11 Feb

Mengapa Website Saya Tidak Tampil di Hasil Pencarian Google?

Beberapa alasan mengapa website saya tidak tampil di hasil pencarian Google?

  1. Google belum mengindeks website kita (website kita terlalu baru).
  2. Website tidak dioptimasi untuk keperluan mesin pencari.
  3. Kata kunci yang kita incar terlalu kompetitif.
  4. Website kita disetel untuk tidak diindeks oleh mesin pencari.
  5. Website mendapat pinalti dan telah dihapus dari indeks Google.

Berikut adalah penjelasan mengapa website tidak masuk ke indeks Google.

Tetapi, mohon dibedakan antara belum masuk indeks Google dengan belum masuk halaman depan indeks Google. Untuk masuk halaman depan / halaman utama Google, yang diperlukan adalah proses yang disebut SEO atau Search Engine Optimization. Proses ini tidak bisa dibilang cepat. Minimal 3 hingga 6 bulam website kita bisa masuk halaman depan Google.

Bahkan, jika kita ingin masuk halaman depan dengan kata kunci yang kompetitif, kita akan butuh waktu lebih panjang lagi.

Untuk mengecek apakah website kita sudah terindeks dengan atau belum di Google, silahkan membuka Google.com.

Kemudian, silahkan ketikkan “site:lawangtechno.com” Kata lawangtechno.com silahkan diganti dengan nama website / blog Anda. Jika Google sudah memunculkan nama situs Anda, artinya situs sudah terindeks di Google.

mengapa website belum terindeks di Google dan cara website cepat terindeks di Google

Sesuai gambar diatas, website lawangtechno.com sudah terindeks di Google. Sekarang, kata kunci apa yang membuat website kami bisa tampil di halaman pertama di Google, ini adalah masalah SEO atau Google Adwords.

  1. Google belum mengindeks website kita ( website kita terlalu baru).

Terkadang, perlu waktu seminggu atau lebih bagi Google untuk mengindeks website kita dan mengupdate hasil pencarian mereka. Jika situs belum memiliki link masuk dari situs lain, maka Google mungkin belum mampu menemukannya.

Google bekerja dengan mengikuti link dari berbagai situs, atau mengikluti link dari milyaran halaman internet. Saat menemukan halaman baru, google akan mengindeksnya. Jika belum ada link menuju ke situs kita, maka kita perlu men-submit atau mendaftarkan website kita ke Google.

Caranya:

Membuat akun Google Webmaster Tool. 

Kita submit sitemap.xml kita atau minimal, halaman utama website kita. Cara membuat sitemap.xml bisa dengan plugin jika website Anda dari WordPress.

Saran kami, Anda perlu menggunakan Yoast SEO plugin. Mengikuti petunjuk pluginnya saat posting dan juga akan dibuatkan sitemap.xml nya juga secara otomatis.

Bagi yang sekedar ingin mendaftarkan situs di Google, silahkan masuk ke: http://www.google.com/addurl/ tanpa mendaftar.

Tetapi, webmaster tools memberikan kita fitur analisis situs dan submit untuk tiap halaman setara fasilitas online lain yang berbayar. Ada fasilitas “fetch as Google” yang bisa kita gunakan untuk mendaftarkan halaman baru kita supaya cepat terindeks di Google. Jadi mending mendaftar saja.

Tetapi, Google juga tidak menggaransi semua situs yang didaftarkan akan diindeks. Tetapi, pengalaman kami menunjukkan, bahwa kini paling lama butuh 2 hari sebelum situs muncul di indeks Google.

2. Website tidak dioptimasi untuk keperluan mesin pencari.

Jika website tidak dioptimasi untuk tampil di Google, maka website juga akan sulit terindeks dan tampil di Google. Bisa juga kita menggunakan banyak video tanpa deskripsi sehingga indeks di Google juga tidak optimal.

Tips untuk optimasi SEO video dan multimedia

3. Kata kunci yang kita incar terlalu kompetitif.

Tantangan lain adalah kata kunci yang kita incar terlalu kompetitif. Jika terlalu kompetitif, maka akan ada puluhan juta hingga beberapa milliar halaman berkompetisi untuk kata kunci yang sama. Untuk menghadapi kompetisi ini, pastilah berat jika situs kita masih sangat baru.

mengapa website belum terindeks di Google dan cara website cepat terindeks Google

Kata kunci “jual sepeda” memiliki kompetisi hingga 66 juta lebih halaman serupa. Kompetisi sebesar ini tidak mudah ditaklukkan.

Buktinya, deretan gambar diatas ada tulisan “bersponsor” alias merupakan iklan dari tokopedia dan Bukalapak di Google. Jadi, bukan lagi hasil SEO yang natural. Jika Anda ingin tampil disana, Anda harus membayar.

Kata kunci juga berbeda satu dengan yang lain. Ada kata kunci yang tidak relevan, ada juga kata kunci yang memberikan keuntungan bagi bisnis kita. Kata kunci terakhir adalah “kata kunci pembelian” yang digunakan konsumen untuk mencari jasa atau produk untuk dibeli melalui Google.

Kesulitan kata kunci ini ada 2. Yang pertama adalah mengetahui kata kunci tersebut. Yang kedua adalah kemampuan menaikkan website di halaman pertama dengan kata kunci tersebut.

4. Website kita disetel untuk tidak diindeks oleh mesin pencari.

Bagi pengguna CMS, ada setelan supaya situs kita tidak diindeks oleh Google. Bagi website lainnya, script atau program semacam itu bisa dibuat oleh pembuat websitenya atau Anda sendiri. Mungkin Anda membayar harga pembuatan website untuk membuat website Anda. Jika Anda memakai jasa pembuatan website, silahkan dicek juga soal indeks ini.

Tetapi, para pembuat website biasanya sudah mensetting situs Anda dengan baik.

Untuk yang membuat website sendiri dengan menggunakan  CMS, jangan sampai salah setting. Silahkan melihat tutorial setting pada bagian semacam “Google Indexing atau Search Engine Indexing” di CMS Anda.

  5. Website mendapat pinalti dan telah dihapus dari indeks Google.

Jika ini yang terjadi, maka lebih baik membuat website baru dengan nama domain baru saja.

Kemudian, kita mematuhi “Guidline Google” atau “panduan Google” saat membuat situs selanjutnya.

Kita bisa saja mendaftarkan situs untuk dipertimbangkan masuk kedalam indeks kembali. Tetapi, biasanya akan kena pinalti lagi terutama jika penyebab penalti atau deindeks tidak diatasi.

Yang pasti, Google tidak punya kewajiban untuk menyampaikan secara detail penyebab situs terkena penalti ( temporer atau permanen).

Artinya, kita boleh jadi hanya menebak – nebak bagian mana yang menyebabkan kena pinalti Google.

Kita ingin situs masuk indeks di Google supaya banyak pengunjung. Kita tidak membayar Google. Google memiliki layanan untuk itu. Tetapi, tidak ada jaminan bahwa Google akan mau selalu melayani kita.

Mendapatkan indeks dari Google adalah langkah pertama untuk marketing online kita. Mengapa? ini karena Google kini digunakan oleh 2 milyar orang dalam 1 hari. Potensi pemasaran di Google sangat besar!

Jika Anda bertanya mengapa website tidak tampil di hasil pencarian Google? Maka ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Dan, disini kami juga memberikan cara untuk mengatasinya.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply