21 Sep

Bagaimana Meningkatkan Pengunjung Website dan Blog Pribadi

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Artikel tentang bagaimana meningkatkan pengunjung website dan blog pribadi ini kami buat untuk menjawab pertanyaan banyak orang. Biasanya, blog baru akan kesulitan mendapatkan pengunjung. Apalagi yang postingnya terbatas jumlahnya serta tidat teratur.

Pada sebuah website, pengunjung menjadi hal terpenting bagi kesuksesan website. Tanpa pengunjung, sebuah website pasti sulit diandalkan untuk memeperoleh penghasilan. Sekarang, bagaimana mendapatkan pengunjung yang “banyak” bagi website kita.

Bagaimana meningkatkan pengunjung website / blog

  • Website disukai mesin pencari

  • Website kita share di media sosial

Cukup 2 saja?

Secara mendasar iya. Tetapi bagaimana membuatnya ada di uraian dibawah ini.

Website disukai mesin pencari

Jika blog / situs kita disukai mesin pencari, maka rangkingnya akan menjadi tinggi. saat dicari dengan kata kunci yang relevan, posisi halaman web kita bisa berada di halaman pertama. Ini yang penting. Jika banyak halaman website kita yang bisa masuk halaman pertama Google, maka kesempatan mendapat pengunjung semakin bertambah.

Oh ya, mengapa kami hanya menyebut Google? Iya, karena lebih dari 90% pengguna internet menggunakan Google.

Sekarang, cara website disukai mesin pencari:

  • Gunakan plugin SEO milik Yoast dan ikuti permintaannya.

  • Posting secara teratur

  • Gunakan server yang kencang dan sekaligus gunakan cloudflare.

  • Optimasi gambar yang kita upload.

  • Tulis artikel berkualitas.

  • Gunakan kata kunci yang tepat.

  • Beri backlink yang baik untuk situs kita.

  • Jangan menduplikasi konten / konten duplikat.

  • Gunakan Google Analytics dan Google Webmaster Tools.

  • Embed video. 

  • Gunakan SSL.

  • Share konten di media sosial dengan plugin.

Penjelasannya:

  • Gunakan plugin SEO milik Yoast dan ikuti permintaannya.

Plugin ini memiliki beberapa panduan yang “wajib” serta disarankan untuk dipenuhi.

Beberapa yang “wajib” dipenuhi antaralain:

Menulis artikel minimal 300 kata. Jumlah artikel ini penting jika kita mengandalkan Google Adsense untuk mencari uang. Google mensyaratkan artikel minimal 300 kata di TOS mereka.

Alasan kedua, Google menyukai artikel yang lengkap. Menulis 300 kata pastilah kurang jika kita ingin menulis tentang sesuatu secara lengkap. Jadi, jika Anda bisa, tulislah selalu minimal 1000 kata untuk setiap artikel. Google pasti meningkatkan rangking web Anda cukup signifikan.

Judul yang mengandung kata kunci. Ini adalah salah satu yang penting untuk SEO. Yoast akan memberitahu kita apakah kita sudah menggunakan kata kunci secara tepat atau belum.

Yoast juga akan menyarankan cara yang baik untuk memberi nama gambar atau menambah alt + text untuk gambar. Dan beberapa hal penting lainnya.

  • Posting secara teratur.

Posting website atau blog kita secara teratur. Ini adalah cara yang baik supaya Google selalu datang mengindeks. Dengan teratur juga. Semakin banyak konten, secara umum rangking website serta pengunjungnya akan meningkat.

  • Gunakan server yang kencang dan sekaligus gunakan cloudflare.

Kecepatan loading sebuah website sangat penting. sebuah website yang loadingnya lama pasti akan ditinggal calon pengunjungnya untuk membuka halaman web yang lain. Pada tahun 1997, saya merasa bahwa sambungan internet yang membuka 1 halaman website dalam 15 detik sudah cukup kencang. Sekarang, ternyata 1 dari 4 pengguna internet tidak cukup sabar. Yang 1 ini akan memilih membuka halaman web lain jika halaman yang mereka tuju belum terbuka dalam 5 detik.

Jika server kencang cukup mahal, gunakan cloudflare. Cloudflare adalah layanan gratis yang menampilkan halaman website kita dalam bentu cache atau copy halaman yang bersifat statis.

Jadi, jika dibuka pasti lebih cepat daripada membuka halaman aslinya yang harus loading dahulu. Untuk lebih jelas, ini ada link tentang cara mempercepat website.

  • Optimasi gambar yang kita upload.

Gambar yang kita upload belum tentu optimal. Padahal gambar yang optimal akan tetap terlihat indah, tajam tetapi beukuran kecil. Kita perlu membuat gambar yang penuh warna berformat .jpg atau .jpeg saja. Format .png hanya cocok untuk gambar yang warnanya hitam putih atau transparan.

Jika ingin tahu lebih lanjut, maka silahkan mencari di Google tentang cara mengoptimasi gambar.

  • Tulis artikel berkualitas.

Tulislah artikel yang “one stop shop” atau yang lengkap untuk pengunjung Anda. Mengapa? supaya bounce rate menjadi rendah. Jika Google melihat bahwa bounce rate kita rendah serta pengunjung betah, maka rangking website akan naik dengan sendirinya.

  • Gunakan kata kunci yang tepat.

Kata kunci yang tepat akan memberikan kita pengunjung yang tepat. Jika web kita bersaing dengan kata kunci “cars” misalnya, maka website kita harus bersaing dengan ratusan ribu situs lainnya. Kita bisa mencari kata kunci “turunan” lain dari cars misalnya: Ford atau turunannya lagi, Ford Ranger.

Jujur saja, kita mungkin perlu waktu bertahun – tahun supaya masuk halaman pertama Google dengan kata kunci “cars.” ini karena pesaing kita sudah sangat banyak.

Tetapi, kata kunci, “jual sepeda polygon di Bandung” akan jauh lebih mudah untuk dikejar. Dan, kata kunci terakhir ini lumayan berpotensi untuk menjual sepeda Polygon di Bandung.

  • Beri backlink yang baik untuk situs kita.

Bagi Google, backlink akan menentukan populeritas web atau situs kita. Jika lebih banyak backlink, maka akan lebih populer.

Silahkan mencari backlink dengan mengunjungi dan berkomentar yang baik di website lain. Yang perlu menjadi pegangan, kita mesti mencari link dari website yang bagus dan aktif. bagus artinya konten dan pengunjungnya banyak.

Yang paling mudah, jika blog atau web tadi memiliki iklan Google Adsense, maka sudah dianggap mencukupi oleh Google. Dan kita bisa berkomentar disana.

  • Jangan menduplikasi konten / konten duplikat.

Kita membuat situs sebainya menulis sendiri artikel kita. Jika copy paste, maka Google tidak mau mengindeks website kita. Akhirnya kita menjadi kena “banned” dari catatan Google. Nah, jika sudah kena banned, maka website pasti tidak mendapat pengunjung lagi akhirnya.

Cara mengetahui website masih ada / diindeks oleh Google dengan: ketik: “site:namawebsite.com” di halaman pencarian Google.

  • Gunakan Google Analytics dan Google Webmaster Tools.

Kedua tools ini memberikan data pengunjung website kita serta apa yang mereka lakukan,

  1. untuk menemukan web kita –> dengan kata kunci apa atau link dari mana.
  2. saat berada di website kita –> apa saja halaman yang dikunjungi serta berapa lama.
  3. saat meninggalkan website kita –> dari halaman mana mereka meninggalkan situs kita
  4. Asal mereka, browser yang digunakan dsb.

Dengan mengetahui data – data ini, maka kita bisa mengoptimalkan situs, artikel serta hal lainnya sesuai yang paling sering dicari oleh para pengunjung.

  • Embed video. 

Adanya video akan lebih menarik perhatian para pengunjung website. Kita hanya perlu mengembed dari Youtube saja dan jangan diupload langsung di website kita. Alasannya, selain “berat” loadingnya juga karena akan memakan hardisk dan bandwith.

Jika Anda menjual produk, mengembed video produk dari youtube akan membantu Anda untuk menjual produk Anda juga.

  • Gunakan SSL.

SSL akan mengenkripsi transfer data yang berlangsung antara server Anda serta komputer pengunjung. Dengan enkripsi, maka transfer data kita menjadi aman. Jika transfer data kita “dipotong” atau disadap ditengah – tengah, maka hasil sadapannya tidak bisa terbaca tanpa kunci enkripsi.

SSL penting untuk website yang memiliki formulir pendaftaran atau data klien lainnya. Tetapi, kini Google Chrome juga memberikan peringatan kepada mereka yang membuka website tanpa SSL dengan peringatan “tidak aman.”

Yang terakhir ini bisa membuat pengunjung awam batal mengunjungi website kita. Bagi yang faham, mungkin tidak akan menjadi masalah. Tetapi, yang tidak faham jumlahnya jauh lebih banyak!

Website kita share di media sosial

Sekarang adalah jamannya medsos. Jika kita memiliki website, kita tetap berpeluang menambah pengunjung melalui medsos. Selain itu, jika posting kita di-share banyak orang, Google bisa membacanya. hasilnya, rangking posting kita pasti naik tinggi.

Google, sekarang berusaha untuk memenuhi harapan penggunanya. Misal, memberikan rangking tinggi untuk posting yang memang viral. Jadi, ini gunanya kita share artikel kita di media sosial.

Inilah beberapa cara tentang bagaimana meningkatkan pengunjung website dan blog pribadi. Semoga bermanfaat. Salam sukses!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply