14 Jul

Cara Merekam Video di HP dengan Microphone Eksternal

Cara setting microphone di Android dengan lengkap dan mudah. Tutorial cara menggunakan mic external di Android lebih mudah daripada yang dibayangkan. Saat ini, teknologi sudah canggih dan software juga maju. Jadi, menghubungkan banyak perangkat bisa dilakukan lebih mudah.

Menjadi wartawan, atau Youtuber memang membutuhkan sedikit modal. Minimal HP yang bagus dan jernih. Untuk suara, mungkin perlu tambahan microphone external.

Jika kita merekan suara di jarak 1 meter atau kurang, maka mic bawaan HP biasanya sudah cukup. Tetapi, untuk liputan yang perlu berdesakan, mungkin kurang memenuhi syarat. Jakar kita dengan narasumber bisa jadi jauh tertutup wartawan lainnya.

Untuk menjadi Youtuber, juga memerlukan perekaman suara yang lebih baik. Suara yang direkam di HP kurang menarik. Lebih “kering” dan kedalamannya juga kurang.

Cara menggunakan mic external di Android.

Untuk kamera, mungkin sudah mencukupi jika resolusinya besar. Kamera 12 Mega Pixel sudah cukup untuk membuat video kualitas HD. Karena itulah, HP dan tambahan microphone eksternal bisa digunakan membuat video yang lebih berkualitas.

Sayangnya, pada sebagian HP Android, jika mic dijalankan pada mode video, maka tidak mampu merekam.  Audio hanya bisa direkam memalui mikropone internal saja.

Tetapi, jangan khawatir, semua ini hanya masalah desain software atau aplikasi saja. Dan, juga bisa diselesaikan dengan aplikasi tambahan. Salah satunya, aplikasi Voice Recorder. Aplikasi ini tersedia di Playstore dan bisa diunduh secara gratis.

Cara setting microphone di Android

  • Download dan Install Aplikasi Voice Recorder di HP.

Yang pertama adalah mendownload dan menginstal aplikasi Voice Recorder ini di HP.

  • Kemudian, jalankan aplikasinya.

Kita buka dan jalankan aplikasinya.

cara setting microphone di android

  • Sesuaikan settingnya

Sebelum dipergunakan, kita harus pilih settingnya terlebih dahulu. Tentunya sesuai dengan kebutuhan kita.

Microphone Adjustment

Jika tidak ada microphone eksternal tambahan, bisa memilih setting di “Device auto control.”

cara setting mic external di android

Pilih tipe file rekaman

Kita bisa memilih file yang akan kita simpan. Bentuk file ini berupa file suara .MP3 atau .WAV.

cara merekam dengan mikrofon eksternal tambahan di HP

Memilih kualitas rekaman

Memilih kualitas rekaman. Juga memilih frekuensi suara supaya suara menjadi baik.

Tetapi, jika suara semakin baik, maka file yang disimpan menjadi semakin besar.

cara setting microphone di android 2

  • Mulai merekam

Untuk merekam, kita bisa melakukan tap pada tombol merah berbentuk bulat ditengah. Saat merekam, kita bisa melihat kapasitas ruang yang tersisa. Ini bagusnnya. Jadi tidak tiba – tiba kapasitas penyimpanan habis ditengah jalan.

cara menggunakan microphone external di HP Android

 

  • Rekaman bisa dijeda

Ada tombol untuk melakukan jeda perekaman. Dan, ada juga tombol untuk mulai lagi perekaman. Keduanya diletakkan dengan dekat.

  • Simpan rekaman

Setelah jadi, rekaman bisa kita simpan. Secara default, ada direktori penyimpanan suara. Kita bisa membuka suara ini lewat aplikasi atau melalui file manager.

cara menggunakan microphone eksternal di HP Android

Suara ini memang rekaman stand alone alias berdiri sendiri. Aplikasi ini bukan merekan video dan digabungkan dengan microphone eksternal.

Karena itu, kita tetap masih harus mengeditnya dan menggabungkannya dengan video hasil rekaman lainnya.

Inilah sedikit cara untuk merekam suara dengan microphone eksternal di HP Android. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply