11 Jun

Blogspot atau WordPress? Mana yang Lebih Baik?

Blogspot atau WordPress? Mana yang Lebih Baik?

Jujur saja sih, secara teknis, WordPress lebih baik. Lebih mudah dikembangkan. Tetapi, yang berbayar. Yang gratis, tidak lebih baik. Biasanya cuma berakhir banned jika salah penggunaan.

Pengalaman saya pribadi, membuat blog gratis hanya untuk keperluan belajar saja. Untuk berbisnis, jangan. Untuk eperti blogger / blogspot atau wordpress maka harus diperlakukannya dengan benar. Terutama, soal konten original dan panjang minimal konten. Jangan mencoba membuat konten copy paste. Terlalu banyak ganbar copas juga tidak akan berakhir dengan baik.

Tahun 2020 ini, saya mendapati banyak blog gratis, yang kena banned. Jika WordPress gratis, bahkan sudah masuk halaman 1 Google. Tetap kena banned. Untuk blogspot, banyak blog dengan konten minim kena banned.

Alasan wordpress.com dan blogspot melakukan banned memang berbeda. WordPress.com ingin menghemat keuangan dan biaya server. Jadi, blog yang jarang update akan kena banned. Padahal, kontennya sudah masuk halaman depan Google. Untuk kata kunci tertentu. Jadi, konten masuk standar bagus di Google. Tetapi, blog ini tidak menghasilkan uang untuk wordpress.

Untuk blogger / blogspot, sebenarnya juga sama ingin menghemat pengeluaran. Tetapi, mereka menyasar blog dengan konten dibawah standar. Saya pernah memiliki blog blogger. Isi kontennya pendek. Dibawah 300 kata rata – rata. Dan jarang posting. Akhirnya, kena banned.

Masalah mendasar, jika website ini ada di server dan domain berbayar, web ini akan masih ada. Kenapa? saya juga punya yang kualitasnya setara. Sampai sekarang, masih masuk indeks oleh Google. Nah, kesimpulannya, jangan menggunakan blog gratis.

Pertimbangan mereka melakukan banned adalah alasan ekonomi. Jika website barbayar jelek, maka rangking pencarian / SEO akan jelek. Tetapi, belum tentu banned. Jika web / blog gratis jelek, maka menghabiskan kapasitas server mereka juga. Akhirnya, lebih mudah kena banned.

Selain alasan diatas, ada banyak alasan lain tidak menggunakan blog gratis.

  • Merusak kredibilitas merk

Jika blog atau website ini akan menjadi kehidupan kita, maka blog gratis merugikan. Siapa sih yang percaya bisnis derius menggunakan gratisan? Modal sedikit lah kata mereka.

Baca Juga :   Promosi Online Adalah ? - Ini Jawabannya

Anda hanya akan bisa membuat blog gratis berhasil jika rangking pencarian di Google baik. Jika amsuk halaman pertama, maka akan dianggap keren oleh para pencari. Dan, mendapat kepercayaan mereka. Jika tidak, yah, klien tidak mau datang biasanya.

  • Tidak masuk rangking Google dengan baik

Padahal, masuk rangking Google dengan baik itu sulit untuk blog gratisan. Hal ini sudah terbukti. Dengan konten setara, blog dan website berbayar lebih bagus rangking Googlenya. Saya sudah membuat banyak sekali blog dan website. Juga, banyak dan pernah menggunakan berbagai blog gratis.Saya tahu masuk ke halaman 1 Google dengan blog gratis sangat sulit. Itu, karena link sulit mendapat backlink yang berkualitas. Backlink yang baik biasanya datang karena website kita dianggap baik. Jika website gratis, maka orang akan takut jika website kenapa – kenapa. Dan, ikut mendapat masalah.

  • Tidak atau sulit membangun otoritas website

Nama website gratisan sulit menjadi website yang ternama. Ini adalah hal yang hampir pasti. Orang akan mudah mengingat nama website berbayar. Atau, .com sendiri dan .id sendiri.

  • Blog bukan milik kita

Kita hanya menggunakan website tersebut, dan gratis. Alias menumpang. Tidak ada kewajiban apa – apa pada pemilik bloggger atau wordpress untuk menjaga website atau blog kita. Jika kena hack, maka tanggung jawab kita sendiri. Jika rusak, tidak ada support.

Yang lebih sulit, jika mereka memutuskan blog kita membebani anggaran mereka, mereka bisa menghapusnya kapan saja. Itu adalah hak mereka. Dan, dituangkan di perjanjian yang harus kita setujui sebelum menggunakan fasilitas mereka.

Jika blog gratis ini sumber kehidupan kita, apakah layak untuk kita? Pastinya, lebih baik jika membuat situs berbayar saja.

  • Harus mengikuti aturan mereka

Apapun aturannya. Nah, terkadang, bisa jadi mereka menempatkan iklan di website gratis kita. Atau mereka melarang iklan di web kita. Nah, semua ini akan membuat kita kurang berkembang. Kurang nyaman dan sebagainya.

  • Sulit atau tidak bisa dimonetifikasi

Blog gratis sulit dijadikan sarana promosi. Yang paling mungkin, adalah menjual barang sendiri. Tetapi, ya itu. Bisa kena banned kapanpun. Saat jualan baru ramai – ramainya, kena banned karena beban server mereka besar. Jadi, ya mulai dari awal lagi.

Untuk iklan seperti adsense atau lainnya, hampir tidak mungkin. Para pemilik iklan hanya mau iklan mereka tampil di website dengan Top Level Domain. Atau nama domain sendiri, minimal. Blog gratis saat ini tidak lagi cocok untuk menampilkan iklan. Artinya, sulit dimonetisasi.

  • Kustomisasi terbatas

Pemilik server akan membatasi akses kita. Juga membatasi apa yang bisa kita lakukan di server mereka. Pastinya, untuk alasan keamanan dan juga alasan biaya. Website custom mungkin akan membutuhkan sumber daya lain. Ada kalanya bisa membebani server mereka. Padahal, kita hanya gratis menumpang.

Baca Juga :   Tips Cara Promosi Online untuk Bisnis Kuliner

Bahkan, di Blogspot ada juga template dengan CSS atau kode HTML yang kurang optimal. Tetapi, tidak bisa kita ubah.

  • Banyak terkena SPAM

Selama orang yang menyepam menggunakan identitas Google dan WordPress, ia bisa memasukkan komentar apa saja. Bisa melakukan spam kapanpun. Dan ini menyulitkan kita untuk menanggulangi spam karena banyaknya.

Website yang berbayar bisa ada software anti spam. Juga bisa melakukan moderasi komentar lebih mudah. Sehingga, tingkat spam tidak sebesar web atau blog gratis.

  • Berpindah ke domain berbayar lebih sulit daripada teori

Ini adalah kenyataan. Memindahkan data blogspot ke website wordpress berbayar terkadang tidak mulus. Plugin yang kita gunakan belum tentu update dan cocok. Perlu memilih yang akhirnya bisa berjalan dengan benar.

Untuk migrasi manual, jelas lama sekali dan pusing. Konten harus dicopy dan paste satu persatu.

Kemudian, hasil SEO atau rangking Google akan terpengaruh. Meskipun sementara. Ya, sudah rangkingnya kurang bagus, makin tidak bagus lagi.

Jika kita ingin website yang melaju lebih mulus sejak awal. Sebaiknya menggunakan server berbayar dan nama domain sendiri.

  • Anda tidak akan berkomitmen penuh mmbangun situs hingga berhasil

Ini hal sangat penting juga. Memiliki blog gratis tidak mendapat dorongan lebih supaya bekerja memaksimalkan web gratis. Soalnya, kita cuma posting, kemudian tinggalkan. Mungkin, nanti posting lagi. Mungkin ditinggal lagi hingga setahun.

Saya pernah memiliki banyak blog gratis. Tidak ada yang benar – benar berhasil dan menghasilkan uang. Yang berhasil itu harus dikerjakan dengan komitmen. Blog gratis, tidak mendorong kita untuk memiliki komitmen supaya sukses. Ini intinya.

Jika situs kita membayar, ada dorongan ( jauh ) lebih besar untuk berhasil. Ya, karena sudah membayar. Berapapun itu. Kita akan bekerja lebih maksimal, lebih cepat, lebih efisien. Juga, lebih kreatif mencari jalan keluar jika ada kesulitan.

Baca Juga :   PELATIHAN INTERNAL AUDIT UNTUK SATUAN PENGAWASAN INTERNAL (SPI) RUMAH SAKIT

Kita akan jauh lebih pantang menyerah jika ada tantangan. Untuk blog gratis, yah, tinggal saja. Atau buat baru. Toh gratis.

Kita tidak takut kehilangan uang. Juga, waktu dan upaya yang kita kerahkan di blog gratis akan terasa kurang bermakna. Posting kita tempatkan di blog gratis. Yah, dari awal, sudah bukan sesuatu yang terasa istimewa. Atau, bisa kita banggakan.

Nah, Anda yang ingin membuat website, kami sarankan membuat website yang berbayar server dan nama domainnya. Jangan yang gratis. Boleh gratis. Tetapi hanya untuk mencoba cara memposting, membuat halaman dan sebagainya. Intinya, untuk mencoba hal teknis saja. Jika sudah faham, maka kita gunakan web yang profesional.

Jadi, Blogger atau WordPress? Mana yang Lebih Baik?

  1. Untuk belajar, lebih baik memulai dari blogspot karena lebih sederhana.
  2. Kemudian, belajar wordpress gratis.
  3. Tetapi, website serius jangan menggunakan gratisan.

Sekian tentang artikel perbandingan WordPress dan Blogger atau Blogspot. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

5/5 - (1 vote)

Leave a reply