19 Sep

Apakah Root Android serta Manfaatnya

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Rooting adalah proses yang membuat pengguna smartphone Android, tablet dan perangkat lain untuk memperoleh akses tertinggi bagi Android serta apps yang terinstal disana.

Android menggunakan kernel Linux sehingga rooting di Android bisa memberikan akses super administrator untuk pengguna Android.

Akses ini ada yang dibatasi di beberapa perangkat. Jadi, mengubah atau memodifikasi perangkat dan software Android menjadi terbatas. Beberapa perusahaan membuat proteksi ini untuk keberlangsungan bisnis mereka.

Misal, ada aplikasi yang disertai promosi dari perusahaan bersangkutan atau dari partnernya. Promosi ini perlu dilindungi karena bagi mereka, promosi ini penting.

Melakukan rooting memungkinkan kita untuk menjalankan perangkat Android dengan cara yang tidak bisa dilakukan pengguna biasa. Bahkan, kita bisa mengubah secara total OS atau Operating System untuk smartphone atau tablet kita. Meskipun, biasanya hanya diubah menjadi OS Android keluaran terkini. Atau masih sama – sama Android juga.

Akses root terkadang dibandingkan dengan “Jailbreak” yang dijalankan pada sistem IOS, sistem operasi milik Apple. Namun, sebenarnya konsep Jailbreak agak berbeda. Konsep ini ada yang hanya melewati beberapa larangan Apple untuk memasang aplikasi yang tidak diakui oleh Apple. Atau melalui cara pemasangan yang tidak biasa. Atau, mengubah sistem operasi IOS tersebut.

Untuk beberapa merk smartphone/perangkat, ada yang memang sudah memberikan hak akses secara penuh. ASUS, HTC, Sony serta Google sudah menyatakan bahwa mereka memberikan kesempatan kepada pengguna untuk membuka kunci perangklatnya. Jadi, untuk merk – merk ini, kita bisa mengubah banyak hal tanpa memerlukan root lagi.

Untuk beberapa merk lain, selain untuk promosi, pencegahan hak akses ini juga dimaksudkan supaya sistem tidak rusak. Terutama bagi pengguna awam.

Jadi, root Android bisa dimanfaatkan untuk:

  • Mengakses seluruh sistem tanpa batasan
  • Menghapus aplikasi yang tidak berfungsi
  • Mengembalikan file yang terhapus

Kita bisa mengembalikan file yang secara tidak sengaja terhapus misalnya gambar atau video. Kita bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk mendapatkan file kita kembali.

Tetapi, mohon juga diingat, bahwa hal ini memiliki batasan. Untuk hardisk komputer biasa, kita juga bisa melakukannya. Tetapi, ada syaratnya. Yaitu jika tempat file tadi belum “tertumpuk” file lainnya. Jika sudah, ya tidak bisa kembali.

  • Mengubah tampilan Android

Kita bisa mengubah ikon, simbol menu dan sebagainya.

Kerugian melakukan root

  • Kehilangan garansi

Ini pasti terjadi untuk ponsel yang di root. Pabrik pasti tidak mau menjamin lagi kerusaan yang akan timbul.

  • Mudah kena virus

Karena ada jalur khusus yang sudah kita buat, tentunya virus mudah lewat disitu.

Jadi, kecuali Anda memang pengembang aplikasi Android, maka pertimbangkan lagi untuk melakukan root pada perangkat Android Anda.

Bagi yang memang sudah pengin melakukan root, silahkan menggunakan aplikasi root yang sudah terkenal. Misalnya:

  • 1 Menggunakan KingoRoot
  • 2 Menggunakan TowelRoot
  • 3 Menggunakan FramaRoot
  • 4 Menggunakan KingRoot

Kingoroot adalah aplikasi yang mendukung banyak perangkat. Tetapi, kita perlu memberikan ijin untuk bisa terinstal di Android kita. Caranya:

Ke “Setting” –> “Security” –> Centang di “Unknown Resources” supaya aplikasi ini bisa terinstall.

Kemudian kunjungi kingoapp.com dan kita install. Ketika ada opsi privacy, klik install. Ketika sudah terinstall, ada antarmuka Kingo Root. Hilangkan centang di “Install recommended apps dan klik di “One Click Root. Tunggu sampai selesai.

Jika sudah, install SuperUser sekalian. Kemudian, cek root dengan “aplikasi “Root Checker Basic.”

Yang harus diingat, rooting hampir pasti akan membuat kita kehilangan garansi atas smartphone kita. Jadi, bagi yang masih sayang smartphone baru, ntar aja nge rootnya kalau garansi sudah habis.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply