12 Jun

Cara Meningkatkan Penjualan Online Menggunakan Tools Terbaik untuk A/B Split Testing di WordPress

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Meningkatkan penjualan atau konversi untuk web atau blog sangat penting. Kita pastinya selalu ingin pengunjung meningkat sehingga penghasilan kita meningkat. Tetapi, ada juga cara untuk meningkatkan penghasilan online meskipun pengunjung kita jumlahnya masih sama.

Kita bisa meningkatkan tingkat konversi atau penjualan di blog kita dengan mengubah beberapa hal seperti layout, penggantian text header, warna dan sebagainya.

Tujuan akhirnya adalah membuat halaman web wordpress yang bisa menjual dengan baik. Jika jumlah pengunjung mencapai 1000, berapa penjualan yang kita harapkan?

Bayangkan kita mendapatkan 2 macam brosur kursus mata pelajaran untuk anak kita. Brosur ini dibagi saat kita menjemput anak kita pulang sekolah.

Yang pertama dibuat dengan layout yang baik, dengan warna menarik serta kertas yang bagus.

Yang kedua tampil sebagai brosur fotokopi hitam putih diatas kertas HVS

Mana yang kita pilih untuk kursus anak kita?

Saya yakin yang memberi brosur menarik akan mendapat siswa hingga beberapa kali lipat.

Seperti inilah perbedaan penampilan website yang baik dan kurang baik penampilannya.

Web dengan layout, artikel serta desain yang baik cenderung lebih tinggi konversinya / penjualannya. Juga, iklan Adsense yang baik penempatannya akan lebih tinggi kliknya.

Tetapi, bagaimana caranya kita mengetahui kombinasi terbaik tadi?

Caranya menggunakan A/B split test

Test ini akan membandingkan halaman asli dengan halaman percobaan yang kita harap memiliki desain lebih baik untuk penjualan.

Pengunjung kita akan diarahkan menuju halaman asli serta halaman percobaan ini secara random.

Kemudian, Kita mengeset halaman tujuan / target.

Jika kita ingin pengunjung mendaftar di email list, maka halaman terimakasih telah mendaftar di email list bisa menjadi halaman tujuan.

Kita bisa membandingkan halaman mana yang memberikan pengunjung lebih banyak ke halaman terimakasih. Apakah halaman asli ataukah halaman percobaan kita.

Apa yang perlu ditest?

Banyak hal sebenarnya yang perlu ditest untuk website kita.

Yang paling utama:

  • Warna website. Apakah cerah, memberikan energi atau terlihat muram.
  • Lokasi tombol Call to Action (CTA).
  • Gambar produk. Bisa mempengaruhi ketertarikan untuk membeli.
  • Lokasi iklan adsense, jika menggunakan adsense. Iklan yang berada di area yang lebih mudah terlihat, cenderung lebih banyak di klik juga.
  • Navigasi halaman. Pastikan pengunjung mudah melakukan navigasi ke berbagai halaman website kita. Jika mereka kesulitan, dipastikan mereka akan menutup web kita dan pindah ke website lainnya.
  • Frase atau kata – kata promosi kita. Kata – kata promosi kita bisa mempengaruhi penjualan. Konsumen akan mencari yang sesuai dengan kepentingan mereka.
  • Deskripsi produk. Kita perlu membuat deskripsi produk yang menarik dan profesional.
  • Panjang form, isi dan kata – katanya. Form isian yang panjang serta isiannya bisa membuat orang malas untuk membeli dari kita.
  • Tetapi, jika isinya menarik, bisa membuat mereka lebih yakin membeli dari kita. Jadi, silahkan ditest juga.
  • Headline situs.
  • Tabel harga. Selain desain, biasanya memang harga murah menjadi incaran. Tetapi, untuk barang yang harganya tinggi seperti HP atau Laptop, maka garansi dari penjual juga sangat dipertimbangkan oleh pembeli.
  • Panjang konten keseluruhan
  • Dan sebagainya. Daftar tentang apa yang perlu kita test bisa semakin panjang lagi.

Tools untuk A/B split testing (dan plugin)

  • Tittle Experiments (Free)

Plugin Tittle Experiments ini merupakan plugin untuk mengetes A/B split testing secara mudah.

Sesuai namanya, kita bisa mengetes judul post serta halaman kita dengan plugin ini.

Untuk versi pro juga tersedia dengan fitur statistik yang detail, support untuk plugin serta “automatic experiment freezing.”

  • Marketizator

Plugin ini memiliki editor What You See Is What You Get (WYSIWYG) atau editor visual yang baik. Bisa mengetes banyak halaman , kalkulator untuk statistik yang relevan, custom goal serta tes dengan multi varian.

Tambahan lagi, terdapat fitur survey online, popup banner dan segmentasi lanjut.

Jika Anda memiliki trafik tinggi, bisa menggunakan versi premium dari plugin ini.

  • Simple Page Tester

Plugin ini mudah digunakan serta SEO freindly. Kita tinggal memilih variasi, menjalankan test serta memilih pemenang berdasar data yang kita peroleh. Plugin ini juga ramah terhadap cache.

  • Optimizely

Plugin ini adalah tool yang lengkap untuk mengoptimasi wordpress. Tetapi, bagian testing A/B nya juga mudah dikonfigurasi untuk melakukan test banyak halaman sekaligus. Tersedia gratis dan berbayar.

  • WordPress Calls to Action

Khusus untuk yang ingin mengetest tombol CTA. Plugin ini bisa membuat tombol CTA yang bagus kemudian mengetesnya sekaligus.

  • Nelio A/B testing

Sangat populer dan bisa digunakan bersama heatmap. Heatmap sendiri akan menampilkan bagian mana pengunjung kita aktif melakukan klik. Heatmap cocok bagi publisher Adsense.

Plugin ini bisa mengetes berbagai theme wordpress. Selain itu, plugin ini cocok untuk digunakan pada form yang dibuat oleh plugin lain seperti Gravity Form dan Contact Form 7.

Versi free tersedia untuk trial. Setelahnya kita harus membayar.

  • Marketing Optimizer for WordPress

Kita bisa membuat variasi headline, layout, gambar tombol, CTA serta lainnya. Tersedia juga pengetesan landing page, template landing page serta loadingnya cepat.

  • A/B Press Optimizer

Versi premium. Memungkinkan kita membuat berbagai variasi elemen dari berbagai situs dengan mudah.

  • Kissmetrics

Adalah tools lengkap yang memungkinkan kita mengoptimasi setiap aspek di situs wordpress kita untuk mencapai konversi lebih tinggi.

Harganya paling mahal tetapi kita bisa melihat perilaku pengunjung secara individual maupun secara grup. Selain itu, kita juga bisa melihat “kebocoran” di website wordpress kita.

Untuk perusahaan besar, Kissmetrics sangat direkomendasikan.

Inilah artikel mengenai bagaimana cara meningkatkan penjualan online menggunakan tools terbaik untuk A/B split testing di wordpress.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa…

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply