23 Apr

Cloud Hosting Murah Malang

Cloud Hosting Malang

 

Anda yang di Malang sudah punya website untuk bisnis tapi kecepatan lambat ? gunakan saja hosting cloud, ini adalah teknologi terbaru, Cloud hosting Malang termurah yang handal. Kencang dengan sumberdaya besar dan 99,9% uptime.

Sebuah server cloud adalah server logical yang dibangun, ditempatkan dan datanya dikirimkan melalui sebuah platform komputasi di internet. Sebuah server cloud sebenarnya memiliki fungsi dan kemampuan yang mirip dengan server biasa. Tetapi server ini diakses dari sebuah penyedia layanan cloud.

Ada 2 macam cloud hosting yang dikenal saat ini. Cloud hosting logical dan cloud hosting fisik.

Sebuah server dianggap sebagai server logikal ketika informasi yang ada dikirim melalui virtual server. Cara ini membagi server fisik ke dua atau lebih server logikal. Masing – masing memiliki Operating System sendiri, user interface dan aplikasi sendiri. Tetapi, mereka berbagai komponen fisik dari satu server bersangkutan.

Server fisik cloud juga diakses melalui internet tetapi memang memiliki server fisik sendiri. Konfigurasi ini dikenal sebagai “dedicated cloud server.”

Layanan web hosting

Adanya web hosting membuat kita bisa mengupload website yang bisa diakses dari world wide web.

Layanan web hosting sendiri adalah perusahaan yang menyediakan layanan supaya website bisa diakses di World Wide Web.

Mereka menyediakan ruang / space di sebuah server yang dimiliki atau disewa untuk klien sekaligus menyediakan sambungan internet. Web hosting juga bisa menyediakan ruangan data center dan sambungan untuk server lain di data center yang sama. Atau, disebut “colocation.”

Penyedia Layanan cloud Hosting Profesional di Malang

Kami penyedia layanan cloud hosting profesional di Malang dan sekitarnya. Cloud hosting menempatkan website Anda di jaringan server yang tersebar di banyak tempat. Website cepat, 100% uptime ( tidak pernah down ) dan bisa digunakan untuk website dengan beban berat dan trafik / pengunjung sangat besar.

Sejarah Hosting

Hingga tahun 1991, sambungan internet masih terbatas hanya untuk riset dan pendidikan / pengembangan di teknik dan ilmu pengetahuan alam. Sebagian lagi digunakan untuk email, telnet, DTP dan usenet.

Jumlah halaman website saat itu masih sangat sedikit dan bahkan protokol World Wide Web baru saja ditulis.

Hingga tahun 1993, belum ada browser model grafis untuk internet.

Untuk menempatkan sebuah website di internet, seorang atau sebuah perusahaan harus mengkonfigurasi server mereka. Tetapi, tidak semua perusahaan memiliki waktu atau keahlian untuk melakukannya.

Pada tahun 2005, beberapa perusahaan mulai menawarkan hosting kepada masyarakat. Perusahaan seperti GeoCities, Angelfire dan tripod mulai menawarkan space untuk hosting.

Tentunya dengan layanan pemeliharaan website dan server sehingga pengguna akan bebas dari kebutuhan mengelola server sendiri.

Klasifikasi hosting

Layanan hosting kapasitas kecil. Hosting kapasitas kecil ini hanya digunakan untuk para pemilik website pribadi dan website kecil lainnya.

Layanan hosting menengah. Layanan ini biasa digunakan oleh perusahaan / enterprise. Mereka merasa perlu terhubung secara permanen di internet.

Perusahaan banyak yang menggunakan website untuk menyediakan informasi detail mengenai produk, layanan ataupun fasilitas untuk pemesanan online.

Sebuah situs besar biasanya memerlukan fasilitas untuk dukungan database serta platform aplication development.

Fasilitas ini beriupa software atau perangkat lunak semacam  PHP, ASP.NET atau Perl/Plack.

Software – software diatas memungkinkan konsumen mengistal aplikasi dan CMS.

Sebagai tambahan, ada fasilitas SSL atau Secure Socket Layer yang bermanfaat mengamankan transmisi data. Caranya dengan mengenkripsi data yang ditransmisikan. Atau bahasa lainnya, dengan membuat sandi yang hanya dipecahkan oleh server dan browser penerima.

Tipe web hosting

Sebuah shared hosting adalah sebuah server yang digunakan untuk banyak website sekaligus. Semua website berbagi memory, hardisk hingga sumber daya lain seperti bandwidth internet.

  • Virtual Private Server

Meskipun masih berbagi satu server, jumlah website lebih sedikit plus ada software untuk alokasi sumberdaya.

Seolah – olah, satu akun memiliki server sendiri. VPS memungkinkan seorang user mendapatkan akses untuk mengakses root server mereka.

Ada dua jenis VPS, managed VPS yang servernya memiliki administrator atau unmanaged VPS yang tanpa administrator.

  • Dedicated Server

Pengguna mendapatkan servernya sendiri ( kosong ) dan mendapatkan kontrol penuh serta akses root untuk Linux atau akses Administrator untuk windows. Pengguna biasanya tidak memiliki server sendiri dan server ini ada 2 macam. Managed atau ada adminnya atau unmanaged atau dikelola semuanya sendiri.

  • Cloud hosting

Cloud hosting adalah hosting model terbaru dengan banyak jaringan server yang letaknya mungkin berjauhan bahkan di benua berbeda. Cloud hosting yang memiliki banyak server dalam jaringannya memberikan banyak keunggulan:

  • Skalabilitas. Kita bisa menambah kapasitas tanpa perlu membeli peralatan tambahan. Kapasitas yang disediakan oleh server cloud bisa berlipat karena memang servernya banyak.

Batasnya berapa? Yah tergantung berapa yang ditawarkan oleh penyedia hostingnya saja.

Jika misal satu server hardisknya mentok di 100 GB maka cloud bisa memberikan jauh lebih banyak.

Karena komputasi atau prosesnya ada pada jaringan, maka secara agregat kemampuan cloud hosting sangat besar.

Untuk memproses semua, server – server dalam jaringan ini berkomunikasi dengan komunikasi yang terenkripsi.

Website tidak down jika salah satu server down. Ini karena ada janringan server yang melayani website Anda. Data Anda tersimpan di banyak server sekaligus.

Jika server lain memberi klaim waktu uptime 99,9%, maka cloud hosting uptimenya 100%.

Jika data tersimpan di beberapa benua, maka gangguan cuaca mestinya tidak mengganggu situs kita.

  • Biaya efisien. Karena kita hanya memakai server sesuai kapasitasnya saja. Jika membeli hosting lainnya, kapasitas server yang dibeli akan dihitung sesuai kapasitas hardware yang diharapkan kita pakai, kapasitas bandwidth yang diharapkan kita pakai dan biaya investasi hardware.

Untuk cloud hosting, kita membayar sesuai kapasitas yang kita gunakan saja. Jauh lebih efisien.

  • Bisa upgrade dan downgrade opsi hosting tanpa down website. Karena website dilayani oleh jaringan, kita bisa memilih opsi untuk upgrade atau downgrade website tanpa membuat website down.

Jika upgrade di server biasa, maka upgrade mungkin memerlukan server fisisk baru. Misal upgrade dari server Shared ke VPS atau VPS ke Dedicated Server.

Untuk hosting cloud, masalah ini tidak terjadi. Kapasitas penggunaan server bisa diperbesar tanpa perlu pindah server fisik. Kan datanya sudah ada disana. Yang perlu hanya meningkatkan alokasi sumber dayanya saja.

  • Menghemat energi. Sebuah simulasi model CLEER oleh Nortwestern University di California, AS dan Lawrence Berkeley National Laboratory menyebutkan. Jika semua perusahaan AS menggunakan cloud hosting untuk spreadsheet, email dan customer software management ke cloud hosting, maka energi listrik yang dihemat cukup untuk seluruh Los Angeles.

Kekurangan cloud hosting

  • Privacy: karena data tersebar dimana – mana, maka mengontrol privacy menjadi lebih sulit dilakukan.
  • Harga cloud hosting. Harga untuk cloud hosting mahakl hingga 4 kali hosting biasa. Jika kita pengguna website biasa dengan pengunjung maks 300.000 orang sebulan, menggunakan VPS sudah sangat bagus.

Apakah cloud hosting harus digunakan saat kita memiliki website dengan beban tinggi atau ingin website online terus menerus 100%?

Pilihannya sih tergantung pertimbangan Anda sendiri. Apakah harga yang 4 kali lipat itu “masuk” atau tidak untk Anda bayarkan.

Tetapi jika bisnis Anda jangan sampai “hilang” dari internet, selalu online dan untungnya jauh melampaui sekedar biaya server cloud, gunakan saja server cloud sekalian. Yang beres, handal dan cepat tentunya.

Sebagai contoh yang baik; Google juga menggunakan server cloud dan sampai saat ini tidak pernah down kan?

Layanan server cloud hosting pastinya akan menjadi layanan web hosting di masa depan. Bagaimanapun juga, saat teknologi ini menjadi murah, layanan ini akan jauh lebih berkembang lagi.

Belum lagi jika kita bicara tentang tuntutan untuk sebuah website dimasa yang akan datang.

Bagi yang menginginkan layanan server cloud hosting di Malang dengan harga bersaing, silahkan menghubungi kami.

 

 

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply