24 Aug

Cara SEO Youtube – SEO Mudah Youtube Langsung Praktek

Cara mendapatkan uang dari Youtube. SEO Youtube dan ribuan traffic dari Youtube. Sekarang, 70% orang yang online menonton video. Marketing kita harus dimulai dari Video juga.

Cara SEO Youtube – SEO Mudah Youtube Langsung Praktek

Pernah memikirkan bagaimana mendapatkan traffic banyak dengan Youtube? Ada beberapa cara untuk membuat video kita tampil dengan PD di Youtube dan mudah ditemukan orang.

Oh ya, sekarang, jika bicara video, kita hanya bicara soal Youtube saja. Yang lainnya kurang cocok dibahas. Volumenya terlalu kecil.

Youtube, saat ini digunakan oleh 70% pengguna internet. Ya, jika kuota lebih murah dan internet lebih cepat, trend ini semakin besar.

Sekarang, sudah jarang yang betah membaca meskipun masih banyak juga. Tetapi, memiliki video akan membuat lebih interaktif.

Pada tahun 2010, ada 25 juta orang yang melihat video mobile. Dan, 77 % mengatakan mereka menonton video lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya.

Untuk Youtube sendiri, dalam 3 bulan mereka memiliki 4 milyar pengunjung. Saat ini, ada ribuan selebriti Youtube dan 80.000 video baru diupload. Total ada sekitar 200 juta klik setiap harinya.

Untuk waktu menonton, masing – masing menghabiskan waktu sekitar 27 menit setiap harinya.

Yang pasti, jumlah ini semakin bertambah. Smartphone semakin murah dan pemiliknya semakin banyak. Selain itu, jaringan internet juga semakin cepat.

Sekarang, mulai isinya.

Cara mendapatkan uang dari Youtube

Untuk mendapatkan uang dari Youtube.

  • Kita harus memiliki video dengan trafik minimal 10.000. Dan, didaftarkan iklan adsense.

  • Atau, punya banyak subscribber dan menjadi endorse untuk berbagai produk.

  • Atau, bisa juga menjual produk sendiri.

Ketiganya bisa menghasilkan uang.

Tetapi, ketiganya bisa berjalan jika ada traffic atau pengunjung dalam jumlah yang mencukupi.

Sekarang, ada beberapa cara untuk mendapatkan traffic video Youtube dalam jumlah besar.

Step by Step Panduan SEO Youtube

SEO Youtube agak berbeda dibandingkan SEO website.

  • Menggunakan Video pendek

Video yang kita upload singkat saja. Maksimal 3 menit dan seefektif mungkin. Ingat, Video ini masih tergolong menghabiskan kuota. Jikabertele – tele, maka yang melihat bisa jengkel.  Hasilnya, dia tidak menjadi subscribber atau tidak kembali lagi.

Jika saat ini video yang rangkingnya diatas itu banyak yang panjang, maka silahkan saja dibuat. Tetapi, jangan bertele – tele. Itu kuncinya.

  • Rekam video secara profesional

Kita bisa saja mendapatkan klik banyak untuk sebuah video di channel kita. Itu karena pengunjung sudah terlanjur penasaran dengan jumlah views yang ada.

Tetapi, jika video gambarnya bergoyang, buram atau terkesan asal – asalan, maka video lain di channel kita bakalan tidak dilihat.

Padahal, ada yang namanya video retention. Video retention adalah berapa persen orang yang melihat 1 video kita melihat video lainnya.

Jika persentasenya besar, rangking video kita di Youtube akan naik juga.

  • Memasang URL website di bawah video kita

Cara ini juga meningkatkan traffic ke website kita juga.

  • Mencari ide “gila” atau tidak umum

Banyak idenya, misal Ipad diblender. Mesin press 200 ton VS iPhone X atau semacam itu.

Mahal? Ya, bisa juga dengan ide lain. Misal masuk pom bensin dengan mobil – mobilan. Yang terakhir ini pernah dilakukan seorang Youtuber Indonesia.

  • Mencari kata kunci

cara seo youtube

Kata kunci ini bukan hanya untuk dicari di Youtube nya sendiri, tetapi juga untuk dicari melalui Google. Yang pasti, kata – kata seperti “review,” test” “tutorials” atau How to” merupakan kata kunci yang menjadi langganan di pencarian Google.

Jika kita bisa membuat video tutorial untuk berbagai kata kunci tadi, maka kesempatan kita tampil di hasil pencarian Google juga meningkat.

Tetapi, jika bukan tutorial, gunakan kata – kata seperti “funny” atau “lucu.”

Kamu bisa mengamati kata kunci yang digunakan pada sebuah video populer. Dan, menggunakan apa saja yang kira – kira memberikan efek pengin nge-klik sebagus itu.

Tetapi, ingat. Video kita juga harus bagus ya Gaesss..

Usahakan, kamu punya aku Google webmaster tools. Dan gunakan Google Keyword Planner.

Kata kunci yang kita kejar itu minimal dicari 300 kali ya sebulan. Biasanya, untuk traffic yang didapat sudah lumayan.

Kalau semakin besar, ya semakin banyak potensinya. Tetapi, persaingan juga meningkat.

  • Membuat video response

Yang namanya video response adalah posting video untuk merespon video lainnya. Langsung saja pilih sekitar 10 video paling laris di niche kita untuk kita beri video response. Akan banyak juga yang akan mampir.

  • Mencari tahu situs web yang banyak mengirim pengunjung ke Youtube

Ada bagian statistik di Youtube yang bisa kita pakai. Salah satu datanya menunjukkan website mana yang memberi pengujung pada sebuah video.

Sekarang, cari video yang laris di niche kita. Kemudian cari website yang banyak berkontribusi mengirim pengunjung.

Jika kita bisa submit video langsung, silahkan langsung submit. Jika belum, silahkan mengirim email sebagus mungkin supaya video kita diembed oleh adminnya.

  • Mendandani channel Youtube

cara seo youtube 2

Banyak yang terkadang luypa untuk mendandani channel Youtube supaya terlihat profesional.

Jangan lupakan dandanan juga karena pasti berpengaruh pada kesan positif pengunjung.

Tambahan lagi, ada bagian deskripsi yang bisa kita gunakan untuk menambahkan kata kunci yang sesuai bagi video atau bisnis kita.

  • Membuat custom thumbnails

Pernah melihat custom thumbnails yang aneh? misal video ular terbesar thumbnails nya ular membelit truk?

Meskipun seperti click bait tetapi cara ini selalu dipraktekkan orang. Jika Kamu nggak suka yang seperti ini, bisa kok berkreasi dengan cara yang lain.

Beberapa faktor – faktor yang mempengaruhi rangking video Youtube

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rangking video Youtube kita. Ingat, rangking video Youtube berbeda dengan rangking SEO sebuah website.

Rangking Youtube ini lebih dihitung berdasarkan interaksi penonton dengan Video kita.

  • Komentar

Komentar adalah salah satu penanda video kita bermanfaat atau tidak. Terlepas dari komentar positif atau negatif, semakin banyak komentar semakin meningkatkan rangking video.

Sangat dianjurkan untuk sering membalas komentar dengan baik.

  • Thumbs up / thumbs down

Kalau yang ini memberikan nilai plus / minus untuk video kita

  • Subscribe dan share

Subscribe dan share menentukan rangking video kita di Youtube. Semakin banyak subscribe dan share, semakin bagus trangking video Kamu di Youtube.

Nah, sekarang, setelah kita memiliki video Youtube yang banyak klik dan banyak subscribe, maka kita bisa menjadikannya uang.

Ya, sebemarnya bisa juga kita jualan langsung saat membuat video pertama. Tetapi, beberapa teknit diatas tetap saja disarankan untuk dipakai.

Oke gaess, inilah tips cara SEO Youtube dan juga cara mendapatkan uang dari Youtube. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply