01 Feb

Cara Buat Web

Cara Buat website yang gratis dan mudah, atau yang mudah dan bagus dengan sewa server hosting dan nama domain. Cara membuat website dengan WordPress, Blogger, Wix, Weebly, Webnode dan Medium.

Ada cara membuat website yang mudah. Tetapi, tetap saja, akan perlu pengalaman untuk membuat website yang baik. Karena itulah, panduan ini sebagian ada yang bisa dipergunakan di website yang platformnya gratis. Silahkan dicoba dengan banyak – banyak membuat atau gonta – ganti desain.

Jika sudah terbiasa, Maka bisa membuat website yang lebih profesional.

Cara buat website saat ini banyak dicari orang di internet. Banyak orang yang ingin tahu bagaimana memiliki website dan mencoba membuatnya sendiri.

Meskipun begitu, untuk yang baru membuat website baru pertama kali, hasil yang diperoleh mungkin belum terlalu istimewa.

Untuk sebuah jasa pembuatan website, biasanya juga diawali dengan pengalaman membuat website untuk diri sendiri terlebih dahulu. Dan biasanya, dalam jumlah yang besar.

LAWANG TECHNO saat didirikan sudah berpengalaman membuat website. Pada jaman dahulu, mesin pencari Google belum secanggih sekarang. Karenanya, kurang pintar membaca artikel duplikat dan spin. Artikel spin ini adalah artikel yang kata – kata tertentu diganti sinonimnya.

Jadi, maksud artikel masih terbaca meskipun sering menjadi kacau. Hal semacam ini terjadi hingga tahun 2008.

Karena itu, pada tahun – tahun sebelumnya, banyak orang yang membuat hingga 100 lebih website. Diisi dengan artikel spin. Artikel ini membuatnya otomatis. Bahkan, untuk programer, websitenya juga dibuat secara otomatis.

Dan, siap diluncurkan untuk mencari uang.

Karena itulah, banyak pengalaman yang dimiliki jasa pembuatan website. Jasa web yang sudah “lama” biasanya dahulu juga bermain semacam ini.

Cara membuat website

Daftar Isi

Ada beberapa cara buat website. Yang pertama, adalah cara buat website gratis. Yang kedua, cara buat website berbayar. Adapun untuk memulainya, ada beberapa langkah yang mesti kita lakukan.

  • Apa tujuan website ?

Bisa untuk berjualan barang nyata seperti baju. Menjual jasa arsitektur, atau untuk mencari uang dengan Google Adsense atau Amazon affiliate.

Untuk tujuan berbeda, website juga memiliki desain, layout dan pendekatan berbeda supaya hasilnya optimal.

Untuk beberapa jenis jasa seperti jasa sedot WC atau bengkel panggilan, website butuh yang pragmatis. Nomor kontak ada terus didepan dan cepat dihubungi. Desain serta layout penting, tetapi lebih penting untuk memastikan calon pelanggan percaya.

Kemudian, sangat penting juga supaya pemilik website mudah dihubungi. Apapun caranya baik lewat peta yang ada atau lewat WA, harus bisa berkomunikasi secepatnya.

Baca juga : cara membuat website berkualitas.

Untuk arsitek, fotografer atau desainer / jasa taman, maka website yang banyak galerinya juga penting. Semakin menarik galeri yang dibuat dan hasil yang ditampilkan, calon pelanggan akan lebih senang juga.

Untuk website Adsense, kita butuh layout iklan yang terlihat menarik. Tetapi, tanpa terkesan mengganggu. Kemudian, iklan juga mudah tampil sejak awal situs dibuka. ( meskipun belum tentu akan langsung tampil ).

Untuk situs affiliate seperti affiliate Amazon, kita juga perlu situs yang barang atau produknya mudah dicari.

Untuk website berita atau website pribadi, pendekatannya berbeda juga. Karena itulah, tujuan membuat website ini harus sudah jelas sejak awal.

  • Niche

Pertama kalinya, Kita mesti memilih niche atau segmen khusus blog atau website kita. Segmen ini khusus dan sempit. Mengapa sempit ? Jika website kita kelola sendiri, segmen sempit lebih berpeluang menghasilkan.

Misalnya saja, segmen hanya untuk menjual sepeda. Atau, bisa juga segmen untuk penjualan baju wanita / baju anak.

Jika kita membuka segmen untuk toko baju, toko sembako, menjual sepeda dan alat olahraga dalam 1 website, maka Anda harus siap untuk berupaya lebih saat ingin bersaing di Google.

Untuk bersaing di Google, kita perlu fokus. Bayangkan ada 2 website. Yang satu kontennya 50 tentang sepeda. Yang satu lagi, 10 tentang sepeda, 10 tentang melukis, 10 tentang fot0grafi, 10 tentang pemeliharaan ikan dan 10 lagi tentang gadget.

Untuk rangking hasil pencarian terkait sepeda, maka yang kontennya 50 akan lebih tinggi di Google.

Jika Anda memang berniat punya banyak jenis konten, maka upaya untuk bersaing di Google harus lebih besar.

Kalau untuk keperluan Adsense, bisa dipilih niche yang sesuai passion atau Anda sudah memahaminya. Selain itu, bisa dihindari niche yang banyak hak cipta untuk gambar – gambar disana.

Misal saja, niche fashion biasanya ada hak cipta perancang bajunya. Jika kita ambil gambar tanpa ijin, mereka bisa menuntut gambar dihapus.

  • Memilih platform untuk website

Ada platform website CMS, web builder, script e-commerce dan juga website buatan sendiri yang codingnya dari nol. Untuk yang terakhir, tidak kami bahas. Anda pasti sudah sangat faham.

Membuat website dengan website gratis

Saat ini ada beberapa tempat yang bisa dipergunakan untuk membuat website. Misalnya saja, Wix, Webnode,com, Weebly dan sebagainya.

Juga, termasuk cara membuat website gratis di Blogspot dan WordPress.com juga. Yang 2 terakhir ini kami sertakan karena keduanya sangat populer.

Cara buat web gratis di Blogspot / Blogger

Ini adalah cara membuat blog yang termudah. Ada juga template desain yang membuat bentuk blog ini mirip web profesional. Bisa diganti gambar atau warna juga. Sentuhan akhir bisa lebih personal.

Jika kita menggunakan nama domain berbayar, maka situs sudah bisa terasa lebih pro daripada gratisan.

Untuk penggunaan pribadi, Blogspot secara umum mencukupi. Tetapi, memang ada kendala. Biasanya rangking di Google kurang baik dibanding situs dengan server berbayar.

  • Login di Gmail atau membuat Gmail baru

Yang penting, kita buat e-mail dari Gmail terlebih dahulu. Jika sudah punya, bisa langsung membuat blognya.

Jika belum mengerti cara membuat e-mail, bisa mengunjungi dahulu halaman tutorial cara membuat email.

bagaimana cara membuat-email-tanpa-no-hp

Setelah email jadi, maka bisa mengunjungi alamat : http://www.blogger.com. Silahkan mendaftar. Untuk setting bahasa, ada di sebelah kanan bawah. Kita bisa mensetting bahasanya menjadi bahasa Indonesia.

  • Login ke Blogger

 

cara membuat website gratis blogspot

Untuk login ke Blogger, kita gunakan username dan password yang kita daftarkan. Kemudian, kita akan mendapatkan sebuah formulir. Formulir ini perlu kita isi dengan :

Nama Tampilan : Ini adalah nama tampilan untuk blogger. Bukan untuk nama di setiap post.

Jenis kelamin ( sudah jelas ).

cara membuat website gratis 6

  • Centang bagian menerima persyaratan

Biasanya disini ada saja yang cenderung meremehkannya. Orang – orang tadi misalnya langsung centang tanpa membaca persyaratan. Hal semacam inilah yang jika akun blogspot digunakan asal – asalan, akan kena banned.

Kemudian klik tanda panah dengan tulisan “Lanjutkan.”

Cara-membuat-email-gmail-4

  • Memberi nama Blog Blogspot

Memberi nama blog itu penting. Kita bisa memberi nama website dengan kata kunci. Atau, dengan nama perusahaan kita.

Yang penting, Anda beri nama saja yang baik. Misalnya, tourbali.blogspot.com. Nama ini tidak bisa diubah lagi nantinya. Memang kita bisa membuat banyak blog gratis di Blogspot. Tetapi, kapasitas penyimpanannya juga sama saja. Tetap 1 GB untuk banyak blog.

 

  • Memilih template

Template disini adalah tampilan blog. Tampilan blog atau website bisa kita ganti setiap kali bosan atau ada gangguan.

cara membuat akun blogspot

 

  • Buat blog!

Itu adalah pesan untuk kita. Jika kita tidak langsung mengisi dengan post, nanti bisa ada pesan “Spam Filter.” Karena itu, maka kita harus isi posting meskipun posting sederhana.

Untuk halaman mengisi konten, bagian atas adalah judul. Yang dibawahnya adalah kontennya.

cara-membuat-website-gratis-di blogger 1

 

 

  • Mengupload gambar

Mengupload gambar. Untuk gambar, usahakan jangan terlalu besar ukurannya. Ini karena gambar yang berat juga memperlambat website loading. Untuk mengupload gambar, caranya dengan klik ikon gambar pada menu diatas kolom / kotak untuk isi / konten.

Jika konten sudah selesai dibuat, silahkan di preview atau save. Ini untuk meninjau hasil akhirnya sebelum dilihat orang. Jika sudah yakin, bisa klik tombol Publish yang berwarna oranye.

  • Memberi labels

Labels adalah kategori apakah konten yang diupload tadi. Misalnya tulisan tentang : Cara membuat slime.

  • Schedule

Adalah jadwal untuk mempublikasikan konten. Bisa kita atur supaya teratur. Misal, upload 5 posting dan diatur publish dalam 3 hari.

  • Kelebihan Blogspot / Blogger :

Blogspot gratis

Gratis adalah alasan utama kita membuat website blogspot. Meskipun gratis, tetapi kapasitasnya lumayan dan bisa juga masuk rangking Google jika SEO nya baik. ( SEO = Search Engine Optimization atau teknik masuk halaman depan Google ).

Mudah dipergunakan

Salah satu kelebihan yang ada di Blogspot adalah mudah dipergunakan. Tanpa pengetahuan pemrograman sama sekali kita sudah bisa menggunakannya.

Selain itu, antar mukanya langsung dan sederhana. Juga, kelengkapannya untuk membuat website cukup lengkap.

  • Kekurangan Blogger

Mudah dihapus

Adalah kekurangan utama di Blogger. Jika website kita dianggap Spam, maka Google akan menghapus Blogspot kita.

Mungkin, alasan untuk menghapus Blogspot bisa berasal dari gratisnya. Bagaimanapun juga, layanan gratis ini ada beban biayanya.

Apapun alasannya, Blogspot beresiko dihapus. Karenanya, ada baiknya Anda mempertimbangkan web di server berbayar.

  • Cara mengamankan Blogspot

Oh ya, mengamankan website atau blog Blogspot juga perlu. Mengamankan ini dari hacker yang mengganggu.

Secara umum, server Blogger lebih aman dari server lainnya. Iya kan, ini milik Google gitu loh. Tetapi, ada cara kita memperlakukan akun Gmail atau Blogger yang membuka kerawanan.

Meskipun begitu, tidak banyak plugin tambahan yang bisa dipergunakan untuk keamanan Blogger. Tetapi, ya sisi plusnya adalah di sisi keamanan server.

Membuat password yang aman

Password yang aman adalah hal yang tampaknya sederhana. Tetapi, jika kita mau membobol password, mana yang lebih mudah ditebak. Nama anak seseorang atau menebak password random seperti :nadj162342!@?hfs&.

Tentunya akan sulit juga mendapat kombinasi yang kedua.

Kemudian, password yang panjang, mungkin hingga 15 karakter atau lebih, akan ( jauh ) lebih sulit dibobol.

Tidak login di tempat sembarangan

Ada wifi yang tidak aman. Kita tidak tahu dimana. Jika memungkinkan, jangan asal login dari Wifi yang tidak kita kenal. Juga, di warnet bisa ada yang namanya Keylogger. Ini adalah software untuk membaca apa saja yang kita ketikkan sebelumnya. Jika diulang prosesnya, maka hacker akan bisa masuk ke akun kita.

Verifikasi 2 langkah

Ini adalah pengamanan yang baik jika kita harus login diluar area nyaman kita. Google akan meminta verifikasi dengan nomor HP. Jadi, meskipun hacket tahu password dan username, kan belum ada verifikasinya.

Sebaiknya, kita aktifkan.

Jangan memasang script sembarangan

Script sembarangan mungkin isinya juga script pencuri data. Jika Anda merasa tidak tahu isinya, sebaiknya jangan asal dipasang.

Jika mau memasang, ambil script dari sumber yang baik. Misalnya di github. Atau, yang memiliki review bagus dan lumayan banyak. Jika ada curangnya, kemungkinan besar sudah ada yang berkomentar.

Jangan asal menginstall template

Template sebaiknya kita install dari tempat resmi saja. Atau, dari tempat yang reiewnya baik. Untuk template baru, belum tentu baik jika sal diinstall. Mungkin ada script pencuri data disana.

Jika membeli nama domain sendiri, silahkan menggunakan SSL

Google Chrome memberikan label “tidak aman” untuk situs yang tidak menggunakan SSL. Ciri khas situs dengan SSL adalah alamatnya berupa https://  dan bukan http://.

Label tidak aman ini berpengaruh ke pengunjung. Mereka mungkin batal berkunjung karenanya. Kita bisa kehilangan penjualan.

Berhati – hati memberi password ke orang lain

Jangan memberikan password ke orang yang kurang terpercaya. Sebaiknya, kita tidak pernah memberitahukan password ke orang lain.

Untuk WordPress, kita bisa memberi password dan username yang bukan Administrator. Tetapi, di Blogger hanya ada password dan username Admin saja.

Backup blog atau website secara rutin

Cara paling mudah menghindari kesulitan, backup data secara teratur. Caranya adalah:  masuk ke Settings > Other. Ada pilihan Import & backup pada bagian atas.Klik tombol Backup. Akan ada pop up Backup yang keluar.

Kita klik Save to our computer. Dengan cara ini, file .xml backup blogger sudah tersimpan di komputer kita.

Membatasi serta menyaring komentar

Membatasi serta menyaring komentar penting. Yang paling mendasar, bisa menghindari Spam. Kemudian, menghindari script aneh – aneh yang mungkin ikut masuk.

  • Cara mengganti domain Blogspot gratis

Jika kita ingin nama website yang tidak terkesan gratis, bisa menggunakan nama domain berbayar. Meskipun, untuk server masih ditempatkan di Blogger.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Murah di Jogja

Kita harus memiliki akses untuk mengelola domain secara penuh.

Cara mengganti domain blogspot dengan .com ( atau .net, .id dan lainnya ) secara mendasar adalah seperti ini: Cara ini berlaku jika ada fasilitas secara khusus di cPanel Domain .com kita.

cara update nama domain nameserver

  • Mencatat CNAME pada halaman setting di admin Blogspot
  • Masuk atau login ke panel di domain berbayar
  • Menuju menu services atau layanan. Pilih dan klik Domain
  • Kita pilih Domain management atau semacam itu
  • Klik pada Custom Blogspot atau yang sejenis
  • Kita masukkan CNAME Blogspot disana dan simpan atau Save Changes

Kemudian, kita kembali ke Blogspot. Login ke blogger.

Menuju menu, Setting –> Basic. Kita pilih Publishing dan pilih + set up a third-party URL for your blog.

Jika kita harus melakukannya tanpa aplikasi khusus di dasboard domain kita, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan sendiri.

Masuk ke Dasboard di Blogger

Akan ada gambar seperti ini :

cara menyambung domain .com ke blogger blogspot

Kemudian, pada halaman berikut kita perlu masukkan alamat nama domain baru kita.

Klik Save. Pesan error untuk saat ini diabaikan saja. Yang penting, kita cacat nama CNAME yang diberikan.

  • CNAME 1: www ghs.google.com
  • CNAME 2: 5jxzkzdmlt2y gv-oin2wzg2exkyqp.dv.googlehosted.com

cara redirect domain berbayar ke blogspot

Kemudian, login kembali ke akun domain yang baru.Masuk ke Pengaturan Domain. Klik Update terlebih dahulu pada Nameserver default. Kemudian Kita masukkan CNAME tadi di kolom yang disediakan.

Urutan menunya adalah sebagai berikut : DNS Management –> Custom Blogspot –> Tambahkan 2 CNAME tadi.Cara membuat website dengan CMS

Contoh gambarnya adalah sebagai berikut:

 

 

 

cara custom domain blogspot

Setelah itu kita tunggu propagasi hingga sekitar 24 jam.

Sekarang, kita masih harus menampilkan struktur link yang benar supaya halaman blogspot terlihat.

Kita masuk ke menu sebagai berikut: Masuk ke Settings –> Basic. Cari opsi Publishing.

Ada tulisan Redirect namadomain.com ke www.namadomain.com. Kotak kecil kita centang.

 

Klik Save. Sekarang, blog di blogger kita sudah memakai nama Top Level Domain.

Cara buat web gratis di WordPress.com

Ini adalah cara membuat website gratis mudah untuk pemula. Yang termudah kedua. Website WordPress juga merupakan

CMS atau Content Management System adalah software yang bisa dipergunakan untuk membuat website dengan mudah. Aplikasi atau software ini bisa diinstall pada server hampir dimanapun. Kemudian memiliki fitur yang bisa dipergunakan untuk membuat layout, desain hingga mengisi konten dengan mudah. Kira – kira mengisi kontennya semudah update status di Facebook.

Karena keunggulan ini, maka CMS biasa dipergunakan untuk membuat website. Untuk WordPress, sekitar 33% dari website dunia menggunakan CMS WordPress. Karena itulah, ketersediaan template dan plugin, support pengguna dan forumnya juga luar biasa.

  • Login ke WordPress.com atau register baru

Kita bisa register dengan e-mail Yahoo atau Google.. Tetapi, harus dengan e-mail aktif karena akan perlu konfirmasi.

Untuk WordPress versi gratis, tidak bisa dipasang iklan. Anda membuatnya hanya untuk sekedar blogging saja.

Jika menawarkan barang dagangan sendiri, bisa saja. Tetapi, Pastikan alamat dan peta Google ( pin ) ada di website. Gunanya supaya pengunjung percaya dan mau datang ke lokasi Anda.

Setelah konfirmasi dengan klik link yang dikirimkan, kita bisa login.

  • Memilih layout website

Saat masuk pertamakali, kita akan diminta untuk memilih layout. Layout ini bisa disesuaikan selera atau fungsi website kita.

cara membuat website

Jika untuk blog saja, bisa dengan “A list of my latest posts”

Jika untuk website fotografi, bisa dengan “A grid of my latest post.” Atau bisa juga, “An online store.”

Meskipun begitu, pilihan ini bisa sesuai dengan selera artistik kita. Layout online store mungkin lebih kita sukai daripada layout blog yang umum.

  • Memilih desain atau template

Setelah memilih layout, kita akan memilih template desain. Atau, pilihan layout desain yang sudah ada dan tinggal dipakai. Pilihannya banyak. Saat ini, disebut ada puluhan ribu theme yang bisa dipergunakan.

 

Untuk versi WordPress gratis, kita tidak bisa menggunakan atau upload theme buatan sendiri. Atau, mengupload theme dari luar repository WordPress. Theme atau template hanya bisa diakses dari dalam Dasboard WordPress saja.

  • Membuat nama sub-domain

Nama subdomain adalah nama domain tetapi ada akhiran .wordpress.com. Nama domain ini misalnya tokotas.wordpress.com dan bukan tokotas.com.

Memang tidak apa – apa jika untuk yang membuat blog atau website pertama kali. Tetapi, bagi yang ingin serius, nama subdomain ini akan mudah dilupakan orang. Alasannya ? gampang saja, namanya terlalu panjang !

  • Gunakan “Free Plan”

Free plan atau atau gratis adalah pilihan untuk memulai pertamakali. Bisa saja Anda membayar. Tetapi, untuk percobaan pertama sih, biasanya orang maunya gratis.

cara membuat website gratis

Atau, seperti saya dulu, membayar untuk kursus membuat website di server berbayar dan nama domain .com. Jadi, kursus selesai, website juga online untuk mencari uang.

  • Membuat akun

Email :

Kita bisa menggunakan email Yahoo atau Gmail. Tetapi perlu verifikasi. Jangan diisi email yang sudah lupa passwordnya.

Username :

Bisa diisi siapa saja. Sebaiknya yang mudah kita ingat atau kita cacat.

Password :

Bisa menggunakan saran password dari WordPress. Tetapi, kita harus mencatatnya. Password dari WordPress ini rumit dan sulit diingat.

Setelah itu, jika ingin login, kita ketikkan:

namadomain.com/wp-admin. Ini adalah link login yang standar. Tetapi, bisa juga dengan: namadomain.com/wp-login.php. Yang kedua ini bisa digunakan jika ada masalah dengan yang wp-admin.

Jika sudah, kita sudah bisa mengakses dasboard WordPress kita.

Untuk tampilan dasboard, kurang lebih seperti ini :

cara buat web

 

Menu utama di Dasboard ada di sebelah kiri. Bagian untuk membuat blog yang penting adalah mulai dari bagian :

Posts. Bagian ini tentunya untuk membuat posting baru. Posting adalah konten yang kita update secara teratur. Kita bisa mengibaratkan seperti berita. Saat ada berita baru, event baru atau sekedar ingin menulis, Posts bisa kita tambah.

Media: Untuk Media, bagian itu menunjukkan video atau gambar apa saja yang sudah kita masukkan di WordPress Gratis kita. Untuk saat ini, kita mendapatkan ruangan / space sebesar 3 GB di akun WordPress.

Links : Links bisa kita tambahkan untuk setiap posting kita secara otomatis. Jadi, tidak menambah satu – satu.

Pages: Pages adalah halaman statik. Biasanya digunakan untuk keperluan seperti: Halaman kontak, tentang kami, profil dan berbagai hal dasar lainnya.

Bisa juga untuk daftar harga produk. Dan lebih baik jika harga barangnya memang jarang berubah.

Kita bisa memasukkan halaman Pages ke menu utama atau di sidebar. Jadi, bisa mudah diakses pengunjung web kita.

Portfolio: Seperti namanya, adalah halaman untuk portfolio kita. Jika kita tampilkan portfolio di Posts, maka halaman Posts akan turun tertimpa Posts baru. Karenanya, menjadi agak sulit dicari.

Comments: adalah bagian untuk moderasi komentar. Kita bisa setting komentar hanya muncul setelah kita moderasi saja. Jadi, komentar Spam bisa sangat dikurangi.

Menurut pengalaman penulis, jika web memiliki pengunjung 100 orang sebulan, maka komentar Spam yang ada bisa mencapai lebih dari 2000 komentar. Ini terjadi karena komentar semacam ini biasanya dikirim oleh robot atau aplikasi, untuk bahasa sekarang.

Yang berkomentar itu tidak perlu berkunjung ke blog atau web kita. Ia hanya perlu setting aplikasinya dan menjalankannya saja.

Karena itulah, komentar perlu kita moderasi sebelum muncul. Jika muncul secara otomatis, maka pasti kita yang kesulitan mengelolanya.

Feedback: Bisa kita cek kalau ada yang mengisi form kontak. Biasanya sih, termasuk fitur yang jarang dipergunakan untuk blog pribadi.

Appearance: Ini adalah fitur untuk setting tampilan blog atau web gratis wordpress kita. ( Untuk web wordpress di server berbayar juga sama ).

Yang paling utama untuk kita setting:

  • Theme: Gunanya untuk memilih template desain yang sesuai. Ada ribuan pilihan theme di WordPress. Tetapi, versi gratis di WordPress.com tidak bisa diinstall theme dari luar. Harus theme di repository WordPress. Pada bagian inilah, kita biasanya akan menseting atau mencoba – coba berbagai theme baru yang cocok.
  • Customize: Berguna untuk kustomisasi header, fonts, menu, CSS, Widget hingga beberapa hal lainnya. Silahkan dicoba – coba sendiri. Jangan terlalu khawatir kalau setingan rusak. Kalau memang takut, bisa dicatat apa saja yang diubah.
  • Widgets, Menus, Header, Background, AMP, Mobile: Ini adalah setting custom tetapi kita seting masing – masing satu persatu. Untuk seting lewat Customize diatas, interfacenya agak berbeda sedikitmeskipun fungsi akhirnya sama.

Plugins: Plugins memungkinkan kita untuk menambah fungsi dan fitur di website. Misalnya, menambah tabel dengan desain yang bagus. Ada juga fitur tombol dan kotak chat. Ada juga fitur pembuat angka halaman, galeri gambar dan sebagainya.

Ada Tips dari kami: Theme dan plugin gratis sering dibuat tanpa memperhatikan kompatibilitas masing – masing. Atau, sering kurang cocok satu sama lainnya.

Beberapa pengembang ada yang sekedar membuat plugin yang sekedar berfungsi. Tetapi, jika dipadankan dengan theme standar WordPress.

Begitu juga, pembuat theme pihak ketiga. Terkadang membuat theme tanpa mematuhi panduan dari WordPress sepenuhnya.

Jadi, themenya tidak standar dan tidak bisa “diajak kerjasama” oleh plugin standar.

Kalau dua – duanya tidak standar, maka bisa sulit dipasangkan.

Jika menemukan plugin yang seperti ini, bisa diganti theme atau pluginnya saja.

Tetapi, sering juga akan lama menemukan yang cocok. Jika Anda bisa coding PHP, maka bisa diubah sendiri supaya cocok.

cara-membuat-website-gratis-di wordpress

Users: Berguna untuk menambah pengguna web.

  • Invite: Untuk mengundang ( Invite ) orang lain untuk memanajemen web kita.

Untuk versi server berbayar, bisa kita buatkan beberapa jenis user. Misal, admin yang bisa mengubah desain.Editor konten. User untuk menulis tanpa edit konten diluar konten buatannya. Atau, sekedar untuk memberi komentar saja.

Kemudian, ada juga,

  • Personal Settings: Untuk setting profil kita dan sebagainya.

Tools: Adalah alat untuk beberapa keperluan seperti: setting Google Webmaster Tools. Bing Webmaster Center, Verifikasi Pinterest hingga Yandex. Webmaster.

Kemudian, kita juga mengkonversi atau mengganti Kategori ke Tags atau sebaliknya.

Import dan export setting dan database, Berguna jika mau pindah server ke server berbayar, ke cloud atau CDN.

Settings: Bagian ini punya banyak pilihan. Ada beberapa yang penting. Diantaranya, bagian setting General bagian Tittlejudul dan Tagline. Kemudian bagian Reading, dan Permalink.

Kita bisa seting judul web. Misal: Lawang Techno. Kemudian Tagline, misal : Jasa Pembuatan Website.

Ada juga seting format tanggal, bulan tahun dan juga seting bahasa.

Reading: Untuk bagian Reading, inilah yang perlu kita perhatikan: Pada gambar dibawah ada keterangan tentang “Site Visibility.” Kita pastikan bahwa kita mengijinkan / Allow Search Engine untuk mengindeks situs kita.

Jangan pilih Discourage atau semacamnya.

cara buat web gratis dengan wordpress

Permalink: Hanya ada di WordPress dengan server berbayar. Kita harus pastikan permalink kita hanya memuat nama www.namadomain.com/nama posting saja.

Jangan menggunakan angka, tanggal atau lainnya. Akan membuat Google kurang akurat mengindeks permalink kita.

Untuk versi gratis, ada Pools, atau membuat pool, sharing, Ad Control dan sebagainya. Biasanya sih, jarang dipergunakan.

  • Membuat Posting baru di WordPress:

Inilah yang akan sering kita lakukan. Membuat posting biasanya terserah kita. Tetapi, ada saran, kita lakukan dengan teratur.

Alasannya, Google akan mengindeks posting kita secara teratur jika posting keluar secara teratur juga. Jika tidak, Google datang mengindeks tergantung mereka.

Kita pilih Posts:

Kita bisa klik dan pilih Add New. Kemudian, akan tampil halaman seperti dibawah ini:

cara membuat website dengan WordPress

Judul artikel kita isi dengan judul yang akan kita buat. Konten bisa kita isi dengan artikel atau dengan gambar. Bisa juga dengan embed video dari Youtube.

Tetapi, kita perlu mengklik ke mode Text. Letaknya disebelah kanan tulisan Visual.

Untuk mengisi dengan Gambar, kita bisa klik Add Media. Setelah diupload, kita bisa mengisi Alt Text pada gambar tersebut. Google, secara umum tidak mampu membaca gambar secara langsung. Karenanya, Alt Text yang akan dibaca bisa menunjukkan gambar apakah yang kita upload.

Panduan lebih lanjut cara SEO Gambar dan Video.

Kolom Kanan: Ada beberapa bagian penting disini. Yang paling atas, ada kolom Publish. Kita bisa Save Draft atau menyimpan.

Categories: Untuk kategori Post. Misalnya : Toyota.

Tags: Misalnya: Toyota Avansa. Tags ini mirip dengan sub kategori.

Set Featured image: Untuk seting gambar utama. Gambar ini biasanya masuk ke display galeri atau gambar paling atas di posting.

Jika sudah, kembali ke kolom kanan atas. Klik Publish.

Kita bisa membuat Post kapanpun kita inginkan. Tetapi, yang paling baik adalah secara teratur.

Cara buat web berbayar

Web berbayar maksud kami adalah menggunakan server hosting menyewa dan nama domain Top Level Domain. Misalnya, tokobaju.com.

Web berbayar biasanya dibuat dengan CMS  ( Content Management System ) atau dengan membangun sendiri dari nol. Jika Anda ingin membangun sendiri dari nol, kami asumsikan Anda sudah sangat mengerti. Jadi, memang tidak kami bahas.

Jika Anda ingin cepat, maka CMS bisa menjadi pilihan. Jika ingin yang sangat custom, maka membangun sendiri dari nol menjadi pilihan.

Untuk website dengan CMS, pilihannya adalah WordPress, Joomla dan Drupal. Masing – masing ada kelebihan dan kekurangan sendiri.

Beberapa hal untuk diperhatikan:

Perbandingan WordPress VS Joomla VS Drupal

  • Kemudahan:

WordPress, untuk pemula tanpa pengetahuan pemrograman bisa membuat website sampai jadi.

Joomla, untuk pemula juga, Tetapi lebih sulit dari WordPress. Sedikit mengetahui pemrograman bisa membuat website jauh lebih bagus.

Drupal, perlu pengetahuan web developer.

  • Kegunaan:

Worpress: Untuk website informasi dan konten. Untuk web e-commerce atau toko online ( menggunakan plugin ).

Joomla: Biasanya untuk forum online serta katalog produk dalam jumlah besar. Website multi user seperti universitas.

Drupal: Untuk website enterprise dan sistem aplikasi intranet.

  • Waktu Instalasi:

WordPress: 5 menit.

Joomla: 10 menit.

Drupal: 10 menit.

  • Themes:

WordPress: 200 lebih free template.

Joomla: 900 lebih free themes.

Drupal: 1800 lebih free templates.

  • Plugins, Modules atau Ekstensi:

WordPress: Free plugins 27.000

Joomla: Free Extensions : 7000

Drupal: Free Modules : 24.000

  • Search Engine Optimization / SEO :

Kemampuan / fitur bawaan masing – masing CMS untuk SEO atau masuk halaman depan pencarian Google.

Baca Juga :   Jasa Website Profesional di Cikarang

WordPress: Sangat baik.

Joomla:  SEO dasar

Drupal: Baik.

  • Skalabilitas:

WordPress:  Tinggi.

Joomla: Rendah.

Drupal: Menengah.

  • Performa:

WordPress: Trafik atau pengunjung sedikit sangat baik. Tetapi perlu server bagus untuk pengunjung banyak ( ratusan ribu hingga jutaan sebulan ).

Joomla: Perlu modifikasi untuk trafik besar.

Drupal: Loading cepat dengan waktu respon yang lebih cepat dari kedua CMS lainnya.

  • E-Commerce / Toko online

WordPress: Ya, jika diberi plugin Woocommerce.

Joomla: Bisa menggunakan ekstensi Virtuemart.

Drupal: Terbatas pada versi lama.

  • Kelebihan terbaik masing – masing CMS WordPress VS Joomla VS Drupal

WordPress: Bisa di custom, mudah digunakan serta themes dan plugin premiumnya bagus.

Joomla: Lebih stabil, komunitas yang baik dan masih termasuk mudah digunakan.

Drupal: Arsitektur ekstensi / Module yang powerful. CMS secara keseluruhan powerful untuk level menengah dan tinggi. Bisa membuat panels, forms dengan aman dan sederhana.

  • Kekurangan CMS WordPress VS Joomla VS Drupal

WordPress: Menggunakan plugin dan template pihak ketiga. Dari sana menjadi pintu masuk hacker. Ada 50.000 situs WordPress kena hacker dalam setahun.

Kurang fleksibel untuk keperluan aplikasi dan kurang aman. Tetapi soal keamanan semakin baik.

CMS nya Sering update. Mungin plugin atau theme tidak mengikuti update dan merusak setingan.

Joomla: Performanya kurang cepat. Ekstensi yang bagus biasanya berbayar. kurang custom dan ekstensi biasanya perlu diperbaiki pada tingkat coding. Tidak dibangun untuk developer seperti Drupal.

Drupal: jauh lebih sulit dipelajari daripada Joomla dan WordPress. Tidak ada versi gratis seperti WordPress dan Joomla. Set up module nya lama jika banyak. Harus faham html, css, js dan PHP. Update untuk module tidak selalu bisa cocok dengan software di backend.

Cara membuat website dengan WordPress di server sendiri

Secara umum, cara membuat website WordPress di server sendiri kurang lebih sama saja. Kita hanya perlu menginstalnya dari WordPress.org langsung, mengupload hasil download CMS WordPress. Atau, bisa juga install WordPress yang ada di cPanel. Seperti dibawah:

cara install wordpress

Cara buat web dengan Joomla

Joomla adalah CMS yang lebih fleksibel dibandingkan WordPress. Kita bisa memodifikasinya lebih banyak. Meskipun begitu, kemampuan ini baru bisa dimaksimalkan jika kita mengerti coding.

Jika menggunakan tanpa coding, bisa saja. Tetapi tetap lebih terbatas. Meskipun begitu, pilihan desain masih banyak. Untuk menambah fungsi atau fitur, kita bisa menggunakan Ekstensi atau Module. Jadi, pada akhirnya, kita tetap bisa membuat website dengan berbagai fungsi dan keperluan. Serta, dengan desain yang profesional juga.

  • Instalasi Joomla

Joomla tidak punya versi gratis seperti WordPress. Kita harus menggunakan Joomla di server berbayar.

Jika sudah masuk cPanel, inilah yang perlu kita lakukan.

Pilih installer dengan logo Joomla. Seperti ditunjukkan pada gambar dibawah:

cara install joomla

Setelah itu, kita perlu memasukkan nama Administrator Username dan Administrator Password. Sebaiknya membuat yang rumit dan keduanya kita catat dan simpan.

Untuk masuk ke Dasboard, kita ketikkan alamat: domainanda.com/administratorKemudian, masukkan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya.

Setelah masuk, akan ada tampilan seperti berikut:

cara buat web Joomla

Setelah masuk dan ingin mengganti desain, digunakan template. Untuk library theme atau template. Tidak ada yang bisa dibuka lewat dasboard. Kita harus mendapatkannya diluar. JoomDev dan ASTemplates adalah situs dengan koleksi template dan ekstension yang termasuk sangat lengkap.

Untuk instalasi tema, juga mudah.

  • Cara install template Joomla

Pada bagian ini, kita bisa mengganti template atau desain website. Untuk theme standar, desainnya minimalis. Jadi, perlu kita ganti dengan yang menarik.

Kita buka dulu Install Extensions. Kemudian, kita upload tema yang sudah kita download tadi. Tema tetap dalam bentuk terkompresi. Ini adalah cara paling mudah.

Yang kedua, bisa juga kita install dari folder. Kita bisa upload ke lokasi khusus di web hosting kita.

Yang terakhir, kita gunakan link langsung dari tempat template itu ada di internet.

Karena tidak punya repository, maka pemilihan theme Joomla harus hati – hati. Sangat disarankan untuk menginstall tema hanya dari tempat resmi yang dikenal. Misalnya, 2 sumber diatas yang kami cantumkan.

  • Menginstall Ekstensi dan Modul

Untuk Menambah fitur dan fungsi, kita bisa menginstall Ekstensi atau Modul. Ekstensi ini mirip dengan Plugins di WordPress. Kita tambahkan sesuai fungsi yang kita inginkan.

Untuk Ekstensi yang perlu diinstall adalah: Ekstensi backup dan migrasi, Ekstensi SEO atau Search Engine Optimization, Ekstensi Sharing dan Ekstensi lain sesuai keperluan Anda.

  • Ekstensi Joomla yang rekomended / rekomendasi

Ada beberapa Ekstensi Joomla yang direkomendasikan untuk dipergunakan. Diantaranya adalah:

DJ-ImageSlider

Untuk membuat slideshow atau gambar slider. Alias, gambar bergerak dan berganti – ganti yang menarik.

keuntungannya: Kompatibel dengan browser besar seperti Chrome, Firefox dan Safari, Opera.

Interface bisa menggunakan sistem drag and drop yang mudah digunakan.

Bisa dijalankan di bagian konten hingga sidebar. Dan, banyak pilihan untuk setting custom.

JCH Optimize

Adalah Ekstensi untuk membuat website lebih ringan saat loading. Ekstensi ini mengoptimasi ukuran file CSS/JS dalam 1 file. Menerapkan minification. Atau menghilangkan spasi atau hal lain yang tak perlu dalam code CSS. Juga, mampu mempuat kompresi Gzip dan juga menyatukan gambar latar dalam satu sprite.

sh404SEF

Ekstensi yang berguna untuk SEO atau Search Engine Optimization. Ekstensi ini bisa mengelola beberapa hal penting. Misalnya, Meta Description atau Meta Title. Bisa mengintegrasikan Google Analytics serta berfungsi juga sebagai Tag manager.

Kemudian, bisa mengalihkan halaman yang hilang ( 404 ) ke halaman terdekat. Sehingga mengurangi kehilangan pengunjung. Selain itu, mampu membuat customisasi untuk berbagai halaman error ( misalnya error 400 atau error 500 ).

Akeeba Backup

Fungsi dari Ekxtensi ini adalah untuk membuat backup. Kita bahkan bisa membuat backup secara penuh untuk situs Joomla. Juga, siap untuk migrasi ke server lainnya.

Selain melakukan backup, ekstensi juga mampu mengembalikan atau merestore backup ke server lainnya.

Tetapi, jika Anda memilih untuk meninggalkan file dan folder tertentu saat melakukan backup, bisa saja dilakukan dengan ekstensi ini.

Jika sudah di backup, kita bisa kompresi data dengan beberapa pilihan format kompresi.

J2Store

Adalah ekstensi untuk membuat toko online di website Joomla. Kita bisa menambahkan produk atau kategori produk di artikel kita.

Bisa juga melakukan seting cara pembayaran produk. Dan, bisa check out dengan satu halaman.

Untuk tambahan lain, bisa juga mengatur besaran pajak dan juga pengaturan mata uang.

Selain beberapa ekstensi diatas, bisa juga diinstall beberapa ekstensi berikut:

EasyBlog

Jika website kita jadikan blog, maka ekstensi EasyBlog menjadi penting. Kita bisa mendapatkan antar muka blog yang lebih baik dan bisa support dengan Facebook Instant Article.

Kemudian, ada juga fasilitas migrasi dari platform lain, misal WordPress ke Joomla. Serta, bisa untuk backup database juga.

Dan untuk masa sekarang, ada pilihan untuk integrasi di media sosial juga.

JFB Connect

Adalah ekstensi yang menyambungkan media sosial pengunjung dengan blog kita. Misalnya, mereka bisa mendaftar dan berkomentar dengan profil FB. Kemudian, bisa sharing konten kita juga dengan cepat.

Breezing Forms

Ekstensi untuk membuat formulir. Formulir mungkin dibutuhkan untuk beberapa keperluan, misal untuk toko online dan sebagainya.

Cara buat web dengan Drupal

CMS Drupal adalah CMS kelas enterprise dengan fleksibilitas tinggi. Tetapi, penggunaannya tidak semudah 2 yang diatas. Anda setidaknya harus mengerti pemrograman komputer untuk melakukannya. Jika sudah bisa, membuat website kelas enterprise dengan Drupal akan menyenangkan.

Cara Install Drupal

Melalui cPanel, kita bisa menginstal CMS Drupal dengan beberapa klik saja. Seperti cara install Joomla, kita masukkan juga info Administrator User.

Secara penampilan, form yang ada mirip dengan form milik Joomla:

cara buat website dengan Drupal

Untuk masuk atau login, kita ketikkan namadomain.com/user/login di alamat di Browser.

Setelah web jadi dan bisa login, maka hal pertama adalah mengganti theme atau template. Saat ini, Repository Drupal memiliki lebih dari 2500 template. Sudah sangat banyak dan tampaknya tidak mungkin dicoba semua.

Untuk memilih Theme, ada pilihan berdasar beberapa katagori. Misal, keamanan, stabilitas atau core compatibility dan sebagainya.

  • Cara install theme website Drupal

Pilih pada Appearance –> Install New Theme. Kita bisa memilih upload dari komputer dan juga paste link tempat theme berada. Klik Install.

Menambah Posting

Untuk menambah posting, kita bisa mengaksesnya di area Content. Pada area ini tersedia fasilitas untuk membuat konten baru. Misalnya saja, membuat halaman utama ( tentang kami, kontak dsb ).

Ada fitur untuk moderasi komentar, dan juga file untuk menyimpan gambar dan lainnya.

Untuk Drupal sendiri, ada fitur yang tidak didapatkan di Joomla. Memang platform ini sering digunakan untuk membangun sistem level enterprise serta aplikasi intranet.

Fitur kelebihan lainnya, adalah kemampuan loading yang cepat dibandingkan kedua CMS diatas ( WordPress dan Joomla ).

Untuk WordPress, kita biasanya perlu hosting yang lebih besar dan cepat untuk membuat loading situs WordPress lebih cepat.

Untuk Joomla, biasanya perlu modifikasi khusus.

Module

Module ini seperti Ekstensi di Joomla dan Plugins untuk WordPress. Gunanya adalah menambah fungsi dan fitur.

Instalasi Module

Kita memulainya dengan membuka opsi Extend. Menu ini ada di bagian atas.

cara install module drupal

Untuk module Core atau module inti, sudah disertakan saat mulai instalasi. Tetapi, saat ini ada 40.000 module di repository resmi mereka.

Klik pada Install new Module

Kita upload dari komputer atau paste link asal module dan klik Install.

cara install module drupal 1

Tampilannya mirip dengan Joomla untuk instalasi ekstensi.

Untuk menggunakan Drupal secara optimal, kita memang memerlukan pengetahuan tentang programing yang baik. Tetapi, ada beberapa cara membangun web dengan Drupal yang cukup sederhana untuk dilakukan.

Cara buat web dengan script e-commerce

Cara buat web gratis di Wix

Cara membuat website di Wix termasuk mudah. Kekurangannya adalah tidak bisa dipindahkan ke server lain. Tetapi, jika mau memaksa, cara hack juga bisa dilakukan. Meskipun, untuk tahun 2020 ini, kami belum tahu apakah cara hack beberapa tahun lalu masih bisa dipakai.

Untuk membuat website di Wix, kita perlu mendaftar atau sign up terlebih dahulu. Sign up bisa dengan Yahoo mail atau Gmail.

Setelah Sign Up, kita akan :

  • Memilih Template

Cara membuat website Wix yang pertama adalah memilih template.

cara membuat website wix dan menggunakan wix (1)

Setelah pemilihan tema, kita diberi penawaran untuk membuat website secara profesional. Web ini dibuatkan oleh pihak Wix. Jika Anda berminat dan mau langsung beres, silahkan diterima penawarannya.

Jika mau mencoba sendiri, silahkan mencoba dengan tutorial berikut:

Untuk mengedit template, User Interface ( UI ) Wix memakai sistem Drag and Drop. Kita tidak memerlukan kemampuan coding CSS dan semacamnya. Yang pasti, lebih baik memiliki kemampuan grafis untuk melakukan editing dengan baik.

Kita bisa memberi header, membuat logo dan juga memberi filter

  • Setting Editor

Editor untuk Wix kita ada di bagian kolom kiri. Bentuknya kurang lebih seperti ini:

cara membuat website wix dan menggunakan wix (2)

Beberapa fitur atau fungsi yang ada diantaranya:

  • Mengganti background

Menunya ada di pojok kiri atas pada bagian setting ini. Gambar latar belakang ada lumayan banyak pilihan yang bisa dipergunakan.

Dibawahnya, ada menu berbentuk tanda +. Gunanya kita bisa menambahkan text, video dan juga gambar.

Setelah itu, ada menu untuk masuk Wix App market. Setelahnya ada pilihan untuk upload gambar. Yang paling bawah, terdapat Blog Manager dan Store Manager.

  • Bisa mengganti page background sewaktu – waktu

  • Ada gallery dengan berbagai pilihan

Grid, slideshow atau slider dan sebagainya.

  • Bisa menambah strip

Strip ini adalah garis shadow atau bayangan dengan warna tertentu. Tujuannya supaya gambar atau header menjadi lebih artistik. Untuk seetingnya, bisa mensetting lebar strip.

  • Ada pilihan Apps

Kita bisa mendapat berbagai Apps tambahan. Gunanya menambah fungsi. Misal, untuk chat sekali klik dengan pelanggan.

  • Menambah media

Kita bisa upload media, termasuk foto dan video hingga 15 MB untuk 1 file. Tetapi, jangan memaksa mengupload file besar juga. Kan sambungan internet pengunjung ada yang lambat juga.

  • Pilihan sumber upload gambar

Bisa diupload langsung dari komputer seperti lainnya, bisa juga mengambil dari Blogspot. Selain itu, bisa kita edit supaya bagus digunakan sebagai bagian dari layout website.

  • Menambah element

Salah satu pilihan element adalah post. Selain itu, ada juga Custom Feed, Recent Post dan Related Apps.

  • Mengedit Theme

Editor template untuk Wix memiliki antar muka seperti editor Corel atau Photoshop. Jadi, cocok bagi yang bisa membuat desain.

Cara buat web gratis di Weebly

Weebly adalah salah satu penyedia blog gratis. Nama domainnya adalah. namaweb.weebly.com.

cara membuat website dengan weebly

Untuk membuat website gratis di Weebly, kita perlu membuat akun baru atau login. Serta, meluangkan waktu yah, sekitar 1 jam.

  • Login atau Sign Up

Buka weebly.com. Kita bisa klik Create Your Website atau Sign Up.

Kita akan mendapatkan form seperti dibawah:

cara membuat website sign-up-form-weebly

Seperti membuat web lain. Kita isi dengan nama lengkap, email serta password pilihan.

Pada Weebly, ada pilihan untuk membuat website atau blog biasa. Kemudian, ada juga pilihan untuk membuat toko online. Pilih I just need a website yang sebelah kiri jika hanya ingin website saja.

I need a website with an online store adalah pilihan lainnya.

Untuk pilihan yang ini, kustomisasi kita akan dilakukan tanpa memilih tema. Karena tema dasarnya sudah yang versi toko online.

cara membuat website -jenis-website-weebly

Sekarang, kita membuat website dahulu. Atau pilihan kiri.

Kita mulai dari,

  • Memilih Tema

Jika memilih website, maka kita akan memilih tema. Seperti web gratis lainnya, ada banyak pilihan tema tersedia.

cara buat web weebly - theme

Untuk mencarinya, kita juga bisa memilih diantara berbagai kategori. Misal, Portfolio, event, Business, Blog dan lain – lain. Bahkan, ada juga versi Coming Soon yang bisa dipergunakan.

Silahkan pilih dan klik salah satu. Kita akan mendapat tampilan previewnya. Kemudian, silahkan juga memperkecil ukuran jendela browser. Gunanya untuk melihat apakah template ini responsif atau tidak.

Selanjutnya, tema bisa kita pilih dengan klik tombol Start Editing. Tempatnya di pojok kanan atas.

Setelah ini, kita akan mensetting beberapa hal lebih lanjut. Kita perlu setting logo, fitur dan juga style website kita.

cara menambah tambah-fitur-weebly

Pada Features, setting yang ada diantaranya: fitur toko online, foto Instagram, Kontak dan konten yang kita highlight.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Wedding

Untuk Logo, logo kita bisa digunakan selama ukurannya dibawah 5 MB.

Style: disini kita bisa memilih warna dan font. Klik Finish.

Untuk awalnya, kita buat biasa saja untuk latihan. Kita edit lagi setelah Kita sampai di ujung tutorial cara membuat website Weebly.

  • Membuat nama domain

Setelah memilih dan setting tema, yang penting selanjutnya adalah memilih nama domain.

Yang pertama, pilihannya menggunakan nama domain sendiri. Yang kedua, dengan nama subdomain dari Weebly.

cara-setup-domain-weebly

Untuk nama domain sendiri, bisa memilih membeli di Weebly. Atau, menggunakan yang sudah ada.

Find a custom domain : Kita upgrade ke versi premium. Jadi, bisa dapat hosting dan nama domain dengan membeli di Weebly.

Use a domain I own : Paket ini bisa digunakan dengan nama domain yang sudah Anda miliki. Bisa juga dengan hosting yang sudah Anda beli sebelumnya. Anda juga bisa membeli hosting dan Domain di LAWANG TECHNO. Akan lebih mudah dalam mengelolanya, karena pembelian di Indonesia juga.

Use a Weebly subdomain: Menggunakan nama subdomain dari Weebly tidak repot. Tetapi, namanya sulit diingat dan ditentukan pihak Weebly. Misalnya, my-site-651276.weebly.com.

Apakah Anda mau memakau nama seperti ini ? Yang jelas, kalah bagus dari nama gratis .blogspot dan tidak bisa diingat pengunjung.

Jika Anda menjual sesuatu, mereka mungkin tidak tahu cara membuka kembali situs Anda ketika butuh.

Tetapi, untuk latihan, bisa saja dicoba membuat seperti ini.  Atau minimal, dengan nama domain membeli sendiri diluar.

  • Mendesain website

Weebly memiliki kemudahan dalam hal desain. Pastinya, pemula atau yang ahli bisa menggunakannya.

Jika kita bisa mendesain sedikit saja, bisa kita gunakan disini. Pada gambar berikut, yang kiri adalah untuk mendesain. Yang kanan adalah previewnya.

cara buat web-add-element-weeblycara desain website weebly

Untuk mendesain, kita kan ketemu dengan bagian seperti ini:

  • Page: ini adalah elemen halaman statis seperti Page untuk blog. Bukan post.
  • Section: elemen untuk mengisi halaman blog.
  • Item: pilihan untuk menambah produk atau item tertentu.
  • Category: kategori atau topik pada blog lainnya.

Cara menambah Page: Kita bisa menambahkan Page dengan klik tombol +Add. Kemudian, ada beberapa opsi atau pilihan muncul. Pilih Page.

cara buat web-add-element-weebly

Untuk pilihan halamannya, ada beberapa. Yaitu, Blank Page, Contact Us, Instagram, About, Gallery dan juga Shop.

Halaman ini bisa kita tambahkan di menu secara langsung. caranya dengan memberi centang Add page to navigation.

Jika tidak ada centang, maka halaman hanya menjadi halaman biasa.

cara membuat page-weebly

Kita bisa membuat halaman apapaun dengan jumlah berapapun.

Setelah membuat Page, kita mulai mengedit halaman. Halaman berikutnya adalah membuat section.

cara menambah add-section-di weebly

Pada bagian preview, kita bisa melihat section yang kita buat. Jadi, proses editing bisa dilihat hasilnya sebelum tampil online.

Untuk proses editnya sendiri adalah sebagai berikut:

Setiap Section memiliki element konten sendiri. Kemudian, ada opsi desain yang bisa kita coba – coba.

Jika sudah, kita klik Done.

Jika ingin opsi yang lebih banyak lagi, bisa menuju tombol Site Design. Letak tombolnya, ada di bawah section.

cara desain site-design-weebly

Pada bagian ini, pilihan yang ada adalah Colors, Fonts dan Buttons. Pilihan yang ada disini lebih lengkap daripada pilihan yang ada di tema.

Sekarang, untuk membuat halaman baru, langkah diatas bisa diulangi lagi. Artinya, kita bisa mendapat halaman berbeda untuk setiap halaman.

  • Menambahkan Apps

Apps di Weebly dipergunakan untuk menambah fungsi atau fitur. Untuk kategory pilihan Apps, adalah: eCommerce, Marketing, Site, Communication, Social, Tools & Feature.

Pada setiap Apps, tersedia deskripsi mengenai fungsi masing – masing Apps, Link untuk support Apps dan juga video tutorial. Tentunya jika tersedia. Selain itu, bisa melihat juga review user.

Semua ini memudahkan kita untuk memilih Apps yang cocok sesuai keperluan kita.

Untuk menambah Apps, kita klik tombol Add.

  • Menambah toko online

Anda mungkin ingin membuat website toko online ketika pertama kali berkunjung kemari.  Untuk Weebly, ada pilihan toko online seperti disebut diatas.

Jangan salah, fitur toko online Weebly termasuk yang keren. Jadi, patut dicoba!.

Jika WordPress perlu Plugins atau Joomla perlu Ekxtension, maka Weebly tidak ada. Semua fitur toko online yang umum sudah ada disini.

Kita bisa memilih versi toko online seperti diatas. Tetapi, bisa juga menambahkan menu Store dari Dasboard kita.

cara membuat toko online dengan weebly -store-menu

Pada pengaturan toko online atau Store, akan ada 5 hal: Items, Coupons, Store Email, Orders dan Setup.

  • Items ini gunanya untuk mengatur produk kita. Beberapa hal diantaranya:

Item Library: Berguna untuk mengelola dan menambah produk. Kita bisa menambah nama produk, deskripsi produk, varian produk dan juga cara pengantaran atau pengiriman produk. Selain itu, ada juga cara untuk mengoptimasi SEO produk kita.

Categories: Digunakan untuk mengelompokkan produk. Menambah kategori baru, menambah gambar dan juga optimasi SEO.

Reviews: adalah review dari pelanggan. Jika pelanggan belum memberi review, kita bisa meminta lewat email.

  • Orders: Seperti namanya, bagian ini untuk setting pembelian atau transaksi. ada 2 hal yang bisa kita atur:

Orders: Terdapat daftar order atau transaksi.

Abandoned Carts: Adalah daftar transaksi yang belum selesai atau ditinggalkan. Untuk membuatnya jadi pembelian, kita bisa mengirim email ke pembeli untuk menyelesaikan pembelian.

  • Coupons: Adalah kupon diskon. Ada pengaturan nama diskon. Misal diskon tahun baru. Selain itu, masa berlaku diskon, jenis serta berbagai syarat dan ketentuan lain.
  • Store email: E-mail khusus untuk toko. Jadi tidak tercampur e-mail lainnya.
  • Setup: mengatur beberapa hal lainnya yang terkait dengan tokonya sendiri.

Beberapa hal yang diatur disini:

Checkout: Kita bisa mengatur cara pembayaran barang saat order selesai. Misalnya, di versi premium tersedia pengaturan untuk Stripe dan Paypal.

Shipping: Kita berikan alamat toko online kita. Pada versi premium, akan terlihat biaya kirim disana.

Pickup: Bisa diaktifkan jika barang diambil sendiri oleh konsumen.

Taxes: Menghitung PPN dan menambah langsung ke harga akhir.

General: Untuk informasi toko secara umum. Juga ada tracking selain info nama toko, alamat, email / telepon dan satuan ( misal berat kg ).

  • Memilih paket versi premium

Jika masih ingin sekedar mencoba – coba versi gratis, yang ini dilewatkan juga boleh. Bagi yang upgrade ke versi premium, akan mendapat beberapa fitur tambahan.

berapa harga website weebly

Beberapa pilihannya untuk upgrade ke versi premium.

Untuk toko online kecil, versi Pro dengan harga US $12 perbulan ( jika dibayar tahunan ) tampaknya cukup. Kita bisa mendisplay barang hingga 25 buah.

Untuk paket Business Plus, kemudahan experience pelanggan sangat menjadi perhatian. Manfaatnya jelas, untuk menambah pemasukan.

Disini ada fitur Abandoned carts, kupon diskon untuk pengiriman serta bisa menghitung ongkos kirim secara otomatis.

  • Publish website Weebly

Cara untuk mempublish web / blog Weebly mudah. Cara pertama adalah dari Dasboard –> Publish your website. Kedua adalah dari Edit Website –> Publish.

Setelah ini, kita akan kembali ke halaman Set up your domain. Seperti dibawah:

cara-setup-domain-weebly

Cara Membuat Blog di Medium

Untuk sekedar menulis blog, yang bukan promosi atau tewrlalu terkesan promosi, ada Medium.com.

Platform ini bisa kita manfaatkan untuk menulis blog. Blog kita akan cepat terindeks dan tanpa batasan atau editing dari pihak Medium.

Jadi, platform ini bisa dipergunakan untuk menulis seperti Blog pribadi. Blog ini banyak penulisnya yang bagus. Karenanya, banyak penggemarnya juga.

Tetapi, jangan menggunakan Blog ini untuk berpromosi. Jika terdeteksi, maka blog akan dihapus. Akun kita juga hilang.

Pada jaman dahulu, Medium pernah menjadi sarana mencari backlink. Saat ini, link keluar dienkripsi. Tambahan lagi, jika ada link, maka berprotensi untuk kena banned.

Jadi, penggunaan Medium hanya untuk menulis saja.

Sekarang, karena banyak mendapat Spam, Medium membatasi pendaftar baru. Saat ini hanya mengijinkan sign up dari email Google dan akun Facebook saja.

  • Cara membuat Blog di Medium

Yang pertama adalah:

Sign Up atau Login

Kita kunjungi Medium.com dengan browser seperti mengunjungi situs lainnya.

Pada halaman depan, ada tombol Get Started.

cara membuat blog di medium

Selanjutnya, ada pilihan untuk menggunakan akun Facebook atau Google untuk sign up.

Jika memilih Google, maka akan tampil pilihan akun Google mana yang akan kita gunakan untuk Sign Up.

Jika memilih akun Facebook, akan ada juga tampilan login untuk Facebook kita.

Setelah login, biasanya kita mendapat pilihan 3 topik untuk diikuti. Tetapi, bisa juga kita ikuti semuanya. Setelah memilih, klik Start reading.

Untuk memulai posting, kita pilih Story.

Untuk menulis, silahkan menulis seperti biasa. Untuk diketahui, format blog di Medium sangat sederhana. Kita hanya tinggal mengisi judul, artikel, media, tags dan klik Publish.

Panduan ini tanpa gambarpun, bisa dilakukan dengan mudah karena kesederhanaan tadi.

Cara membuat website dengan Webnode

Cara membuat website di Webnode cukup mudah. Sebenarnya, banyak platform lain untuk membuat website selain yang kita bahas untuk saat ini. Tetapi, cara penggunaanya sih kurang lebih sama saja. Mungkin beda di istilah. Tetapi fungsinya agak mirip. Jadi, Membahas platform lain setelah membahas Webnode tampaknya kurang bermanfaat.

Anda pasti bisa membuat website lain jika sudah bisa membuat WordPress. Kecuali mungkin, untuk Drupal.

Tetapi, cara membuat website di webnode juga tidak sulit.

  • Buka Webnode.com

Silahkan membuka platform website ini di browser.

Mengisi alamat website

Memasukkan alamat email dan password. Klik Tombol Sign Up.

Akan ada konfirmasi e-mail yang dikirimkan. Kita klik link aktivasinya sebelum bisa mulai posting.

Kita bisa login dengan alamat e-mail serta password tadi.

  • Cara  setting website Webnode

Setelah itu, kita kembali seting web dengan mengisi nama website. Tentunya sesuai tema website kita nantinya. Nama web yang disini beda dengan alamat web. Tetapi, sebaiknya masih memiliki keterkaitan.

Jika berbeda, sebenarnya tidak apa – apa dari sisi webnode. Tetapi, mungkin agak aneh saja. Alamat website: tokobuah.webnode.com nama websitenya Fashion Geek.

Setelah itu, kita tentukan slogan. Misalnya: toko buah murah Jakarta. Kemudian, memilih bahasa dan juga memilih template atau desain.

Template yang ada di Webnode ada sekitar 40 an. Tidak banyak tetapi lumayan untuk digunakan.

  • Membuat halaman / page di Webnode

Setelah memilih Theme, kita akan sampai di membuat halaman. Untuk Webnode, ada banyak pilihan seperti halaman dasar: About Us, Contact, News, Feedback. Ada juga halaman dengan layout khusus seperti: Photogallery, Guestbook, Products, Portfolio, Our Team, Events Calendar, Blog dan FAQ.

Untuk sementara, dibuat dahulu yang diperlukan saat ini. Setelahnya, bisa ditambah atau diganti kapanpun.

Untuk melihat preview website versi awal ini, bisa kita klik Finish. Jika masih ingin mengedit lebih lanjut, jangan log out.

  • Website Builder

Pada tahap ini, tampilan website sudah terlihat. Termasuk dengan pilihan theme yang kita pilih tadi. Pada bagian ini, kita bisa mengedit pilihan Edit Content, Edit Contact, Edit Menu dan setting. Untuk menyimpan, kita klik tombol Publish.

  • Menambah Post atau konten

Ada menu drag and drop yang bisa digunakan di bagian ini. Kita klik kiri Tools dan tahan. Pindahkan ke posisi yang disukai.

Cara menulis konten mirip dengan di blog lainnya. Selain itu, bisa juga kita masukkan gambar, embed video atau memasukkan link.

Setelah konten diisi atau diedit, bisa kita klik Save and Close.

  • Cara menggunakan Toolbar

New: Untuk membuat halaman / page baru, artikel atau list baru.

Go to page: Menuju page yang diinginkan. Baik berupa list yang ingin kita Publish atau yang sudah.

Preview: untuk preview page atau post.

Publish: untuk mempublish page yang sudah dibuat.

Page Layout: bisa membuat layout konten. Berapa kolom dan juga bentuk kolomnya. Di WordPress, hanya bisa dilakukan dengan plugin atau coding sendiri.

Text and Image: menambah gambar.

Pool: melihat jumlah pengunjung.

Forum: Bisa membuat forum diskusi. Untuk WordPress, kita harus menggunakan plugin atau coding sendiri.

Photo Gallery: Galeri foto dengan beberapa pilihan seting gambar.

Articles: untuk membuat artikel baru.

List: membuat list atau daftar produk misalnya. Portfolio atau lainnya.

Widgets: Bermanfaat seperti widget di web lain. Bisa untuk tempat gambar, video dan sebagainya.

  • File Browser

Berguna untuk menambah file dan membuat file manager. Bisa juga untuk mengupload file gambar.

Pilihannya adalah sebagai berikut:

Layout Options: membuat layout website.

Language: memilih bahasa di situs.

Settings: untuk pengaturan Toolbar Theme, Header Website, Footer, Bookmark serta Kontak.

Gambar, setting header Webnode:

cara membuat website dengan webnode

Inilah tutorial / panduan cara buat web dari kami. Secara umum, cara membuat website agak mirip jika menggunakan builder atau CMS.

Selain yang kita sebutkan diatas, ada juga web builder seperti Presta Shop dan beberapa web builder toko online. Tetapi, cara membuat web toko online dengan Presta Shop dan lainnya akan kita lanjutkan di lain waktu. Terimakasih dan salam sukses luar biasa!.

Leave a reply