29 May

WhatsApp kena Hack – Ada Apa?

Beberapa waktu yang lalu, Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN mengeluarkan himbauan supaya mengupdate WA ke versi terbaru.

Karena, adanya WA yang bisa kena hack tanpa disadari pemiliknya terutama jika WA masih versi lama.

Cara WhatsApp kena Hack

Hacker menggunakan spyware untuk memata – matai HP target. Spyware ini sendiri dirancang untuk masuk melalui celah keamanan Voice Over Internet Protocol ( VOIP ) milik WhatsApp.

Celah ini terjadi jika ada data yang melebihi kapasitas aplikasi yang kemudian harus ditampung di memori HP ( atau Buffer Overflow ). Memori ini semestinya tidak diakses oleh WA.

Hacker, kemudian menggunakan WhatsApp call, membanjiri target dengan data – data supaya “tumpah” dan bisa membawa spyware masuk ke memori HP.

Yang bagus dari spyware ini, ia bisa menelepon dan membanjiri data tanpa pemilik HP mengetahuinya. Panggilan ini tidak tercatat dalam daftar panggilan kita. Jadi, target tidak pernah tahu jika ada panggilan telepon.

Juga, mereka tidak akan tahu jika spyware sudah masuk ke HP mereka.

Ya, saat HP dipakai main game, ternyata ada telepon masuk tanpa ketahuan dan setelahnya, cuma beberapa detik kemudian, spyware sudah terinstal di HP. Seperti itu.

Jenis Spyware dan pembuatnya

Sypware ini belakangan diketahui bernama Pegasus. Pegasus merupakan spyware yang dikembangkan oleh NSO yang merupakan perusahaan Cyber Security Israel.

Ada cerita dari Inggris, Seorang pengacara bidang kemanusiaan menerima telepon terus menerus dari nomor tidak dikenal.

Ketika telepon diangkat. ia tidak mendengar ada suara. Teleponnya berdering beberapa detik lalu mati. Kejadian ini berulang beberapa kali.

Saat itu, sang pengacara memang sedang menuntut NSO atas pelanggaran privacy atas 2 orang. Yang satu seorang jurnalis Meksiko dan lainnya aktivis Saudi yang tinggal di Kanada.

Sang pengacara itu, saat itu mendapat dukungan penuh dari Amnesty International, sebuah organisasi HAM internasional.

Tetapi, pembelaan NSO adalah, mereka tidak langsung menggunakan software tadi. Tetapi hanya menjual ke negara yang disetujui oleh Israel.

Cara mengatasi spyware di WhatsApp

Bagi kita, cara mengatasi spyware di WhatsApp adalah dengan mengupdatenya. Pihak WA sendiri sudah memberikan update khusus untuk celah keamanan tersebut.

Untuk selanjutnya, update WhatsApp secara teratur penting bagi keamanan HP kita.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply