03 Oct

Google Map – Apa Google Map dan Fitur Lengkapnya

Google Map beserta fitur lengkap dan cara penggunaannya. Termasuk fitur yang jarang diketahui.

Apa itu pengertian Google Maps ?

Google Map adalah layanan map online ( website ) yang dibangun oleh Google. Layanan ini adalah layanan peta jalan gratis serta peta satelit. Kondisi lalu lintas serta rencana rute untuk perjalanan dengan berbagai moda transportasi termasuk berjalan kaki hingga pesawat terbang.

Google Map ini dulunya merupakan program C++ milik Where 2 Technologies. Pada bulan Oktober 2004, perusahaan ini dibeli Google dan diubah menjadi aplikasi website.

Sebagai tambahan, Google juga membeli perusahaan visualisasi data geospatial dan perusahaan analisa lalu lintas real time.

Setelah itu, Google meluncurkan layanan Google Map pada tahun 2005 bulan Februari.

Untuk bagian front end, Google menggunakan JavaScript, Ajax dan XML. Selain itu, Google juga menawarkan Application Programing Interface atau API untuk Google Map.

Melalui API, orang bisa membuat program dengan komponen visual yang berinteraksi dengan baik. Ada standar untuk menggunakan peta Google / Google Map. Misal, menggunakannya dalam peta di Gojek atau Grab.

Gojek dan Grab bisa menggunakan peta Google dan menambahkan titik pengemudi serta tujuan taksi atau ojek. Hal ini dimungkinkan karena Google memberikan standar cara menggunakan Google Map.

Saat itu, Google juga meluncurkan program kerjasama untuk mengembangkan Google Map. Tetapi, pengembangan ini berhenti tahun 2017 dan dilanjutkan dengan program panduan lokal ( Local Guide ).

Google Map adalah peta top down yang didapatkan dari gambar satelit dan pesawat yang terbang cukup rendah. Gambar satelit saat ini mulai diupdate dan umur gambar satelit yang paling tua kini adalah 3 tahunan.

Untuk gambar pesawatnya, didapatkan dari pesawat yang terbang rendah 800 kaki sd 1500 kaki. ( 1 meter 3,28 kaki ). Atau  kurang lebih 240 meter sd 460 meter. Gambar dari pesawat inilah yang menjadi gambar high resolution untuk Google Map.

Saat ini, Google Map menggunakan peta model Proyeksi Mercator. Peta ini terlihat datar sehingga garis melengkung bumi terlihat lurus. Untuk penggunaan setiap hari, peta ini sangat memudahkan kita.

Tetapi, peta ini tidak mampu menunjukkan peta area kutub secara akurat. Tetapi, pada tahun 2018, versi peta Google Map di Desktop atau Laptop menunjukkan gambar 3D bumi. Meskipun, kita tetap bisa memilih untuk melihat versi Proyeksi Mercator.

Sejak munculnya Android dan smartphone IOS Apple, Google mengeluarkan Google Map untuk perangkat mobile pada tahun 2008. Untuk perangkat smartphone, ada fitur navigasi untuk setiap belokan dan bantuan untuk parkir. Meskipun fitur ini tampaknya sulit diperoleh di Indonesia.

Google Maps, Pada tahuin 2013 menjadi aplikasi paling popular smartphone. Tentunya karena sangat membantu. Pada tahun itu, minimal 54% smartphone menggunakan Google Maps sekali.

Saat ini di tahun 2019, angkanya pasti jauh lebih besar.

Pada tahun 2012, Pegawai Google yang terlibat di Google Maps mencapai lebih dari 7100 pegawai dan kontraktor.

Pada tahun 2017, layanan Google Maps ini bersama dengan layanan Google lain seperti Youtube, Gmail dan sebagainya mencapai 1 miliar pengguna lebih.

Sejarah Google Maps

Beberapa hal yang penting yang mengawali keberadaan Google Maps.

  • Pembelian Google Maps

Seperti dijelaskan diawal, Google Map dimulai dengan modal program C++.  Pembuatnya adalah  Lars and Jens Eilstrup Rasmussen. Keduanya adalah 2 bersaudara dari Denmark dan pendiri Where 2 Technologies.

Program ini awalnya untuk diunduh pengguna. Tetapi, kemudian berubah menjadi aplikasi berbasis website. Saat itu ketika aplikasi ini akan dibuat untuk Google.

Pada tahun 2004 bulan Oktober, perusahaan dibeli oleh Google. Inc. Kemudian, aplikasi ini berubah menjadi aplikasi Google maps.

Selain membeli Where 2 Technologies, Google juga membeli Keyhole. Keyhole adalah perusahaan visualisasi data geospasial. Saat itu aplikasi Earth Viewer menjadi aplikasi yang paling terkenal di Google Earth pada tahun 2005.

Selain itu, beberapa inti teknologinya diadopsi ke Google Maps.

Dan sebagai tambahan, Google tampaknya memang sudah merancang untuk membangun sistem Google Maps secara lengkap.

Sebulan sebelum membeli Where 2 Technologies, atau bulan September 2004, Google membeli ZipDash. Sebuah perusahaan yang menyediakan analisa lalu lintas secara real time.

  • Google Maps tahun 2005 sd 2010

Peluncuran Google Maps untuk pertama kalinya diumumkan melalui Google Blog pada tanggal 8 Februari 2005.

Pada saat badai Katrina tahun 2005 bulan September, peta Google diupdate supaya pengguna bisa melihat  daerah yang terkena banjir.

Bulan November tanggal 28 tahun 2007, Google meluncurkan versi mobile. Google Maps for Mobile 2.0. Disini ada versi beta untuk My Location. Fitur baru ini tentunya menggunakan dukungan GPS pada HP bersangkutan. Selain itu, masih ditambah informasi Wifi terdekat serta Menara BTS terdekat.

Untuk mendapatkan lokasi HP, digunakan model segitiga untuk mendapatkan kekuatan sinyal masing masing. Dibandingkan dengan lokasi menara BTS / menara seluler sesuai database. Maka, akan didapatkan lokasi HP bersangkutan.

Saat merilis sistem aplikasi Android, Google secara bersamaan juga melaunching Google Maps khusus untuk aplikasi Android.

Bulan Oktober 2009, Google mulai menggunakan data mereka sendiri untuk Google Maps. Dan, melepaskan Tele Atlas yang semula merupakan supplier data geospatial.

  • Google Maps tahun 2011 sd 2015

Pada 19 April 2011 Google Maps versi Amerika ditambahi fitur Map Maker. Fitur ini memungkinkan pengguna mengedit dan mengubah Google Maps. Cara ini membuat peta lokal mendapat update dari pengguna setiap hari. Google tidak harus menunggu perusahaan pengupdate untuk melakukannya.

Pada 31 Januari 2012, Google ditetapkan bersalah karena memberikan layanan peta gratis. Hal ini membuat perusahaan kartografi Perancis Bottin Cartographer menjadi bangkrut. Tetapi, proses ini dibatalkan saat naik banding.

Pada tahun 2012, dengan mitra dari Canal and River trust, Google mulai memetakan sungai – sungai dan saluran air di Inggris. Pada update ini, Turis bisa mempergunakan Google Maps untuk merencanakan liburan di sungai – sungai dan saluran air / kanal di Inggris yang panjangnya 2000 Mil atau 3219 KM.

Pada tahun 201 ini juga, Google membuat aplikasi Google Maps terpisah di App Store. Hal ini terjadi setelah Apple tidak menginstall Google Maps secara default di IOS 6 pada September 2012.

Korea utara, negara yang termasuk tertutup mulai dipetakan oleh Google pada tahun 2013. Kemudian, pada bulan Mei 2013, Google menyebut daerah Palestina sebagai Negara Palestina. Dan, bukan lagi sebagai wilayah Palestina.

Pada bulan Agustus 2013, Google menghapus fitur link ke Wikipedia. Link ini menuju ke halaman Wikipedia tentang wilayah tertentu yang sedang dilihat di peta.

Pada bulan April 2014, Google kembali melakukan update terkait situasi wilayah baru.

Saat itu Crimea disebut sebagai Republik Crimea di Russia. Dan disebut sebagai Republik otonomi Crimea di Ukraina.

Kemudian, semua versi ini termasuk dengan wilayah yang diperebutkan diberi batas titik – titik.

Pada bulan April 2015, pada sebuah peta di sebuah kota di Pakistan, di Rawalpindi, sebuah gambar Android mengencingi logo Apple tampil di Google Maps. Hasilnya, Google meminta maaf sekaligus menghapus fitur moderasi pengguna pada Map Maker.

Selanjutnya, pada 12 Mei 2015, Google menonaktifkan fitur editing di seluruh dunia hingga mereka mampu membuat kebijakan baru untuk menyetujui pengeditan dan menghindari vandalisme.

Selanjutnya, pada April 2015, Pengguna Google Maps klasik di teruskan ke Google Maps versi baru. Dan, ditamkbah pilihan untuk menghapus interface yag ada.

Kemudian, pada Bulan Juli, tanggal 14 tahun 2015, Google memenuhi petisi dari Filipina di Change.org untuk menghapus nama China di Scarborough Shoal.

  • Google Maps 2016 sd sekarang

Pada bulan Juni tanggal 27 tahun 2016, Google meluncurkan gambar baru yang diambil dari satelit Landsat 8. Peta ini memiliki lebih dari 700 triliun pixel data baru. Kemudian, masih pada tahun yang sama di bulan September, Google membeli startup analitik peta Urban Engines.

Pada tahun yang sama, Pemerintah Korea Selatan menawarkan akses bersyarak pada database geografinegara mereka. Akses ini sebenarnya memberikan detail peta dengan detail tinggi. Tetapi, perlu dikurangi pada objek – objek yang dianggap pemerintah Korsel sensitif.

Tawaran ini ditolak oleh Google.

Pada 16 Oktober 2017, Google manambahkan gambar untuk beberapa planet, Bulan dan Mars.

Pada tahun selanjutnya, Mei 2018< Google mengumumkan pembaharuan struktur  API. Update ini dimulai 11 Juni 2018. Layanan API baru menyatukan 18 point berbeda menjadi 3 layanan. Untuk layanan gratis dan berbayar sekaligus digabungkan dalam layanan Pay-as-you-go.

Tetapi, pada bulan Juni ini juga, Google menunda perubahan tadi ke Tanggal 16  Bulan Juli 2019.

Kemudian, peta Google pun berdisain baru. Jika di zoom menjadi gambar 3D. Tambahan lagi, Pada bulan Januari 2019, Google juga menambahkan peringatan untuk kamera kecepatan.

Fitur – fitur dan fungsi Google maps

Ada banyak fitur dan fungsi Google Maps yang bisa kita gunakan. Untuk versi gratispun, fiturnya sangat memudahkan kehidupan sehari – hari.

  • Petunjuk arah dan transit

Salah satu fitur Google yang paling sering dipergunakan adalah, perencana perjalanan. Kita bisa memilih banyak / beberapa rute untuk menuju suatu destinasi. Ini adalah kelebihan yang sangat besar bagi siapapun yang datang ke daerah baru.

Kita pun bisa memilih rute perjalanan kita berdasarkan alat transportasi kita. Mulai dari berjalan kaki hingga pesawat udara dan kereta api.

Terlebih lagi, Google juga bekerja sama dengan lebih dari 800 penyedia layanan publik di seluruh dunia.

  • Kondisi lalu lintas terkini

Sejak tahun 2007, Google memberikan layanan kepada kita untuk mengetahui kondisi lalu – lintas. Terutama, untuk mengetahui kondisi kecepatan kendaraan yang melalui wilayah tertentu. Tentunya, Google juga memakai data mereka yang sedang berada di jalan tersebut dan membuka Google Maps.

Ada cara yang disebut sebagai Crowdsourcing yang digunakan untuk mendapat data GPS dari smartphone yang digunakan para pengendara atau penumpangnya.

Data inilah yang kemudian dipergunakan untuk membuat data Maps Google.

Data serta kecepatan handet yang kita gunakan anonim dan tidak dipublikasikan. Tetapi, data itu memang dikoleksi Google untuk membuat gambaran mengenai suatu tempat.

Tetapi, ada juga opti untuk mematikan lokasi atau My Location sehingga Google tidak lagi melacak lokasi handset kita.

  • Street View atau pemandangan jalan

Google Street view ini merupakan fitur Google Maps sejak tahun 2007. Google mengambil gambar dengan kamera 3D. Pada awalnya, lokasi yang direkam hanya 5 kota saja di New York. Tetapi sekarang di 2019, bahkan rumah saya sudah tercatat masuk ke Google Street View dengan 2 pemandangan berbeda. Artinya, sudah sangat lengkap menjangkau banyak negara di dunia bahkan di jalan – jalan relatif sempit atau jalan kampung.

Saat diluncurkan pertama kalinya, Ada kontroversi tentang privacy. Meskipun Google mengambil gambar di jalan umum.

Sekarang, ada algoritma facial recognition untuk membuat blur nomor polisi serta wajah orang.

Pada tahun 2014, Google meluncurkan Google Underwater Street View. Gambar yang ada termasuk Great Barrier Reef di Australia hingga sepanjang 2300 KM.

Pada tahun 2017, Di Google Maps dan Google Earth, Google juga memperlihatkan navigasi ruangan Internasional Space Station atau ISS.

  • Gambar 45 derajat

Gamabar ini awalnya hanya tersedia bagi Kota San Jose dan San Diego saja. Kemudian, tersedua untuk para developer dengan menggunakan API dan tidak untuk umum.

Tetapi, pada bulan Juli 2010, gambar 45 derajat ini tersedia untuk banyak kota terpilih di dunia.

  • Daftar lokasi bisnis

Bisa dikenal dengan peta Google untuk bisnis. Peta ini bisa kita buat sendiri untuk alamat bisnis kita dengan memberi Tag. Secara umum, Google memberikan tag untuk setiap alamat yang ada di offline. Tetapi, terkadang bisa bertumpuk juga dan berbagai alamat bisnis bisa menjadi sangat padat.

Karena tagging ini dibuat oleh pengguna, maka alamat di Google Maps ini bisa dipindahkan orang atau diganti nomornya. Karena itulah Google memberikan fasilitas verifikasi untuk alamat bisnis.

  • Peta Indoor

Pada bulan Maret 2011, Google memperkenalkan peta indoor. Gunanya supaya pengunjung Google Maps bisa melihat peta indoor suatu bandara, stasiun dan sebagainya.

Google juga meminta para pemilik gedung untuk menambahkan gambar / denah lantai mereka. Gambar lantai ini bisa dibuat dalam banyak lapisan lantai sekaligus.

  • My Maps

Fasilitas ini membuat pengguna Google Maps bisa memberi tag, membuat catatan, garis atau bentuk dan lainnya pada peta mereka. Dan, membaginya. Fitur ini juga mudah dipergunakan untuk mengedit karena berdasarkan editing visual WYSIWYG atau What You See Is What You Get.

  • Panduan Lokal Google / Google Local Guide

Program ini biasanya dikenal sebagai review tempat bisnis di Google Maps. Yang bagus dari program ini adalah sebuah tempat bisnis bisa direview banyak orang. Tetapi, jeleknya, bisa direview secara asal – asalan oleh orang yang bahkan tidak pernah tahu.

Kita bisa melakukan review, menambah foto atau video.

Sebenarnya, program ini adalah bagian dari Google Map Maker sebelumnya. Sebagian fitur Google Map Maker dihadirkan kembali di Web dan aplikasi.

Penggunaan Google Maps

Google Map membutuhkan performa yang tinggi. Saat diseret, maka kotak peta yang diseret akan didownload. Saat kita mencari tempat bisnis seperti restoran, maka hasil downloadnya didownload di background. Kemudian ditampilkan pada panel disamping.

Google Maps juga menggunakan iframe tersembunyi. Gunanya untuk menyimpan data browser.

Seperti halnya layanan Google lainnya, Google Maps juga sangat bergantung dengan JavaScript. Selain itu, untuk transfer data, menggunakan JSON yang performanya bagi kebutuhan Google lebih baik daripada XML.

  • Data peta dengan gambarnya

Menurut Google, penggunaan data dan gambar di peta Google diatur dengan peraturan Google. Mereka membeli data atau menggunakan data peta dengan hak cipta. Kita bisa melihat pemilik data peta aslinya di bagian bawah peta jika peta di zoom. Misal, peta jalan di Jepang didapat dari Zenrin. Untuk China, didapatka dari AutoNavi.

Terkadang, peta satelit dan jalan tidak pas. Biasanya dikarenakan data peta yang kadaluarsa.

Kemudian, tempat sensitif tertentu terkadang disensor. Atau, menggunakan peta yang tidak update / kadaluarsa.

  • API Google Maps

Google menggunakan API setelah program sukses mereka dengan chicagocrime.org dan housingmaps.com. Sebelum 16 Juli 2018, penggunaan Peta Google untuk keperluan seperti yag digunakan Gojek atau Grab perlu API tetapi tanpa API Key.

Setelah tanggal tersebut, penggunaanya perlu API Key. Terintegrasi dengan Google Cloud dan pembayaran.

Saat ini, penggunaan API tidak memunculkan iklan. Tetapi, di Term Of Service ( TOS ) mereka, Google mencantumkan hak untuk memasang iklan dikemudian hari.

Kemampuan Maps ( API ) Google ini adalah untuk mendapat gambar peta statik, geodocing, membuat arah untuk pengemudi seperti Grab atau Gojek, serta mendapatkan ketinggian.

Saat ini ada 1 juta lebih situs yang menggunakan API Google Maps. API Google Maps sementara ini adalah API yang paling banyak dipergunakan di dunia.

Untuk tahun 2011, Google mengumumkan tidak lagi mendukung API Google Maps untuk Flash.

Syarat menggunakan API Maps gratis adalah website penggunanya tidak diakses petanya lebih dari 25.000 kali sehari. Dan, bisa diakses secara terbuka tanpa meminta bayaran untuk mengakses Maps disana.

Sebagai tambahan, sejak 21 Juni 2018, Google menaikkan harga API untuk Google Maps serta meminta profil penagihan yang valid.

  • Google Maps di China

Karena data geografi di China dibatasi, maka Google harus bekerjasama dengan perusahaan lain dari China untuk memperoleh data peta. Sejak tahun 2006, Google berpartner dengan AutoNavi.

Untuk peta di China, digunakan sistem koordinat GCJ-02 sedangkan Google.com menggunakan GCJ-02 utuk peta jalan saja. Untuk peta satelit, Google.com menggunakan sistem koordinat WGS-84 yang merupakan standar dunia.

Sistem koordinat GCJ-02 merupakan sistem koordinat resmi pemerintah China untuk keperluan keamanan. Siapapun yang ingin menggunakan peta digital di China, wajib mempergunakan sistem GCJ-02.

Sistem koordinat GCJ-02 memberikan offset secara random untuk lokasi di peta. Sehingga bisa meleset antara 100 sd 700 meter dari lokasi aslinya. Hasilnya, peta jalan di Google.com bisa meleset 50 sd 500 meter dari tempat aslinya di Google.com. Tetapi, akurat di Google.cn.

Google.com dan Google.cn juga berbeda dalam hal perbatasan. Google.cn menggunakan perbatasan China sesuai klaim China. Termasuk untuk Tibet, Taiwan dan pulau – pulau di laut China Selatan masuk ke dalam wilayah China.

Kemudian, peta lokasi Google.cn ini juga tidak lagi mencantumkan lokasi seperti Istana presiden Taiwan, Five Yuans dan Gedung Mahkamah Agung.

Segabai tambahan juga, google.cn tidak mencantumkan My Maps. Dan, hanya menggunakan tulisan China.

Untuk peta China di Google.com, terkadang menggunakan bahasa Inggris dan China secara intermittent. Pilihannya dalam memilih bahasa, tidak diketahui alasannya.

Beberapa Fitur yang dihilangkan di Google maps

  • Google Latitude

Ini adalah fitur untuk berbagi lokasi fisik dengan orang lain. Layanan ini ada di Google Mobile. Selain itu, ada iGoogle widget untuk versi PC Desktop dan laptop.

Fitur ini sempat dikhawatirkan akan menganggu privasi penggunanya. Kemudian, dihilangkan pada 9 Agustus 2013.

Kemudian, pada Maret 2017, Google memasukkan fitur ini di bagian dari Aplikasi Google Maps.

  • Google Map Maker

Google Map maker tersedia di mayoritas tempat di dunia. Ditempat – tempat ini, orang bisa login ke akun Google dan menyempurnakan peta Google. Misalnya memperbaiki jalur mengemudi, bersepeda dan sebagainya.

Melaporkan error di Google Maps:

Di area yang menggunakan Tele Atlas, error di peta secara umum dilaporkan ke Google melalui Tele Atlas Map Insight.

Untuk area lainnya, laporan tentang error peta Google Maps menggunakan Report a Problem Link. Kemudian, akan diupdate oleh Google.

Jika gambar hilang, kadaluarsa atau salah pasang atau secara umum salah, maka bisa dilaporkan ke Google melalui Contact request form.

Namun, sejak maret 2017, Google Map Maker sudah tidak dilanjutkan lagi.

Aplikasi Mobile

Google Maps tersedia sebagai aplikasi untuk perangkat Mobile Android dan Apple. Pada tahun 2012, Apple pernah mencoba membuat peta sendiri. Tetapi menghasilkan banyak kritik karena error, tidak akurat dan bug.

  • Fitur – fitur

Aplikasi Google Maps untuk IOS dan Android pada dasarnya memiliki fitur yang sama.

Pada tahun 2015, terdapat versi offline meskipun terbatas. Area yang bisa didownload secara online adalah maksimal 120.000 kilometer persegi.

Kemudian, pada tahun 2017, Google menambahkan fitur spesial Android. Mencari tempat parkir. Sekaligus, bisa mengingat tempat parkir yang lalu.

  • Penerimaan

Google Maps akhirnya digunakan kembali dengan IOS. Tetapi, ada kekhawatiran bahwa Google Maps digunakan oleh Google untuk melacat kita sedikit demi sedikit.

Potensi penyalahgunaan

Menurut penggunanya, peta Google rawan dipergunakan oleh teroris atau untuk kejahatan lainnya.

Untuk meresponnya, Google memberi warna atau mengaburkan peta dari tempat – tempat yang vital. Misal Gedung Putih.

Pada tahun 2010, seorang komandan militer di Nikaragua menempatkan pasukannya di Isla Colero. Penempatan ini berdasarkan batas yang diberikan di Google Maps untuk wilayah Nikaragua. Kesalahan ini sudah diperbaiki oleh Google. Tetapi, potensi semacam ini tentunya masih ada.

Penutup

Google Maps merupakan aplikasi smartphone gratis yang sangat membantu kita. Kita bisa melakukan tag lokasi bisnis hingga berkunjung keluar kota dan luar negeri tanpa merasa terlalu kesulitan mendapatkan jalan yang tepat ke hotel.

Secara umum, Aplikasi ini juga sudah membantu banyak sekali dalam perekonomian di Indonesia. Dengan Gojek, Grab atau bisnis lainnya yang bergantung Google maps, maka mereka pun bisa tumbuh dan berkembang.

Inilah sedikit informasi tentang Google Maps, sejarah, fitur fitur dan penggunannya dari kami. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!



Share this

Leave a reply