11 Feb

8 Cara Menjadi Konsultan SEO Luar Biasa

8 Cara Menjadi Konsultan SEO Luar Biasa

Konsultasi bukanlah pekerjaan mudah – terlepas dari tingkat industri atau keterampilan. Tidak ada lapisan gula itu.

Sambil menantang, itu juga sangat bermanfaat.

Sayangnya, saya tidak memiliki kode cheat yang dapat saya berikan kepada Anda untuk menjadi (dan tetap) seorang konsultan hebat.

Dibutuhkan kerja keras, dedikasi, dan pembelajaran dan peningkatan yang konstan.

Berita baiknya adalah ada cara-cara tertentu Anda dapat bekerja untuk menjadi konsultan hebat dan bagian penting dari bisnis ini.

Setelah menghabiskan lebih dari enam tahun bekerja di agensi digital dan baru-baru ini pindah ke rumah, ini adalah sesuatu yang semakin jelas bagi saya.

Sekarang saya berada di “sisi lain,” bidang konsultasi yang selalu saya kuasai jelas, serta bidang-bidang yang saya mungkin harus lebih memperhatikan.

8 Cara Menjadi Konsultan Hebat
Ada beberapa elemen dan karakteristik yang membuat perbedaan dan akan membedakan Anda dari konsultan lain.

Di sisi lain, jika komponen-komponen ini kurang, itu dapat sangat melumpuhkan bisnis konsultasi Anda.

Mari kita beralih ke beberapa cara Anda dapat mengambil konsultasi Anda dari nol menjadi pahlawan.

1. Tentukan Tujuan

Menetapkan tujuan pada awal hubungan konsultasi adalah kuncinya.

Dengan cara ini, setiap orang yang terlibat dalam proyek memiliki pemahaman yang jelas tentang misi, apa yang masuk akal dan dapat diperoleh, dan dapat membuat diri mereka bertanggung jawab.

Tanpa menetapkan tujuan, sangat sulit (hampir tidak mungkin) untuk membuktikan nilai atau memahami jika proyek itu berhasil.

Tentukan metrik apa yang menjadi kunci dan pastikan pelacakan itu ada, sehingga Anda dapat secara teratur melaporkan kemajuannya.

Apakah tujuannya adalah untuk:

Tingkatkan lalu lintas organik sebesar [X]%.
Tingkatkan visibilitas kata kunci di sekitar [X], [Y] dan [Z].
Potong setengah biaya per klik.
Atau semua hal di atas, Anda dan klien Anda harus menyetujui metrik yang menentukan kesuksesan.

Seiring dengan tujuan-tujuan ini, klien Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang Anda butuhkan dari mereka. Bagaimanapun, ini adalah jalan dua arah.

Sifat konsultasi berarti bahwa Anda tidak akan selalu memiliki kendali langsung atas pelaksanaan rekomendasi Anda.

sifat konsultasi

Karena itu, menetapkan harapan di awal sangat penting.

Apa yang Anda / akan Anda butuhkan dari mereka untuk menjadi sukses?

Bayangkan ini – Anda memasok rekomendasi konten setiap bulan untuk menargetkan kata kunci spesifik yang Anda tunjuk peringkatnya, dan penulis internal di tim seharusnya menjalankan dan mengimplementasikannya.

Sekarang sudah tiga bulan memasuki proyek, dan tidak ada yang ditulis. Ini tentu akan membuat tujuan Anda menjadi sulit.

Jika ekspektasi didefinisikan dengan jelas sejak awal proyek, Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk menghindari jenis percakapan yang sulit ini.

2. Mendidik Klien Anda

Terutama dalam ruang digital, pendidikan adalah bagian besar dari hubungan klien / konsultan yang sukses.

Memberikan pendidikan dan pemahaman kepada klien Anda tentang bidang keahlian Anda akan sangat penting dalam hal membuktikan nilai Anda.

Yang benar adalah bahwa ada begitu banyak aspek pemasaran digital yang berbeda sehingga Anda tidak bisa mengharapkan seseorang untuk menjadi ahli dalam segala hal. Atau, biasakan diri Anda dengan praktik dan taktik terbaik di setiap bidang.

Berpikir tentang SEO (hanya sebagian dari program pemasaran digital yang berhasil), ada SEO teknis, riset kata kunci, pembuatan tautan eksternal, cross-linking internal, optimasi konten pada halaman, dll.

Selain itu, lanskap terus berubah. Dan, jika klien Anda belum terlibat dalam SEO bahkan untuk beberapa tahun, pemahaman mereka akan ketinggalan zaman.

Bergantung pada siapa Anda bekerja dengan dan apa posisi mereka dalam organisasi, mereka mungkin dihapus dari taktik pemasaran digital sehari-hari dan mengandalkan Anda untuk panduan itu.

Bagian pertama dari ini adalah memahami di mana klien Anda berada.

Apa latar belakang mereka dalam pemasaran?
Apa posisi mereka dalam organisasi / tanggung jawab utama?
Seberapa akrab mereka dengan bidang keahlian Anda?
Apakah mereka pernah bekerja dengan konsultan (di area fokus Anda) di masa lalu?
Apa praktik terbaik yang mereka kenal (jika ada)? Apakah mereka sama dengan milik Anda?
Setelah Anda memahami latar belakang klien Anda dan mengalami lebih banyak, Anda akan tahu area-area yang perlu Anda habiskan untuk mengasuh.

Contoh klasik dari ini:

Suatu kali, saya menghabiskan sekitar setengah jam untuk membahas strategi kata kunci yang diusulkan dengan klien baru. Saya meletakkan semua penelitian kata kunci kami, dan prioritas kata kunci yang ingin kami fokuskan untuk beberapa bulan ke depan.

Ketika saya berhenti untuk bertanya apakah mereka memiliki pertanyaan, mereka bertanya, “Ya, jadi … apa artinya rata-rata volume pencarian bulanan?”

Mungkin saya tambahkan, ini adalah pertanyaan yang sangat masuk akal untuk ditanyakan.

Satu-satunya harapan saya adalah bahwa saya menghabiskan waktu di awal percakapan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pemahaman mereka tentang terminologi dan menjelaskan apa artinya semua ini sebelum saya terjun ke dalamnya lebih dulu.

menyelam lebih dulu

 

3. Tunjukkan Keahlian Anda

Seorang konsultan hebat tidak hanya menyadari apa yang terjadi pada akun tersebut tetapi juga memahami gambaran yang lebih besar.

Sangatlah penting untuk menunjukkan pengetahuan Anda tentang akun, perusahaan tempat Anda bekerja, dan industri mereka secara keseluruhan.

Dalam periode penemuan, pastikan untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan. Dan, seharusnya tidak berhenti di situ.

Secara teratur periksa dengan klien Anda untuk memastikan Anda mengetahui perubahan bisnis utama, fokus baru, dan hal-hal yang mungkin kurang dari prioritas.

Letakkan dalam pekerjaan dan benar-benar memahami bisnis, lanskap, dan pesaing utama.

Ini melibatkan hal-hal seperti berlangganan publikasi teratas di industri, menyiapkan Google Alerts untuk menonton konten terbaru di sekitar area fokus utama, memantau aktivitas kompetitif dan banyak lagi.

Lalu, tunjukkan keahlian Anda.

Jangan hanya mengambil arahan atau instruksi tetapi memberi tahu klien Anda apa yang perlu terjadi untuk mencapai tujuan yang ada. Percaya diri – Anda adalah ahlinya.

Gerakan sederhana ini akan membantu mendapatkan kepercayaan dan membuktikan kemampuan dan nilai Anda sebagai konsultan.

4. Jawab Pertanyaan dengan Jelas

Jawab pertanyaan dengan jelas

Ketika ditanya pertanyaan, konsultan hebat akan dengan jelas dan segera menjawabnya.

Saya menyadari bahwa ini tampak jelas tetapi telah menemukan ini menjadi tantangan yang banyak dihadapi.

Anda mungkin ingin menyampaikan poin Anda terlebih dahulu, Anda mungkin kewalahan dengan informasi yang Anda butuhkan, Anda mungkin tidak punya waktu.

Tetapi, mengakui dan menjawab pertanyaan dan masalah klien Anda sangat penting untuk program dan hubungan yang sukses.

Seorang konsultan hebat tidak akan mengatakan sesuatu seperti: Saya akan membahasnya lebih lanjut dalam presentasi atau mari kita kembali ke hal itu dalam beberapa menit.

Yang lebih penting, seorang konsultan hebat tidak akan mengelak dari pertanyaan, memberikan jawaban yang samar atau membingungkan, atau mengarang sesuatu.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda perlu mengetahui jawaban untuk segalanya. Anda harus mempersiapkan sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan yang mungkin muncul.

Jika Anda tidak tahu jawabannya, beri tahu klien Anda bahwa Anda akan segera kembali kepada mereka. Dan, pastikan Anda melakukannya!

5. Ambil Tindakan

Mengambil tindakan

Sifat konsultasi berarti bahwa Anda tidak akan selalu memiliki kendali langsung atas pelaksanaan rekomendasi Anda.

Tantangannya adalah Anda mengandalkan pelaksanaan rekomendasi Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Jadi, apa yang Anda lakukan ketika menghadapi dilema ini?

Pertimbangkan yang berikut ini:

Prioritaskan hasil kerja: Tidak setiap rekomendasi merupakan prioritas tinggi atau mendesak. Perjelas item tindakan apa yang menjadi prioritas utama dan mana yang bisa menunggu. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan semua orang berfokus pada item yang akan memiliki dampak langsung.
Mendorong pelaksanaan: Konsultan yang baik akan membuat rekomendasi yang solid dan strategis. Seorang konsultan hebat dapat menyajikan rekomendasi ini dengan cara yang mendorong orang untuk bertindak dengan menekankan pentingnya, menghasilkan hal itu akan menghasilkan atau kemungkinan dampak dari tidak melaksanakan.
Pertimbangkan alternatif: Apakah ada pendekatan lain yang akan memberi Anda hasil yang diinginkan? Apakah ada cara untuk menjalankan ini dengan cara yang lebih efisien? Apakah rekomendasi tersebut benar-benar prioritas tinggi?
Terakhir, setelah mempertimbangkan semua hal di atas, dapatkah Anda membantu dengan pelaksanaannya?

Terkadang itu sepadan, jika itu berarti mencapai tujuan Anda dan menjaga hubungan klien yang berharga

6. Pilih Alat yang Tepat
Seorang konsultan hanya sebaik alat yang mereka pilih untuk digunakan.

Tidak peduli seberapa banyak pengalaman dan keterampilan yang Anda miliki, sulit untuk tumbuh tanpa alat dan sumber daya yang tepat.

Seorang konsultan hanya sebaik alat yang mereka pilih untuk digunakan

Alat dapat sangat memengaruhi efisiensi bisnis Anda serta informasi dan data yang dapat Anda berikan kepada klien.

Dengan demikian, ruang lingkup alat ini harus spesifik untuk ukuran dan kebutuhan bisnis Anda.

Untuk menjadi konsultan yang hebat, memiliki alat untuk komunikasi, manajemen proyek, dan taktik pemasaran digital adalah kuncinya. Namun, memilih alat yang tepat bisa sangat menantang dan membingungkan dengan begitu banyak opsi yang tersedia.

Berada di agensi begitu lama, saya menguji banyak alat yang berbeda termasuk;

Google Hangouts Chat, Slack, Teams, dan Google Documents untuk komunikasi.
Basecamp, Trello, Asana, OneDrive, dan Senin untuk manajemen proyek.
SEMrush, Moz, Screaming Frog, BuzzSumo, Buffer, BuzzStream dan banyak alat pemasaran digital lainnya.
Dari sini, saya tidak dapat mengatakan bahwa yang satu lebih baik daripada yang lain tetapi menekankan pentingnya memilih alat yang selaras dengan kebutuhan konsultasi Anda dan tidak semata-mata didasarkan pada konsensus komunitas pemasaran.

Apa yang bekerja dengan baik untuk orang lain, mungkin tidak bekerja sama sekali untuk Anda.

7. Kenali Audiens Anda
Kenali audiens Anda

Bagian dari menjadi konsultan hebat adalah mengetahui audiens Anda dan mampu menyesuaikan komunikasi Anda.

Selalu tahu siapa yang ada di ujung telepon dan bergabung dengan rapat.

Dengan cara ini, Anda dapat menyesuaikan rekomendasi dan komunikasi dengan cara yang dipahami semua orang. Ini juga akan membantu memastikan Anda mengedepankan langkah terbaik Anda bersama para pengambil keputusan utama.

Misalnya, Anda akan mempresentasikan laporan kinerja kepada klien dan kontak Anda memberi tahu Anda bahwa CMO akan bergabung dengan panggilan tersebut.

Dalam hal ini, masuk akal bagi Anda untuk memberikan latar belakang tentang siapa Anda, tujuan proyek dan tonggak penting.

Anda mungkin ingin menjaga percakapan lebih tinggi dengan memeriksa metrik kinerja gambar yang lebih besar dan apa artinya bagi bisnis daripada detail terperinci (kecuali jika mereka mengatakan sebaliknya).

Pastikan bahwa semua orang dalam percakapan mengetahui apa yang terjadi pada program, mengapa hal itu terjadi (apa yang Anda lakukan untuk mendorong hasil itu) dan merasa bahwa kebutuhan atau kekhawatiran mereka diakui.

8. Buktikan Nilai Anda
Buktikan nilaimu

Membawa lingkaran penuh ini, menentukan tujuan akan membantu Anda membuktikan nilai. Seorang konsultan hebat menetapkan harapan yang jelas dan mengkomunikasikan kemajuan secara efektif.

Sebagai seorang konsultan, penting bagi klien Anda untuk mengetahui kinerja dan, lebih khusus, apa yang Anda lakukan untuk mendorong hasil-hasil tersebut.

Penting juga bagi Anda untuk mengkomunikasikan kinerja dengan cara yang mudah dicerna dan langsung. Ini adalah salah satu tantangan terbesar yang saya lihat dihadapi oleh konsultan pemasaran digital.

Setiap konsultan dapat menyusun laporan poin data utama dan metrik yang menguraikan kinerja situs web. Ambil satu langkah lebih jauh dan ceritakan kisahnya.

Apa sebenarnya poin data ini bagi bisnis? Apa yang bekerja Apa yang tidak berfungsi? Apa langkah selanjutnya yang diperlukan untuk mendorong kinerja?

Berhati-hatilah untuk tidak kehilangan audiens Anda dengan banyak istilah teknis: tayangan, klik, pengguna, sesi, rasio pentalan, waktu di halaman, dll.

Misalnya, alih-alih mengatakan sesuatu seperti:

Halaman produk menghasilkan 29.000 sesi pada Juli 2019.

Katakan sesuatu seperti:

29.000 pengguna mengunjungi halaman produk pada Juli 2019, naik 55% dari tahun sebelumnya. Ini dapat ditelusuri kembali ke pembaruan [X], [Y] dan [Z] yang kami buat ke halaman. Sebagai langkah selanjutnya, kami akan terus menerapkan taktik [X] dan [Y].

Menetapkan tujuan hanya setengahnya.

Mampu mengkomunikasikan hasil secara efektif adalah bagian lain dari teka-teki.

Pikiran terakhir
Ada elemen dan karakteristik tertentu yang membedakan konsultan hebat dari yang lain, dan ini hanya beberapa cara untuk memperbaiki diri Anda

Leave a reply