12 Feb

Teknik SEO 2019 Terbaru (on Page dan Off Page)

Teknik SEO untuk 2019 tidak terlalu banyak berugah secara fundamental dibanding tahun sebelumnya. Bedanya, barangkali hanya Google nya yang lebih pintar menemukan teknik spam yang dahulu masih lolos.

Tetapi, tentunya tetap ada beberapa teknik yang penting untuk diketahui dan diterapkan.

Teknik SEO terbaru 2019

  • Struktur data template yang optimal.

Struktur data template kita mesti dibenahi supaya mudah di – crawl oleh robot Google. Yang terlihat, jika kita search di Google maka gambarpun akan terlihat di hasil pencarian.

Kita bisa membaca tutorial tentang cara mengoptimasi struktur data template kita di schema.org atau di Google sendiri.

Mengapa perlu struktur yang optimal?

Sekarang, kita punya gambar yang bernama “avatar.” Apakah avatar kita adalah avatar dari film 3D ataukah berupa gambar thumbnail dari penulis blog?

Google akan kurang mengerti jika kita tidak menjelaskannya.

Sekarang, jika kita punya halaman dengan konten film avatar, maka html kita sebaiknya terlihat seperti dibawah:

<div>
<h1>Avatar</h1>
<span>Director: James Cameron (born August 16, 1954)</span>
<span>Science fiction</span>
<a href=”../movies/avatar-theatrical-trailer.html”>Trailer</a>
</div>

Kemudian, kita perlu memberikan identifikasi bahwa bagian ini tentang film avatar:

<div itemscope>
<h1>Avatar</h1>
<span>Director: James Cameron (born August 16, 1954) </span>
<span>Science fiction</span>
<a href=”../movies/avatar-theatrical-trailer.html”>Trailer</a>
</div>

Kata “itemscope” disini menunjukkan bahwa pembahasan kita adalah tentang film tersebut.

Tetapi, kita sebenarnya perlu juga memberi tahu Google dan mesin pencari / mesin telusur lain bahwa link yang ada disana adalah link trailer film tersebut. Kita perlu menambahkan code lainnya.

Jadi, dengan sekali berkunjung Google bisa langsung membaca apakah sebenarna isi konten kita.

Jika Anda ingin tutorial lebih lanjut, silahkan melihat ke schema.org atau Google.

Disana ada tutorial untuk membuat struktur data yang lengkap, Vocabulary standar yang dipergunakan mesin telusur dan sebagainya.

Ibaratnya, kita bisa hanya menyerahkan nama saja atau nama beserta nomer KTP dan KK dan sebagainya kepada Google. Jika data kita lengkap, identifikasi oleh Google dan mesin telusur lainnya menjadi jauh lebih mudah.

  • Tampilan yang user Friendly

Penampilan website yang user friendly ini penting. Mesin pencari kini sangat memeperhatikan hal semacam ini. Bagaimana mereka melihatnya?

Dengan rasio pentalan atau bounce rate. Jika rasio pentalan atau bounce rate tinggi, maka website akan dipandang sebagai kurang baik untuk pembaca / pengunjung.

Sekarang, apa saja faktor penyebab rasio pentalan menjadi tinggi?

Tidak mobile friendly. Atau tidak ramah gadget.

Layar kecil gadget akan membuat website sulit terbaca karena tulisan menjadi sangat kecil atau gambar bertumpuk.

Jika Anda menggunakan CMS seperti wordpress, silahkan menggunakan template generasi terakhir. Template generasi terakhir sudah memiliki desain responsif atau ramah dengan gadget.

Website lambat

Saat ini seorang pengunjung maksimal hanya mau menunggu 5 detik untuk membuka halaman suatu website. Jika lebih, jangan harap mereka mau menunggu atau akan kembali lagi. Jika mereka membuka satu halaman website dan langsung pergi karena tidak betah menunggu, maka catatan rasio pentalan jelas bertambah.

Menggunakan pop up.

Iklan Pop Up memang merupakan salah satu cara untuk mencari uang. Tetapi jangan terlalu banyak iklan apalagi dengan pop up dan pop under.

Berapa yang disebut terlalu banyak?

Google sendiri menyatakan, area iklan maksimal 30% dari area website yang terlihat setiap saat. Jika lebih banyak, maka dipastikan mengganggu kenyamanan pengunjung.

Google tidak akan memberi pinalti website karena iklannya kebanyakan. Tetapi, akan menurunkan rangkingnya. Dan, jika pengunjung merasa terganggu maka bounce rate akan meningkat. Jika bounce rate naik maka rangking tambah turun lagi.

Navigasi yang buruk

Link navigasi yang baik bisa membuat kita berkunjung ke semua halaman dengan maksimal 3 klik. Akan lebih baik jika bisa 2 klik. Jika lebih dari 3 klik, pastinya ada pengunjung yang akan merasa direpotkan menggunakan website kita.

  • Konten berkualitas

Konten copas mungkin tidak terlalu diperhatikan pembaca. Tetapi hampir pasti tidak diindeks oleh Google.

Konten berkualitas bukan berarti konten tersebut belum pernah ada sama sekali. Surat kabar memuat berita yang hampir sama setiap harinya. Tetapi, cara pembahasannya bisa saja berbeda. Kita juga bisa membuat konten bertopik sama dengan milik orang lain. Tetapi harus tetap memiliki kekhasan dibanding lainnya.

  • Punya multimedia dan SEO Multimedia.

Saat ini file multimedia memiliki peran dalam SEO. Mesin telusur adalah mesin telusur text, tetapi memberi rangking bagus juga untuk multimedia.

Tetapi, tidak semua file multimedia akan mudah diindeks dan mendapat rangking tinggi. Jika Anda ingin tahu cara SEO Video dan Gambar, silahkan berkunjung ke post di link tadi.

  • Punya jumlah posting memadai

Memiliki jumlah posting yang memadai itu penting. Yang pertama, setiap konten pasti berisi kata kunci dan topik tertentu. Jadi, jika Anda punya 5000 posting pasti berbeda dibanding jika posting Anda cuma 500 saja. (anggap saja kualitas tiap posting sama).

Hasil indeks dari 5000 posting pastilah memberikan jauh lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan rangking yang baik di Google daripada 500 posting.

  • Menggunakan HTTPS

HTTPS merupakan protokol dengan keamanan karena data yang lewat akan dienkripsi. Google kini sangat menyarankanpenggunaan HTTPS seperti ini. Bahkan, jika sebuah website tidak menggunakan HTTPS, maka Google Chrome akan membuat pengumuman bahwa website tersebut tidak aman.

Bagi yang mengerti masalahnya, maka bisa saja tetap berkunjung. Jika tidak mengerti masalahnya, mungkin akan mengira website tersebut terkena virus dan batal berkunjung.

  • Promosikan website

Promosi adalah sarana penting untuk memperkenalkan produk dan jasa kita. Jadi, promosi website juga penting. Kita bisa mempromosikan situs kita di media sosial dan sebagainya. Silahkan ikut bergabung di forum – forum. Anda bisa menjawab pertanyaan dari peserta lain dan semakin lama akan semakin cepat terkenal.

  • Mencari backlink

Backlink yang bagus masih sangat penting. Jika situs pemberi backlink adalah situs yang bagus dimata Google, maka backlinknya juga akan dilihat bagus oleh Google.

Minimal, cari backlink dari situs yang umurnya diatas 2 tahun dan sebisa mungkin punya Google Adsense.

Link internal juga sebenarnya sangat penting. Terkadang saya menyambungkan halaman tertentu dengan link internal. Dan, link tadi sudah cukup untuk menaikkan ranging beberapa posisi.

  • Gunakan Google Webmaster Tools

Google webmaster tools sangat lengkap dan mudah digunakan. Ada salah satu feature berupa fetch as Google yang bisa digunakan. Dengan fetch as Google, maka posting kita bisa cepat terindeks di Google.

Jika kita punya 2000 halaman post dan semua terindeks di Google, rangking kita pasti berbeda dibandingkan jika hanya 700 post yang terindeks.

Inilah beberapa tentang teknik SEO terbaru 2019. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply