11 Nov

Cara Membuat Website di HP

Cara membuat website di HP dengan WordPress dan Blogger. Step by step. Lebih mudah daripada yang dibayangkan.

Yang kita perlukan adalah menginstal aplikasi WordPress di HP. Atau aplikasi Blospot di HP. Untuk setiap install, sangat disarankan untuk menginstal dari Google Play Store dan bukan dari lainnya.

WordPress sendiri adalah Content Management System / CMS yang dipergunakan lebih dari 30% website yang ada di dunia. Ada website dengan konten hanya beberapa halaman. Tetapi ada juga yang ratusan ribu halaman. Misalnya The new York Times atau The sun di Inggris. WordPress bisa menangani situs sibuk seperti itu dengan sangat baik. Artinya, kemungkinan bisa juga menangani keperluan kita.

Memang ada juga hal – hal yang bisa jadi akan lebih terbatas penggunaannya. Tetapi, hal ini terjadi jika kita menginginkan fungsi yang sangat spesifik untuk website kita.

Untuk membuat website konten, WordPress tidak ada duanya. Kemudahan yang diberikan akan disukai pemula. Mereka bisa mengelola website semudah Facebook. Karena kemudahan inilah, WordPress menjadi favorit banyak pengguna.

Untuk website dengan Blogspot, keunggulannya adalah fasilitas yang lebih sederhana lagi.

Tetapi, kesederhanaan ini juga setara dengan fitur yang lebih minim. Untuk pemula yang ingin mencoba membuat website, bisa mencoba Blogger / Blogspot dari Google.

Cara Membuat Website di HP dengan WordPress

Memang kita tidak mendapatkan layar selebar dan seluas laptop atau desktop. Tetapi, aplikasi WordPress memang sudah dirancang supaya bisa dipergunakan di HP.

  • Menginstall aplikasi WordPress

Aplikasi WordPress ada di Playstore. Kemudian, mendaftarkan akun. Kita memerlukan email untuk mendaftar di WordPress. Email bisa saja menggunakan Yahoo mail. Tidak harus gmail. Karena Gmail sekarang lebih sulit dibuat. Dan hanya bisa 1 atau 2 email untuk 1 nomer telepon saja.

Baca Juga :   Jasa Website Profesional di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC)

Untuk password, WordPress mungkin akan memberikan saran. Jika saran password dipergunakan, maka harus dicatat karena passwordnya rumit. Copy paste atau lainnya.

Jika membuat password sendiri, biasanya WordPress meminta karakter tertentu.

Semua password sebaiknya dicacat supaya tidak lupa.

Jika Anda sudah ada akun WordPress, maka bisa langsung login.

  • Memilih nama website serta tampilan

Nama pengguna biasanya akan sesuai dengan email kita. Jika telah ditambahkan, kita tinggal menambahkan situs.

  • Melakukan kofigurasi WordPress

Sebaiknya Anda menggunakan situs self hosted atau hosting berbayar. Karena, sekarang banyak situs gratis di .wordpress.com banyak yang dihapus. Tentu saja, itu adalah penghematan operasional untuk WordPress. Tetapi, kita bisa kehilangan situs secara tiba – tiba.

Untuk Anda yang hanya sekedar mencoba, bisa menggunakan WordPress.com. Add site disana. Minimal kita tahu cara kerjanya dahulu sebelum membeli.

Setelah proses diatas, kita perlu memilih nama website. Sebaiknya menggunakan nama yang sesuai jenis bisnis kita. Gunakan juga nama yang mudah diingat. Supaya pengunjung mudah kembali ke situs kita.

Selanjutnya, kita juga perlu membuat slogan. Slogan ini diusahakan menarik dan juga cocok dengan bisnis kita.

Cara Membuat Website di HP dengan Blogspot

Satu lagi cara membuat website dengan Blogspot. Web Blogspot ini tampilannya lebih seperti blog. Lebih sederhana. Tetapi bukan berarti tidak bisa dipergunakan secara profesional juga.

Hanya, patut diingat, Blogspot juga bisa menghapus website kita sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan lho.

  • Mengunjungi Blogger dan membuat akun

Atau, login jika sudah memiliki akun Gmail.

  • Tap pada CREATE YOUR BLOG

Pada tahap inilah kita akan diminta untuk login ke akun kita.

  • Membuat blog baru

Kita perlu membuat nama blog. Misalnya: bloggratis.blogspot.com. Nama blog / website disini adalah nama dibawah nama blogspot.com.

Baca Juga :   Jasa Website Profesional di Curug

Silahkan memilih nama yang cocok dan belum pernah dipergunakan orang. Untuk panduan, memilih nama blog / website adalah sederhana tetapi mudah diingat.

Kemudian, Anda bisa mulai memilih template / desain website. Selain itu, menambahkan widget atau fitur khusus di website Anda.

  • Publish atau terbitkan

Kemudian, terbitkan blog / website kita. Klik atau tap Publish.

Mengisi konten Blogspot

Selanjutnya, kita akan sampai di halaman konten. Kita bisa mulai mengisi konten. Judul, artikel, juga gambar dan embed video dari Youtube.

Tap pada tombol Entri baru atau New Entry. Tergantung setting bahasa di blogspot / akun Anda.

Membuat judul postingan. Ingat, disini judul postingan panjang akan dipotong URL nya oleh Google. Artinya, link / URL posting tidak akan sepanjang judul yang kita buat.

Bisa juga, memberi custom link supaya link di posting juga bisa dibaca lebih jelas.

Misalnya,  Bagaimana sih urutan berolahraga di Fitness dan menggunakan alat fitnes yang efisien?

Judul semacam ini pasti kena potong oleh Blogspot karena panjang URL mereka memang dibatasi. Batas ini sebenarnya untuk tujuan supaya URL lebih SEO Friendly.

Tetapi, hasil potongannya bisa jadi seperti: Bagaimana sih urutan berolahraga di Fitness dan menggunakan

Link seperti ini sulit dibaca. Sulit juga bagi pengunjung mengingatnya jika ingin kembali lagi.

Karena itu, memberi link custom lebih baik: misalnya: Menggunakan alat fitness dengan efisien.

Setelah itu, membuat konten. Saran kami sih, minimal 300 kata. Jika bisa, minimal 500 kata.

Tap pada PUBLISH.

Sekarang, kita sudah memiliki posting untukBlogspot kita.

Nah, itu sedikit cara membuat website dengan HP. Cukup mudah. Tetapi ribet karena layar kecil. Mengetik artikel juga pasti lebih ribet. Meskipun begitu, jika dibutuhkan, maka bisa kita gunakan cara seperti ini. Terimakasih dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply