26 Aug

Tips Instagram Marketing Rahasia yang Powerfull

Tips Instagram marketing mulai dari bagaimana meningkatkan follower, leads ( like, follow atau comment ). Bagaimana cara menjual lewat Instagram.

Apakah yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan follower Instagram kita. Saat ini, kita tidak hanya berbicara mengenai follower, tetapi follower yang tertarget juga. Dengan follower tertarget, jauh lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan.

Instagram, saat ini bukan lagi sekedar media sosial. Tetapi juga merupakan situs untuk berbelanja. Sebagian pengguna Instagram menggunakan IG memang dengan niat berbelanja.

Karena itulah, banyak juga pebisnis yang berusaha bersaing di G untuk menjual. Sayangnya, tidak semua penjual mengetahui caranya.

Saat ini, pengguna Instagram mencapai 400 juta lebih setiap bulannya. Instagram, juga memiliki tingkat engagement tertinggi di dunia. Jadi, kita juga harus terjun untuk menggunakan Instagram menjadi media sosial yang unggul untuk berpromosi.

Sekarang, Tips rahasia marketing Instagram.

Gunakan foto awal 3 sd 9 buah

Saat mulai, jangan sampai akun Instagram kita kosong dari foto. Jika memang belum siap 100% untuk online, bisa menggunakan halaman “Coming soon” dari Instagrid.

Aplikasi ini lumayan mudah digunakan. Jika kita punya 3 sd 9 foto yang memang Instagramable, tinggal kita aplikasikan saja. Contoh hasilnya seperti dibawah ini:

Atau seperti ini:

Tips Instagram Marketing

Membuat bio yang bermanfaat serta menarik

Bio kita perlu informasi yang detail misal soal alamat atau nomor telepon / WA. Untuk kata menarik, Anda pasti tahu apa maksudnya.

Menghindari kata – kata yang terlalu “Sales”

Misal, pusat baju pria lengkap Bandung. Kata – kata ini terlalu kentara menjual.

Lebih baik jika menggunakan kata – kata seperti” Selamat datang di roko A. Pusat baju pria dan kantor yang terjamin dan jaminan termurah. Silahkan mampir dan buktikan sendiri 🙂

Juga, gunakan emoticon di akhir kata tadi.

Ini adalah salah satu bio Instagram yang menarik:

tips cara marketing instagram 1

Akun Instagram jangan di private

Kalau kita gembok, yang mau melihat siapa?

Kalau ada yang mau melihat konten kita kesulitan, ya pasti cari yang gampang saja.

Kalau kita mau mencari follower, jangan memakai cara yang seperti ini. Terbuka dengan apa yang kita tawarkan jauh lebih baik. Kalau mereka tidak cocok, ya unfollow lagi. Sekarang semua tinggal model klik atau tap HP saja.

Jadi, kita mestinya memberikan kualitas supaya mendapat follower.

Menghadapi Audience – Follow mereka –> interaksi

Kita saatnya menghadapi audience kita. Yang akan kita follow adalah Buyer Persona yang menjadi target pasar kita. Kita bisa mencari follower yang juga memfollow kompetitor kita. Yang pasti, kebutuhan atau selera orang – orang tadi sama lah dengan tawaran kita.

Kita follow mereka. Memberikan pujian atau like do foto mereka. Tetapi, jangan berpromosi disana. Jangan sampai merk kita dikenal nyepam. Jika ada followback, maka bisa menambah follower kita.

Beberapa waktu, kita bisa unfollow beberapa orang. Bisa dilakukan jika Anda merasa nyaman. Yang mana yag di unfollow itu terserah Anda. Bisa juga unfollow yang tidak Followback kita.

Setelah itu kita bisa mendapat follower lebih banyak tetapi meminimalkan update mereka masuk ke akun kita.

Jangan Spam

Spam sering dilakukan marketer Indonesia. Jika kita mengikuti akun artis, maka setiap update mereka biasanya selalu ada spam nya. Untuk kita sendiri, kita berkomitmen membangun bisnis kita dengan cara yang baik.

Untuk kesehatan bisnis kita dimasa depan, sebaiknya relasi kita dengan pelanggan terjadi secara alamiah dan bukan dengan model Spam. Spam ini membuat kredibilitas bisnis kita rendah sebenarnya.

Gunakan konten profesional

Kita mestinya menggunakan konten yang membuat audience terpikat. Jangan biarkan foto low quality kita upload ke akun kita.

  • Foto profesional

Meskipun bukan dengan foto profesional, kita mestinya menjaga foto yang kualitasnya bagus yang kita gunakan. Foto blur dan sebagainya harus dihindarkan.

Jika memungkinkan, bisa juga belajar memotret dengan setting pencahayaan dan komposisi yang baik. Tentunya supaya foto terlihat indah.

Kemudian, kita juga bisa menggunakan foto yang “seragam” karakternya untuk akun kita.

tips cara instagram marketing

Atau yang seperti ini:

tips cara marketing instagram

  • Juga, kita bisa menggunakan tulisan diatas foto kita

Supaya artistik, kita bisa menggunakan aplikasi untuk membuatnya indah.

  • Membuat foto / konten yang memiliki emosi

Memajang foto orang naik gunung dan minum jus milik kita, pasti lebih mengena dibanding sekedar minum saja. Ya, kalau naik gunung terlalu jauh, bermain bola juga bisa.

cara membuat foto yang bagus untuk di instagram

Untuk foto diatas, promo kaus kaki berwarna hijau itu sangat mengena.

Menghindari hard selling

Hard selling bukan pilihan yang baik untuk pemasaran kita. Hard selling adalah cara menjual yang langsung. Misal, ada orang masuk dealer motor. Kemudian, langsung ditawari membeli dan membayar DP oleh seorang sales. Atau, bisa juga diminta nomor telepon yang bersangkutan dan ditelepon beberapa hari kedepan.

Contoh buruk lain, dahulu ada daerah wisata yang para pedagang asongannya menggunakan prinsip, pegang berarti beli.

Cara pemasaran ini membuat konsumen terganggu kebebasannya untuk memilih produk yang sesuai dengannya.

Ada contoh cara pemasaran yang tidak terlihat memasarkan. Tetapi sangat menarik untuk dibeli:

tips instagram marketing

Menggunakan hastag yang tepat

Meskipun kita bebas menggunakan hastag, tetapi tidak perlu menggunakan semuanya. Yang jelas, tampilannya akan terlihat seperti Spam. Jika ada orang lain yang menggunakannya, akan terlihat mirip Spam.

Apalagi jika hastag yang dibuat tidak akurat. Dan, hanya bertujuan untuk menarik audience saja.

Misalnya, hastag #service gadget ternyata tidak ada service gadget. Yang ada hanya menjual gadget saja.

Yang seperti ini pasti hasil akhirnya justru menjengkelkan.

Jangan terlalu sering update

Alasannya, tentu mengganggu follower kita. Semakin sering update, semakin jenuh mereka dengan merk kita. Karena lini masa Instagram nya hanya dipenuhi update kita saja.

Yang pasti, silahkan menggunakan aplikasi untuk update secara teratur.

Untuk waktu updatenya, silahkan membuat riset kapan kira – kira jam atau hari update kita paling efektif untuk dilakukan.

Menggunakan tools

Kita perlu menggunakan tools untuk manajemen konten yang lebih baik. Misal, tools untuk visual creator hingga editing foto.

Kampanye dan promosi

Bisa saja Anda membuat kuis dengan hadiah menarik. Misal boneka lucu. Cara seperti ini akan cepat juga menarik follower baru.

Menjalin kerjasama

Menjalin kerjasama merupakan salah satu cara untuk memperluas jaringan dan pasar.

Kita bisa mencari yang followernya tinggi. Atau, bisa juga mencari yang memang menawarkan kerjasama.

Jika kita membayar, maka kita membayar untuk endorsement produk atau jasa kita.

Tetapi, bisa juga gratis.

Kita bisa memberikan contoh produk untuk di review. Cara seperti ini lumayan juga hasilnya. Tetapi, biasanya dilakukan jika follower Instagram partner kita itu jumlahnya sebanding degan follower kita.

Mencari ide dari kompetitor

Ini adalah cara yang paling gampang. Untuk foto saja, kita bisa membuat foto – foto kita memiliki standar yang lebih baik dari kompetitor kita.

Menggunakan email marketing

Menggunakan email marketing bisa juga dicoba. Anda bisa memulainya dengan mengumpulkan email list dari Instagram.

Caranya, kita menampilkan konten, misal ebook dan link download di Bio. Kemudian, ada form untuk memasukkan email.

Mencoba beriklan

Beriklan di Instagram tidak harus menakutkan. Yang pasti, budget iklan ini kan kita sendiri yang menentukannya. Jadi, tidak ada masalah dengan beriklan.

Tentunya, Anda juga perlu belajar cara beriklan yang baik di Instagram jika ingin untung.

Inilah artikel tentang tips Instagram marketing. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!


  • blogspot

Share this

Leave a reply