23 Jan

10 Tips Strategi Pemasaran Iklan Instagram 2020

Apa itu Strategi Pemasaran Instagram?

Strategi pemasaran Instagram adalah serangkaian tujuan, tindakan, dan proses yang ditentukan oleh bisnis untuk menggunakan Instagram sebagai saluran untuk mencapai pemasaran serta tujuan bisnis. Strategi pemasaran Instagram adalah bagian dari pemasaran media sosial dan selaras dengan tujuan dan prosesnya.

Jangkauan luas yang dimungkinkan oleh platform media sosial telah mengubah dinamika pemasaran media sosial untuk bisnis. Lebih dari 25 juta bisnis sudah memiliki profil di Instagram dan menggunakannya sebagai saluran untuk mempromosikan merek, produk atau layanan mereka, dan juga untuk keterlibatan karyawan. Persaingan pada platform ini sangat luas dan pemasar berusaha untuk mengalahkan saingan mereka dengan menciptakan konten yang lebih kreatif, otentik, dan dapat diterima. Beberapa tujuan umum yang ingin dicapai pemasar melalui Instagram adalah membangun komunitas, meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan arahan, mengaktifkan konversi, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Cara ideal untuk mencapai sasaran ini adalah membuat profil bisnis di Instagram dan memposting konten yang relevan dan menarik di umpan Instagram Anda serta cerita untuk meningkatkan pengikut dan keterlibatan melalui suka, komentar, pesan langsung, dan tautan kontak.

Instagram dimulai sebagai jejaring sosial berbagi-gambar dan kini telah menjadi sumber utama prospek dan pendapatan bagi banyak bisnis. Dengan strategi yang efektif dan pelaksanaannya, Instagram dapat membantu Anda membangun komunitas yang menarik yang dapat menjamin peningkatan identitas merek, keterlibatan pemirsa, generasi pemimpin, dan konversi.

Mari kita lihat sepuluh tips strategi pemasaran Instagram teratas yang akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal untuk bisnis Anda dari Instagram

10 Top Tips Strategi Pemasaran Instagram untuk tahun 2020
Instagram memungkinkan bisnis untuk membangun pengikut melalui metode organik maupun berbayar. Tetapi berbagi konten yang relevan, asli, dan menarik adalah yang paling penting di platform dinamis ini. Berikut adalah sepuluh tips yang akan membantu Anda tetap di jalur untuk mencapai tujuan Instagram Anda untuk tahun 2020.

1. Optimalkan Bio Instagram Anda

Biografi Instagram adalah area kecil di bawah nama pengguna Anda di halaman Anda yang digunakan untuk berbagi informasi tentang merek Anda, serta konten yang ingin Anda bagikan. Area ini umumnya mencakup nama merek, deskripsi produk atau layanan Anda, detail profil, dan informasi kontak. Instagram juga memungkinkan Anda untuk membagikan URL situs web atau portofolio Anda di bio Anda.

Bio Instagram Anda adalah hal pertama yang akan dilihat pengguna ketika mereka mendarat di profil Anda. Untuk memastikan bahwa Anda melibatkan pengguna ini, Anda perlu membuat bio yang informatif, menawan, dan menarik.

Dalam bio Anda, pastikan untuk membagikan deskripsi yang tepat dan ringkas tentang merek atau produk Anda. Juga, sertakan satu atau dua baris tentang konten yang ingin Anda bagikan di halaman Anda. Untuk membuat profil Anda lebih nyaman dan menyenangkan, gunakan emotikon yang selaras dengan konten dan bahasa merek Anda. Anda juga dapat menambahkan tagar dan tautan di bio terpisah dari URL utama Anda untuk mengarahkan lalu lintas ke halaman media sosial lainnya. Tapi ingat, tautan dalam bio yang bukan URL utama tidak akan dapat diklik.

Terakhir, tambahkan URL yang relevan di mana Anda ingin mengarahkan lalu lintas – ini bisa menjadi halaman utama situs web Anda, halaman pendaratan, atau halaman demo produk Anda. Juga, pastikan Anda menggunakan tautan yang dapat dilacak untuk menganalisis lalu lintas yang bersumber dari halaman Instagram Anda.

Baca Juga :   Lokasi Dragonite

2. Buat Kalender Konten untuk Instagram

Langkah penting menuju mendapatkan hasil maksimal dari Instagram sebagai saluran adalah konsisten dalam menerbitkan konten. Oleh karena itu, memiliki kalender konten di tempat membantu pemasar menjaga jadwal posting mereka di jalur. Ini memungkinkan mereka untuk meneruskan rencana, dan mengotomatiskan proses penerbitannya ketika audiens mereka paling aktif.

Kalender konten Instagram Anda harus memiliki bidang utama jenis konten, keterangan, tagar, tautan grafik atau video, dan hari, tanggal, dan waktu penerbitan. Rencanakan konten Anda setidaknya dua minggu sebelumnya sehingga Anda dapat membuat kalender Anda fleksibel untuk perubahan.

Agar audiens Anda tetap terlibat, gunakan campuran yang tepat antara jenis konten dan format dalam kalender Anda seperti gambar, video, grafik teks, kutipan, meme, dan infografis. Kalender konten juga akan membantu Anda dengan mudah mengakses posting bersejarah Anda jika Anda ingin mempublikasikan ulang konten Anda sebelumnya.

3. Eksperimen dengan Konten yang Dikuratori

Menjadi kreatif dan menawan dengan konten Anda terkadang bisa melelahkan bagi pemasar. Cara terbaik untuk memastikan teh kreatif Anda tidak hangus adalah dengan menggunakan konten yang dikuratori dari profil yang relevan. Pemasar telah menggunakan kurasi konten sebagai pelarian dari menjadi monoton dan berulang-ulang. Konsep yang sama berlaku untuk pemasaran Instagram di mana Anda memilih sendiri konten yang relevan yang menurut Anda akan menarik minat pengikut Anda dan memberikan konten itu suara Anda sendiri.

Konten yang dikuratori adalah cara yang bagus untuk mengisi kekosongan di kalender konten Anda di mana Anda tidak dapat memuat hal lain. Ini juga memiliki manfaatnya sendiri, seperti jaringan dengan sesama profil, mencap diri Anda sebagai pakar industri, terhubung dengan influencer, dan diperbarui dengan tren di Instagram.

Cara ideal untuk membangun strategi kurasi adalah dengan mengikuti konten berbagi profil serupa yang relevan dengan audiens Anda. Identifikasi konten yang ingin Anda kirim ulang, gunakan judul yang menggambarkan maksud Anda untuk membagikan posting yang dikurasi ini, promosikan merek Anda sendiri bersama dengan itu. Jangan lupa untuk menandai pembuat konten asli dan memberikan kredit yang sesuai pada waktunya.

Contoh yang efektif dari konten yang dikuratori adalah berbagi kutipan oleh para pemikir terkemuka, pemengaruh industri, dan pemimpin pasar. Dalam posting di bawah ini, SEMRush membagikan penawaran oleh guru pemasaran dan manajemen, Seth Godin. Visual juga memberikan penghargaan kepada penulis, yang meningkatkan keterlibatan dan menambah kredibilitas ke posting konten yang dikuratori

4. Memasukkan Hashtag yang Relevan

Game hashtag sangat kuat di Instagram. Instagram memungkinkan pencarian konten pada tab ‘Discover’ yang didasarkan pada permintaan pencarian hashtag. Pengguna juga dapat mengikuti tagar ini seperti profil Instagram, dan konten yang diterbitkan menggunakan tagar ini akan muncul di umpan pengikut. Algoritma Instagram menggunakan tagar untuk membuat saran konten kepada pengguna atau membantu menemukan profil berbasis minat.

Menurut Sprout Social, posting Instagram yang menggunakan tagar mendapatkan peningkatan keterlibatan sebesar 12,6% dibandingkan dengan tagar yang tidak. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi profil bisnis di Instagram untuk menggunakan tagar. Tagar digunakan dalam teks Instagram yang mirip dengan Twitter, Facebook, LinkedIn, dan jejaring sosial lainnya.

Dengan meningkatnya persaingan pemasar Instagram, tagar juga menjadi lebih kompeten. Instagram memungkinkan Anda untuk menggunakan hingga tiga puluh tagar per teks. Dan meskipun tergoda untuk memanfaatkan uang saku ini dengan semua tagar yang relevan untuk bisnis Anda, Anda harus memiliki strategi Instagram untuk memanfaatkan tagar yang terbaik.

Para ahli menyarankan bahwa jumlah tagar yang optimal untuk digunakan dalam keterangan per posting adalah 11. Selain itu, hindari tagar yang terlalu populer, seperti #fitness, #health, #business, dan #marketing. Bangun strategi hashtag yang memiliki kombinasi seimbang antara tagar yang sangat populer, tagar yang relevan dengan industri, tagar buatan sendiri, dan tagar volume pencarian rendah.

Baca Juga :   Jasa Buat Web Rentcar / Rent Car

Grammarly memanfaatkan tagar waktu-nyata secara optimal dengan acara terkini seperti musim liburan dan Jumat untuk merujuk ke budaya populer.

Anda dapat menggunakan alat online seperti All Hashtag dan Ingramer yang akan membantu Anda menghasilkan tagar yang relevan berdasarkan industri, produk, atau layanan Anda. Anda juga dapat mempromosikan pengikut Anda untuk menggunakan tagar yang dibuat sendiri untuk membangun keterlibatan dan viralitas.

5. Leverage Cerita Instagram

Fitur cerita Instagram memiliki tingkat keterlibatan tertinggi di semua platform media sosial. Ini adalah alat yang ampuh bagi merek untuk terhubung, berdampak, dan menarik audiens mereka hanya dalam beberapa detik. Cerita Instagram adalah klip video atau gambar pendek dengan gif, tautan, dan / atau teks yang dapat dilihat pengikut Anda langsung dari atas aplikasi mereka dalam waktu dua puluh empat jam.

Anda dapat menggunakan cerita Instagram untuk mempromosikan konten Anda dan terlibat dengan audiens Anda dengan berbagai cara. Misalnya, Anda dapat berbagi pratinjau posting Instagram baru Anda atau produk fitur dengan tautan ke konten yang sebenarnya. Melalui Cerita, Anda juga dapat meminta pengikut Anda untuk mengajukan pertanyaan dengan fitur ‘Tanya saya’. Pertanyaan-pertanyaan ini akan tercermin dalam pesan Instagram Anda dan Anda dapat membagikan tanggapan Anda terhadap cerita tersebut, yang dapat berfungsi sebagai FAQ kepada orang lain yang menonton cerita Anda. Anda juga dapat menyelenggarakan polling tentang kisah Instagram Anda untuk meningkatkan keterlibatan dan kegembiraan audiens untuk peluncuran Anda berikutnya.

Anda juga dapat meng-host serangkaian cuplikan konten pada cerita-cerita Instagram Anda dengan tema atau skrip di tempatnya untuk melibatkan pengguna dan mendorong konten yang sedikit lebih tua. Gunakan stiker, gif, keterangan, tagar, sebutkan, filter, dan emotikon pada cerita Anda untuk menjadikannya lebih menarik dan menarik.

6. Beri Kesempatan IGTV

IGTV adalah aplikasi video yang berdiri sendiri yang dibangun oleh Instagram yang juga berfungsi sebagai fungsi pada aplikasi Instagram. IGTV memungkinkan pengguna untuk berbagi video dengan batas waktu antara 15 detik hingga 10 menit. Batas untuk pengguna bernilai tinggi mencapai 60 menit.

IGTV adalah platform hebat bagi merek untuk meng-host konten video lebih lama dari batas yang ditetapkan oleh Instagram. Merek memanfaatkan fitur-fitur IGTV dengan banyak cara dan Anda dapat mengambil inspirasi untuk diterapkan dalam strategi Anda sendiri.

Contoh: Membuat tutorial video dari fitur produk Anda, membuat podcast video dengan slot waktu yang lebih kecil, hosting sesi tanya jawab dengan pengikut Anda, atau berbagi konten yang dibuat pengguna di profil Anda sendiri akan membantu membangun kepercayaan dan keterlibatan dalam komunitas Anda.

Neil Patel, pakar pemasaran digital, mengoptimalkan penggunaan IGTV dengan membagikan konten berharga dalam video kecil yang berlangsung selama 6 – 10 menit.

7. Dapatkan Influencer Instagram

Influencer Instagram adalah pengguna yang telah membangun komunitas di platform dengan berbagi konten yang relevan yang beresonansi dengan audiens mereka. Mereka dapat memengaruhi keputusan audiens mereka tentang ide, produk, atau merek di ceruk pasar mereka. Pemasaran influencer Instagram adalah model pemasaran yang sangat menarik yang semakin banyak digunakan oleh merek untuk menargetkan kelompok pengguna yang merupakan audiens ideal mereka.

Merek semakin berinvestasi dalam kampanye Influencer di Instagram, dengan laporan menunjukkan bahwa Instagram menduduki peringkat teratas dalam saluran media sosial yang paling penting dan berdampak bagi pemasaran influencer.

8. Perluas Anda Menjangkau Dengan Iklan Instagram

Keterlibatan organik di Instagram menjadi semakin kompetitif dengan lebih dari 25 juta profil bisnis aktif di platform ini. Dalam skenario ini, selalu merupakan ide yang baik untuk mengambil bantuan iklan berbayar untuk meningkatkan pengikut, keterlibatan, aliran lead, dan konversi melalui iklan Instagram.

Iklan Instagram adalah platform iklan seperti platform iklan lainnya yang menawarkan solusi iklan untuk kampanye iklan bertarget. Ini memberikan segmentasi audiens berdasarkan kesukaan, minat, perilaku pembelian, dan interaksi orang. Ada berbagai format iklan yang dapat dipilih seperti iklan cerita, iklan foto, iklan video, iklan korsel, dan iklan koleksi.

Baca Juga :   Tips Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui

Menurut Adespresso, rata-rata iklan Instagram biaya per klik adalah $ 0,70 hingga $ 0,80, dan berbeda berdasarkan persyaratan iklan unik Anda. Anda dapat menjalankan iklan Instagram Anda menggunakan alat Pengelola Iklan Facebook.

Iklan Instagram adalah cara yang efektif untuk memaksimalkan profil Instagram Anda. Masukkan anggaran dalam strategi pemasaran Instagram Anda untuk 2019 untuk mengoptimalkan prospek dan konversi Anda.

9. Go Live di Instagram

Instagram Live adalah fitur di Instagram Stories yang memungkinkan pengguna untuk live streaming video mereka untuk mempromosikan dan membuat atau terlibat dengan audiens mereka secara real-time. Ini memungkinkan interaksi audiens melalui komentar dan reaksi berbasis emoji pada siaran langsung kepada pengikut.

Menayangkan langsung di Instagram membantu Anda terlibat dengan audiensi Anda secara langsung, menciptakan rasa konektivitas. Hal ini memungkinkan Anda untuk berbagi dengan menyelinap ke perusahaan Anda, acara, atau kehidupan sehari-hari. Anda juga dapat menyelenggarakan sesi tanya jawab dengan audiensi Anda di Instagram Live.

10. Menanggapi DM dan Komentar

Kunci untuk membangun komunitas interaktif adalah membuat keterlibatan di dalamnya dan memastikan Anda berkomunikasi dengan pengikut Anda. Pesan langsung (DM) adalah cara terbaik bagi prospek dan pengguna Anda untuk menghubungi Anda.

Pastikan DM Anda dihidupkan dan Anda mendapat notifikasi dari semua pengguna. Membalas semua pesan karena itu mungkin arahan. Tetapkan seseorang dengan latar belakang penjualan atau siapkan skrip untuk menjadi penghubung dengan prospek ini dan tindak lanjuti jika diperlukan. Ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengumpulkan id email dan menambahkan ke basis data Anda untuk mengirim email khusus bila diperlukan. Anda juga dapat mengotomatiskan balasan ke pengikut Anda dengan mengatur respons khusus di profil Anda.

Berhati-hatilah untuk menanggapi setiap komentar yang relevan pada posting Anda. Terus perbincangan dan cobalah untuk mendapatkan lebih banyak keterlibatan melalui komentar. Anda juga dapat mengikuti komentar di mana pengguna memberi tag teman mereka dan menawarkan penawaran khusus untuk konversi maksimum.

Dalam contoh Latermedia, platform penjadwalan media sosial ini, merek memastikan untuk menanggapi komentar yang diposting oleh pengikut untuk memastikan keterlibatan maksimum dengan audiens mereka. Tindakan ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan, tetapi juga membangun hubungan positif dengan pengikut.

 

Leave a reply