16 Sep

Mengapa WordPress CMS Terbaik untuk Membuat Website?

WordPress mudah dipergunakan. Ribuan template dan ribuan plugin untuk menambah fungsi.  WordPress adalah Content Management System terbaik untuk membuat website saat ini.

Apakah WordPress yang sama dengan CMS blog itu?

Iya, CMS yang sama dengan blog itu bisa ditambah plugin. Bisa dimodifikasi. Juga bisa didesain dengan custom.

The new York Times, NBC, TIME, CNN, USA Today, Mercedes Benz, adalah diantara beberapa pengguna WordPress. Jika untuk mereka cukup, untuk mayoritas keperluan kita, juga mencukupi.

Secara umum, WordPress bagus untuk website yang berupa website konten. Untuk website aplikasi, memang mungkin kurang pas.

Website aplikasi, misalnya untuk perusahaan retail. Website mereka bisa untuk Company Profile. Tetapi, bisa juga login. Dan mengakses serta mensinkronkan database penjualan, keuangan, stok barang dan sebagainya.

Untuk keperluan seperti ini, Anda mungkin perlu website yang dibangun dari nol. Atau CMS lain yang lebih mendukung.

Tetapi, bagi mayoritas keperluan yang lain, website WordPress bisa sangat memnuhi kebutuhan. Kita tinggal membuat website, mengupdatenya. Dan, bertahun – tahun menggunakannya dengan nyaman.

Jika pengunjung bertambah, kita hanya perlu upgrade server ke kapasitas lebih besar.

WordPress, meskipun dikenal sebagai blog, tetapi memiliki banyak plugin. Setiap plugin memberikan fungsi baru untuk situs WordPress. Jadi, ada banyak fungsi tambahan yang bisa didapatkan. Misalnnya sebagai toko online.

Menggunakan CMS WordPress juga lebih nyaman. WordPress lebih stabil dan jarang sekali error. Biasanya, error terjadi karena server error. Atau, pengeditan program yang kurang pas. Bisa juga, karena templat dan plugin tidak cocok karena dibuat tidak sesuai standar.

Tetapi, kesulitan karena editing atau penggunaan plugin, bisa diatasi dengan mudah. Tinggal dikembalikan saja seperti semula. Maka biasanya sudah berjalan lancar lagi.

Alasan mengapa WordPress adalah CMS terbaik

  • Merupakan software Open Source

WordPress dibuat menggunakan lisensi  General Public License ( GPLv2 atau selanjutnya ). Lisensi ini memberikan banyak sekali kebebasan untuk penggunanya.

Yang utama, ada 4 jenis.

  1. Bisa digunakan untuk hampir semua keperluan. Gratis. Tanpa perlu pemberitahuan ke WordPress.
  2. Bisa dipelajari cara kerjanya. Dan dimodifikasi. Gratis. Dan tanpa perlu memberi tahu pihak WordPress sebelumnya. Atau setelahnya.
  3. Untuk mendistribusikan ulang. gratis dan juga tanpa perlu memberi tahu sebelumnya.
  4. Bisa mendistribusikan hasil modifikasi. Gratis, tanpa perlu pemberitahuan lisan atau tertulis.
Baca Juga :   Cara Meningkatkan Penjualan Online Menggunakan Tools Terbaik untuk A/B Split Testing di Wordpress

Selain 4 kebebasan tersebut, ada juga hal lain. Kita bisa membuat  template desain dan plugin. Gratis. Tanpa perlu memberi tahu pihak WordPress. Bahkan, tempalte dan plugin bisa dijual. Tanpa perlu memberi royalti apapun. Tanpa perlu pemberitahuan apapun. Bahkan, ada panduan dalam membuatnya supaya sesuai standar.

Bahkan, jika kita promosikan di dalam sistem WordPress, kita malah mendapatkan support. Padahal, tidak membayar apapun, hebat kan?

Dimana lagi ada pembuat software yang baik hati seperti itu? Yang softwarenya sebagus buatan mereka? Yang digunakan koran The New York Times dan Bloomberg?

  • Gratis

Gratis, gratis gratis gratis. Berkualitas tinggi tetapi gratisan. Jika ada kata “too good to be true.” Dalam hal WordPress, kata – kata ini berlaku.

Tetapi, Anda boleh memberikan donasi jika mau. Banyak juga orang memberikan donasi. Tetapi, tidak dipaksa atau tidak wajib.

Untuk jasa pembuatan website seperti LAWANG TECHNO, kami juga menggunakan WordPress. Tetapi, hasil modifikasi. Nah, kami meminta bayaran untuk modifikasi tersebut. Jasa pembuatan web lain, banyak juga yang menggunakan WordPress.

  • Komunitas Pengguna dan pengembang yang sangat besar

WordPress mendapat dukungan komunitas ini. Jumlahnya sangat banyak di seluruh dunia. Banyak orang yang mengembangkan plugin dan template. Banyak juga yang mengembangkan software WordPressnya sendiri.

WordPress sendiri memiliki standar dalam pengembangannya. Jadi, jika dikembangkan akan menyesuaikan standar ini.

Standar ini juga dipergunakan terutama oleh pengembang plugin dan template yang premium. Untuk yang gratis, terkadang mereka sekedar membuat asal bisa berjalan saja. Jadi, terkadang juga menimbulkan masalah.

Jika ada 2 pludin atau tema tidak standar diinstal, maka bisa saling menggangu. Dan, membuat website error atau lambat.

Solusinya, plugin atau template harus dihapus. Bisa juga, template diganti dengan bawaan WordPress. Kemudian, semua plugin dimatikan. Dan, diaktifkan satu – satu. Untuk melihat mana yang error.

  • SEO Friendly

Website WordPress banyak yang masuk halaman depan Google. Mulai dari situs lokal Indonesia, hingga situs besar internasional.

Bahkan, menurut pengalaman penulis, CMS ini sangat mudah di_SEO kan. Dengan cara yang tepat, dalam 6 bulan bisa masuk halaman depan pencarian Google. Jika ditinggal begitu saja, mungkin masih bisa bertahan disana untuk beberapa bulan lagi. Bahkan, hingga 8 bulan atau 1 tahun. Tergantung kompetitornya.

WordPress memiliki struktur yang bagus. Link internalnya mendukung SEO dengan sangat baik. Seperti diketahui, link yang SEO friendly juga mendukung navigasi yang baik. Google mendatangi situs kita. Membuka berbagai halaman. Meng-copy dan menyimpan data halaman. Kemudian, dibandingkan dengan data dari halaman lain dan dari situs website lainnya.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Murah di Sampit

Akhirnya, diberi nilai rangking untuk SEO. Jika link mudah diikuti Google, maka rangking secara alamiah juga cenderung tinggi. Link yang sama, juga akan lebih mudah diikuti para pengunjung website.

  • Bisa di-skala kan hingga besar

Masih ingat deretan website besar pengguna WordPress? Daftarnya masih lebih banyak sebenarnya. Tetapi, situs WordPress bisa melayani jutaan pengunjung setiap hari. Jutaan. Jumlah yang besar sekali.

Bagi kita, situs seperti WordPress akan cukup untuk keperluan bertahun – tahun. Tanpa perlu memikirkan mengganti CMS atau mengganti website total.

  • Sangat mudah dipergunakan

Website WordPress sangat mudah dipakai. Bahkan, semudah menggunakan blog gratis. Karena, memang awalnya ditujukan untuk membuat blog.

Untuk update konten, bisa dilakukan kapanpun. Tidak perlu repot menulis program komputer. Anda bisa belajar cukup sekali atau 2 kali mencoba saja.

Kemudahan lain adalah untuk setting. Setting juga mudah. Apalagi jika ditambah berbagai plugin yang sesuai.

  • Mudah untuk migrasi atau pindah server

Website WordPress bisa dipindah 1 paket bersama dengan seluruh database / seluruh data yang ada. Jadi, bukan memindah situs dan memasukkan konten satu persatu lagi.

Cara pindah ini sangat praktis. Ada pluginnya. Juga banyak toturialnya di internet. Misalnya: tutorial cara memindahkan WordPress ke hosting baru. Atau ke server baru.

Cara pindah atau migrasi ini memang agak kompleks. Dan bisa agak lama. Tetapi, jika Anda terbiasa dengan WordPress, belajarnya juga tidak sulit. Antarmukanya visual. Tidak perlu mengetik program. Ada juga plugin untuk membantu kita.

  • Bisa menampilkan berbagai jenis media

Mdia yang bisa ditampilkan berbagai macam. Podcast. Video serta gambar berbagai format.

Untuk menjalankan file seperti Microsoft Power Point, bisa juga. Tetapi harus diupload di tempat seperti Github. Kemudian baru diembed di website WordPress.

Keleluasaan ini juga termasuk menggunakan gambar dan video dengan berbagai resolusi. Termasuk resolusi tinggi yang tidak diterima di sosial media.

  • Digunakan lebih dari 50% pengguna CMS

Pasar WordPress mencapai sekitar 50% dari pasar seluruh CMS. Juga, digunakan untuk membuat lebih dari 32% website diseluruh dunia.

WordPress dipergunakan oleh UMKM. Juga dipergunakan oleh Walt Disney dan departemen pertahanan Amerika. Jadi, untuk mayoritas kebutuhan kita, sangat mencukupi.

  • WordPress berkembang semakin baik

Banyaknya support dari pengguna dan pengembang WordPress. Setiap waktu tertentu, WordPress diupdate menjadi semakin baik. Semakin matang teknologinya. Semakin stabil dan semakin fungsional.

Menggunakan WordPress adalah menggunakan hasil kerja banyak orang yang sudah teruji. Tanpa perlu banyak repot dan lain – lainnya.

Contoh website yang bisa menggunakan WordPress

Bagi Anda yang menginginkan website, bisa menggunakan WordPress. WordPress biasanya dipergunakan untuk website konten. Artinya mengandalkan konten dan bukan menjalankan aplikasi. Tetapi, bisa juga untuk toko online. Misalnya memodifikasi fitur pelacakan pengiriman. Atau harga akhir produk dan ongkos kirim.

  • Website toko online
  • Website instansi pemerintah
  • Wesite sekolah
  • Website bengkel
  • Website dealer mobil dan motor
  • Website jasa sedot WC
  • Website jasa pembuatan sumur
  • Website arsitek dan kontraktor
  • Website rumah kost
  • Website guest house
  • Website jasa paket tour dan wisata / website travel
  • Website rental mobil dan motor
  • Website fashion
  • website berita
  • Blog pribadi
  • Website lainnya

Begitu banyak jenis website yang bisa dibuat dengan CMS WordPress. CMS ini gratis, sangat mudah dipergunakan. lebih fleksibel, lebih stabil dan juga ramah dengan pencarian Google. Selain itu, memiliki banyak sekali, ribuan pilihan desain dan juga banyak fungsi yang bisa ditambahkan.

Baca Juga :   Harga Website Jakarta

Bahkan, bisa dimodifikasi sendiri tanpa harus lapor atau ijin dan membayar ke WordPress. Karenanya, menjadi sangat populer untuk pembuatan website.

WordPress yang ramah dengan pemula juga terbukti paling banyak dipergunakan. Dan, bahakan oleh para profesional. Misalnya institusi keuangan seperti Bloomberg. Dan juga majalah Fortune.

Jika Anda ingin mencoba membuat website, maka sebaiknya mulai dengan WordPress. Tetapi, jika Anda tidak ada waktu untuk membuat sendiri, kami akan membantu Anda.

LAWANG TECHNO adalah jasa pembuatan website yeng terpercaya, berpengalaman dan telah memiliki lebih dari 1000 klien. Silahkan menghubungi kami dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply