17 Feb

9 Cara Mudah Menulis Blog Viral

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menulis posting blog yang viral? Banyak blogger dan pemasar konten berjuang untuk membuat konten viral. Jadi jika Anda berada pada tahap karir blogging Anda, artikel ini tepat untuk Anda. Pemasaran konten adalah bisnis yang menguntungkan dan salah satu strategi pemasaran digital terkemuka untuk B2B dan pemasar.

Mari kita periksa statistik blogging ini oleh Impactbnd yang diterbitkan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa:

Pemasar B2B yang menggunakan blog dalam bauran pemasaran konten mereka menarik 67% lebih banyak lead daripada mereka yang tidak menggunakan blog.
75% pemasar B2B mengatakan mereka lebih cenderung menggunakan posting blog dalam strategi konten media sosial mereka.
53% pemasar setuju bahwa blogging adalah prioritas pemasaran konten utama mereka.
Bisnis yang menjadikan blogging sebagai prioritas utama mendapatkan 13 kali lipat ROI positif pada upaya pemasaran mereka.

Meskipun Anda mungkin bergumul dengan cara menulis posting blog yang viral, kenyataannya adalah bahwa banyak blogger lain yang memiliki kesuksesan luar biasa dalam membuat posting viral.

Karena itu, pertanyaannya adalah:

Apa yang mereka lakukan yang tidak Anda lakukan? Strategi apa yang mereka gunakan untuk menulis posting blog yang viral? Sebelum kita masuk lebih jauh ke artikel ini, mari kita mencari tahu mengapa Anda harus selalu berusaha untuk membuat posting blog Anda menjadi viral.

Mengapa Membuat Posting Blog Anda Menjadi Viral?

Manfaat konten blog viral tidak pernah bisa terlalu ditekankan. Berikut ini beberapa alasannya. Konten viral akan:

Tingkatkan lalu lintas organik.
Tingkatkan keterlibatan situs web.
Bantuan meningkatkan rasio klik-tayang (RKT).
Tingkatkan pendaftaran email Anda.
Buat dan konversi lebih banyak prospek.
Boost email terbuka
Dll
Jadi sangat penting untuk membuat posting blog Anda menjadi viral setelah diterbitkan. Tetapi, seperti yang dibahas di atas, pesaing Anda sangat menyukai blog viral, sementara Anda masih mencoba membuat posting blog viral pertama Anda. Karena itu, bagaimana Anda bisa mengalahkan pesaing dengan virality konten?

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan strategi yang terbukti tentang cara menulis posting blog yang dapat Anda terapkan hari ini dan memulai perjalanan Anda ke virality.

Cara Membuat Posting Blog Itu Viral Dalam 9 Langkah Sederhana
1. Replikasikan Apa yang Sudah Bekerja
Mereplikasi strategi konten yang sudah bekerja di ceruk pasar Anda memerlukan pengamatan dan fokus pada bagian Anda. Anda harus jeli terhadap konten berkinerja terbaik di industri dan blog Anda. Kemudian, buat ulang versi materi Anda dan publikasikan di blog Anda.

Dengan kata lain, cari posting blog di niche Anda yang sudah viral, pelajari dengan seksama untuk mencari tahu mengapa mereka menjadi viral, dan kerajinan salinan Anda.

Bagaimana Cara Menemukan Konten Blog yang Paling Banyak Dibagikan?
Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi posting blog yang paling banyak dibagikan. Tetapi kita akan melihat beberapa dari mereka.

A. Lakukan Audit Konten di Blog Anda
Salah satu cara terbaik adalah dengan melakukan audit konten di blog Anda. Audit konten akan memungkinkan Anda melihat konten dengan kinerja terbaik di blog Anda sehingga Anda dapat membuat lebih banyak posting blog tentang topik-topik terbaik. Anda dapat menggunakan SEMrush “Content Analyzer” untuk mengaudit situs Anda.

Sumber gambar melalui SEMrush

Perangkat lunak ini memberi Anda alternatif untuk memilih subfolder yang ingin Anda audit, dengan kotak centang untuk merampingkan proses. Dan karena folder blog Anda adalah tempat Anda menyimpan blog Anda, itu adalah tempat terbaik untuk memulai.

Setelah Anda memilih folder yang Anda inginkan, alat konten akan memeriksa peta situs Anda untuk memahami subfolder yang memiliki sebagian besar URL untuk diaudit. Maka itu akan membuat daftar mereka di halaman awal. Setelah itu, Anda dapat mulai meninjau blog Anda untuk menemukan blog berkinerja tinggi.

B. Gunakan BuzzSumo
Cara lain yang umum bagi pemasar adalah menggunakan alat penelitian konten untuk melihat konten apa yang paling banyak membuat buzz. Beberapa yang terbaik di pasar adalah:

BuzzSumo: Alat ini akan menampilkan konten berkinerja terbaik berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan. Ini membantu Anda untuk melihat posting yang paling banyak dibagikan yang telah viral dari waktu ke waktu. Ini sederhana dan mudah digunakan.
Google Trends: Seperti namanya, tren Google akan memberi Anda trending topik di niche Anda sesuai dengan permintaan pencarian Anda.
Google Analytics: Google analytics adalah salah satu alat sumber daya teratas untuk blogger dan penulis lepas. Alat ini akan menunjukkan kepada Anda konten blog berkinerja terbaik untuk inspirasi Anda, memberi Anda ide posting blog yang akan memungkinkan Anda untuk membuat posting blog viral.
Alat-alat ini menawarkan Anda platform terbaik untuk menemukan posting blog yang paling banyak dibagikan dan paling menarik. Misalnya, BuzzSumo berfungsi seperti Google sebagai alat penelitian berkinerja tinggi. Jadi untuk menggunakan perangkat lunak, pergilah ke Buzzsumo dan cari kata kunci apa pun untuk digunakan dalam tulisan Anda.

Baca Juga :   Tujuh tren kunci dalam pemasaran digital

Ini akan memberi Anda konten blog terbanyak berdasarkan kata kunci Anda.

Dari sana, Anda dapat memfilter hasil atau menelusuri untuk menemukan dan fokus pada topik paling populer pada kata kunci itu. Hal yang baik tentang strategi ini adalah Anda tidak hanya akan menemukan subyek viral untuk ditulis, tetapi Anda juga akan mendapatkan banyak ide posting blog untuk posting blog Anda.

Jadi, ini adalah lalu lintas dua arah, dan proses win-win.

Apa lagi tentang cara menulis posting blog yang viral menggunakan BuzzSumo?
Dengan Buzzsumo, Anda memiliki opsi untuk mengurutkan hasil berdasarkan jaringan media sosial. Misalnya, katakanlah Anda ingin melihat jenis posting yang mendapatkan momentum di Twitter. Saya menggunakan Twitter sebagai contoh karena Twitter adalah situs jejaring sosial terkemuka saya.

Dalam hal ini, klik tajuk “Saham Twitter”, dan Buzzsumo akan melakukan pekerjaan untuk Anda dengan memilah-milah artikel dengan jumlah saham yang telah dihasilkan di Twitter. Sekarang Anda tidak hanya memiliki konten blog viral untuk ditiru, tetapi Anda juga memiliki ide topik blog viral untuk posting blog berikutnya.

2. Tulis Posting Blog dari Outlook Audiens Anda
Cara lain untuk membuat posting blog Anda menjadi viral adalah dengan menempatkan diri Anda pada posisi pembaca ideal Anda. Itu berarti Anda harus membuat blog dari sudut pandang pembaca sempurna Anda. Cobalah untuk berpikir dari sudut pandang pembaca Anda. Jadi saat menyusun artikel Anda, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

Masalah apa yang akan dipecahkan oleh posting blog Anda untuk pembaca ideal Anda?
Apakah konten blog akan terhubung dengan pembaca Anda?
Akankah artikel Anda menjadi solusi untuk kebutuhan dan minat pembaca Anda?
Dll
Ada banyak lagi pertanyaan untuk dipertimbangkan, tetapi biarkan saja sampai di situ. Jadi, teliti pembaca ideal Anda dengan melihat melalui jenis posting blog yang ia sukai dan bagikan dengan teman-temannya.

Informasi ini akan memberi Anda ide untuk konten blog apa yang akan dibawa ke meja yang akan beresonansi dengan pembaca Anda. Berdasarkan temuan Anda, ciptakan kembali apa yang paling menarik menurut target audiens Anda.

3. Optimalkan untuk Kondisi Membaca Pengguna
Apa yang saya katakan Anda dapat mengoptimalkan posting blog Anda untuk kondisi membaca pengguna. Tapi bagaimana caranya?

Inilah cara melakukannya:

Dalam kebanyakan kasus, pembaca Anda tidak selalu di rumah. Dia mungkin berada di salah satu tempat ini:

Di kantor
Menjalankan beberapa tugas
Berbelanja
Jalan-jalan bersama teman
Mencari hal-hal lain secara online
Dll
Akibatnya, ia bergerak dan mungkin tidak punya cukup waktu untuk membaca artikel Anda. Di situlah mengoptimalkan untuk kondisi membaca pembaca sangat berguna. Karena itu, pastikan untuk mendapatkan perhatian audiens Anda sejak awal dengan intro yang meyakinkan.

Buat artikel yang akan menarik minat pembaca segera dengan pengantar penjelasan yang luar biasa. Tetapi jika Anda tidak dapat segera menarik perhatiannya, dia akan pindah ke blog lain untuk mencari yang lebih menarik. Pembaca Anda ingin berbagi konten yang menarik dan bermanfaat dengan teman-temannya.

Jadi beri mereka sesuatu untuk dibagikan, dan jika dia tidak bisa membaca seluruh artikel saat itu, dia akan membookmarknya untuk dibaca nanti. Itulah cara konten Anda menjadi viral. Teman-temannya akan berbagi dengan teman-teman mereka, dan lingkaran itu berlanjut.

4. Terbitkan pada Hari Terbaik dalam Seminggu
Hari Anda mempublikasikan posting blog Anda dapat memiliki dampak yang signifikan pada apakah itu viral atau tidak. Banyak blogger tidak menganggap ini saat menerbitkan konten. Tapi itu hal yang baik Anda di sini membaca artikel ini. Menerbitkan konten blog secara teratur adalah taktik pemasaran konten yang fantastis.

Tetapi untuk membantu meningkatkan jangkauan Anda dan membuat artikel Anda menjadi viral, temukan hari-hari terbaik dalam seminggu untuk mempublikasikan artikel Anda. Kemampuan Anda untuk mengetahui hari terbaik untuk merilis konten sangat ideal karena lebih banyak orang akan online untuk berinteraksi dan berbagi posting Anda.

Itu vitalitas.

Misalnya, grafik ini oleh OkDork dan BuzzSumo menunjukkan kepada Anda kinerja konten yang diterbitkan pada hari yang berbeda dalam seminggu.

Grafik melalui OKDork

Bagan menunjukkan bahwa Selasa ternyata sebagai hari terbaik dalam seminggu untuk mempublikasikan posting blog Anda dengan margin tertinggi dalam pembagian sosial. Meskipun ada hasil yang bertentangan, itu juga berfungsi sebagai inspirasi bagi Anda. Jadi, uji strategi penerbitan blog Anda untuk memilih hari atau posting terbaik.

Jadi, manfaatkan grafik ini sebagai dasar untuk blog Anda dan kampanye pemasaran konten saat menerbitkan artikel Anda.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Blog WordPress, Jasa Buat Blog

5. Menjangkau Influencer Sebelum & Sesudah
Apa gunanya menjangkau influencer sebelum menulis posting blog Anda dan setelah menerbitkan artikel Anda?

Inilah mengapa Anda harus:

Sebelum Anda mulai menulis posting blog yang akan viral, Anda harus membuat daftar influencer di industri Anda yang telah Anda buat ikatan. Tetapi, juga penting untuk memastikan file Anda hanya memiliki nama orang-orang yang akan setuju untuk membagikan konten blog Anda setelah dipublikasikan.

DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU
Webcast, 5 Maret: Bagaimana AI Dapat Menemukan Peluang dan Mempersingkat Siklus Penjualan Anda
DAFTAR SEKARANG
Ketika Anda sudah memiliki daftar, kirimi mereka email tentang artikel yang ingin Anda tulis. Di email Anda, beri tahu mereka bahwa Anda ingin menampilkannya di artikel baru Anda tentang topik yang Anda pilih dan mereka ahli. Itu bisa tentang subjek seperti:

Bagaimana pemasaran email dapat meningkatkan SEO.
Bagaimana penulis lepas pemula dapat menarik pekerjaan menulis yang stabil
Kiat SEO tingkat lanjut yang akan meningkatkan lalu lintas organik dan peringkat pencarian Anda dalam 30 hari.
Banyak ahli di bidang ini ingin berkontribusi. Namun, jika influencer yang sudah Anda kenal yang siap untuk membagikan pos Anda tidak banyak, Anda mungkin ingin mencari dan menambahkan lebih banyak influencer ke daftar Anda untuk meningkatkan viralitas konten Anda.

Cara Menemukan Influencer
Seperti disebutkan sebelumnya, pergilah ke Buzzsumo dan cari konten blog yang paling banyak dibagikan mirip dengan yang ingin Anda buat. Dari hasil pencarian Anda, fokuslah pada yang paling relevan dengan topik Anda. Kemudian klik pada tab “Lihat Bagikan” untuk melihat orang-orang yang telah berbagi konten di media sosial.

Ini adalah orang-orang yang kemungkinan besar akan membagikan konten Anda dengan audiens mereka. Tambahkan mereka ke daftar Anda dan mulailah menjangkau mereka. Terhubung dengan mereka segera dengan melakukan hal berikut:

Bagikan konten blog mereka di media sosial
Sebutkan mereka di berbagai platform tempat mereka hadir.
Suka posting mereka
Beri komentar di blog mereka
Dan seterusnya.
Lakukan ini untuk waktu yang cukup lama sebelum menjangkau mereka.

Ada lebih banyak tentang bagaimana menulis posting blog yang menjadi viral menggunakan influencer.
Setelah itu, mulailah mengirimi mereka email tentang posting blog Anda yang akan datang. Misalnya, katakanlah Anda menjangkau pakar blogging ini:

Brian Dean dari Backlinko
Michael Brenner
Neal Schaffer
Zac Johnson
Mari Smith
Adam Enfroy
Ryan Robinson
Radek Ribka
Ryan Biddulph
Mike Allton
Adam Connell
Donna Merrill
Anil Agrawal
Lisa Sicard
Janice Wald
Ileane Smith
Email Anda bisa seperti ini:

Hai, Nama Pakar,

Saya harap hari Anda baik. Saya menulis posting blog tentang “bagaimana pemasaran email dapat meningkatkan SEO,” di mana saya mewawancarai SEO dan mantan pemasaran email

6. Survei Audiens Anda (Konten Buatan Pengguna)
Survei adalah salah satu taktik pemasaran konten terbaik. Itu karena materi yang Anda hasilkan adalah hasil dari tanggapan dari pembaca setia Anda. Konten yang dihasilkan disebut “Konten Buatan Pengguna” (UGC). Ini memiliki kekuatan yang luar biasa untuk membuat konten blog Anda menjadi viral.

Target audiens Anda memberi tahu Anda apa yang ingin mereka baca dari blog Anda, dan Anda merespons permintaan mereka secara positif. Kiat blogging ini membantu Anda terhubung dengan lebih baik dengan komunitas blogging Anda.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menulis posting blog yang akan viral. Tapi Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana Anda bisa melakukan survei?

Berikut cara melakukan penelitian:

Dengan gagasan tentang apa yang mungkin diminati audiens target Anda, pergilah ke platform media sosial pilihan Anda dan buat jajak pendapat. Atau lebih baik, pergi ke grup Facebook yang relevan dan daftarkan beberapa pertanyaan untuk survei Anda.

Selalu ada banyak alat yang tersedia untuk Anda gunakan. Alat-alat seperti Survey Monkey dan Survey AnyPlace adalah alat ampuh untuk melakukan survei. Dengan alat survei ini, Anda dapat mengirimkan kuesioner kepada pelanggan email Anda.

Berikut adalah contoh survei di tangkapan layar oleh tim Buffer tentang “Topik terbaik yang paling dinikmati audiens” di blog Buffer.

Grafik melalui Buffer

Dari tangkapan layar, Anda dapat melihat bahwa konten teratas yang ingin dilihat lebih banyak oleh pemirsa Penyangga adalah blog “konten yang akan membantu pembaca membuat dan meningkatkan kampanye pemasaran media sosial mereka.” Itu adalah konten buatan pengguna (UGC) yang sedang beraksi,

Gagasan konten teratas mendapat 214 tanggapan, artinya lebih dari 70% responden menginginkan hal yang sama. Oleh karena itu, dengan melihat semua saran lain dari pembaca, secara logis orang dapat mengatakan bahwa membuat konten di seputar topik-topik itu pasti akan menjadi viral.

7. Gunakan Google Analytics untuk Menulis Posting Blog yang Akan Menjadi Viral
Karena Anda sedang melakukan survei untuk menentukan konten terbaik yang diinginkan pembaca Anda dari Anda untuk viralitas maksimum, Anda juga harus menggunakan alat Google Analytics untuk memaksimalkan upaya blogging Anda.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website travel agent

Inilah yang dikatakan Mia Vallo – Direktur Sr, Marketing Analytics, National Geographic tentang Google Analytics:

“Produk Analitik Google telah membantu kami meningkatkan keterlibatan sebesar 33% dan rasio klik-tayang sebesar 21% untuk promosi konten di beranda kami.” – Mia Vallo

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur analitik dari situs media sosial Anda di mana Anda hadir untuk mengukur kinerja konten Anda. Facebook Insights, misalnya, akan memberikan data berguna untuk membuat konten viral.

Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur analitik dari alat manajemen media sosial. Beberapa yang terbaik yang ada di pasar adalah:

Penyangga
HootSuite
Statusbrew
Agorapulse
Blog2Social
Alat-alat ini akan melacak aktivitas media sosial Anda dan memberi Anda informasi bermanfaat untuk membuat posting blog viral. Dengan menggunakan alat media sosial ini, Anda akan mendapatkan analisis lengkap tentang konten yang berfungsi dan apa yang tidak sesuai dengan kepribadian pembeli Anda.

8 • Sertakan Panggilan untuk bertindak
Apakah Anda menggunakan ajakan bertindak dalam strategi pemasaran konten Anda? Jangan jawab itu, tetapi jika tidak, Anda harus melakukannya karena Anda sudah kalah dalam kompetisi. Ajakan bertindak adalah elemen penting untuk bisnis apa pun.

Salinan dan tombol sederhana ini adalah kekuatan motivasi yang mendorong orang untuk mengambil tindakan tertentu. Ajakan bertindak dapat memindahkan seseorang ke:

Klik melalui ke halaman arahan Anda
Mendaftar untuk daftar email Anda
Beli produk atau layanan Anda
Ini hanya beberapa alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan alat ini. Selain itu, penelitian ini telah membuktikan bahwa ajakan bertindak sederhana dapat meningkatkan konversi hingga lebih dari 470%. Lebih jauh, analisis Unbounce mengungkapkan bahwa 90% pengunjung situs web yang membaca judul artikel Anda juga meluangkan waktu untuk terlibat dengan salinan ajakan bertindak Anda.

Karenanya, tujuan ajakan bertindak adalah untuk membantu pengguna situs Anda mengetahui tindakan apa yang Anda inginkan. Jadi tidak menggunakan alat epik ini akan membuat Anda kehilangan uang. Satu ajakan bertindak sederhana dapat membuat semua perbedaan dalam kampanye pemasaran konten Anda.

Tetapi, untuk meningkatkan klik dan konversi, Anda harus mengoptimalkan salinan ajakan bertindak dengan benar. Anda juga perlu membuat ajakan bertindak yang menarik dengan desain. Berikut ini ikhtisar singkat tentang cara merancang dan membuat salinan ajakan bertindak serta warna terbaik untuk digunakan, Lihat infografis oleh Wishpond:

Infografis melalui WishPond

9. Buat Posting Blog Anda Menjadi Viral Dengan Iklan Media Sosial
Iklan media sosial sangat berguna jika Anda tahu cara menggunakannya. Iklan media sosial adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat konten Anda menjadi viral. Jadi buka situs media sosial pilihan Anda dan buat kampanye iklan.

Cari posting blog Anda yang berkinerja terbaik dan buat kampanye iklan dengannya. Biaya iklan Facebook, misalnya, relatif murah. Anda dapat menggunakannya karena hampir setiap bisnis memiliki kehadiran di sana.

Inilah cara kerjanya:

Akses dasbor analitik Facebook Anda dan cari konten Anda yang menghasilkan keterlibatan terbanyak. Kemudian menuju ke halaman Facebook Anda dan crea

Leave a reply