31 Mar

Cara Membuat Server Hosting Sendiri dengan Komputer Rumah

Cara membuat server hosting sendiri dengan komputer rumah. Siapkan server rumah. Menyiapkan server rumah yang menjalankan sistem operasi open source adalah aktivitas yang populer dan bermanfaat.

Seberapa berguna itu, Anda bertanya. Anda dapat menggunakannya untuk menjalankan situs web (saya menggunakan server rumah untuk menjalankan situs saya, mengumpulkan dan mengirim email, menyimpan kredensial OpenID, atau memutar musik di sekitar rumah.

Seperti yang bisa Anda tebak, kami memiliki banyak panduan untuk membantu Anda memaksimalkan perangkat ini di lemari pakaian Anda. Namun berikut beberapa rekomendasi terkait perangkat tersebut.

Apa yang akan Anda butuhkan

komputer

Gunakan kembali komputer bekas

bangunan

SSD / HDD

RAM

pendinginan

jaringan

pembelian server

komunikasi

Router

layar dan keyboard

Power Suply

OS

Menyiapkan server rumah bisa sangat menyenangkan dan mendidik. Namun, tergantung pada apa yang ingin Anda gunakan dan seberapa bagus koneksi internet Anda, server rumah mungkin bukan alternatif terbaik.

Jika tujuan Anda adalah menyajikan halaman web dengan aman atau menyajikan informasi di luar rumah Anda kepada teman atau klien, masuk akal untuk menghosting server di “Cloud”—dengan kata lain, di pusat data bisnis.

Ini menyelamatkan Anda dari kekhawatiran dan ketidaknyamanan untuk menjaganya tetap berjalan atau berurusan dengan pemadaman listrik, kabel, atau layanan DSL rumah Anda.

“Komputasi cloud”, atau menyewa ruang server sebanyak yang Anda butuhkan setiap jam atau setiap bulan, menjadi sangat populer untuk web atau bisnis yang sedang berkembang, tetapi harganya cukup murah sehingga Anda dapat mempertimbangkannya sebagai alternatif untuk server rumah.

Ada berbagai perusahaan komputasi awan, dari Amazon Web Services, yang mengharuskan Anda mempelajari CLI untuk memulai server baru, hingga ENKI, yang menawarkan dukungan startup khusus. Ini bukan tempat untuk menjelaskan secara mendetail, tetapi Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan googling Cloud Computing.

Apa yang akan Anda butuhkan

Untuk membuat server sendiri, Anda hanya memerlukan beberapa komponen, beberapa di antaranya mungkin sudah Anda miliki:

komputer

koneksi jaringan broadband

Router jaringan dengan kabel ethernet (CAT5)

Layar dan keyboard (hanya untuk langkah pertama)

Drive/penulis CD/DVD akan berguna jika Anda berencana menggunakan server media.

1. Komputer

Server tidak harus sangat kuat. eBay menjalankan komputer Sun senilai ribuan dolar, dan Google menggunakan ribuan mesin pencari. Namun untuk penggunaan pribadi, server membutuhkan daya yang jauh lebih sedikit daripada komputer desktop biasa.

Sementara komputer lain sibuk dengan tugas-tugas kompleks seperti membersihkan gambar dan menghitung lintasan rudal, server rumah Anda memiliki tugas yang jauh lebih sederhana: menerima permintaan data dan kemudian mengirimkan kembali data tersebut sesuai permintaan.

Server Anda tidak akan menggunakan banyak daya pemrosesan, terutama tanpa GUI. Mesin dengan RAM 64MB dan prosesor 300MHz dapat menjadi server yang hebat; Dengan spesifikasi yang sedikit lebih kuat, ia dapat menangani hampir semua hal yang Anda lakukan.

Mesin lama dapat diubah menjadi server dengan sedikit usaha. Anda mungkin sudah memiliki mesin yang sempurna untuk pekerjaan yang ada di loteng Anda. Atau kerabat atau teman mungkin ingin menyingkirkan desktop lama mereka.

Atau Anda dapat menemukan formulir yang sesuai dengan harga murah atau gratis di bursa, iklan baris, atau padanan daringnya seperti freecycle.org dan craigslist.org. Atau, Anda dapat membeli perangkat baru untuk digunakan sebagai server. Setiap pendekatan memiliki kelebihannya masing-masing.

Alasan mengapa Anda mungkin tidak ingin menggunakan mesin lama meliputi:

Perangkat lama mungkin tidak dapat diandalkan. Terkadang masalah diselesaikan dengan mengganti RAM yang buruk atau memasang heatsink baru, tetapi terkadang komputer macet setiap beberapa jam, terlepas dari sistem operasi yang diinstal. Saatnya untuk memberikannya atau mendaur ulangnya.

Baca Juga :   Tutorial Cara Membuat Animasi Tombol Subscribe dan Lonceng di Hp Android

 

2. Sebenarnya

Ruang adalah masalahnya. Jika mesin lama berada di menara besar dan Anda tinggal di apartemen kecil, Anda mungkin ingin membeli casing baru untuknya, atau membeli server baru dengan ukuran sepersepuluh.

Anda ingin menjadi keren. Komputer menjadi sangat panas, sehingga kipas dipasang agar tetap dingin. Suaranya keras, bahkan yang dipasarkan sebagai “tenang”. Anda mungkin tidak menyadarinya di kantor, tetapi ketika server berjalan 24 jam sehari (sebagaimana mestinya), tinggal di tempat yang sempit bisa sangat mengganggu.

Jika Anda akan berbagi ruang hidup dengan server Anda, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam perangkat tanpa kipas.

Anda tidak memiliki komputer lama dan Anda tinggal di tempat yang sulit atau mahal untuk menemukan komputer bekas yang murah.

Jika salah satu hal di atas berlaku, Anda dapat membuka bagian “Beli server”.

3. Gunakan kembali komputer bekas

Jika Anda akan mengubah mesin lama menjadi server, selamat. Jika ini adalah model senior, Anda mungkin perlu melakukan beberapa pekerjaan untuk mempersiapkannya untuk pengangkatan barunya. Meng-upgrade beberapa bagiannya akan membuat mesin Anda bertenaga selama bertahun-tahun yang akan datang.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang konektor mana yang dihubungkan, Anda dapat menemukan banyak dukungan di situs perangkat keras seperti tomshardware.com dan arstechnica.com. Atau, jika mengutak-atik kabel dan chip terlalu merepotkan, toko komputer lokal Anda harus melakukannya dengan sedikit biaya.

4. Infrastruktur

Jenis komputer apa yang Anda gunakan – i386, PowerPC, Game Boy – ternyata tidak membuat banyak perbedaan. Linux dan BSD, sistem operasi server pilihan, berjalan di hampir semua arsitektur tempat Anda ingin menginstalnya.

Daftar resmi prosesor yang dapat dijalankan oleh Debian termasuk prosesor Intel x86, Motorola 680xx, Sun Sparc, Alpha, PowerPC, ARM, MIPS, HP PA, Intel 64-bit, S/390, dengan prosesor lain yang sedang diuji.

Ini mencakup sebagian besar komputer konsumen yang pernah dibuat. Beli buku catatan (selembar kertas) dan beri nama “Server Saya”. Tuliskan semua nomor model dan detail peralatan yang telah Anda konfigurasikan.

5. RAM

RAM hargaya murah akhir-akhir ini, dan sebagai aturan, lebih banyak lebih baik.

6. Penyimpanan

Hard disk adalah jantung dari server. Jika semuanya mati, Anda dapat mengeluarkan hard drive, memasukkannya ke mesin lain (sebanding), dan melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan. Tergantung pada jumlah bay yang terpasang pada komputer Anda, Anda mungkin memerlukan satu atau lebih hard drive. Lebih banyak lebih baik.

Hard drive semakin murah setiap saat. Mulai lagi dengan yang baru. Jika Anda membuang drive lama dan menggantinya dengan yang baru, pastikan untuk menghapus informasi pribadi dengan aman sebelum membuangnya ke tempat sampah.

Internal hard drive membuat ribuan putaran per detik, jadi kemungkinan besar hard drive Anda akan menjadi komponen pertama di server Anda yang gagal, meskipun Anda biasanya dapat mengharapkan drive baru bertahan setidaknya selama beberapa tahun.

Pilihan modern adalah SSD. Kecepatannya juga minimal berkali lipat. Namun, ini artinya pembelian baru. Meskipun, harganya juga tak terlalu mahal.

Namun, untuk PC lama, biasanya hanya kompatibel SSD dengan sambungan SATA saja. Bukan NVME. Kecuali, Anda sambung di PCI Express.

Prosedur pencadangan yang tepat sangat penting; Pada titik ini, jika Anda memiliki ruang server dan anggaran Anda, Anda mungkin ingin memasang hard drive kedua atau bahkan ketiga. Menyimpan salinan sekunder data Anda di tempat lain—meskipun hanya drive sekunder di sebelah drive pertama—merupakan cara untuk melindungi data Anda dari kegagalan hard drive.

7. Pendinginan

Karena server akan berjalan sepanjang waktu, Anda perlu memastikan bahwa server tidak terlalu panas. Mobil yang Anda miliki mungkin sudah oke atau belum di bagian ini. Jika macet secara tidak terduga atau menunjukkan perilaku yang aneh dan tidak dapat diprediksi, mungkin terlalu panas.

Baca Juga :   Cara Mengetahui Nama Kita Di Kontak HP Whatsapp Orang Lain

Ada perangkat lunak yang dapat Anda instal untuk memantau suhu perangkat saat sedang berjalan, dan bahkan menyetelnya untuk mengirimkan email secara otomatis kepada Anda jika memasuki area berbahaya di hari yang panas.

Anda dapat berinvestasi dalam beberapa cara untuk mendinginkan prosesor dan catu daya, termasuk udara, air, nitrogen cair, dan sebagainya. Anda juga dapat melihat overclocking CPU Anda. Ini membuatnya lebih lambat (ingat, ini normal untuk server), tetapi juga lebih keren.

Jika Anda pandai menyolder, ada lusinan panduan overclocking online untuk jenis chipset tertentu. Namun, untuk sebagian besar server rumah, biasanya cukup mengatur aliran udara yang baik melalui casing, dengan beberapa kipas berkualitas tinggi ditempatkan untuk menarik udara di salah satu ujung casing.

Kemudian mengarahkannya ke komponen yang panas, dan mengeluarkannya di ujung lainnya. Kipas yang lebih besar cenderung lebih senyap daripada model yang lebih kecil, semua hal lainnya dianggap sama. Jika Anda tinggal dengan server, Anda akan membutuhkan kipas yang tenang, setenang mungkin.

8. Jaringan

Server juga memerlukan kartu Ethernet (juga dikenal sebagai kartu antarmuka jaringan atau NIC) yang berfungsi dengan sistem operasi pilihan Anda. Anda tidak bisa salah dengan sebagian besar kartu (terutama model lama), tetapi Anda harus memeriksa nomor model di linux-drivers.org atau di tempat lain di Internet sebelum membeli yang baru. Merek besar seperti 3Com dan D-Link umumnya merupakan taruhan yang bagus dan andal.

9. Pembelian server

Atau, Anda dapat membeli server. Ada banyak panduan terbaru di web. Anda dapat menggunakan komputer desktop standar dengan chipset Intel dan AMD yang kuat, yang mahal dan panas. Tidak apa-apa, tetapi merek seperti Shuttle atau Biostar, bergantung pada spesifikasi mini-ITX atau nano-ITX, lebih kecil, lebih murah, dan lebih keren.

Itu dapat ditempatkan di kotak cerutu dan berjalan tanpa suara tanpa kipas berdaya rendah. Sistem lengkap yang menggunakan chip ini dapat dibeli dari berbagai toko komputer. Anda tidak perlu menghabiskan lebih dari beberapa juta untuk sistem kerja.

10. Koneksi

Selain itu, semua jenis komunikasi akan dilakukan. Kecepatan super tidak penting (kecuali jika Anda berencana melakukan streaming video untuk lusinan pengguna). Jika Anda sudah memiliki koneksi (mungkin sudah), Anda dapat terus menggunakannya seperti biasa. Biarkan server Anda tetap terhubung ke router Anda. Alamat IP statis tidak diperlukan, begitu pula koneksi kelas bisnis.

Pilihan pemasok tergantung pada wilayah Anda. Jika Anda punya pilihan, pilih penyedia yang menawarkan kecepatan yang bagus dan andal serta membuat pelanggan mereka puas. Tanya-tanya atau cari di internet untuk “[sumber daya] menyebalkan” jika Anda ingin mendengar yang terburuk.

Beberapa penyedia memiliki kebijakan yang sangat ketat dan lebih memilih pengguna mereka untuk tidak melakukan hal-hal seperti membangun server.

Pilihan antara kabel, DSL, fiber, satelit, dll. kurang penting; Setelah Anda mencoba rentangnya, Anda tidak akan melihat banyak perbedaan kecuali Anda streaming video atau audio berkualitas tinggi.

11. Router

Dapatkan router yang andal. Ini bisa nirkabel jika Anda ingin menghubungkan komputer lain ke sana secara nirkabel, tetapi rencanakan untuk menggunakan kabel kuno yang asli antara itu dan server. Router adalah komoditas yang cukup standar akhir-akhir ini.

Beberapa mungkin memiliki fitur tambahan, tetapi yang penting bukanlah tambahannya, tetapi yang esensial. Sekali lagi, melihat apa yang disukai pembeli lain di situs seperti toko online bisa menjadi petunjuk yang bagus.

12. Layar dan keyboard

Jika Anda memiliki desktop cadangan lama, Anda mungkin memiliki monitor dan keyboard cadangan. Atau Anda dapat menggunakan komputer yang ada jika Anda tidak menggunakan laptop dan ingin bolak-balik sambil mengatur semuanya.

Baca Juga :   Tutorial Cara Membuat Twibbon

Anda hanya membutuhkannya untuk memulai server Anda. Namun, layar dan keyboard sangat berguna untuk disembunyikan di suatu tempat untuk debugging dan peningkatan server di masa mendatang.

13. UPS

Jika Anda tinggal di daerah yang rawan lonjakan, pemadaman listrik, dll., Atau bahkan jika tidak, ada baiknya Anda memiliki semacam perantara antara peralatan Anda dan stopkontak AC. Ini bisa berupa pelindung listrik sederhana (bukan hanya soket ekstensi) atau UPS kelas atas dengan cadangan baterai selama berjam-jam.

14. Semuanya ada di tempatnya

Setelah Anda meningkatkan peti Anda, Anda harus menemukan rumah untuk itu. Anda harus mengingat beberapa pertimbangan praktis.

Jangan letakkan di dekat pemanas atau di bawah sinar matahari langsung. Jangan letakkan di dekat jendela yang terbuka. Debu juga merupakan musuh server, jadi jangan simpan di bawah tempat tidur Anda.

Jangan biarkan orang tersandung kabel atau membiarkan hewan peliharaan mengunyahnya.

Dengan perhatian yang tepat terhadap pendinginan, server Anda seharusnya cukup tenang, tetapi beberapa orang peka terhadap kebisingan sekecil apa pun. Terutama jika server Anda bukan opsi senyap.

Anda mungkin ingin menyimpannya di area yang tidak terlalu ramai. Silent PC Review memiliki tip dan saran perangkat keras untuk menghindari kebisingan.

Tidak apa-apa untuk meletakkannya di lemari kecil, asalkan ada aliran udara yang cukup untuk mencegah barang dari kepanasan. Pastikan untuk meletakkannya di permukaan yang keras sehingga tidak menghalangi saluran masuk udara, sisakan beberapa inci ruang di sekelilingnya di semua sisi, dan jangan meletakkan benda di atasnya.

Pencurian adalah masalah lain: penjaga tepat di depan pintu Anda bukanlah ide yang bagus.

Banyak masalah hosting dapat ditentukan oleh koneksi internet Anda, karena server harus berada dalam domainnya. Jika Anda menggunakan router nirkabel untuk berbagi koneksi dengan seluruh rumah, itu harus berada di lokasi pusat dan server harus terhubung langsung ke mana pun lokasinya.

Itu juga harus dicolokkan ke stopkontak listrik.

Jika Anda berniat untuk melakukan hal-hal seperti membakar CD dengan server, Anda pasti menginginkannya ditempatkan dengan nyaman untuk memuat CD.

15. OS

Ada banyak variasi dari sistem operasi open source. Anda dapat menginstal Fedora, Ubuntu, FreeBSD, Gentoo, daftarnya terus bertambah.

Pilihan lainnya adalah menginstal server rumah sumber terbuka dari Amahi. Ini akan melakukan banyak “kerja keras” untuk membantu Anda memulai, termasuk menginstal dan mengonfigurasi apache, MySQL, lingkungan penerapan Ruby on Rails, berbagi file, VPN, dan sejumlah aplikasi web bersama. Anda akan menemukan banyak informasi berguna tentang topik ini di situs web Amahi.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply