12 Oct

Panduan Sederhana Meningkatkan Rangking Website di Google

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya?

Jika berbicara mengenai rangkjing website, maka kata yang paling diingat adalah SEO (Search Engine Optimization).

Teknik SEO bisa cukup banyak. Tetapi ada juga panduan sederhana yang bermanfaat untuk menaikkan peringkat website di Google.

Jika mendengar kata SEO, sebagian orang mengkaitkannya dengan kata kunci. Hal ini tidak salah. Google juga memberikan penilaian tentang situs dan halaman kita berdasar kata kunci ini.

Sebenarnya, ada beberapa faktor SEO lain yang pengaruhnya cukup besar. Antaralain: backlink, outbound link, share medsos serta rasio pentalan. Semua itu semestinya kita optimalkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal semacam itu juga sering dibahas. Tetapi, ada hal lain yang akan kami bahas disini.

  • Website Usability.

Terkait dengan:

  • efektivitas

  • efisiensi

  • pencegahan error (error prevention)

  • kemudahan diingat (memorability)

Usability sebuah website terkait dengan penggunaan website tentunya. Hal ini terkait dengan berapa efektifitas situs kita dalam memberikan informasi. Berapa efisien pengunjung mendapatkan informasi tersebut.

Pencegahan error (Error prevention).

Dan, apakah situs kita mudah untuk diingat kembali.

Untuk efektivitas, apakah informasi kita langsung dimerngerti oleh konsumen. Apakan mereka mendapatkan informasi yang mereka inginkan?

Jika informasi yang mereka inginkan tidak tersedia, jangan berharap mereka akan bertahan lama di situs kita atau kembali lagi.

Untuk efisiensi, apakah pembelian di toko online bisa berlangsung kurang dari 10 detik? Apakah customer care mudah dihubungi?

Jika konsumen harus bolak – balik untuk membeli suatu produk, mereka pasti merasa ribet. Akhirnya, mungkin tidak jadi membeli.

Error prevention adalah mencegah adanya error di situs. Semakin banyak error maka akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman.

Untuk kemudahan diingat, kita sebaiknya menggunakan nama situs yang pendek serta tentunya catchy.

Misal, kita bisa membuat nama toko tas kita menjadi: bags.store. .Store disini adalah ekstensi domain baru yang mudah diingat.

Ekstensi domain terkenal adalah .com. Untuk ekstensi domain Indonesia menggunakan .co.id, .ac.id atau .id dan yang lainnya.

Yang harus diingat, SEO adalah proses jangka panjang. Jadi semua hal diatas mesti diterapkan untuk setiap posting kita. Satu persatu secara konsisten setiap hari.

Untuk mencapai hal diatas, kita melakukan beberapa hal. Misal mempermudah pengguna mobile mengakses website kita dan memperbaiki waktu loading. Secara lebih lengkap, ini daftar pekerjaan kita.

Cara Optimasi SEO Website

  • Optimasi website untuk mobile (responsif)

  • Struktur navigasi sederhana

  • Mempercepat waktu loading

  • Memperbaiki broken link / link rusak

  • Kesesuaian anchor text

Penjelasan:

  • Optimasi website untuk mobile (responsif)

Saat ini pengguna perangkat mobil sangat banyak. Jadi Google menomorsatukan mereka. Kita, juga menomorsatukan mereka.

Bagi pengguna CMS seperti WordPress atau Drupal, bisa menggunakan template yang responsif atau yang bisa menyesuaikan dengan gadget.

  • Struktur navigasi sederhana

Salah satu faktor efisiensi adalah navigasi situs website yang mudah. Jadi pengunjung akan mudah menemukan apa yang mereka cari di website kita.

Yang menjadi patokan, jika pengunjung mudah menemukan konten, maka Google juga mudah menemukan konten kita. Google juga bekerja mengikuti link yang ada.

Jadi, kita usahakan supaya link kita sesederhana mungkin.

  • Mempercepat waktu loading

Kecepatan waktu loading juga berkaitan dengan efisiensi. Jadi, jika pembeli harus melalui dua halaman sebelum membeli, dua halaman tadi mestinya bisa loading dengan cepat. Jika tidak, pembelinya bisa batal membeli.

Nah, Google juga memberi penilaian yang sama untuk hal semacam ini. Untuk pengguna wordpress, ini adalah panduan mempercepat website wordpress.

  • Memperbaiki broken link / link rusak

Link yang rusak menjengkelkan. Kita mesti memperbaiki link rusak supaya rasio pentalan menurun. Rasio pentalan sendiri adalah jumlah pengunjung yang melihat hanya 1 halaman kemudian menutupnya tanpa datang ke halaman lain.

Ukuran yang baik biasanya di Anga 60% hingga 65%. Jika sudah melampaui 70% maka pasti ada yang salah di situs kita.

Cara mengetahuinya, kita perlu menginstal Google Analytics di website kita.

  • Kesesuaian anchor text

Anchor text adalah text yang digunakan pada tautan kita. Misal, ini adalah halaman beranda kami: https://www.lawangtechno.com

Jika saya membuat link dari halaman ini, saya akan menggunakan struktur link seperti ini:

<a href=”https://www.lawangtechno.com”>jasa pembuatan website</a>.

Jika diterapkan menjadi: jasa pembuatan website. Jika kita klik akan menuju ke lawangtechno.com.

Anchor text ini semestinya kita buat sesuai konten halaman tujuan. Ini demi relevansi atau kesesuaian anchor text dengan konten yang dituju.

Untuk SEO, kesusuaian anchor text dengan isinya sangat penting. Dan, Google melihat anchor text dengan serius juga.

Kesimpulan.

Algoritma penelusuran Google masa kini semakin mendekatkan diri dengan perilaku pengguna. Hal – hal yang memberikan pengalaman baik kepada pengguna akan mendapat nilai SEO yang tinggi juga.

Google bekerja keras membuat algoritma canggih untuk mencapainya.

Jadi, jika kita membuat situs yang pengguna kita senang dan senang berlama – lama di situs kita, rangking Google kita pasti naik juga.

Please rate this


  • proposal e commerce contoh

Share this

Leave a reply