26 Feb

Bagaimana Melakukan Guest Posting dengan Cara yang Benar untuk Meningkatkan SEO Anda

Bagaimana Melakukan Guest Posting dengan Cara yang Benar untuk Meningkatkan SEO Anda

 

Membangun backlink adalah salah satu taktik paling efektif yang dapat digunakan bisnis Anda untuk meningkatkan kehadiran situs web Anda. Semakin banyak backlink yang Anda peroleh dari situs web relevan berkualitas tinggi yang mengarah kembali ke situs web Anda, semakin besar sinyal ke Google dan mesin telusur lain bahwa situs Anda menawarkan info berkualitas kepada pengunjung.

Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda membangun backlink ini?

Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Dalam artikel ini, saya akan fokus pada salah satu taktik yang lebih populer – Posting Tamu.

Apa Guest Posting?

Posting tamu adalah saat para ahli di tim Anda membuat konten informatif berkualitas tinggi yang dimaksudkan untuk dipublikasikan di situs web selain milik Anda. Sebagai imbalan untuk menyediakan konten yang bagus kepada pemilik situs, yang Anda minta hanyalah tautan balik ke situs web Anda.

Anda memperoleh keuntungan dengan mendapatkan eksposur dari pakar dan merek Anda ke audiens baru serta backlink, dan situs penerima memperoleh keuntungan dengan menerima konten gratis dan kemudian mendapatkan eksposur sendiri saat Anda membagikan konten dengan pengikut Anda sendiri. Kedua belah pihak mendapatkan visibilitas, jadi manfaatnya saling menguntungkan.

Untuk membantu Anda memahami bagaimana postingan tamu harus menjadi faktor dalam strategi SEO Anda, pertama-tama mari selami lebih dalam tentang manfaat dari praktik tersebut.

Pentingnya dan Manfaat Posting Tamu

Posting tamu dapat menguntungkan semua jenis perusahaan, dan meskipun banyak perusahaan mempertanyakan alasan menginvestasikan waktu dalam memproduksi konten hanya untuk mempublikasikannya di situs lain, manfaat posting tamu sangat besar.

Mari kita lihat beberapa manfaat utama dari blog tamu.

Lalu lintas rujukan

Satu manfaat penting adalah kemampuan untuk menghasilkan lalu lintas ke situs Anda dari kiriman tamu Anda. Lalu lintas ini dicatat sebagai lalu lintas rujukan di Google Analytics, dan lalu lintas rujukan adalah sinyal peringkat kuat yang dapat membantu strategi SEO Anda berkembang.

Google dapat melihat kualitas situs dari mana lalu lintas rujukan datang. Jika Anda memiliki banyak lalu lintas yang masuk ke situs web Anda dari situs berkualitas lain, itu pertanda baik bahwa situs Anda juga bermanfaat.

Perluas jangkauan Anda

Posting tamu di situs lain menunjukkan rasa otoritas dari tim Anda tentang subjek yang dimaksud. Jika anggota tim Anda menyumbangkan konten dan wawasan mereka muncul di situs lain, mereka pasti berharga, bukan?

Saat Anda terus menerbitkan kiriman tamu berkualitas di situs resmi, Anda juga menjangkau semua pembaca situs tersebut. Ini bisa menjadi dorongan besar untuk pengenalan merek Anda dan dapat mengirim kembali pihak yang tertarik ke situs Anda yang pada akhirnya mungkin menjadi pelanggan.

Link

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, membangun tautan mungkin adalah manfaat paling berharga dari posting tamu. Posting tamu dapat memberikan dorongan besar pada bagian membangun tautan dari strategi SEO Anda. Pastikan ketika Anda mengirimkan kiriman tamu bahwa pemilik situs bersedia memberi Anda tautan kembali ke situs Anda – sebaiknya dofollow.

Baca Juga :   Surat Penawaran Jasa Pembuatan Website

Pada akhirnya, Anda pasti ingin memastikan Anda mendapatkan tautan dofollow sebanyak mungkin, tetapi tautan nofollow pun dapat bermanfaat dalam banyak hal.

Dan saat Anda membangun tautan ini, berhati-hatilah untuk memastikan Anda memvariasikan teks tautan Anda (teks hyperlink). Jika Anda mendapatkan 100 tautan dengan teks tautan yang sama, Google akan curiga.

Ini hanyalah beberapa dari sekian banyak manfaat luar biasa dari posting tamu. Jika dilakukan dengan benar, bisnis Anda dapat memperoleh hasil yang serius.

Sekarang, mari kita lihat cara menetapkan tujuan untuk apa yang Anda harapkan dari postingan tamu Anda

Melacak Nilai Kiriman Tamu Anda
Sama seperti taktik pemasaran lainnya, Anda pasti ingin memiliki cara untuk memastikan Anda melacak nilai yang ditawarkan setiap pos tamu. Untuk melakukan ini, Anda sebaiknya menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan dilacak.

Tiga tujuan terbesar yang harus Anda perhatikan adalah:

Menetapkan otoritas dan pengakuan di pasar yang ingin Anda targetkan
Meningkatkan visibilitas bisnis Anda dengan menghasilkan banyak lalu lintas
Mendapatkan tautan eksternal ke situs web Anda.
Jika Anda akhirnya berhasil mempublikasikan posting tamu di situs web atau blog yang sudah mapan di pasar, Anda dapat mencapai ketiga tujuan ini dalam satu kesempatan. Untuk memastikan Anda mendapatkan nilai, Anda harus melacak hasil berikut dari postingan tamu Anda:

Jumlah situs web otoritas tinggi tempat Anda mendapatkan tautan
Jumlah tautan dofollow vs. tautan nofollow
Lalu lintas rujukan dihasilkan oleh setiap pos
Tindakan yang dilakukan pengunjung dari situs ini setelah mereka mendarat di situs Anda
Anda dapat menggunakan alat seperti SEMrush atau Moz untuk melacak otoritas situs dan jenis tautan yang Anda peroleh dalam upaya Anda.

Dan Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk melacak bagaimana kinerja lalu lintas. Misalnya, Anda dapat membuat tujuan seperti mengunduh e-buku di situs Anda, dan kemudian Anda dapat melacak berapa banyak orang dari tautan balik itu yang akhirnya berada di laman “terima kasih” untuk unduhan ebook tersebut.

Dengan melacak nilai yang dibawa setiap posting tamu, Anda dapat menentukan apakah upaya Anda dan bekerja dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan hasil Anda.

Bagaimana Saya Dapat Menemukan Situs Web yang Menerima Kiriman Tamu?
Sekarang setelah Anda memahami nilai dari guest blogging, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mencari tahu situs apa yang akan ditargetkan dan bagaimana mewujudkannya.

Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk melakukannya. Pertama, Anda pasti ingin memahami jenis situs yang ingin Anda targetkan. Untuk melakukan ini, Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

Topik apa yang dicakup situs?
Apakah subjek itu relevan dengan situs saya?
Apa otoritas domain situs web?
Berapa banyak lalu lintas yang diterima situs web?
Setelah Anda memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang situs yang ingin Anda targetkan. Anda akan dapat mengumpulkan daftar situs yang ingin Anda lihat hanya berdasarkan pemahaman industri Anda

Namun begitu Anda memiliki daftar, Anda harus melangkah lebih jauh. Jika Anda hanya berfokus pada situs yang paling populer, Anda akan kehilangan banyak peluang.

Cobalah taktik tambahan ini untuk membangun daftar target blog tamu Anda.

Telusuri “Tulis untuk Kami”

Salah satu cara terbaik untuk menemukan situs adalah dengan mencari di Google seperti berikut ini:

Blog Industri Saya> Tulis untuk Kami

Misalnya, di ruang pemasaran, saya akan menggunakan Google:

Blog Pemasaran> Tulis untuk Kami

Anda juga bisa mencoba sesuatu seperti:

Industri Saya> Blog Tamu

Banyak blog yang menerima kiriman tamu memiliki halaman “Tulis untuk Kami” atau “Menjadi Kontributor” di situs web mereka. Jadi, jika Anda melakukan pencarian seperti ini, hasilnya akan menampilkan daftar besar situs bertarget berkualitas tinggi dalam industri Anda yang dapat Anda tambahkan ke daftar posting tamu.

Menggali hal-hal sosial

Cara lain untuk menemukan blog dan situs web yang mencari kiriman tamu adalah dengan mengikuti pakar di industri Anda di jejaring sosial, seperti Twitter misalnya. Temukan beberapa pemimpin di industri Anda dan lihat akun mereka.

Jika Anda men-scroll, Anda mungkin akan menemukan bahwa mereka telah menulis konten untuk banyak situs di luar tempat kerja mereka atau di luar pemimpin pemikiran atau blog konsultasi mereka sendiri. Saat Anda menemukan situs yang relevan, Anda juga dapat menambahkannya ke daftar Anda.

Sekarang Anda memiliki dua sumber daya sederhana di ujung jari Anda, mesin pencari dan media sosial, untuk mengungkap beberapa situs kiriman tamu yang hebat.

Anda memiliki daftar Anda, dan Anda siap untuk mulai menargetkan. Tetapi sebelum Anda terjun, Anda kehilangan satu hal. Konten yang bagus.

Tanpa konten yang bagus, posting tamu Anda akan ditolak tidak peduli seberapa target pertanyaan Anda.

Berikut cara membuat konten hebat yang akan diterima lebih teratur

Bagaimana Cara Menulis Posting Tamu yang Luar Biasa?

Perlu diingat bahwa jika Anda ingin konten Anda diterima, Anda perlu menambahkan nilai pada publikasi yang Anda targetkan. Langkah pertama untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar adalah meninjau pedoman publikasi.

Ikuti aturan

Situs web khas yang menerima kiriman tamu akan menjabarkan pedoman mereka, yang dapat mencakup arahan seperti:

Panjang kata yang dibutuhkan
Jumlah tautan yang dapat Anda tambahkan
Biografi dan info pelengkap lainnya harus Anda kirimkan
Informasi pemformatan penting
Aturan yang dapat menghentikan posting Anda jika Anda melanggarnya
Bagaimana cara mengirimkan konten (email, formulir, dll.)
Pastikan Anda benar-benar membaca pedoman untuk setiap situs yang Anda targetkan. Persyaratannya akan sedikit berbeda untuk setiap situs, dan jika Anda tidak mematuhi petunjuk khusus setiap situs, Anda akan mendapatkan banyak penolakan, atau diabaikan begitu saja.

Berbeda

Selanjutnya, Anda akan ingin menggali di sekitar situs dan mencoba mengembangkan topik yang belum pernah ditulis. Atau setidaknya putaran unik pada konsep yang memperluas bagian lain yang telah dipublikasikan di situs atau menambah nilai tambahan di luar apa yang telah dibahas.

Situs tidak dalam urusan menerbitkan 1000 artikel tentang subjek yang sama, jadi semakin banyak perbedaan yang dapat Anda tambahkan dan semakin banyak nilai yang Anda berikan kepada pembaca situs, semakin baik posisi Anda untuk diterima.

Fokus pada kualitas

Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah memastikan konten yang Anda buat adalah yang terbaik. Untuk mewujudkannya, Anda tidak boleh menjadi satu-satunya orang yang melihat konten sebelum mengirimkannya.

Dapatkan umpan balik dari tim Anda dan minta peningkatan. Jalankan karya tersebut oleh korektor atau editor terbaik di tim Anda untuk mengetahui kesalahan yang mungkin Anda lewatkan. Publikasi biasanya akan mengembalikan posting tamu yang membutuhkan terlalu banyak pekerjaan, karena mereka akan memiliki staf yang terbatas, atau staf akan terlalu sibuk fokus pada penerbitan dan penjadwalan posting bagus yang datang.

Jika Anda mengikuti tiga langkah di atas saat membuat postingan tamu, Anda akan sangat meningkatkan peluang untuk diterima.

Bersabarlah, Tapi Sabar

Jika Anda telah mengikuti sejauh ini, Anda serius tentang posting tamu. Anda memahami nilainya, dan Anda memiliki kiat untuk membuat konten yang akan diterima dan untuk memastikan Anda menargetkan situs yang tepat.

Dengan semua itu, ada satu hal lagi yang perlu Anda ketahui.

Posting tamu adalah permainan yang panjang. Karya Anda tidak selalu diterima, dan jika diterima, postingan Anda dapat ditayangkan di mana saja dari hari yang sama hingga beberapa bulan.

Jangan pernah memaksa jika konten Anda tidak langsung dipublikasikan, tetapi jangan malu untuk menindaklanjutinya. Saya mendapatkan banyak sekali kiriman tamu di situs saya, dan ada dua hal yang sama benarnya tentang kiriman tamu di situs saya seperti halnya tentang kiriman tamu di situs lain:

Saya akan mengabaikan email dan permintaan Anda untuk posting tamu jika Anda terlalu memaksa atau benar-benar kasar
Saya juga sangat sibuk, jadi jika Anda tidak mendengar kabar dari saya dalam beberapa saat, harap tindak lanjuti agar postingan Anda tidak luput dari perhatian saya (tapi lakukan dengan baik, karena kebaikan bisa sangat bermanfaat)
Jika Anda sabar, serta gigih bila diperlukan, Anda akan sukses sebagai blogger tamu. Mungkin perlu beberapa waktu untuk membuat semuanya berjalan, tetapi begitu mereka melakukannya, situs dan bisnis Anda akan sangat diuntungkan dari upaya Anda.

 

 

 

Leave a reply