar adalah kata kunci yang berpotensi untuk mendapatkan penjualan.

Kami, Lawang Techno siap memberikan layanan SEO dan juga marketing online lainnya untuk berbagai bisnis Anda.

Apakah Layanan SEO di Surabaya kami bergaransi?

Garansi bisa juga diberikan dalam batas tertentu. Tetapi melihat juga kepada kompetisi bisnis Anda di internet. Jika kompetisi bisnis ketat, kata Jasa SEO “murah” tidak berlaku lagi. Jika kompetitor kita profesional, maka kita juga harus profesional untuk melampauinya.

SEO itu seperti ujian. Jika kompetitor punya 7 aspek SEO dengan nilai rata – rata 8, maka kita butuh ke 7 aspek tadi bernilai rata – rata 8,1 untuk melampauinya. Ini adalah hitungan komputer atau hitungan dari server super canggih milik mesin pencari.

Tetapi, ada sedikit masalah yang tidak mungkin kita pecahkan.

  1. Yang memberi nilai itu Google bukan kita. Kita tidak pernah tahu berapa nilai kita dimata Google.
  2. Jika faktor SEO tadi melibatkan website atau backlink dari luar, maka itu juga bukan kuasa kita lagi.

Kita hanya bisa mengkira – kira parameter nilai yang diberikan oleh Google. Tetapi, tidak pernah bisa pasti tahu rumusnya atau perhitungannya.

Kita hanya bisa mengoptimasi hal – hal yang secara umum diketahui menjadi parameter utama untuk penilaian SEO. ( Karena itulah, cara masuk halaman depan Google ini diberi nama Search Engine Optimization ).

Google, secara resmi tidak pernah mengeluarkan daftar apa saja yang perlu dikerjakan jika ingin masuk halaman pertama atau rangking satu.

Sekali – sekali, ada informasi bahwa satu aspek memberikan pengaruh di SEO. Tetapi cuma sebatas itu saja.

Misal, pada tahun 2015, faktor website responsif atau layout yang fleksibel untuk gadget akan diutamakan untuk naik rangking.

Jadi, sulit sebenarnya memberi jaminan harus bisa masuk halaman pertama. Dan, tidak mungkin memberi jaminan bisa rangking satu. 

Semua master SEO mengetahui hal ini.

Sebesar apa kompetisi SEO di Surabaya?

Secara umum, ada 2 juta posting baru di platform WordPress setiap harinya. Jadi, sudah ada lebih dari 200 posting baru di WordPress saat Anda selesai membaca tulisan ini.

Untuk bisnis Anda, kami tidak tahu sebelum menganalisanya.

Tetapi, secara umum juga, harga paket SEO yang kami tawarkan memang lebih murah untuk paket setara yang ditawarkan pihak lainnya.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara untuk masuk halaman pertama di Google.

Tetapi, apa yang perlu dioptimasi? Apakah desain website? Apakah konten website? Apakah link website perlu dioptimasi?

Jawabannya adalah ya untuk ketiganya.

Kita perlu mengoptimasi banyak faktor supaya halaman website masuk di halaman utama pencarian Google. Terutama untuk pencarian dengan kata kunci pembelian yang sesuai dengan bisnis kita.

Kata kunci ini, biasanya adalah kata kunci pembelian yang mampu memberikan potensi penjualan kepada bisnis kita. Bukan kata kunci untuk mencari informasi.

Apakah SEO menjamin untuk menjadi nomor 1 di Google?

Terus terang saja, jika untuk keperluan bisnis, jawabannya adalah tidak!

Mungkin saja SEO berhasil membawa halaman tertentu website masuk rangking 1, bukan hanya di halaman 1. Tetapi, itu untuk kata kunci yang tidak terlalu menjanjikan penjualan.

Jika kata kuncinya menjanjikan penjualan, maka akan ada Google Ads yang masuk rangking 3 besar hingga 5 besar disana.

Mengapa begitu?

Ya, karena pemasar online dan master SEO sudah mengetahui kata – kata kunci penjualan. Dan, mereka beriklan di Google untuk ditempatkan di 3 besar di hasil pencarian kata – kata kunci tersebut.

Kita yang menggunakan SEO pasti kalah oleh mereka.

Kemudian, menggunakan SEO juga perlu waktu lama supaya masuk halaman pertama Google.

Ada banyak, 200 lebih faktor yang dinilai Google saat menilai rangking suatu halaman website. Meskipun, kita paling banyak hanya mampu mengoptimasi hanya 7 sd 12 faktor utama diantaranya.

Jadi, SEO tidaklah selalu merupakan cara terbaik untuk menjual secara online, terutama pada saat ini.

Bayangkan saja, beras 1 ton akan produktif jika kita mampu menjual 300 kg sehari.

Jika penjualan kita hanya 60 kg sehari, maka produktifitas kita rendah.

Tetapi, jika kita menjual dengan SEO, maka akan perlu waktu untuk banyak faktor penting SEO tadi terpenuhi.

Baca Juga :   Tutorial Cara Termudah Membuat Google Form

Artinya, perlu waktu sebelum website masuk halaman pertama pencarian Google.

Jadi, kita akan bisa menjual dengan lancar, katakan saja 3 bulan lagi.

Padahal, selama 3 bulan kita pasti butuh biaya.

Jika menggunakan Google Ads, kita bisa mulai menjual Saat ini juga. Inilah bedanya.

Kita bisa produktif mulai sekarang juga tanpa menunggu dan mengeluarkan biaya untuk sekedar berusaha menjual.

Selain itu, Google Ads juga menjanjikan posisi 5 besar di halaman utama Google. Penjualan disana lebih besar lagi dibanding yang rangking 6 sd rangking 10 meskipun sama – sama di halaman depan.

Tetapi, SEO itu memang untuk jangka panjang. Jadi, silahkan saja menggunakan jasa SEO kami untuk keperluan menaikkan rangking di Google dalam jangka panjang.

Apa saja faktor terbaru SEO untuk Google?

Secara umum, ada 200 lebih faktor yang penting sebenarnya. Tetapi kita ambil saja beberapa:

  • Referring domains

Referring domains adalah domain yang memberikan backlink kepada kita. Jika domain – domain ( atau website ) tadi adalah website yang bagus, maka rangking website kita bisa naik.

Kemudian, selain kualitas website, jenis website yang memberi referensi juga penting.

Referensi yang diberikan oleh website yang masih 1 tema akan berharga mahal dibanding yang berbeda tema.

Jika bisnis Anda hotel, memperoleh backlink dari situs restoran bisa membantu. Tetapi, backlink dari situs bengkel mobil mungkin tidak terlalu banyak membantu.

  • Organic click-through-rate ( CTR )

Alasannya, website yang di – klik lebih banyak saat ditemukan di mesin pencari bisa menjawab pertanyaan pencari lebih baik dibanding lainnya. Jadi, inilah gunanya menggunakan snippet atau deskripsi yang benar untuk konten kita.

  • Responsif gadget

Website yang responsif dengan gadget mendapatkan rangking lebih tinggi dari Google. Alasannya sederhana. Saat ini hampir semua orang memiliki sambungan internet di saku mereka. Jadi, mereka pasti menggunakan gadgetnya untuk mencari sesuatu di Google.

Website dengan layout yang fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan layar ukuran kecil, akan mendapat rangking yang lebih baik.

  • Waktu kunjungan

Waktu kunjungan di sebuah website menunjukkan orang berminat atau tidak dengan website bersangkutan.

Jika waktu kunjungan lama, artinya website tersebut dianggap bermanfaat oleh para pengunjung.

  • Jumlah dan kualitas backlinks

Backlink sebenarnya ada 2 macam. Baclink dari eksternal atau reffering domain dan backlink internal.

Jumlah dan kualitas backlink eksternal sangat berpengaruh kepada rangking kita. Selain itu, backlink internal juga berpengaruh signifikan dan bisa mendukung perubahan yang diharapkan.

  • On-page SEO

On page SEO adalah teknik mengoptimalkan website atau blog dengan mengoptimalkan konten website bersangkutan.

Ada beberapa hal yang biasa untuk dioptimalkan pada off page SEO.

Kata kunci pada nama website

Penggunaan kata kunci pada nama website mungkin tidak terlalu penting sekarang. Tetapi masih bisa sangat membantu kita.

Penggunaan kata kunci pada nama domain seperti “jasasumurbor.com” saat ini dipandang masih bisa membantu rangking kita di Google.

Menurut Google, nama domain dengan kata kunci didalamnya tidak perlu lagi digunakan. Google tidak lagi memberikan penilaian atas nama domain yang mirip dengan kata kunci.

Tetapi, pada prakteknya tidak selalu begitu. Pencarian di Google yang melibatkan nama domain seperti Lawang Techno akan tetap dilakukan orang. Jadi, pencarian kata kunci seperti jasa sumur bor bisa diartikan seperti pencarian nama domain jasasumurbor.com juga.

Apakah orang yang mengetik kata jasa sumur bor itu mencari domain tadi atau sekedar melakukan pencarian biasa? Ini agak membingungkan.

Menurut pengalaman kami, penggunaan nama domain dengan kata kunci masih tetap berpengaruh. Meskipun tidak lagi besar pengaruhnya seperti pada tahun 2009 kebawah.

Terus terang, menurut pengalaman kami, Google masih setengah – setengah dalam memberikan penilaian soal nama domain kata kunci ini.

Jika kami menggunakan nama Lawang Techno.com, itu karena kami ingin membangun merk. Jadi, tujuannya lebih panjang dan prosesnya juga lebih lama dibanding untuk mendapatkan klien dengan nama domain berupa  kata kunci.

Kata kunci pada judul

Ini adalah cara yang mudah untuk memasukkan kata kunci di website. Posting dengan judul yang mengandung kata kunci jelas sangat membantu.

Pertama, orang tahu layanan kita dengan membaca judul konten kita. Yang kedua, Google akan “menuruti” kita untuk memberi penilaian sesuai dengan judul konten kita ( judul artikel, gambar atau video ).

Jika kita memberi judul atau nama pada foto kucing yang kita upload sebagai  anjing, maka Google akan mencatat dan mengindeks foto kita sebagai anjing.

Ya, jika kita cari di Google kata kunci: anjing, maka foto kucing kita bisa muncul!

Kata kunci pada artikel

Kata kunci pada artikel juga penting. Kata kunci utama sebaiknya sekitar 2,5% dari jumlah kata di artikel.

Jika website atau blog Anda adalah web wordpress, maka Anda sebaiknya menggunakan plugin YOAST SEO untuk membantu menulis artikel Anda.

Jika permintaan dari YOAST SEO tadi dituruti, maka minimal kita akan mendapatkan artikel dengan struktur SEO yang baik.

YOAST akan meminta kita mengupload gambar dengan alt tag, memberi kata kunci ditempat tertentu seperti judul, sub judul dan juga di beberapa tempat lainnya. Plus, banyak saran lainnya yang sangat disarankan untuk Anda turuti.

Tandanya, kita mendapat warna hijau untuk artikel kita pada semua atau hampir semua poin.

Baca Juga :   Mana yang harus dipilih ? Cloud Hosting vs VPS Hosting

Pemberian nama gambar

Menyambung keterangan diatas, pemberian nama gambar yang akurat juga membantu SEO kita. Berikan juga alt + tag untuk memberikan deskripsi gambar. Alt + tag ini akan dibaca Google saat mengindeks gambar atau foto kita. Jadi, perlu kita buat dengan akurat dan juga, perlu ada kata kunci juga.

SEO video

Seperti halnya gambar, video perlu deskripsi supaya mudah dicari oleh Google.

Selain judul dan deskripsi, video perlu format yang tidak rumit seperti flash. Format MP4 sedikit banyak bisa dibaca oleh Google.

Jangan memproteksi video dan jangan memasukkan video ke halaman yang masuknya harus ada password.

Jika dilakukan, Google tidak menampilkan hasil pengindeksan yang dilakukan di halaman pencarian mereka. Meskipun, mungkin Google tetap mampu masuk halaman terproteksi tadi dan mengindeks konten kita.

Tetapi, ya, hasil pengindeks-an tidak ditampilkan kepada para pencari.

Google dan mesin pencari lain adalah mesin pencari text. Hingga saat ini, teknologi pencarian text sudah sangat maju hingga ada kecerdasan buatan yang bisa mengaitkan pencarian satu dengan lainnya.

Untuk mudahnya, Google mampu melihat niat orang saat melakukan pencarian.

Tetapi, untuk pencarian video, memang belum secanggih itu. Jadi, kita harus membantu Google untuk menemukan video kita dan merangkingnya dengan baik.

Memperhitungkan niat orang saat melakukan pencarian

Google, mampu membaca niat orang dalam melakukan pencarian. Kemampuan ini terus mereka kembangkan.

Sekarang, giliran kita yang membaca niat para pencari di Google. Jika ada orang yang mencari dengan kata kunci tertentu, apa sebenarnya yang mereka cari itu?

Jika kita bisa membacanya, maka kita bisa memasukkan apa yang kira – kira diinginkan para pencari di konten kita. Dan, Google juga akan menyediakannya untuk para pencari.

Black Hat SEO dan White Hat SEO

Saat ini, ada 2 cara untuk melakukan SEO. Yakni cara Black Hat dan cara yang “direstui” Google, cara White Hat.

  • Black Hat SEO

Black Hat biasanya mirip dengan cara – cara instan seperti membeli backlink atau mencari backlink tanpa peduli sumbernya. Juga, hanya mencari backlink sebanyak – banyaknya tanpa pertimbangan kepantasan.

Yang dimaksud kepantasan disini adalah: website baru umur 3 minggu tapi backlinknya ada 2000 buah.

Bagaimana caranya bisa mendapatkan backlink sebanyak itu dalam 3 minggu pertama? Google pasti berfikir bahwa cara yang digunakan adalah Spam.

Membeli backlink asal – asalan juga akan merugikan. Backlink hasil membeli biasanya berasal dari website link farm atau website yang memang dibuat untuk memberi backlink. Hasilnya, ya malah bisa menurunkan rangking.

  • White Hat SEO

White Hat SEO adalah teknik SEO yang mempergunakan kualitas website sebagai dasar untuk mendapat rangking yang bagus di Google.

Apa website yang bagus itu?

Google pernah menulis, jika konten website tersebut dicetak sebagai majalah, apakah Anda akan membelinya? Atau, apakah layak dijual?

Jika jawabannya adalah ya, maka konten website itu berkualitas. Jika belum layak dijual maka dianggap kurang berkualitas.

Memang ini adalah nilai ideal. Tetapi, ada juga website yang berhasil memberikan nilai seperti itu.

Website seperti kumparan.com, detik.com dan juga situs lain seperti brilio mampu menghadirkan kualitas yang “ideal” tadi.

Meskipun situs kita belum sebagus milik mereka, tetapi minimal, kita tahu kemana arah yang disukai Google.

Selain itu, membangun backlink juga bisa dilakukan dengan cara yang baik.

Patokan backlink bagus adalah: Berasal dari situs yang minimal memiliki iklan Google Adsense. Jika sebuah situs memiliki Google Adsense, maka situs web atau blog tadi sudah memenuhi standar minimal situs yang dianggap bagus oleh Google.

Kita bisa menjadi penulis tamu disana untuk mendapatkan backlink / tautan ke situs kita.

Gray Hat SEO

Ini adalah campuran antara membuat situs bagus tetapi, biasanya dicampur dengan mencari backlink asal – asalan. Atau, backlink bagus dicampur konten yang kurang bagus ( misal duplikat ). Atau keduanya campuran juga. Hasil akhirnya, bisa membantu rangking ( minimal sekarang ). Tetapi, jika “keseimbangan” yang ada rusak, situs bersangkutan rawan terkena pinalti dari Google.

Sebaiknya dihindari karena tidak sehat untuk jangka panjang. Google pasti mengubah algoritma dan semakin canggih. Jadi, praktek semacam ini bisa “tertangkap tangan” nantinya.

Membersihkan Faktor SEO back Hat

Jika ada faktor SEO Black Hat di website kita, maka kita perlu bersihkan. Konten yang duplikat dengan konten situs lain dihapus. Backlink yang berasal dari situs judi atau semacamnya di hapus jika memungkinkan. Gunakan Google “disavow Tools” jika diperlukan.

Konten dengan kata kunci sama yang sangat banyak bertebaran dalam 1 artikel dikurangi.

Tips SEO lainnya

  • Konten berkualitas

Seperti diulas didepan, konten berkualitas adalah nomer 1. Konten berkualitas bukan hanya Google yang menyukai tetapi pengunjung kita juga. Jika mereka bisa mendapat informasi akurat di situs kita, kenapa menggunakan yang lain?

Selain itu, gunakan juga desain yang enak untuk dilihat dan tidak melelahkan mata. Gunakan font yang mudah dibaca dan warna yang sesuai. Ada warna yang mendorong “action” dan ada warna yang lebih kalem. Gunakan pada tempat yang pas.

  • Riset kata kunci

Ini adalah salah satu hal yang penting. Jika Anda menulis artikel, apakah sekedar menarik untuk dibaca atau sekaligus bagus untuk masuk rangking tinggi di Google.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website untuk Usaha Perhiasan - Emas - Perak - Diamond - Bisnis Perhiasan

Jika menulis di Kumparan.com, judul klik bait sudah cukup untuk mendapatkan pembaca dengan jumlah besar. Tetapi, menulis di website sendiri yang volume kontennya jauh lebih kecil tidak bisa hanya seperti itu.

Kita perlu menggunakan kata kunci yang pas yang memang dicari orang. .

  • Seleksi kata kunci – Volume pencarian

Anda bisa menggunakan Google Webmaster Tools dan menggunakan salah satu fiturnya untuk mencari volume pencarian suatu kata kunci.

Akan kurang bijaksana memilih kata kunci yang pencariannya hanya 30 kali sebulan. Padahal, kompetisinya mencapai jutaan halaman.

Bekerja dengan kata kunci seperti ini seperti ikut lomba lari dengan ratusan orang. Yang paling duluan bisa mengumpulkan uang receh Rp 500 an atau Rp 1000 an di sepanjang jalan.

Atau kata lainnya, tidak layak diusahakan.

  • Fokus pada tujuan pencarian

Kembali pada gambaran beberapa poin sebelumnya. Kita harus fokus pada tujuan asli atau niat seseorang saat melakukan suatu pencarian.

Kita bisa memasukkan kalimat atau rangkaian kata yang mengandung tujuan pencarian yang sebenarnya yang mereka ingin dapatkan.

Selain tujuan pencarian, kita bisa menambahkan kata – kata yang biasa digunakan orang. Jika menggunakan kata kunci “jual sepeda gunung” kita bisa menambahkan kata kunci atau frasa seperti “jual sepeda gunung murah.” 

Penggunaan kata kunci yang diperluas ( long tail keyword ) serta menggunakan kalimat yang sesuai dengan “niat” para pencari akan membuat website kita lebih sering ditemukan pencari. Tentunya karena, website kita memiliki lebih banyak hal yang relevan.

  • Memperhatikan kompetisi

Seperti halnya jumlah pencarian bulanan, kompetisi pada kata kunci yang kita targetkan perlu kita perhitungkan. Yang jelas, jangan memaksa mentargetkan kata kunci seperti “sepeda gunung” untuk masuk di halaman pertama Google dalam waktu singkat. Jika umur website kita baru 3 bulan, kata kunci utama seperti ini kompetisinya tergolong luar biasa.

  • Kecepatan dan stabilitas situs

Menggunakan server kencang dan stabil sangat direkomendasikan. Website yang kualitasnya sama persis di server yang beda kecepatan pasti beda rangking di Google. Yang cepat servernya pasti lebih baik posisinya. Dan, bisa lumayan beda posisinya tergantung perbedaan pada kecepatan dan stabilitas server.

Selain bermanfaat untuk rangking Google, server stabil dan kencang juga lebih disukai pengunjung.

Saat ini, perhatian orang di dunia online itu pendek. Jika website tidak segera terbuka dalam 5 detik, maka ada saja yang sudah pergi membuka website lain.

  • Penggunaan SSL

Secure Socket Layer adalah sarana untuk mengamankan transmisi data dari internet ke browser pengunjung. Data dari server ke browser dienkripsi sehingga tidak bisa dicuri, dibajak atau dibuka ditengah jalan.

SEO dengan SSL

Penggunaan SSL sangat direkomendasikan jika website kita mengumpulkan formulir pendaftaran. Apalagi, jika menerima pembayaran.

Tetapi, saat ini SSL bukan hanya untuk website yang menerima pendaftaran atau memiliki formulir online saja.

Google Chrome akan memberikan peringatan bahwa situs yang kita kunjungi tidak aman jika situs tadi tanpa SSL.

Peringatannya seperti pada gambar diatas.

Tentunya, calon pengunjung bisa saja berfikir bahwa situs tadi terkena virus dan batal berkunjung.

Jika itu terjadi, maka bisa dihitung potensi kerugian kita.

Jadi, meskipun menggunakan SSL gratis, tetap saja sangat disarankan setiap website menggunakan SSL.

Ini adalah beberapa faktor SEO dan hal – hal yang perlu dilakukan untuk meraihnya.

Jika Anda mau sibuk setiap hari mengurus hal – hal seperti tadi untuk website Anda, bisa dicoba.

Tetapi, jika mau terima beres saja, maka jasa SEO Surabaya kami siap membantu Anda membuka pasar baru bagi bisnis Anda!

Terimakasih dan salam sukses luar biasa!

5/5 (2)

Please rate this

Leave a reply