28 Mar

Bisnis Online Terbaru, Apa Saja

Apa saja bisnis online terbaru saat ini? Ada beberapa profesi baru yang muncul belakangan ini karena adanya internet yang maik menyebar. Diantaranya: Youtuber, selebgram dan juga beberapa profesi lainnya.

Saat ini pengguna internet di Indonesia sudah sangat banyak. Tercatat lebih dari 140 juta orang menggunakan internet dari sekitar 260 juta penduduknya. Jadi, hampir semua penduduk dewasa disini menggunakan internet.

Karena perkembangan yang pesat, maka profesi yang muncul karena internet juga bertambah. Saat ini ada bisnis tradisional yang dikembangkan dengan pemasaran online serta ada profesi online baru. Semuanya berpotensi menghasilkan penghasilan yang lumayan.

Beberapa profesi bisnis online kekinian

  • Youtuber

Profesi ini jelas paling terkenal saat ini. Banyak yang ingin menjadi Youtuber karena potensi penghasilannya besar. Disini kita dituntut supaya kreatif dalam menghasilkan video.

Indonesia sendiri telah memiliki banyak nama Youtuber yang terkenal. Mereka punya beberapa macam video yang memang fresh dan menyenangkan untuk dilihat.

  • Selebgram

Ini adalah istilah untuk para selebriti yang dihasilkan oleh Instagram. Media sosial ini kini telah berubah dari awal tujuan sebagai tempat sharing foto menjadi tempat untuk eksis dan berjualan online.

Sekarang, beberapa selebgram ada juga yang membuat video menjadi Youtuber.

  • Jasa pembuatan website dan aplikasi

Jasa pembuatan website dan aplikasi seperti Lawang Techno kini menjadi trend karena banyaknya perusahaan yang mulai online. Selain mulai online, banyak juga bisnis yang berusaha memperluas pasar secara online. Ada yang menggunakan Fb Ads, Instagram Ads dan juga pemasaran website.

Website memiliki keunggulan yang lebif fleksibel untuk sarana marketing online. Website bisa menjadi “majalah wisata online” untuk suatu jasa travel atau “majalah arsitektur online” untuk para arsitek.

Kesempatan ini memberikan kesempatan kepada para profesional untuk tampil lebih impresif didepan klien mereka.

Jika kita ingat, majalah National Geographic menjadi menarik karena adanya foto – foto berkelas yang dikombinasikan dengan artikel berkelas juga.

  • Bisnis online terbaru: pengembang aplikasi dan software

Aplikasi dan software adalah jantungnya dunia digital. Tanpa para developer, tidak akan muncul aplikasi dan software yang bermanfaat dan menarik

Sekarang, dengan banyaknya ketergantungan dengan aplikasi, menuntut jumlah developer yang semakin banyak juga.

Bahkan, saat ini ada pengembang game yang hanya melakukan perubahan pada template buatan perusahaan tertentu. Desain serta text diubah dan jadilah game baru. Proses ini tanpa mengembangkan game seperti di masa lalu. Biasanya disebut sebagai “reskinning.”

  • Bisnis online terbaru: gamer online

Adalah hal yang tidak terbayangkan bahwa gamer bisa menjadi profesi. Tetapi saat ini hal semacam ini benar – benar terjadi.

Ada gamer yang memainkan game dan diunggah di Youtube. Cara memainkan gamenya menjadi “panduan” bagi gamer lainnya. Ada juga yang diberi tugas menyelesaikan level tertentu yang sulit. Tentunya, dengan dibayar.

Kemudian, ada juga test gamer yang bertugas mengetes game yang baru dibuat.

Selain gamer, ada juga profesi mengetes aplikasi yang saat ini mulai menjadi profesi yang mapan.

Ingin prefesi yang lebih tradisional? Ada juga beberapa profesi / bisnis online kekinian yang populer saat ini.

  • Menjadi penjual online

Penjualan online saat ini sudah sangat umum dilakukan. jadi memiliki toko online sendiri adalah yang baik dan memang memberikan penghasilan.

  • Bisnis online terbaru: penulis

Saat ini ada beberapa platform baik di dalam dan luar negeri yang menyediakan pembayaran bagi para penulis. Platform luar diantaranya adalah Amazon.com yang khususnya ada di alamat kdp.amazon.com. ( kdp = Kindle Direct Publishing). Tuliasn kita bisa berupa fiksi atau non fiksi. Untuk Indonesia, ada juga nulisbuku.com yang menyediakan tempat untuk menulis naskah.

Selain keduanya, ada juga portal besar di Indonesia dan luar negeri yang membayar penulisnya.

  • Bisnis online terbaru: jasa online

Ada banyak jasa yang bisa masuk ke dunia online atau ditawarkan melalui internet dan website.

Jasa bengkel panggilan adalah salah satunya. Jasa desain sudah lama online tetapi kini makin menjadi saja.

Selain itu, jasa sedot WC pun juga ditawarkan secara online dengan website.

  • Bisnis online terbaru: kursus online

Kursus online ini bisa dilakukan dengan video. Tetapi, ada juga kursus biasa yang ditawarkan secara online. Yang terakhir ini sudah sangat banyak dan bisa berupa materi download ebook atau penawaran untuk datang langsung.

Apapun yang kita pilih, yang penting adalah kursus yang kita berikan berkualitas. Jadi, pelanggan akan merekomendasikan kita.

Jika Anda ingin mencoba, ada ruangguru.com yang cocok bagi tentor mata pelajaran sekolah.

Jika ingin kursus, ada juga kursus barber atau potong rambut bagus yang ditawarkan secara online.

  • Bisnis online terbaru: pembuatan content marketing

Bisnis online konten marketing adalah bisnis yang tergolong lama. Tetapi baru – baru ini menjadi trend di kalangan pemilik start up. Alasannya sederhana, mereka tidak punya waktu untuk membuat sendiri atau belum memiliki keahliannya. Jika harus edit video atau membuat animasi dan sebagainya, mungkin waktu editingnya panjang dan juga ribet.

Selain video dan foto yang ingin hasil berkualitas, bisa juga artikel atau tulisan yang menggigit dipesan ke penulis profesional.

  • Bisnis online terbaru: asisten virtual

Asisten virtual ini tugasnya macam – macam tergantung kebutuhan. Ada yang bertugas sebagai admin di media sosial atau admin toko online hingga bertugas mengatur manajemen medsos, menerjemahkan hingga copywriting atau menulis.

Jika ingin bergabung, silahkan menuju ke upwork.com.

  • Bisnis online terbaru: jasa konsultasi

Saat ini, jasa konsultasi bisa dicapai secara online. Misal, Anda mengetahui tentang investasi emas dan menulis tentang investasi emas. Setelah banyak pengunjung, mungkin ada yang meminta konsultasi kepada Anda.

Hal sama juga berlaku untuk jasa akuntansi, konsultan pajak, saham dan sebagainya.

  • Bisnis online terbaru: jasa pemasaran online

Jasa pemasaran online meliputi pemasaran menggunakan mesin pencari (SEO) hingga pemasaran menggunakan media sosial.

Saat ini, kehadiran kita secara online saja mungkin sudah tidak cukup apabila kompetitor kita banyak. Karena itulah, kita perlu pemasaran yang lebih agresif.

Saat ini, banyak perusahaan besar yang menggunakan jasa para pemasar online ini supaya mereka bisa tampil di hasil pencarian teratas di Google. Bisa tampil dengan prima menjangkau konsumen di FB dan Instagram.

  • Menjual foto secara online

Saat ini, kesempatan untuk menjual foto semakin tidak terbatas. Foto kita bisa dijual secara online dan harganya lumayan. Yang jelas, ketimbang foto cuma dinikmati sendiri, kita jual saja siapa tahu ada yang membeli. Saat ini, situs yang biasa digunakan untuk menjual foto adalah istockphoto.com, dan shutterstock.com.

  • Menjual barang seni ( artwork)

Menjual barang seni memang sudah ada sejak dahulu. Tetapi artwork lebih mudah dijual melalui internet atau secara online. Saat ini, banyak juga situs yang memfasilitasi kita menjual artwork hingga keluar negeri dengan komisi yang rendah.

Bisnis online adalah suatu kepastian. Saat ini pengguna internet sudah sangat banyak dan hanya akan bertambah seiring waktu. Kebiasaan online dan membeli secara online juga akan semakin mendapat tempat. Bank serta lembaga pembiayaan suatu saat nanti akan semakin bersemangat memfasilitasi penjualan online karena volumenya yang semakin besar.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply