03 Oct

Tips Blogger – Apa Yang Perlu Dilakukan dan Apa yang Perlu Dihindari

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Tips blogger ini ditujukan untuk memahami tentang blog atau apa sih blog itu, tips menulis blog dan tentunya apa keuntungan menjadi blogger.

Tentang blog, blog sendiri adalah media tulisan online yang ditulis oleh orang pribadi seperti kita. Blog bisa berisi berbagai macam konten mulai konten khusus memasak hingga konten campur – campur.

Urusan konten ini, sebenarnya adalah hak pribadi kita. Kita bisa menulis di satu blog tentang masakan yang baru kita buat hingga aktivitas kita “ngolong” memperbaiki mobil.

Tetapi, untuk urusan rangking di Google, blog yang memiliki 1 tema khusus lebih cepat unggul di rangking Google.

Keuntungan menjadi blogger adalah bisa menyampaikan pikiran kita kepada orang lain.

Yang kedua, kita bisa mendapatkan uang. Kita bisa memasang iklan di blog kita dan mendapatkan uang dari sana. Kita juga bisa menggunakan blog untuk memasarkan produk – produk kita sendiri. Nah, dengan bertambahnya usia blog serta jumlah posting, maka dagangan kita diharapkan akan semakin laris.

Tips Blogger

  • Tulis yang kita sukai atau kita kuasai

Menulis tentang hal yang kita sukai jauh lebih nyaman untuk jangka panjang. Menulis di bidang yang kita kuasai juga memudahkan kita untuk menulis secara akurat dan berkualitas.

Kita mesti punya passion tentang hal yang kita tulis. Jika tidak, kalimat kita pasti menjadi terlalu datar karena bosan menulis.

  • Tulis dari sudut pandang berbeda

Misal kita menulis tentang perjalanan ke Bandung dari Jakarta.

Sejak pagi jam 6 kami sudah bersiap menuju Bandung dari Jakarta. Hari ini adalah resepsi pernikajan rekan kantor kami di sebuah villa di daerah Lembang.

Acaranya diadakan jam 10 pagi, tetapi di akhir pekan siapa tahu jalan ke Bandung lebih macet. Hari ini, jam 6.15, Anton yang bertugas menyetis sudah menyalakan mesin. Kamipun berangkat dan masuk tol dalam kota.

Akhirnya, tol menuju Bandung ternyata masih lumayan sepi di pagi ini. Mobil bisa dipasu di 100 an km per jam. Obrolan kamipun yang awalnya ramai, kini semakin sepi seiring mobil melaju menuju jalur luar kota. Tentunya dengan pemandangan yang hijau dan lapang. Agak beda dengan pemandangan Jakarta yang penuh gedung – gedung tinggi.

sekitar 3 Jam perjalanan, kami mencapai pintu tol pasteur. Kami menuju flyover Surapati dan menuju ke Lembang.

Biasanya, hal semacam itu yang kita tulis. Tetapi, kita bisa menambahkan hal lain yang lebih personal. Misalnya, kita bisa membahas tanda peringatan semacam “awas angin dari smaping” yang ada di jalan tol ini. Bagaimana perasaan Anda saat membacanya. Apa yang Anda bayangkan saat melihat deretan lembah di pinggir tol ke Bandung tersebut.

Semua hal ang pribadi tersebut pasti berbeda dibandingkan pengalaman orang lain.

Usahakan, kita selalu menggunakan “sentuhan” berbeda saat menulis hal yang bahkas sudah sangat umum.

  • Menulis seperti saat kita berbicara

Lita menulis seperti saat kita berbicara. Biasanya, kita bisa cerewet jika bicara yang kita minati. Nah, di tulisan blog kita, gunakan alur cerita dan bahasa yang serupa untuk menulis.

Jika kita mengalamai masalah dengan penggunaan kata, sebaiknya berhenti dahulu. Atau, kita lewati dahulu. Kita teruskan cerita kita seolah cerita tadi sudah selesai.

Untuk penggunaan kata yang salah, akibatnya lebih fatal daripada kesalahan titik dan koma.

  • Membuat konten yang bagus

Kita mestinya membiasakan menulis konten yang kita sendiri senang membacanya. Jika tema atau topik tulisan kita ternyata sudah banyak ditulis, kita gunakan pendekatan yang lebih pribadi seperti penjelasan didepan.

  • Latihan memotret dengan baik

Foto yang baik sangat memberikan manfaat bagi popularitas blog kita. Artikel yang baik ditunjang foto yang menarik akan mudah menjadi hit dan di-share banyak pembaca.

Foto bisa menipu kita. Sebuah resep makanan yang tidak enak jika dipraktekkan bisa disukai karena fotonya yang menawan. Tetapi, resep yang enak dengan foto pas – pasan mungkin akan dipandang sebelah mata.

Tips blogger – yang perlu dihindari

  • Tulisan copy paste atau copas

Ini sama saja mengundang penalti dari Google dan mesin pencari lainnya. Bagi pembaca, tinggal tunggu saja sampai ia menemukan blog sumber copasnya. Dan blog semacam ini pasti ditinggalkan.

  • Tulisan berita

Kecuali kita memang berniat membangun blog berita yang kredibel, jangan menulis soal berita. Biasanya sih akan tidak dipercaya isinya.

  • Terlalu banyak iklan

Iklan yang terlalu banyak pasti mengganggu pemandangan. Yang kedua, loading blog pasti lambat.

  • Desain blog ramai

Ada ikon flash, atau ikon mouse yang tidak biasa. Ada taburan salju dn sebagainya. Pada jaman dahulu, saat blog masih jarang, blog semacam ini mungkin terlihat indah. Tetapi sekarang justru membuat loading menjadi berat.

  • Menggunakan font yang sulit dibaca

Sebaiknya kita gunakan font yang biasa kita gunakan untuk menulis saja.

  • Jarang update dan tidak konsisten

Blog yang jarang update tidak disukai pengunjung dan Google. Ibaratnya, sebuah rumah kosong tanpa aktivitas.

Konsistensi dalam hal kualitas juga penting. Jangan sekedang kejar setoran. Kita tidak bisa menulis 200 kata di suatu artikel kemudian menulis 2000 kata di artikel lainnya.

Pengunjung kita bisa kembali jika ia mengharapkan kualitas yang setara. Pengunjung kita akan kembali jika ia tahu bahwa setiap artikel ada yang memberikannya manfaat.

Kesimpulan

Tips blogger tentang apa yang perlu kita lakukan atau yang kita hindari dalam blogging ini adalah yang paling umum namun paling terasa bedanya saat dipraktekan. Salam dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Please rate this



Share this

Leave a reply