14 Feb

6 Hal Penting yang Harus Diketahui Pengembang Web Tentang Pemasaran pada tahun 2021

6 Hal Penting yang Harus Diketahui Pengembang Web Tentang Pemasaran pada tahun 2021

 

Dari individu hingga bisnis, semua orang mencari pengembang web yang terampil untuk membantu mereka membangun situs web yang dapat meningkatkan keberadaan online mereka.

Dengan bertambahnya jumlah situs web, jumlah pengembang web juga meningkat. Menurut laporan, ada lebih dari 23 juta pengembang web pada tahun 2018 dan jumlah ini diperkirakan akan mencapai 27,7 juta pada tahun 2023.

Jadi bagaimana cara bersaing sebagai pengembang web dan mengantongi proyek terbaik di luar sana?

Berikan layanan yang lebih banyak dan lebih baik daripada yang lain!

Ya, untuk mendapatkan proyek terbaik dan berkembang sebagai pengembang web, Anda harus menjadi opsi terbaik di industri Anda dan itulah mengapa Anda perlu mempelajari keterampilan yang relevan.

 

 

Dan dalam artikel ini, kita akan membahas semua keterampilan yang relevan yang dapat bertindak sebagai beberapa buah ceri di atas kue.

 

 

1. SEO — pengoptimalan mesin cari

Anda telah menghabiskan berjam-jam membangun situs web, menyesuaikannya dengan cara yang disukai siapa pun tetapi tidak ada yang mengunjunginya? Itu tidak bisa ditemukan di SERP. Apakah kamu melakukan sesuatu yang salah?

Tidak, tetapi membangun situs web hanyalah setengah dari pekerjaan.

Ada lebih dari satu miliar situs web di web dan karenanya menjadi berat bagi mesin telusur untuk menentukan peringkat situs web yang tidak dioptimalkan. Dan itulah mengapa sebagai pengembang web, Anda perlu belajar dan peduli tentang SEO. Selain itu, jika Anda seorang pengembang web dengan keterampilan SEO, Anda bisa mendapatkan berbagai peluang yang menguntungkan.

 

 

Untuk berhasil dalam pengoptimalan mesin pencari, Anda harus menguasai analisis pesaing dan pelacakan peringkat, pencarian lokal dan faktor peringkat di halaman, dan cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan SERP API – sumber data SERP terstruktur volume tinggi.

 

 

Sekarang setelah Anda tahu mengapa Anda perlu belajar SEO, berikut adalah aspek utama SEO yang perlu Anda ingat sebagai pengembang saat mengembangkan situs web.

 

 

a) Waktu Muat Halaman:

 

 

46% orang mengatakan bahwa menunggu halaman dimuat adalah hal yang paling tidak mereka sukai saat menjelajahi web menggunakan perangkat seluler.

 

 

Kecepatan muat halaman yang lebih baik adalah suatu keharusan bagi situs web untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna dan mendapatkan peringkat di SERP. Terutama setelah Google baru-baru ini memperkenalkan konsep Core Web Vitals. Di bawah ini muncul tiga metrik yang kurang lebih dianggap kecepatan halaman.

 

 

b) Pengetahuan tentang Mobile-First:

 

 

Pada November 2016, Google mengumumkan indeks yang memprioritaskan seluler. Sederhananya, ini berarti bahwa versi seluler dari situs web mana pun menjadi titik awal untuk apa yang Google sertakan dalam indeks mereka dan dasar untuk bagaimana mereka menentukan peringkat.

Baca Juga :   Lokasi Dragonite

 

 

c) Optimasi Gambar:

 

 

Pengoptimalan gambar sangat penting karena membantu meningkatkan waktu buka halaman, meningkatkan peringkat SEO situs web, dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Selain itu, pertimbangkan dampak iklan pada kecepatan halaman.

 

 

Saya berbicara dengan pengembang web di Spider-Solitaire-Challenge, misalnya, mereka menemukan bahwa kecepatan halaman mereka untuk permainan solitaire laba-laba mereka meningkat secara dramatis setelah menghapus iklan, dan sebagai hasilnya, mereka melihat peningkatan yang berarti dalam SEO dan penurunan rasio pentalan.

 

 

d) Debug dan Perbaiki Masalah Perayapan:

 

 

Ada banyak masalah SEO di tempat yang dapat memperlambat situs web Anda selama naik ke puncak. Dan sebagai pengembang, Anda bertanggung jawab untuk melakukan debug pada masalah teknis tersebut dan menghilangkan masalah yang menyebabkan dampak negatif pada peringkat situs.

 

 

2. Pemasaran Media Sosial

Hampir 50% populasi dunia menggunakan media sosial. Selain itu, setiap orang menghabiskan 2 jam dan 22 menit di jejaring sosial dan perpesanan.

 

 

Inilah faktanya — klien potensial Anda, serta klien yang sudah ada, menghabiskan banyak waktu di berbagai platform media sosial. Akibatnya, terjadi pergeseran metode pemasaran tradisional ke pemasaran digital.

 

 

Media sosial dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek, menjangkau klien baru, dan membangun hubungan yang kuat dengan klien yang sudah ada serta pakar industri.

 

 

Sebagai pengembang web, Anda membutuhkan aliran klien yang konsisten dan terus terlibat dengan yang sudah ada dan di situlah pemasaran media sosial berperan. Selain itu, karena ini adalah keterampilan yang diminta, Anda dapat menawarkan layanan SMM kepada klien Anda bersama dengan layanan pengembangan web.

 

 

3. Analitik

Pengukuran dan pengoptimalan semua aktivitas pemasaran dikenal sebagai analitik pemasaran. Jadi pada dasarnya daripada hanya berfokus pada kinerja situs web Anda, Anda fokus pada bagaimana strategi pemasaran Anda bekerja dan memodifikasi situs web dan strategi Anda yang sesuai.

 

 

Inilah yang harus Anda ketahui tentang analitik sebagai pengembang web:

 

 

a) Menyiapkan Sasaran dan Kampanye:

 

 

Ini penting jika Anda ingin mengoptimalkan situs web untuk konversi. Dan untuk melakukannya, Anda harus melacak konversi dengan menyiapkan sasaran di Google Analytics.

 

 

Apa Sasaran di Analytics?

 

 

Sasaran di Google Analytics memungkinkan pengguna melacak interaksi pengguna tertentu di situs web Anda.

 

 

b) Masalah Pelacakan Konversi Debug:

 

 

Saat Anda menggunakan Google Analytics, Anda dapat menyiapkan tujuan dan URL spesifik

di akan membantu Anda menentukan sumber klik. Dan setelah Anda mengetahui cara melacak konversi dan kemudian melakukan debug jika terjadi masalah, Anda dapat membantu klien Anda untuk meningkatkan rasio konversi situs web mereka.

 

 

4. Optimasi Tingkat Konversi

Singkatnya, pengoptimalan tingkat konversi (CRO) adalah proses mengoptimalkan situs web dan konten Anda untuk meningkatkan konversi. Tingkat konversi yang tinggi berarti bahwa situs web dirancang dengan baik, diformat secara efektif, dan melayani kebutuhan audiens target Anda.

Baca Juga :   Merk HP Terbaik di Dunia 2019

 

 

Sekarang sebagai pengembang web, merancang situs web yang menarik adalah pekerjaan Anda, tetapi mengerjakan faktor lain yang memengaruhi tingkat konversi dapat menjadi nilai tambah bagi Anda. Inilah yang perlu Anda pelajari untuk meningkatkan rasio konversi situs web.

 

 

a) Ajakan bertindak kreatif:

 

 

Jika pengunjung tidak mengeklik, mereka tidak berkonversi. Dan dalam hal konversi, tombol ajakan bertindak adalah pengubah permainan terbaik.

 

 

Pengunjung Anda perlu mengklik setidaknya satu tombol untuk membeli dari Anda atau bahkan mendaftar untuk buletin Anda. Dan di situlah Anda perlu bekerja. Bahkan perubahan kecil pada desain tombol atau teks ajakan bertindak dapat meningkatkan rasio konversi.

 

 

b) Buat atau terapkan chatbot interaktif:

 

 

Chatbots bisa sangat membantu dalam meningkatkan tingkat konversi situs web Anda. Alasannya karena pelanggan saat ini membutuhkan solusi untuk pertanyaan mereka sesegera mungkin dan dengan chatbots, Anda memberi mereka fasilitas yang sama.

 

 

Namun, membangun chatbot dan mengetahui di mana menggunakannya secara efektif tidaklah mudah. Anda memerlukan beberapa keterampilan teknis untuk membuat chatbots dan kemudian pemahaman tentang cara menempatkan chatbot secara efektif untuk hasil yang lebih baik.

 

 

5. Pemasaran Email

Pemasaran email adalah salah satu strategi pemasaran tertua namun efektif. Alasannya, lebih dari setengah populasi global menggunakan email. Selain itu, pemasaran email lebih efektif daripada media sosial dalam hal akuisisi pelanggan.

 

 

Berikut adalah beberapa keterampilan dasar yang Anda butuhkan untuk menyediakan layanan pemasaran email-

 

 

Menyiapkan popup keluar dari keikutsertaan ganda.
Membuat template HTML yang indah untuk mengumpulkan detail pendaftaran.
Menggunakan plugin seperti Mailpoet untuk mengirim buletin email dari WordPress.
Menyelesaikan masalah pengiriman email dengan menyiapkan domain khusus, data SPF, DKIM, dan DMARC.

6. Pengalaman Pengguna

Untuk membangun situs web konversi yang dapat memenuhi kebutuhan audiens target Anda, Anda perlu membangun situs web yang menarik secara estetika, informatif, dan mudah dinavigasi. Dan jika situs web Anda tidak memiliki salah satu dari kualitas ini, peluang menarik audiens target Anda dan meningkatkan rasio konversi Anda akan sangat terpengaruh. Dan itulah mengapa penting bagi pengembang untuk mempelajari setidaknya dasar-dasar pengalaman pengguna. Berikut adalah beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui.

 

 

a) Desain yang ramah pengguna:

 

 

Situs web saat ini telah berkembang menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar kumpulan teks dan informasi sederhana. Pengguna masa kini mengharapkan situs web untuk menghibur mereka, memberikan konten berkualitas tinggi, dan memberi mereka pengalaman yang intuitif dan mulus.

 

 

Dari penempatan estetika tombol CTA hingga antarmuka yang intuitif, setiap elemen pengguna membuat perbedaan. Tim di Solitaired, misalnya, meluncurkan game Mahjong dan Freecell, dan hanya dengan mengubah tautan untuk memulai game baru ke tombol hijau yang lebih besar, mereka meningkatkan game yang dimainkan per pengguna sebesar 22%.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Jual Kursi Kantor

 

 

b) Navigasi yang mudah:

 

 

Ketika seseorang mengunjungi situs web, mereka sering mencari bilah navigasi untuk menjangkau halaman yang ingin mereka periksa. Bilah navigasi sangat penting karena membantu pengunjung sepanjang perjalanan mereka di situs web dan berfungsi sebagai cara untuk kembali ke beranda. Jika navigasi tidak mudah atau tidak intuitif, pengunjung mungkin merasa bingung dan ini meningkatkan kemungkinan pengunjung keluar dari situs Anda.

 

 

c) Keterbacaan konten:

 

 

Tidak peduli berapa banyak gambar atau video yang Anda tambahkan ke situs web Anda, itu konten tekstual yang membantu Anda mengubah pengunjung menjadi prospek atau pelanggan paling banyak. Dan itulah mengapa Anda membutuhkan konten yang mudah dibaca dan dipahami. Sebagai pengembang, Anda mungkin perlu menulis konten dan karenanya penting untuk mengetahui cara menulis konten yang dapat membantu pengunjung mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

 

 

d) Aktifkan pengalihan:

 

 

Pengalihan adalah cara untuk meneruskan mesin telusur serta pengunjung ke URL yang berbeda dari yang mereka coba kunjungi. Pengalihan memainkan peran penting dalam SEO, jadi penting untuk mengetahui berapa banyak jenis pengalihan yang ada dan di mana menggunakannya.

 

 

Untuk menyimpulkan:
Sebagai pengembang web, membangun situs web yang indah dan fungsional adalah keahlian Anda, tetapi ketika Anda mempelajari keterampilan terkait lainnya juga, Anda menjadikan diri Anda lebih baik daripada kebanyakan pengembang web lainnya

Selain itu, ketika Anda mulai memberikan layanan tambahan bersama dengan layanan pengembangan web, Anda mulai memperoleh lebih dari rata-rata tarif pengembangan web. Namun, tidak setiap keterampilan dapat dipasangkan dengan pengembangan webketerampilan , jadi gunakan daftar ini dan pilih dengan hati-hati

Leave a reply