28 Mar

Cara Cepat Masuk Halaman 1 Google (Top Ranking)

Ada cara cepat masuk halaman 1 google (top ranking) yang bisa dilakukan dengan konsisten serta gigih. Beberapa diantaranya cukup sederhana meskipun banyak hal yang harus dikerjakan.

Beberapa cara SEO atau Search Engine Optimization yang populer saat ini masih sama dengan 15 tahun yang lalu. Tetapi, tentunya dengan beberapa modifikasi.

Tips cara cepat masuk halaman 1 google (top ranking)

Ada beberapa cara supaya cepat masuk halaman pertama di Google, diantaranya:

  • Cara cepat masuk halaman 1 google (top ranking) – Pilih niche atau spesifikasi yang sempit

Salah satu cara termudah masuk halaman depan Google adalah memilih tema web atau blog yang sempit. Misal tema sepeda lebih sempit daripada tema alat transportasi. Selain itu, tema sepeda gunung lebih sempit lagi. Jika mau, tema olahraga downhil dengan MTB akan cukup spesifik juga.

Jika tema konten kita terbatas, Google lebih mudah menebak tentang apa web atau blog kita. Jika temanya luas, ada makanan, ada travel ada mobil dan sebagainya, maka Google akan sulit menebaknya.

Selain itu, alasan memilih tema atau niche sempit ada di keterangan – keterangan selanjutnya dibawah.

  • Cara cepat masuk halaman 1 google (top ranking) – Memilih kata kunci dengan kompetisi rendah

Hmmm, kan maunya kata kunci yang banyak pencarinya itu bisa masuk halaman satu atau malah rangking satu?

Iya, betul. memang pada akhirnya maunya begitu. Tetapi kan kompetisinya banyak. Jadi ya masuk ke halaman pertama tidak pernah cepat dan mudah!

Sekarang, yang penting sebenarnya adalah tujuan kita dengan website kita.

Apakah untuk menjual atau untuk Google Adsense atau yang lain.

Untuk blog / website Google Adsense, memang jumlah pengunjung biasanya sebanding dengan tingkat klik atau penghasilan.

Untuk website yang bertujuan menjual produk atau jasa, ada cara lain untuk mendapatkan pasar.

Namanya relevansi website / blog dengan kata kunci.

Jika kata kunci yang kita bidik adalah “jual sepeda MTB Jakarta,” Maka pengunjung yang akan jauh lebih sedikit daripada kata kunci “sepeda.”

Tetapi, potensi pembelian lumayan besar. Jika kita langsung membidik kata kunci sepeda maka yang terjadi justru kita bisa lama mendapatkan rangking dan lama kebagian kue penjualan sepeda.

Nah, sekarang, kembali lagi ke pilihan atau tujuan awal kita dalam membuat website.

Cara Cepat Masuk Halaman 1 Google (Top Ranking)

  • Menggunakan kata kunci sendiri

Penjelasannya, kita bisa mempopulerkan kata kunci yang ada kaitannya dengan website kita. Ya, kata kunci ini mungkin tidak populer tetapi ada hubungannya.

Kata kunci “stop dreaming start action” dahulu dipopulerkan oleh salah satu pionir internet marketing negeri ini, namanya Joko Susilo.

Kita bisa mencari frasa yang menarik, iklankan atau share di FB atau IG. Dan, akan ada yang mencarinya di Google.

  • Menerapkan SEO On Page dan Off Page

Setelah kata kunci, hal mendasar lain adalah SEO On Page dan Off Page.

SEO On page adalah bagaimana kita membuat konten kita SEO friendly. Konten tentunya meliputi artikel, foto serta video.

Untuk artikel, kita bisa mencontoh artikel rangking satu di Google untuk kata kunci yang sama.

Jika artikel tersebut berbahasa asing, kita terjemahkan dengan kata kunci yang serupa, judul yang mengandung kata kunci serta sistematika serupa dan sebagainya. Satu lagi, gunakan atau tulis artikel yang berkualitas dengan panjang sebisa mungkin 1000 kata per artikel. Jika lebih akan lebih bagus hasilnya.

Untuk teknik Off Page, kita mencari backlink menuju artikel kita. Misal, share artikel ke medsos atau promosikan di tempat lain.

Selain itu, usahakan mendapat backlink dari web / blog dengan tema yang sama. Tetapi, pastikan blog untuk backlink tadi kualitasnya baik dan bukan blog duplikat.

Untuk foto atau video, ada beberapa cara supaya konten video / multimedia SEO friendly. Silahkan klik link ini untuk melihatnya.

Sekarang, kita tinggal menulang – ulang teknik tadi sebanyak mungkin. Ya, tetapi dengan syarat juga.

  • Menambah jumlah artikel

Jumlah artikel di website / blog kita tidak bisa dibilang tidak penting. Konten yang banyak memberikan banyak hasil yang diindeks oleh Google.

Bayangkan saja, jika ada 150 artikel di website otomotif Anda tentang Toyota Innova, maka kemungkinan mendapat rangking tinggi lebih mudah dibanding website otomotif lain dengan artikel Toyota Innova yang hanya 20 buah.

Hubungannya dengan niche, jika tema kita luas, ada mobil, ada bunga serta 20 tema lainnya, maka kesempatan masuk rangking atas Google lebih kecil.

  1. Ada blog dengan total 500 artikel total dan 400 artikel tentang Innova
  2. Ada blog dengan 500 artikel tentang mobil dan 20 artikel tentang Innova.

Yang pertama pasti rangkingnya di Google untuk kata kunci Innova lebih tinggi dibanding blog kedua.

Website seperti detik.com memiliki banyak sekali penulis dan artikel yang terbit setiap hari. Jadi rangking mereka di Google selalu bagus dan untuk tema apapun bagus.

Bagi kita yang memiliki website atau blog pribadi, pasti sulit mengejar mereka. Inilah gunanya memiliki niche.

Saat ini, Google adalah mesin pencari tercanggih. Dan, mesin pencari ini masih lebih condong sebagai mesin pencari text dan belum merupakan mesin pencari multimedia. Jadi, penambahan text akan sangat bermanfaat untuk menaikkan rangking website / blog kita.

Minimal, kita bisa membuat konten berkualitas dengan artikel SEO friendly sebanyak minimal 1000 kata.

Cara Cepat Masuk Halaman 1 Google (Top Ranking) 1

  • Artikel original atau asli

Saat ini, memiliki artikel original sangat penting. Google tidak suka konten duplikat. jadi gampangnya, Google tidak menyimpan fotokopi tetapi file aslinya saja. File fotokopi hanya membuat penuh sumberdaya mereka.

Tetapi, bukan berarti kita tidak boleh memiliki konten yang sama dengan milik orang lain. Konten kita bisa berbeda tergantung sudut pandang kita sehingga hasil akhirnya bisa berbeda.

Inilah yang tetap dihargai oleh Google. Kita selalu bisa menulis tentang SEO dan banyak sekali orang lain yang menulisnya. Tetapi, semua boleh diindeks Google dan juga berkesempatan masuk top rangking di Google.

  • Posting secara teratur

Posting konten baru secara teratur. Google akan mengindeks konten kita secara teratur jika website kita juga diupdate secara teratur. Jika update tidak teratur, Google akan datang mengindeks web / blog kita sesuai jadwal mereka sendiri. Jadi, akan ada konten yang tidak terindeks atau tidak terindeks sempurna. Hasilnya, ranking kita tidak akan naik secara maksimal.

Teknik untuk masuk rangking halaman depan Google sebenarnya sederhana. Kita tinggal mengulang – ulang hal yang sudah disebut tadi.

Jika konten kita sudah minimal 5000 konten / artikel, maka peluangnya besar untuk masuk rangking atas Google untuk setiap judul posting kita. Bagaimanapun, konten yang besar menandakan website kita juga dibuat secara serius juga.

Beberapa teknik untuk membuat web / blog masuk rangking atas top rangking di Google ini sebenarnya sama saja dengan yang 10 tahun yang lalu. Sekarang, Google mungkin lebih selektif dalam memberikan penilaian serta membuat beberapa kriteria tambahan. Tetapi, intinya masih kurang lebih sama seperti dahulu.

Jika Anda memiliki website / blog, untuk cara cepat masuk halaman 1 google (top ranking), silahkan mencoba teknik – teknik diatas. Salam sukses!

5/5 (3)

Please rate this



Share this

Leave a reply