30 Jun

Traffic Gratis – Bagaimana Mendapatkannya?

Traffic Gratis – Bagaimana Mendapatkannya?

Bagaimana mendapatkan traffic gratis dan darimana sumbernya. Apa kelebihan dan kekurangan traffic gratis dibanding paid traffic atau berbayar.

Memiliki website atau blog jelas ingin traffic yang banyak. Hal ini santa alamiah. Tetapi, 95% website memiliki traffic yang kurang memuaskan. Kemudian, sebagian akan berusaha untuk meningkatkan traffic mereka.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic kita. Kita bisa mencoba cara SEO untuk mendapat traffic gratis hingga beriklan.

Untuk proses seperti SEO ( Search Engine Optimization ), proses ini bisa lama waktunya. Tetapi, jika ada perubahan algoritma, maka hasil SEO kita bisa menjadi turun. Semula di halaman 1, kemudian turun mendadak hingga halaman 3.

Apa itu Free Traffic dan paid traffic

Oh ya, sebelum memulai lebih jauh, kita semestinya memiliki persepsi sama terlebih dahulu dengan kata kunci free traffic dan traffic berbayar.

Free traffic adalah pengunjung yang datangnya lewat Google, Bing atau Facebook tanpa kita membayar. Mereka datang karena melakukan pencarian di Google. Atau, karena mengikuti link di Facebook.

Untuk paid traffic, adalah traffic yang datang karena kita membayar.

Sebenarnya, kita semua senang yang gratis. Ini karena Gratis. Tentu saja. Kita tinggal menunggu pengunjung datang dan menikmati penghasilan.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Murah di Amuntai

Jika ada sate gratis, ya lumayan ketimbang membayar.

Tetapi, jika traffic gratis itu masih sedikit, tidak masalah jika kita menggunakan traffic berbayar.

Mengapa?

Jawabannya, agak panjang. Sebelumnya, kita bahas dulu traffic atau pengunjung yang seperti apa yang menghasilkan produktifitas untuk kita.

Untuk LAWANG TECHNO, bagi kami pengunjung yang datang dengan kata kunci “jasa pembuatan website” adalah pengunjung yang menghasilkan uang.

Pengunjung / traffic gratis yang datang dengan kata kunci pencarian “cara membuat website gratis” maka, pengunjung ini bukan target pasar kami secara langsung.

Dalam jangka panjang mungkin. Tetapi, sekarang mereka memiliki prioritas untuk belajar membuat website sendiri dengan memakai yang gratis.

Hubungannya dengan paid traffic, jika kami membayar iklan dengan kata kunci “jasa pembuatan website,” maka tidak akan menjadi masalah. Kami nampaknya akan tetap menghasilkan penjualan.

Sumber Traffic Gratis

Seperti dibahas didepan:

  • Google atau mesin pencari lain

Google dan mesin pencari adalah sumber traffic gratis. Pengunjung mendapatkan website kita karena disajikan oleh mesin pencari di hasil pencarian mereka.

  • Cara mendapatkan Traffic gratis / free traffic dari Mesin pencari:

SEO atau Search Engine optimization. Ini adalah teknik untuk masuk halaman satu Google. Anda bisa membaca sedikit tentang SEO di artikel cara SEO.

  • Facebook dan media sosial lain

Facebook, Instagram juga merupakan sumber traffic gratis. Kita tidak membayar supaya orang datang melihat status kita. Atau, melihat promosi kita.

Untuk situs komunitas, misal Kaskus.com, kita juga tidak membayar untuk trafik yang kita peroleh.

  • Cara mendapatkan traffic gratis dari Medsos

Berbagi / sharing konten di media sosial.

  • Keuntungan Traffic Gratis

Gratis

  • Kerugian Traffic gratis

Jika ada perubahan algoritma mesin pencari, maka hasil SEO bisa turun.

Baca Juga :   Kaya dengan Website?

Jika ada perubahan kebijakan media sosial, traffic gratis bisa berkurang.

Misalnya, 10 tahun lalu, kita bisa posting di FB dan dilihat semua teman kita. Sekarang, paling – paling 6% yang melihat. Ini karena kebijakan Facebook sendiri.

Jika punya fans 1000 orang, maka kira – kira yang melihat hanya 60 orang saja. Jadi, free traffic bisa berubah karena kebijakan Medsos bersangkutan.

Sumber paid traffic atau trafik berbayar

  • Google: iklan Adwords atau Google Ads

Iklan ini bisa untung jika dilakukan dengan benar. Kita harus memilih kata kunci beriklan yang baik untuk bisnis kita. Kita harus mensetting waktu tayang iklan serta setting  variasi kata kunci bersagkutan.

  • Media sosial: Iklan facebook Ads atau Instagram Ads

Iklan FB dan Instagram Ads juga memerlukan audience tertarget. Audience ini adalah profil orang yang akan kita sajikan iklan kita. Kita bisa menyajikan iklan paket traveling untuk profile orang yang terbukti merupakan traveler.

Atau, kita bisa menyajikan iklan fashion untuk orang yang terbuksi suka fashion. Untuk melihat korelasi ini, ada data – data di Facebook dan Instagram yang bisa dipergunakan.

Traffic gratis di internet memang menyenangkan. Secara umum, tanpa usaha kita bisa mendapatkan pelanggan. Tetapi, traffic berbayar yang tepat bisa sangat bermanfaat juga.

Untuk pengunjung yang dengan kata kunci “jasa pembuatan website, kami siap membayarnya. Itu karena potensi mereka membeli produk kami besar.

Jadi, bagi sebuah bisnis, memang penting untuk menyeimbangkan antara traffic website gratis dengan berbayar. Semua itu dalam rangka mengoptimalkan penjualan yang bisa kita dapatkan.

Terimakasih, dan salam sukses luar biasa!

5/5 - (1 vote)

Leave a reply