27 Sep

Bagaimana Cara Membuat Wob / Blog yang SEO Friendly

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Bagaimana membuat situs kita SEO Friendly?

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk membuat situs kita SEO friendly. Disini kami akan memberikan beberapa daftar hal penting. Diantaranya:

  • Memberi informasi yang dibutuhkan pengunjung

Memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan adalah hal nomer satu bagi situs kita. Sebuah situs diharapkan bisa memberikan semacam one stop sulution atau one stop shop bagi para pengunjungnya.

Musuh terbesar kita untuk menghadirkan situs yang bernilai tinggi seperti ini adalah rasa malas.

Terkadang kita malas menulis konten. Terkadang, kita malas mengedit gambar apalagi mengedit video.

Tetapi konten yang lengkap pasti disukai oleh pengunjung kita. Jika kita bisa menemukan pemecahan masalah kita di suatu website, besar kemungkinan kita berkunjung lagi kesana.

Selain menggunakan informasi yang jelas dan akurat, jangan lupa menggunakan kata kunci yang relevan.

Aoa kira – kira yang akan dicari oleh orang di Google jika mereka mendapat masalah seperti yang kita bahas pemecahannya?

Kita bisa menggunakan beberapa kombinasi kata kunci disana untuk membantu pengunjung menemukan halaman kita tadi.

  • Pastikan situs lain memberi tautan ke situs kita

Tautan atau link membantu Google dan mesin pencari lain menemukan situs dan halaman kita. Selain itu, mendapat link dari situs yang bagus dengan tema relevan akan meningkatkan rangking kita di mesin pencari.

Secara umum, link atau tautan ini mirip dengan rekomendasi di dunia nyata. Ia memberikan petunjuk bahwa situs atau halaman kita penting. Ji8ka situs penting memberikan kita link, maka halaman kita juga menjadi penting bagi mesin pencari.

Untuk mendapatkan tautan yang berkualitas, kita juga harus memberikan konten yang berkualitas. Secara umum, pengunjung situs kita akan memberikan link dari situs mereka jika menemukan bahwa halaman kita bermanfaat bagi banyak orang.

Untuk link yang tidak baik, Google tidak menghitungnya. Bahkan, bisa memberikan penalti.

Jika tautan ke situs kita terkesan tidak alami, maka rangking situs kita justru malah bisa turun.

  • Membuat situs mudah diakses

Ada minimal 2 hal yang mesti diperhatikan disini. Kecepatan situs serta struktur link yang baik.

  • Kecepatan situs

Kecepatan situs merupakan kunci kenyamanan pengunjung. Mereka sekarang tidak terbiasa menunggu sebuah situs terbuka lebih lama dari 5 detik.

! dari 4 pengunjung akan menutup situs yang dikunjunginya dan pindah ke situs lainnya. Jika ini terjadi kepada kita, berapa potensi kerugian kita.

Karena itulah, kita bisa membuat situs kita cepat dengan web hosting yang baik. Jika ini belum cukup, kita juga bisa menggunakan layanan CDN.

Beberapa waktu yang lalu, kami pernah menulis tentang panduan mengenai cara mempercepat situs (wordpress). Jika panduan itu kita praktekan, maka situs kita bisa loading lebih cepat dan dikunjungi loebih banyak orang.

  • Yang kedua adalah tentang struktur internal link atau link navigasi yang baik.

Kita harus menyusun konten dengan cara yang baik. Memberikan link ke posting lain untuk referensi.

Secara umum, kita bisa mencoba membuat semua halaman kita bisa dikunjungi dengan hanya 3 link saja dari halaman depan.

Untuk pengguna WordPress, struktur navigasi di WordPress tergolong mudah digunakan.

Sejak halaman beranda, kita bisa melihat kategori serta tag yang ada. Disana, sebuah posting bisa dijangkau dengan 2 atau 3 klik link saja. Tetapi, kemampuan ini tidak membuat WordPress terlihat ribet tampilan visualnya.

Jika kita bisa menggunakan plugin halaman (plugin paginasi), kita lebih baik menggunakannya untuk membantu pembaca.

Untuk membantu Google menemukan konten kita, kita harus gunakan halaman XML Sitemap.

Kemudian, coba kita lihat kode program di website kita.

Caranya adalah membuka situs kita. Kemudian kita ketik: ctrl+u. cara ini akan membuak halaman html situs kita terlihat. Biasanya, halaman ini akan terbuka di tab browser yang baru.

Jika kita kesulitan membaca artikel yang ada disana, mesin pencari pasti juga kesulitan membacanya.

Kesulitan semacam ini bisa terjadi jika ada program JavaScript, cookies, frames atau media seperti flash yang memblokir konten kita disana.

Hal – hal yang perlu dihindari.

Jangan mencoba menutupi artikel dengan menyamarkan warnanya dengan warna latar belakang. Begitu juga link dan sebagainya. Jika kita memiliki konten atau link hanya untuk mesin pencari dan bukan untuk pengunjung, maka Google bisa memberikan penalti karena dianggap menipu.

Jangan merasa harus membeli jasa SEO sebelum jelas kemampuannya. Yang penting, jasa SEO tadi tidak mencoba menaikkan rangking situs Anda secara asal – asalan dengan cara yang melanggar TOS Google. Jika mereka melanggar kebijakan Google, maka justru situs kita yang bisa mendapatkan penalti karena dianggap sebagai Spam.

Gunakan alt+text dalam gambar. Mesin pencari tidak bisa membaca gambar secara langsung. Yang dibaca adalah alt+text tadi. Jadi, makna gambar bisa dijelaskan lebih lanjut dengan alt+text tadi.

Jangan sampai membuat konten duplikat. Jangan membuat konten yang sama dalam beberapa URL. hal semacam ini juga akan membuat kita kena pinalti.

Kesimpulan.

Membuat blog atau website yang SEO friendly tidak terlalu sulit sebenarnya. Ada anjuran untuk dijalankan dan ada larangan yang harus ditinggalkan.

Keduanya, baik anjuran ataupun larangan tentunya berasal dari mesin pencari. Ini karena mereka yang melakukan pemeringkatan. Jika keduanya kita lakukan, maka situs kita bisa memiliki performa yang memadai di mesin pencari.

Untuk kami di lawangtechno.com, kami memberikan jasa pembuatan website yang SEO friendly kepada Anda. Selain itu web kami juga responsif dengan gadget, berkualitas prima tetapi didukung dengan harga website yang terjangkau.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply