04 Jun

Apa Beda Instagram Facebook Twitter dan Linkedin untuk Marketing Online?

Apa beda dan manfaat masing – masing media sosial untuk pemasaran bisnis kita? Bagaimana cara menggunakannya secara optimal? Platform apa yang cocok untuk produk tertentu?

Kini, media sosial memberikan kita banyak sekali kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung dengan para konsumen potensial dan pelanggan. Yang menjadi masalah kita, adalah platform apa yang lebih cocok menjadi sarana kita berkomunikasi, dan berpromosi kepada mereka.

Untuk menjawab hal itu, kita harus memahami 1 hal penting. Yaitu, siapa target pasar kita.

Media sosial memberikan kita kesempatan untuk mentargetkan demografi tertentu. Hal ini penting supaya kita bisa menawarkan solusi untuk masalah yang dialami demografi tertentu. Atau, supaya kita bisa menawarkan produk yang diminati oleh demografi tertentu.

Karena itulah, kita bisa mulai dari demografi para pengguna media sosial tertentu.

Facebook merupakan media sosial yang penggunanya paling banyak. Pengguna FB mencapai hingga 2 kali pengguna Instagram. Tetapi, pengguna Instagram mayoritas merupakan kalangan muda. Utamanya yang berusia antara 18 hingga 29 tahun ( 59%). Dilain pihak, pengguna FB rata – rata berusia diatas 35 tahun.

Twitter memiliki sekitar 271 juta pengguna dari seluruh dunia. untuk usia pengguna, ada 35% pengguna twitter berusia antara 18 sd 29 tahun.

Untuk Linkedin, penggunanya sekitar 550 juta orang. Linkedin telah ada lebih lama dibanding Facebook dan twitter. Jadi, jauh lebih lama dibanding IG. Tetapi, Linkedin bukan media sosial biasa untuk chatting. Tetapi, lebih untuk menjalin jaringan bisnis.

Facebook Vs Instagram Vs Twitter Vs LinkedIn

Secara umum, ini adalah beberapa karakter demografi dari masing – masing media sosial.

  • Facebook

Beberapa hal penting untuk dicatat terkait promosi dengan Facebook

  1. Facebook adalah social media yang populer untuk kalangan usia menengah. Yaitu rata – rata diatas 35 tahun.
  2. Populer di kalangan pengguna di kota dan juga di pedesaan.
  3. Facebook dipergunakan masyarakat dari semua level ekonomi dan juga semua tingkat pendidikan.
  4. Pengguna FB lebih aktif dari kebanyakan medsos lainnya. Sekitar 70% pengguna FB login setiap hari dan 43% login lebih dari sekali dalam sehari.
Baca Juga :   Mengapa SEO dan Pemasaran Konten Harus Bekerja Bersama

Berdasar data ini, kita bisa mengetahui bahwa hampir semua orang yang menggunakan internet juga menggunakan Facebook.

Kelebihan dan kekurangan Facebook

  1. Facebook memiliki berbagai fitur seperti FB fans. Juga ada Live video dan juga slideshow.
  2. Ada Facebook’s Page Insigths and Analytics yang menunjukkan apakah halaman Fan Page kita perlu dioptimalkan atau tidak.
  3. User bisa menyukai dan mengikuti posting kita. Karenanya, posting kita terlihat di beranda mereka.
  4. Tetapi, user juga bisa juga unfollow dan posting kita tidak terlihat lagi di halaman beranda mereka.

Yang cocok untuk pemasaran Facebook

FB cocok untuk memulai usaha kecil. Kita bisa mentargetkan audience / pasar dengan lebih leluasa. Basis pengguna FB lebih seperti masyarakat sehari – hari.

  • Instagram

Beberapa hal penting yang terkait dengan menggunakan Instagram untuk berpromosi

  1. Instagram memberikan nafas yang yang lebih muda. Kini, lebih dari separuh pengguna IG adalah usia dibawah 29 tahun. Bahkan, mayoritas dari mereka login setiap harinya.
  2. Lebih banyak diakses dengan smartphone. Dan banyak digunakan kalangan muda yang lebih makmur.

Kelebihan dan kekurangan Instagram

  1. Pengguna Instagram sangat mengutamakan foto dan video yang berkualitas. Kita bisa sukses juga mesti menggunakan video dan gambar yang bagus.
  2. Harus menggunakan konten yang tepat dan hastag yang tepat. Ini adalah cara supaya posting kita bisa ditemukan orang lain.
  3. Instagram sejak awal didesain untuk menciptakan daya tarik visual yang tinggi. Juga didesain untuk mendapatkan engagement pengguna yang besar.

Produk dan jasa yang cocok dijual memalui Instagram

Instagram cocok untuk mempromosikan produk yang bisa diperlihatkan menarik secara visual. Jadi, cocok untuk produk pakaian / fashion, make up, gym atau penata rambut dan sebagainya.

  • Twitter

Twitter kini menjadi semacam saluran berita untuk kaum muda. Terutama bagi mereka yang berusia 18 sd 29 tahun. Pada tahun awal twitter, sosmed ini dahulu menjadi sarana berpromosi secara langsung. Kini, sudah berubah.

Catatan penting mengenai Twitter

  1. Menjadi saluran berita.
  2. Lebih banyak yang berusia muda. Pada tahun 2014, pengguna usia 18 sd 29 tahun ada 95 juta orang. Usia 30 sd 50 ada 54 juta. Dan, 44 juta orang pengguna usia 50 tahun keatas.
  3. Twitter dipergunakan masyarakat yang tinggal diperkotaan. Twitter secara umum kurang populer bagi masyarakat di desa.
  4. Pengguna Twitter umumnya lebih makmur serta berpendidikan lebih tinggi.
  5. Twitter juga populer bagi selebriti, politisi dan lainnya.
  6. Banyak disukai pebisnis di sektor teknologi.

Kelebihan dan kekurangan Twitter

  1. Teks untuk Twitter sangat pendek. sangat cocok unruk mempromosikan even atau pemikiran kita secara singkat. Cocok untuk menegaskan posisi kita terhadap suatu isu. Tetapi, pesan atau posting yang memerlukan substansi mendasar, atau penjelasan akan sulit dibuat di Twitter.
  2. Hanya cocok untuk menjawab konsumen secara real time. Tetapi, ini jika kita memiliki waktu untuk merespon mereka secara real time.
Baca Juga :   4 Tips untuk Mengoptimalkan Website

Apa yang cocok dipromosikan di twitter

twitter cocok bagi pebisnis yang ingin menarik perhatian para wartawan.

  • LinkedIn

Linkedin adalah platform social media untuk bisnis. Disini, kita ingin supaya prospek di medsos berubah minimal menjadi pembicaraan secara offline.

Catatan penting mengenai LinkedIn

  1. Kita bisa membuat halaman perusahaan. Bisa membuat poling dan juga berpartisipasi di dalam grup yang relevan.
  2. Kita bisa berbagi pengetahuan dan memposisikan perusahaan kita sebagai “Expert” pada sebuah topik tertentu. Ini adalah cara untuk mendapatkan kepercayaan dari pebisnis lain.
  3. Kita perlu berbagi konten secara teratur.

Kelebihan dan kekurangan LinkedIn

  1. Adalah situs yang fokus pada bisnis. Jadi bisa positif atau negatif tergantung tujuan kita.
  2. Bagus untuk mencari network bisnis. Tetapi, kita tidak bisa berbagi konten yang terlalu basa – basi seperti di medsos lainnya.

Apa yang cocok dipromosikan di Linkedin

Bisnis untuk bisnis atau B2B yang berusaha memecahkan masalah / memberi solusi untuk bisnis lainnya.

Bagaimana / Apa Konten yang Cocok untuk Facebook Vs Instagram Vs Twitter Vs LinkedIn

Ini adalah karakter utama dari berbagai media sosial yang ada. Kini, kita juga mesti mempertimbangkan beberapa hal yang akan berbeda hasilnya jika kita terapkan di medsos yang berbeda.

Ada konten yang bagus untuk 1 sosmed, tetapi akan jelek jika diterapkan di medsos yang lain.

  • Twitter, apa dan kapan melakukan posting

Kini karakter huruf di twitter telah meningkat hingga 280 dari 140 di tahun 2017. Tetapi, tetap saja ini karakter yang pendek. Biasanya, pebisnis yang melakukan tweet hanya melakukan tweet untuk konten yang berkaitan dengan promosi, data, kompetisi dan lainnya. Kontennya sendiri mungkin ada di tempat lain.

Saat ini, Twitter Feed masih disusun berdasarkan aturan yang paling terakhir ada diatas / berurutan. Jadi, kita perlu posting beberapa kali supaya konten kita terlihat oleh follower kita.

  • Facebook, apa dan kapan melakukan posting

Kita perlu memposting konten dengan cara seperti berbicara secara biasa. Bukan seperti berkesan promosi / hardsell. Ini adalah platform yang memang untuk bersosialisasi. Orang tidak terlalu senang mendapat promosi dengan cara hardsell terlalu sering.

Kita perlu mencari cara supaya audience kita tahu kita memiliki even atau produk baru. Tetapi, dengan cara yang tidak terlalu langsung.

Selain itu, kita perlu mencoba berbagai jenis konten supaya bisa mengetahui mana yang mendapatkan respon paling baik. Untuk waktu posting, idealnya sekali setiap hari.

  • Instagram, apa dan kapan melakukan posting

Instagram berbasis gambar. Ini hal yang nomor satu. Kita mesti membuat foto produk kita menarik jika tampil di Instagram.

Baca Juga :   Bagaimana Cara WA Web?

Instagram ada 2 jenis posting, Instagram Story yang umunya pendek serta posting yang permanent.

Jika ingin beriklan di Instagram, kita beriklan memlalui FB.

Instagram juga bisa di Tag lewat feed di FB bisnis kita. Jadi, pengguna Fb bisa membeli di Instagram story kita.

Kunci keberhasilan promosi di IG adalah kualitas konten dan konsistensi. Kita boleh saja memposting beberapa kali di IG kita. Tetapi, mesti memberikan konten relevan serta memang ada yang kita tawarkan kepada audience kita.

Instagram ini memang visual, jadi, akuntan memang mungkin sulit menemukan format visual yang sesuai untuk konten IG mereka. Tetapi, foto “sebelum dan sesudah” untuk renovasi rumah sangat mudah memikat pengguna Instagram.

  • LinkedIn, apa dan kapan melakukan posting

Linkedin adalah platform untuk bisnis. Platform ini penggunanya adalah para profesional untuk mencari jaringan. jadi, tujuan kita adalah membangun jaringan.

Yang lebih utama lagi, kita bisa mendapat prospek yang mau untuk bertemu dan berbicara secara offline dengan bisnis kita.

Kita perlu mengajak karyawan untuk mengikuti akun perusahaan di Linkedin. Jadi, mereka bisa membantu kita membangun jaringan lewat jaringan mereka.

Kita juga perlu posting seminggu sekali. Konten kita harus memberikan solusi untuk bisnis para audience kita. Hanya dengan cara ini bisnis kita bisa mereka percaya.

Mana Media Sosial yang Paling Cocok Untuk bisnis Facebook Vs Instagram Vs Twitter Vs LinkedIn

Memutuskan social media mana yang paling cocok untuk menjadi platform promosi bisnis kita memang perlu pertimbangan. Tentu, semua tergantung karakter konsumen yang ingin kita tuju. Jika konsumen kita orang pribadi, maka FB, Twitter dan IG lebih cocok. Jika konsumen kita juga bisnis, maka Linkedin tidak bisa kita tinggalkan.

Untuk mengetahuinya, kita perlu memandang dari sudut pandang konsumen potensial kita. Disini, tidak ada 1 rumus yang cocok untuk semua orang. Jadi, ada baiknya kita mencoba berbagai teknik pemasaran dan melihat mana yang hasilnya lebih baik bagi kita.

Selamat mencoba dan berpromosi. Salam sehat dan sukses luar biasa!

5/5 - (1 vote)

Leave a reply