24 Sep

Software POS dan Software Toko Terbaik, Praktis Mudah Digunakan

Software POS dan Software Toko Terbaik, Praktis Mudah Digunakan

Software POS atau Point Of Sale adalah software penting untuk usaha toko saat ini. Software ini sangat membantu dalam pencatatan pembelian, penyimpanan hingga penjualan termasuk pergerakan barang di berbagai titik.

Fitur software POS

  • Pencatatan pembelian

Software ini akan mulai digunakan untuk mencatat semua pembelian beserta detailnya.

Disini, jenis barang, toko supplier, banyak item per jenis barang beserta harganya bisa dicatat. Selanjutnya, cara pembayaran kita bisa juga dicatat. Pembayaran cash, pembayaran dengan kartu kredit serta cara pembayaran lain bisa diketahui.

  • Pencatatan harga pembelian dan cara pembayaran

Jika cara pembayarannya dengan mencicil, maka berapa nilai cicilan serta kapan pembayarannya juga bisa dicatat. Kita bisa menghitung biaya kita dengan lebih akurat.

Pada software ini, akan ada kolom yang berupa kode barang, nama, deskripsi barang, harga beli, harga jual, jumlah stok. kategori, harga satuan dan harga grosir. serta harga diskon.

  • Pencatat Supplier

Kemudian, ada juga menu untuk mencatat supplier Anda. Anda bisa mencatat pembelian dari mereka. Jenis barang yang dibeli, rincian harga, harga total serta cara pembayarannya. Selain itu, ada juga fitur untuk mencetak nota pembelian dan penjualan.

  • Pencatatan stok opname

Untuk menyimpan barang, ada menu untuk melihat stok barang yang ada. Kemudian, ada juga data untuk melihat barang yang dipindahkan ke toko lain atau unit lain. Pencatatan mutasi barang ini bermanfaat jika Anda memiliki 2 atau lebih toko atau gudang penyimpanan.

  • Cash flow

Selain fitur untuk melacak barang dan penjualan, ada juga fitur untuk arus kas / cashflow. Fitur ini untuk menghitung aliran dana kas Anda setiap hari.

Jadi, biaya kebersihan, listrik serta berbagai biaya lainnya bisa ikut dihitung. Kita bisa memasukkannya di software. Dan, tidak lagi menghitung uangnya secara manual.

  • Pencatatan penjualan

Sebagai software POS, maka pencatatan penjualan adalah hal yang penting. Pencatatan penjualan ini bisa dilakukan dengan scan melalui barcode. Hal ini menyingkat waktu. Selain itu, jika ada error pada barcode, maka bisa menggunakan input secara manual.

Dengan cara ini, jenis barang yang terjual beserta harganya bisa langsung tercatat. Untuk pembelian setiap konsumen, harga total barang beserta perinciannya akan tercatat secara otomatis.

Dengan pencatatan yang lengkap dari ujung ke ujung, maka proses audit bisa dilakukan jauh lebih mudah. Minimal, laporan bisa dicetak dengan akurat setiap hari.

Software POS bisa digunakan dengan:

Software POS ini sesuai untuk digunakan di Windows XP, Windows Vista, Windows 7 hingga Windows 8. Tetapi, untuk Windows 8, kita harus mematikan fitur UAC di pcontrol panel windowsnya.

Untuk perangkat yang terintegrasi, kita bisa mengintegrasikan scanner barcode serta laci uang ototmatis. Cashdrawer.

Untuk software Point of sale, aplikasi POS ini bisa dipergunakan untuk berbagai jenis toko. Misal toko swalayan, toko bangunan hingga modifikasi untuk keperluan apotek dan sebagainya.

Bagi Anda yang bosan dengan pekerjaan manual yang terlalu banyak, menggunakan aplikasi POS kami akan sangat membantu. Anda tidak perlu lagi menghitung banyak item satu persatu. Waktu Anda lebih baik dipergunakan untuk hal yang lain. Pencatatan penjualan dan sebagainya, bisa dibantu komputer saja.

Leave a reply