30 Jun

Cara Menjadi Youtuber Modal HP

Cara Menjadi Youtuber Modal HP

Aplikasi apa aja sih untuk jadi Youtuber modal HP saja? Ada beberapa nih yang perlu diinstal. Juga akan diterangkan fungsi masing – masing.

Youtube kini menjadi sarana berbagi video yang sangat populer. Bahkan paling populer di dunia. Kita bisa mengupload video apapun di Youtube. Bisa video untuk eksis hingga video promosi produk kita.

Selain itu, menjadi Youtuber juga karena iklan yang hasilnya besar. Iklan adsense bisa dipasang untuk video yang telah memenuhi syarat.

Selain menarik, salah satu syarat channel mendapat banyak subscribe adalah karena kualitas gambarnya. Sangat penting bagi sebuah video untuk terlihat profesional. Tidak masalah jika video itu diambil dengan HP. Tetapi, Anda harus menjaga bahwa video tidak bergetar atau sering bergoyang. Jika pandangan terganggu, orang memiliki banyak alternatif untuk ditonton.

Juga, pengambilan gambar sesusi dengan tujuan. Misalnya, jika membahas suatu tutorial, maka sebaiknya ada pengambilan gambar detail yang disertakan. Dan, masih banyak lainnya.

Bagaimanapun juga, channel dengan banyak subscribe tetap dibuat dengan baik. Tidak terkesan video yang asal ambil saja.

Nah, untuk mendapat kualitas yang baik, selain berlatih kita juga perlu Tools atau alat. Alat yang diperlukan untuk HP adalah aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang diperlukan.

  • Aplikasi Youtube

Aplikasi Youtube memberikan fungsi upload serta  melihat atau memantau channel. Fungsi lainnya adalah untuk mencari referensi Video dari channel lainnya.

Misalnya saja, kita bisa melihat trend video dan yang banyak dibahas. jadi, kita bisa membuat video serupa atau dengan sudut pandang berbeda.

Aplikasi Youtube lebih mudah dipergunakan daripada browser. Juga, ukurannya kecil hanya 25 MB saja. Untuk fungsi lainnya, bisa membuat daftar tonton.

  • Aplikasi Youtube Studio

Aplikasi ini adalah aplikasi yang juga resmi milik Youtube. Karenanya, akan lebih mudah dipergunakan juga ketimbang browser. Jika menggunakan browser, harus bolak – balik dan tidak sistematis.

Baca Juga :   Cara Transfer Data dari HP ke Laptop Tanpa Kabel

Aplikasi ini memudahkan kita untuk memantau channel lebih detail. Misalnya

  • AZ Screen Recorder

Ini adalah aplikasi perekam layar yang tidak perlu root. Perekam ini juga tidak ada iklan serta watermark. Bisa dipergunakan untuk membuat video tutorial.

Hasil rekamannya adalah rekaman resolusi Full HD serta QHD. AZ Screen juga bisa merekam suara dari Microphone. Bisa mengatur frame rate serta bit rate video kita. Bisa menampilkan time lapse, bisa menampilkan text logo dan juga fitur sentuhan satu ketuk.

Sampai hari ini, pengguna AZ Screen Recorder sudah banyak Aplikasi ini didownload hingga lebih dari 10 juta kali di Playstore. Untuk ukurannya, kecil dan ringan 16 MB saja.

  • Aplikasi KineMaster

Aplikasi ini bisa dipergunakan untuk mengedit video di HP smartphone. Misalnya menambahkan atau mengganti suara, layer video, transisi, efek khusus, kecepatan dan sebagainya.

Tentu saja, sebuah video yang baik akan memerlukan banyak editing. Jadi, aplikasi ini akan banyak membantu.

Kita bisa meotong video, menyambung dengan video lain. Dan, bahkan menambahkan musik, klik, font, transisi dan sebagainya dari “Toko Aset” milik kinemaster.

Untuk hasil videonya, bisa diekspor dengan berbagai kualitas mulai dari 360P, 540pixel, 720 hingga 4K.

Selain versi gratis, tersedia juga versi premium. Kinemaster ini hingga sekarang banyak dipergunakan para Youtuber yang menggunakan HP. Alasannya karena mudah dipergunakan. Karena memiliki antar muka yang mudah difahami.

  • Aplikasi Canva

Aplikasi Canva paling membantu untuk membuat gambar thumbnail. gambar thumbnail ini sangat penting karena cenderung menarik bagi para calon penontong video kita. Bahkan, lebih dari separo menonton video kita karena tertarik thumbnail yang kita buat.

Selain itu, kita bisa juga membuat logo. Juga mengedit gambar, membuat selebaran dan sebagainya.

Anda bisa menggunakan 60.000 template yang tersedia secara gratis. Silahkan dipilih jika sempat. Template ini keren serta berkualitas High Definition / HD.

Baca Juga :   Artikel Kesehatan dan Tips Kesehatan Ter-Update untuk Keluarga

Kemudian, tersedian juga 500 font untuk membuat text. Intinya, kita tidak akan kekurangan bahan untuk membuat thumbnail profesional.

Sebagai bukti keandalan aplikasi ini, jumlah downloadnya sudah mencapai lebih dari 50 juta kali di Playstore. Untuk ratingnya, 4,7 atau hampir semua bintang 5!. Selain versi gratis, tentunya tersedia versi premium juga.

  • Aplikasi Pixellab

Aplikasi ini adalah aplikasi untuk membuat gambar, edit gambar dan juga membuat logo. Salah satu fungsi yang bisa kita dapatkan, adalah membuat thumbnail.

Thumbnail ini bisa kita buat secara bebas dan sesuai keperluan. Selain itu, bisa ditambah text 3D, efek dan text berwarna. Juga, ada stiker yang keren.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Ukurannya juga kecil dan ringan 25 MB saja. Selain itu, juga tersedia fitur pro atau berbayar.

  • Aplikasi Snapseed

Aplikasi Snapseed adalah aplikasi editing thumbnail juga. Kita bisa menggunakan Snapseed supaya thumbnail lebih HD. Fitur yang tersedia juga cukup lengkap.

Ada fitur edit dan filter foto sekitar 29 jenis. Dan, untuk satu lagi yang menarik, aplikasi ini buatan Google. Jadi, pastinya akan berjalan tanpa banyak kerewelan seperti aplikasi developer kecil atau pemula.

Ingin bukti? Jumlah unduhannya sudah 100 juta kali lebih. Jadi, penggunanya pasti sudah tahu manfaatnya. Dan ikut menyebarkan rekomendasi sehinggaaplikasi ini makin terkenal.

  • Aplikasi Cinema FV – 5

Aplikasi ini adalah aplikasi kamera profesional. Aplikasi akan menyesuaikan exposure, fokus, jendela bidik video, pengukuran suara serta sumber input suara / audionya. Juga, mengatur auto balance pencahayaan dan sebagainya. Aplikasi ini diklaim lebih baik daripada aplikasi kamera bawaan pabrik HP.

Untuk ukuran, hanya 3 MB. Sangat ringan. Tetapi tampilannya banyak. Untuk pemula terkesan agak rumit. Hanya saja, hasil ekspor videonya hingga 4K dan lebih menarik. Selain itu, bisa langsung upload di Youtube.

  • Aplikasi Framelapse

Anda tahu efek timelapse? Jika ingin menggunakannya, bisa menggunakan aplikasi ini. Secara mendasar, pengaturan utama adalah soal frame interval video.

Untuk fitur lainnya, ada kalkulator perekaman, opsi zoom dan juga fokus. Ada juga pengaturan resolusi dan rotasi video. Tambahan lagi, ada fitur fan inbuilt yang mampu menyempurnakan efek – efek pada video kita.

  • Social Blade – Live Sub Count

Aplikasi ini bukan editing gambar atau video. Tetapi untuk melihat subscriber video kita. Selain itu, juga menampilkan grafiknya untuk kita, baik harian, minguan, bulanan hingga tahunan.

Baca Juga :   Cara Mengaktifkan Google Keyboard

Social Blade mampu melacak subscriber atau pelanggan channel. Selain itu, juga menampilkan update real time didalam sub counter.

Inilah beberapa tools atau alat untuk mengelola channel Youtube. Jika ingin tahu cara jadi TYoutuber dengan modal HP saja, tidak terlalu sulit. Yang penting, selalu berlatih membuat video dan melakukan presentasi dengan cara yang baik dan menarik.

Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

5/5 - (1 vote)

Leave a reply